Memelihara Konsentrasi

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,016 Comments

  1. NAMA : Salma Maulida Fitria
    NIM : 857130292

    Video ini sangat bermanfaat! Penjelasan tentang cara memelihara konsentrasi anak di kelas jelas dan mudah dipahami. Saya suka contoh-contoh yang diberikan, yang membuat strategi tersebut lebih aplikatif. Sangat membantu para guru dan orang tua dalam mendukung perkembangan belajar anak!
    Saran Mungkin bisa ditambahkan beberapa kegiatan atau permainan yang bisa dilakukan di kelas untuk menjaga konsentrasi anak. Selain itu, diskusi singkat dengan beberapa guru tentang pengalaman mereka dalam menerapkan teknik-teknik ini juga akan sangat menarik!

  2. Nama: SRI LESTARI RITONGA
    Nim: 878251077
    Dari vidio di atas, menurut saya murid kurang berkonsentrasi pada saat pembelajaran berlangsung, dan murid lebih senang berbicara dengan temannya ketika guru menjelaskan, sehingga Konsentrasi belajar murid yang rendah dapat mengakibatkan terhambatnya kemampuan siswa dalam memahami materi. Sebagai guru harus memperhatikan kondisi ruang kelas yang kurang nyaman dan kebisingan dari kelas lain untuk menjaga konsentrasi siswa, dan memilih metode pembelajaran yang mungkin akan menarik perhatian siswa sehingga dapat berkonsentrasi dengan baik.

  3. Nama : Seli Lespita Sari
    Nim : 856829523
    Dari video yang saya lihat dapat kita simpulkan bahwa alat peraga berperan penting dalam membangun konsentrasi belajar anak, dengan menggunakan media seperti alat peraga dapat menarik perhatian anak dalam belajar sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Terimakasih

  4. Nama : Seli Lespita Sari
    Nim : 856829523
    Dari video yang saya lihat, dapat kita simpulkan bahwa alat peraga berperan penting dalam konsentrasi belajar anak. Dengan menggunakan media seperti alat peraga anak akan lebih tertarik untuk belajar sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

  5. Nama : Waniria lahagu
    Nim. : 856061385
    Setelah menonton vidio pembelajaran diatas,saya simpulkan bahwa guru klo kurang persiapan dalam mengahadapi kelompok kecil harus terjadi keributan dlm pembelajaran berlangsung,yg seharusnya guru efektif dlm kegiatan mengajar mengajak siswa dlm berbagai macam kegiatan agar perhatian mereka berfokus pada pembelajaran kita.

  6. Nama : Mitha Audina
    nim : 857460901
    Setelah saya mengamati video tersebut, dapat di katakan siswa lebih tertarik pada pembelajaran yang memakai alat peraga yang menarik. Guru harus lebih berinovasi pada pembelajaran agar siswa di kelas tidak bosan dan juga dapat memelihara konsentrasi nya. Siswa harus di libatkan juga dalam dan aktif dalam pembelajaran seperti menyuruh memegang alat atau yang lainnya.

  7. Nama : Dita Amilya
    NIM : 856285013
    Prodi : PGSD S1
    UTBJJ : UT Padang

    Penggunaan alat peraga yang menarik dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa karena mereka melihat sesuatu yang menarik dan meningkatkan rasa ingin tahu terhadap alat peraga yang dipegang guru. Rasa ingin tahu siswa akan membuat mereka tertarik untuk memperhatikan penjelasan guru mengenai benda tersebut dan tentu saja akan meningkatkan konsentrasi siswa. Pemberian beragam alat peraga dapat memelihara konsentrasi siswa selama proses pembelajaran.

  8. Assalamualaikum Wr Wb
    Nama : Moh Zaenal Ismail
    NIM : 857637024
    UPBJJ : Purwokerto
    Izin memberi komentar terhadap video ini menurut saya hal yang di lakukan guru tersebut sesuai dan perlu menjadi contoh untuk saya dalam mempraktekkan kekegiatan memelihara konsentrasi siswa. Karena didalam video ini kegiatan pembelajaran cukup efektif dan menarik perhatian siswa. Sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa.

  9. Nama : Achmad Roekan
    NIM : 856084669

    “Video ini sangat bermanfaat! Penjelasan tentang permasalahan untuk meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar jelas dan mudah dipahami. Saya terutama suka solusi tentang mengatasi konsentrasi siswa waktu belajar dan menciptakan lingkungan yang kondusif. Sangat membantu untuk mengimplementasikan dalam proses pembelajaran, adapun solusi yang terkini mungkin bisa diadakan ice breaking berupa game agar siswa yang sudah mulai capek / jenuh dalam belajar bisa kembali fokus dan semangat mengikuti pembelajaran.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/