Memelihara Konsentrasi

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,016 Comments

  1. Dari video tersebut kita bisa mengetahui pentingnya alat peraga dalam melakukan belajar karna selain mempermudah alat peraga pun bisa membantu para siswa menjadi fokus saat belajar dan lebih aktif saat belajar mengajar

  2. Nama : E. SITI AISYAH
    NIM : 857199359

    Dari video tersebut kita bisa mengetahui pentingnya alat peraga dalam melakukan belajar karna selain mempermudah alat peraga pun bisa membantu para siswa menjadi fokus saat belajar dan lebih aktif saat belajar mengajar.

  3. Nama : Mey rama sitorus
    Nim : 878256796
    setelah menonton vidio diatas saya melihat situasi dalam pembelajaran di kelas aktif dan tidak membosankan bagi siswa-siswi. namun pada saat memulai pembelajaran ada baiknya guru membuat awal pembelajarannya dengan bernyanyi atau ice breaking untuk menarik perhatian siswa-siswi dalam memulai pembelajaan yang akan diajarkan guru tersebut. Dengan menggunakan media pembelajaran alau alat peraga konkret dapat meningkatkan konsentrasi belajar di kelas. Melibakan peserta didik dalam pembelajaran dapat juga menarik perhatian mereka. Peserta didik akan lebih tertarik belajar jika guru membawa media belajar kedalam kelas.

  4. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama : Tyas Periani
    NIM : 858481044
    Pokjar : Tunas Mandiri Melak
    Semester 6

    Setelah Menonton video ,dapat disimpulkan bahwa alat peraga yaitu poster gambar buah yang di perlihatkan kepada siswa bisa meningkatkan konsentrasi siswa,Oleh karena itu, sebaiknya guru lebih inovatif dan kreatif lagi dalam melaksanakan pembelajaran agar anak dapat lebih fokus dan paham dalam pembelajaran yang di sampaikan guru.

  5. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama : Tyas Periani
    NIM : 858481044
    Pokjar : Tunas Mandiri Melak
    Semester 6

    Setelah Menonton video ,dapat disimpulkan bahwa alat peraga yaitu poster gambar buah yang di perlihatkan kepada siswa bisa meningkatkan konsentrasi siswa,jadi sebaiknya guru lebih inovatif dan kreatif lagi dalam melaksanakan pembelajaran agar anak bisa lebih fokus dan paham dalam pembelajaran yang di sampaikan guru

  6. didalam proses pembelajaran sangat diperlukan untuk memperhatikan bagaimana keadaan peserta didik apakah peserta didik tersebut telah siap atau tidak dalam menerima pembelajaran? . tidak dengan memberikan materi tanpa memperhatikan kondisi kelas. dilihat pada kasus dari kejadian dividio tersebut nampak guru telah memperhatikan bagaimana kondisi kelasnya. dimana guru telah mempersiapkan metode belajar agar konsentrasi peserta didik tetap terjaga dengan meberikan media yang membuat konsentrasi peserta didik tetap kondusif dan aktif saat proses pembelajaran.

  7. Nama :Amelia Putri
    NIM :857412656
    UPBJJ : Bogor
    Pokjar : Bogor Selatan
    Kelebihannya: Dapat di simpulkan dari vidio di atas bahwa anak anak lebih tertarik pada media pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sehingga bisa di bilang fokus mereka akan beralih kepada materinya pembelajarannya.
    Kekurangannya : Guru kurang jelas menjelaskan tentang gambarnya sebaiknya guru menggambar nya di papan tulis dan menjelaskannya lewat alat peraga yang ada di fasilitas sekolah .sehingga anak yang duduk di bangku baris akhir mereka bisa dengan jelas melihat apa yang di sampaikan gurunya .

  8. Nama : INE SULISTIA INSANI
    NIM : 877676235
    Menurut pendapat saya, dari video diatas dapat disimpulkan bahwa memelihara konsentrasi siswa sangat perlu diperhatikan terutama di kelas rendah. Dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti menggunakan alat peraga dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik sehingga siswa dapat berkonsentrasi dengan baik.

  9. nama : Desty vira yunika
    nim : 856084906
    upbjj UT : Batam
    Video pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam mempertahankan perhatian siswa saat mengajar. Solusi yang diterapkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik agar siswa lebih fokus. Dengan alat peraga, siswa dapat melihat, menyentuh, dan mencoba menggunakannya secara langsung, yang membantu mereka lebih terlibat dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga mendorong siswa untuk mengekspresikan perasaan senang mereka selama kegiatan, yang membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan interaktif. Pendekatan ini dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi karena mereka terlibat secara langsung dalam proses belajar.

  10. Nama : Nuraisyah Ritonga
    Nim : 856461323
    Pokjar : Sei lala
    Dari video yang saya lihat guru telah memanfaatkan alat peraga sebagai media pembelajaran materi pengurangan bilangan dengan cukup baik yaitu dengan menggunakan poster.dari penggunaan alat peraga ini terlihat siswa kembali konsentrasi dalam pembelajaran namun perlu adanya perbaikan alat peraga yaitu ukuran alat peraga dapat dicetak lebih besar atau jumlah cetaknya lebih banyak.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/