silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,072 Comments

  1. Nama : Tati Rahmawati
    Nim : 857501967
    UPBJJ : Bandung
    Prodi : PGSD

    Assalamualaikum wr,wb
    ijin menanggapi video “memelihara konsentrasi” video tersebut menggambarkan upaya guru dalam mengatasi tantangan dalam menjaga konsentrasi peserta didik selama pembelajaran,dengan solusi menggunakan alat peraga yang interaktif.ini adalah pendekatan yang cukup efektif,terutama di jenjang pendidikan dasar di mana anak-anak cenderung mudah terdistraksi dan membutuhkan rangsangan visual atau kinestetik untuk tetap fokus.
    tetapi didalam video tersebut menurut saya volume, intonasi dan irama bicara guru tersebut kurang baik. sangat lemah atau kurang bersemangat. karena suara guru bukan hanya alat untuk menyampaikan materi saja tetapi juga sebagai alat kendali perhatian peserta didiknya.alangkah baiknya ketika hadirnya seorang guru di kelas membawa pengaruh positif seperti memberi kesan semangat,ceria,dan menyenangkan.

  2. Nama : fris eni Simanjuntak
    Nim : 878272292
    Guru sangat berperan penting masalah penguasan kelas. Seperti pengalaman di kelas kecil fokus hanya sebentar kita harus banyak ide agar anak tetap fokus dengan materi yang Kita sampaikan apalagi matematika di kelas pada saat siang hari
    Saran: di video tersebut awal pembelajaran di berikan permainan yang ringan sehingga fokus anak menerima pembelajaran baru di kelas kemudian guru harus memiliki media selalu baru dan lebih menarik. Bisa dalam bentuk animasi kartun. Atau ppt yang menarik. Sehingga anak lebih fokus

  3. Nama: Devi Susilawati
    NIM : 858081827
    Pada video yng sudah saya tonton menunjukkan bahwa pelajaran mtk pada siang hari kurang efektif sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi tidak efektif. Anak tampak kurang konsetrasi menerima pelajaran. Mereka asyik bermain sendiri. Dan mengabaikan pelajaran yang diberikan oleh guru. Memilih seperti video pelajaran berikutnya mtk memang efektif di simpan jam-jam pertama pelajaran. Anak juga lebih aktif jika diberikan pertanyaan terkait lingkungan sekitar. Terima kasih.

  4. Dari video yang diamati diawal beberapa anak terlihat tidak memperhatikan guru, ada yang asik sendiri, ada yang bermain bersama teman sebangkunya. Jika begitu terus pembelajaran menjadi membosankan. Jadi, kalo anak-anak susah konsen pas belajar, caranya pake alat peraga yang seru biar mereka tertarik, ajak mereka pegang dan coba alat itu sendiri, terus kasih waktu buat ngobrolin apa yang mereka suka dari kegiatan itu. Ini membuat pelajaran gak ngebosenin dan anak-anak menjadi antusias.

  5. Nama : Nadilah Yuliani
    NIM : 857153702

    Menurut saya, video ini menunjukkan upaya guru dalam mempertahankan konsentrasi siswa selama proses pembelajaran. Secara keseluruhan, video ini menyoroti beberapa aspek penting:
    1. Keterlibatan Siswa: Siswa menunjukkan reaksi positif terhadap penggunaan alat peraga yang menarik, yang membantu meningkatkan minat dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Interaksi langsung dengan alat peraga membuat siswa lebih aktif dan bersemangat.
    2. Metode Pembelajaran: Guru menerapkan metode pembelajaran aktif yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan berpartisipasi secara langsung. Ini menciptakan suasana belajar yang dinamis dan menyenangkan.
    3. Kelemahan dalam Interaksi: Meskipun ada upaya untuk melibatkan siswa, terdapat kelemahan dalam interaksi, di mana beberapa siswa mungkin tidak mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif. Hal ini dapat mengurangi efektivitas pembelajaran bagi semua siswa.
    4. Variasi dalam Penyampaian: Video menunjukkan bahwa variasi dalam metode penyampaian materi masih perlu ditingkatkan. Jika metode yang digunakan terlalu monoton, siswa dapat kehilangan minat.
    5. Umpan Balik dan Penyesuaian: Tidak ada indikasi bahwa umpan balik dari siswa dikumpulkan, yang penting untuk memahami efektivitas metode yang digunakan dan untuk melakukan penyesuaian di masa mendatang.

    Kesimpulan:
    Secara keseluruhan, video ini berhasil menunjukkan pentingnya alat peraga dan metode pembelajaran aktif dalam menjaga konsentrasi siswa. Namun, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru perlu memperhatikan interaksi dengan siswa, meningkatkan variasi dalam metode penyampaian, dan mengumpulkan umpan balik untuk perbaikan berkelanjutan. Dengan langkah-langkah ini, proses pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi semua siswa.

  6. Nama: Tri Indah Ayu Lestari
    Nim : 855868894
    Menurut pendapat saya terkait video di atas sebenernya cara Mengajarnya sudah bagus, guru tersebut memanfaatkan gambar untuk media pembelajaran, sehingga fokus siswa/i tersebut terfokus ke dalam pembelajaran tersebut. Hanya saja ada kelemahan yang ada dalam video tersebut, guru tersebut hanya memberikan poster foto yang kecil dan cuma 1 sehingga mungkin murid yang paling belakang tidak nampak, lalu dalam video tersebut guru tidak melakukan pembukaan seperti mengucap salam, berdoa dan tidak ada penutupan juga.

  7. Nama : Eka Pranstika
    Nim : 859893684

    Menurut pendapat saya, terkait video diatas Sebenarnya cara mengajar sudah bagus guru tersebut memanfaatkan gambar untuk media pembelajaran sehingga siswa lebih fokus pada pembelajaran tersebut. Hanya saja poster yang digunakan guru tersebut terlalu kecil, sehingga ada kemungkinan siswa yang duduk dibagian belakang tidak kelihatan dengan jelas akan poster tersebut, sehingga pembelajaran tersebut terasa kurang interaktif dan cenderung hanya untuk siswa barisan terdepan saja.

  8. Retno Heryanti
    NIM: 859528182

    Menurut saya siswa memang lebih senang ketika belajar menggunakan alat peraga atau gambar” yang unik.
    Dibandingkan dengan guru yg menerangkan hanya dengan berbicara tanpa ada nya gambar.
    Dengan gambar ketertarikan siswa dalam belajar lebih tinggi. Apalagi di kelas bawah yang senang dengan hal – hal yang baru dan menarik, seperti bernyanyi dan bermain games

  9. Solusi yang ditawarkan memiliki potensi untuk meningkatkan perhatian dan keterlibatan siswa. Namun, keberhasilannya bergantung pada perencanaan yang matang, pemilihan alat peraga yang tepat, dan pengelolaan kelas yang efektif. Penting untuk diingat bahwa ini hanyalah salah satu strategi, dan pendekatan yang lebih holistik yang menggabungkan berbagai metode pengajaran mungkin diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal. Guru juga perlu mengevaluasi efektivitas metode ini dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan siswa.

  10. NAMA : FIRNAYANTI HIA
    NIM : 859880631
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : MEDAN
    POKJAR : MANDEHE

    Solusi yang ditawarkan memiliki potensi untuk meningkatkan perhatian dan keterlibatan siswa. Namun, keberhasilannya bergantung pada perencanaan yang matang, pemilihan alat peraga yang tepat, dan pengelolaan kelas yang efektif. Penting untuk diingat bahwa ini hanyalah salah satu strategi, dan pendekatan yang lebih holistik yang menggabungkan berbagai metode pengajaran mungkin diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal. Guru juga perlu mengevaluasi efektivitas metode ini dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan siswa.

Leave a Reply