silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama: Rizky Ma’rifatun
    NIM: 857636093
    UPBJJ: Purwokerto
    Vidio yang saya amati adalah usaha seorang guru untuk menarik perhatian siswa, yaitu siswa kelas 1. Siswa kelas 1 merupakan kelas transisi dari PAUD ke SD, dimana anak TK lebih banyak fokus bermain, sedangkan ketika SD anak mulai lebih banyak fokus belajar dari pada bermain.
    dari vidio tersebut kita dapat melihat bagaimana usaha seorang guru untuk menarik perhatian siswa.
    Ada beberapa hal yang menjadi perhatian pada vidio awal:
    1. Guru masuk kelas langsung menyuruh anak membuka buku pelajaran, sementara anak-anak masih tetap fokus bermain. ketika anak tidak kunjung memperhatikan, guru hanya menyuruh anak untuk diam. Anak memperhatikan bukan karena dia tertarik/minat belajar tetapi karena disuruh disuruh diam.
    2. Guru berpakaian kurang rapi, masuk kelas menggunakan sandal.
    3. Tidak ada doa, salam, tegur sapa, dan apersepsi sebelum pembelajaran

    Pada vidio selanjutnya, guru sudah mampu menarik perhatian siswa. Guru menyapa anak-anak, berpakaian rapi, menggunakan alat peraga untuk menjelaskan, ada tanya jawab anatara siswa dengan guru, guru memberikan penguatan individu dan kelompok kepada siswa. Pada vidio lanjutan tersebut, siswa memperhatikan tanpa guru harus berkata “diam”.
    Dari vidio tersebut ada beberapa usaha yang dapat dilakukan guru untuk menarik perhatian siswa:
    1. mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang
    2. memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang dicontohkan
    meminta siswa menemukan benda lain dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukan tersebut.

  2. Nama : Mardiah Alfiaturrohmah
    NIM : 858525217
    UPBJJ: Semarang
    Pokjar: Boja
    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan.
    1. Reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu anak-anak lebih tertarik belajar apabila guru bisa menarik perhatian siswa, memberikan contoh benda-benda kongrit dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak lebih menyukai kegiatan praktek terlibat langsung dengan lingkungan.
    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran adalah tidak menggunakan media seperti visual, audio atau visual audio dan kurang melakukan variasi.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru menggunakan media misalnya media visual yaitu gambar dengan menghitung buah apel disebuah poster.
    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari seorang guru saat melakukan pembelajaran yaitu membawa alat peraga contoh pelajaran berhitung guru membawa buah jeruk 🍊
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video yaitu guru menggunakan media atau alat peraga agar dapat menarik perhatian siswa.
    Terimakasih

  3. Nama : Yunia Nur Annisa
    NIM : 856818434
    Semester : 8
    Pokjar : Arga Makmur, Bengkulu Utara
    Dari video yang saya amati tentang bagaimana cara menarik siswa pada saat pembelajaran matematika yaitu saat guru memasuki ruang kelas dan akan memulai pembelajaran dari segi penampilan guru kurang rapi dan kurang siap untuk melaksanakan proses pembelajaran. Padahal seperti yang kita tahu guru itu adalah panutan bagi siswa-siswinya di mana baik saat pada lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah guru hendaknya memberikan panutan-panutan yang baik bagi siswa-siswinya. Selain itu penampilan seorang guru juga menjadi perhatian khusus bagi siswa-siswi dan menarik minat mereka untuk melaksanakan pembelajaran bersama kita. Di sisi lain juga pada video guru tidak bisa membaca situasi yang kondusif Di dalam kelas sehingga guru pun tidak tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan yang sedang dihadapinya. Dalam video siswa-siswi masih ribut dan tidak memperhatikan saat guru memasuki kelas akan tetapi guru tersebut tetap melanjutkan pembicaraannya walaupun siswa-siswi belum terkondisi dan tidak memperhatikannya.
    Dengan permasalahan pembelajaran tersebut adapun cara-cara yang bisa dilakukan guru dalam menarik perhatian siswa yaitu seperti :
    a. Melakukan ice breaking atau pendinginan sebelum memulai pembelajaran seperti yang dilakukan pada video di mana saat guru tersebut memasuki kelas, guru menarik perhatian siswa dengan mengajak mereka untuk melaksanakan ice breaking bertepuk tangan.
    b. Guru melakukan apersepsi atau menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka sebelum memasuki materi inti pada pembelajaran.
    c. Mengajukan pertanyaan yang dapat menarik perhatian siswa untuk menjawab pertanyaan dari yang telah diajukan oleh guru.
    d. Menggunakan media konkret yang dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran yang kita sampaikan. Pada video guru menggunakan media konkert yaitu jeruk sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran matematika agar Siswa lebih responsif, aktif, dan, menarik untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.
    Jadi dapat disimpulkan bahwa saat kita melakukan pembelajaran, sebagai guru hendaknya kita harus siap terlebih dahulu agar pembelajaran yang kita laksanakan dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk belajar serta mencapai tujuan pembelajaran yang telah kita rencanakan sebelumnya.

  4. Assalamualaikum, wr.wb
    Nama : Anisa Amelia
    Nim : 857209847
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar: Balaraja
    Upbjj : Serang

    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

    a. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
    b. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
    c. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu.

    Berdasarkan video diatas, seorang guru yg mencoba menarik perhatian siswanya. Awalnya guru tidak melakukan pendekatan dengan benar, namun setelahnya guru melakukan cara untuk bisa menarik perhatian siswa, dengan cara bereksplorasi, melakukan tanya jawab, menggunakan media pembelajaran yang nyata, sehingga membuat anak lebih interaktif. Menurut saya berdasarkan video ini, sangat penting sebagai seorang guru untuk mempersiapkan segala materi dan upaya untuk membuat siswa tetap fokus dan perhatiannya tetap tertuju kepada guru.

  5. Nama : Scince Elvi Handayani
    NIM : 857706738
    Prodi : PGSD S1
    Berdasarkan video di atas adalah tentang bagaimana menarik perhatian siswa dalam pembelajaran di kelas. Yang pertama guru masuk ke kelas dengan berpakaian tidak rapi dan tidak menarik secara penampilan, tidak memakai sepatu. serta murid pun enggan untuk membalas sapaan guru tersebut. Selain itu guru langsung duduk saja, tidak memberikan ice breaking ataupun membawa media belajar yang menarik bagi siswa.
    Yang kedua, guru masuk kelas dengan menyapa siswa dengan ramah dan senyum. Selain itu guru memberikan penguatan serta ice breaking untuk memotivasi siswa dan memberikan semangat di awal pembelajaran. Guru juga membawa bahan dan media belajar untuk siswa. Siswa sangat antusias dan berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan yang diucapkan oleh guru. Guru mengajar dengan senang, ekspresi yang membahagiakan bagi siswa. Sehingga siswa menjadi senang dan antusias dalam pembelajaran.
    Pentingnya pembukaan serta ice breaking di setiap awal pembelajaran agar siswa menjadi lebih semangat dan senang dalam belajar. Serta memberikan penguatan materi dan penampilan diri yang rapi dan menarik, ekspresi bahagia agar siswa melihat seorang guru itu berwibawa dan menyenangkan.

  6. I ANATUL MUTMAINNAH 858718853
    di dalam vidio ini berisi tentang bagaimana kondisi kelas yang sangat sangat kurang kondusif atau anak anak sulit di kontrol sehingga bapak guru mengalihan agar anak merespon apa yang akan bapak guru sampaikan pada saat ada materi mendatang . setelas di rasa murid sudah mulai fokus bapak guru mlanjutkan materi dengan cara mengekspor apa yang telah di lihat oleh siswa dengan menghubungkan dengan materi yang ada di dalam nya . dan anak bisa ikut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung itu

  7. Nama: Rosina Simatupang
    Nim: 856053317
    UPBBJ : Medan

    Setelah Saya Menonton Video ini, penampilan seorang guru sangatlah penting, karena dapat mempengaruhi cara siswa merespon dan memperhatikan pembelajaran. sebagai guru harus bisa menarik perhatian dan konsentrasi siswa, terlebih dikelas satu dimana kelas yang merupakan kelas peralihan. dalam video ini metode mengajar guru menurut saya sudah baik karena menggunakan media benda konkret seperti jeruk yang akan memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran yang diajarkan.
    Terimakasih

  8. Nama: Nopi Aprilia Putri
    Prodi: PGSD
    Video ini berisikan suasana kelas serta upaya guru dalam menarik perhatian dari siswa dan siswinya, dimana ketika berada di dalam kelas dan melaksanakan proses belajar mengajar guru harus mampu membuat siswa fokus dalam mengikuti prosesnya. Guru harus bisa menggunakan media media atau alat alat sebagai penunjang proses pembelajaran nya dengan baik dan relevan guna membuat pembelajaran menjadi lebih hidup, dengan media yang menarik maka anak anak merasa senang dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

  9. Nama : Deva Ramadani Siregar
    Nim : 856024394
    Pokjar : Labusel
    Prodi : PGSD-S1
    Menurut saya video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
     Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan menyanyikan lagu pergi ke sekolah.
     Memberi pertanyaan tentang anggota keluarga.
     Meminta siswa menemukan dan menunjuk gambar ibu dan ayah

    3. Kelemahan pembelajaran dalam video :
     guru lupa melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu memberi salam dan membaca doa
     guru lupa mengecek absen siswa
     Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
     Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
     Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan

    4. kelebihan pembelajaran pada video :
    ■ Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus.
    ■ Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
    ■ Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran, yaitu seperti poster atau disebut juga gambar ayah ibu dan mengajak siswa mengeja kata ayah dan ibu dan menyusun kata ayah ibu dengan kartu kosa kata.
    ■ Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas

    5. Hal hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran :
    Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan, dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “Siapa yang punya ibu dan ayah dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan seperti itu anak anak akan lebih cepat Fokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.

    6. Rencana Pembelajaran Yang Dilakukan :
    Guru memberi pertanyaan kepada siswa agar berfikir kritis dan mengajak siswa aktif maju satu persatu agar siswa terlatih mental di dalam kelas
    selain memberi media pembelajaran Cetak seperti yang ada video tersebut gambar dan kartu kosa kata lebih baik di berikan video pembelajaran tersebut agar siswa menjadi semangat dan fokus pada pembelajaran.

  10. Nama : Deva Ramadani Siregar
    Nim : 856024394
    Pokjar : Labusel
    Prodi : PGSD -S1
    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
     Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan menyanyikan lagu pergi ke sekolah.
     Memberi pertanyaan tentang anggota keluarga.
     Meminta siswa menemukan dan menunjuk gambar ibu dan ayah

    3. Kelemahan pembelajaran dalam video :
     guru lupa melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu memberi salam dan membaca doa
     guru lupa mengecek absen siswa
     Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
     Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
     Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan

    4. kelebihan pembelajaran pada video :
    ■ Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus.
    ■ Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
    ■ Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran, yaitu seperti poster atau disebut juga gambar ayah ibu dan mengajak siswa mengeja kata ayah dan ibu dan menyusun kata ayah ibu dengan kartu kosa kata.
    ■ Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas

    5. Hal hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran :
    Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan, dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “Siapa yang punya ibu dan ayah dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan seperti itu anak anak akan lebih cepat Fokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.

    6. Rencana Pembelajaran Yang Dilakukan :
    Guru memberi pertanyaan kepada siswa agar berfikir kritis dan mengajak siswa aktif maju satu persatu agar siswa terlatih mental di dalam kelas
    selain memberi media pembelajaran Cetak seperti yang ada video tersebut gambar dan kartu kosa kata lebih baik di berikan video pembelajaran tersebut agar siswa menjadi semangat dan fokus pada pembelajaran.

Leave a Reply