silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Rindi Antika
Nim : 855860162
Upbjj: Medan
Dalam cuplikan video tersebut dapat dilihat awalnya guru tersebut masuk kedalam kelas dengan mengucapkan salam seperti biasa,smentara anak-anak murid yang didalam kelas masih asik bermain dan tidak memerhatikan guru tersebut.Dalam hal ini guru harus bisa menarik perhatian siswa dan mengalihkan fokusnya dari yang mengobrol dengan teman sebangkunya atau bermain di kelas menjadi fokus terhadap guru yang ada di depannya,dengan cara guru memberikan sesuatu hal yang menarik seperti,teka-teki,bertanya seputar keseharian di rumah,bermain tepuk Pramuka atau hal lainya.Cara ini cukup ampuh karena para siswa akan bisa fokus dalam 1 titik/hal yaitu perintah guru,hal ini bisa membantu para guru untuk bisa mengontrol kelas dan juga mendapat kan perhatian para siswa.
Nama : Rindi Antika
Nim : 855860162
Upbjj: Medan
Dalam cuplikan video tersebut dapat dilihat awalnya guru tersebut masuk kedalam kelas dengan mengucapkan salam seperti biasa,smentara anak-anak murid yang didalam kelas masih asik bermain dan tidak memerhatikan guru tersebut.Dalam hal ini guru harus bisa menarik perhatian siswa dan mengalihkan fokusnya dari yang mengobrol dengan teman sebangkunya atau bermain di kelas menjadi fokus terhadap guru yang ada di depannya,dengan cara guru memberikan sesuatu hal yang menarik seperti,teka-teki,bertanya seputar keseharian di rumah,bermain tepuk Pramuka atau hal lainya.Cara ini cukup ampuh karena para siswa akan bisa fokus dalam 1 titik/hal yaitu perintah guru,hal ini bisa membantu para guru untuk bisa mengontrol kelas dan juga mendapat kan perhatian para siswa.
Dalam cuplikan video tersebut,dapat di perhatikan setelah guru sudah bisa mencuri perhatian mereka,merek jadi nampak lebih santai dan bisa menerima pelajaran yang akan di berikan sang guru.
Jadi itulah solusi bagi guru untuk bisa mencuri perhatian mereka dan bisa fokus ke pelajaran yang akan di berikan.
Pada saat awal guru masuk kelas Guru tidak menggunakan seragam(tata tertib ) sesuai aturan sehingga terlihat seperti tidak siap untuk melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar.selain itu siswa acuh terhadap guru sebab guru belum dapat menguasai kelas. Untuk mencegah hal itu terjadi lagi sebaiknya sebagai seorang guru hendaklah sebelum membuka pelajaran dengan mengajak siswa bernyanyi atau apersepsi lainnya guna narik perhatian siswa dan guru dapat di hargai.
Setelah menonton cuplikan video diatas, hampir seluruh siswa sibuk dengan aktivitas mereka sendiri, sehingga tidak menyadari kalau ada guru yang masuk kelas, walaupun guru berusaha menyapa, tetapi masih tidak dihiraukan oleh siswanya, tetapi setelah guru memberikan intsruksi dengan menggunakan tepukan, siswa mulai merespon dan mengikuti ajakan guru tersebut dan mulai fokus perhatiannya kepada guru. Dengan begitu akan lebih memudahkan guru untuk memulai materi pelajaran.
Nama : SINDY WAHYUNI
NIM : 857002692
POKJAR : Bandar Lampung
Dari Vidio berikut dapat kita pelajari bahwa pertama kali guru masuk kelas, keadaan kelas masih sangat ribut dan anak sibuk sendiri-sendiri. Kemudian, gurunya pun masuk dengan keadaan yang belum siap dan kurangnya kedisiplinan dalam hal kerapian.
Dalam hal ini, perlu di terapkan bahwa seorang guru harus selalu rapi dan konsisten di segala hal dalam proses pembelajaran. Hal ini juga dapat melatih anak untuk disiplin dan taat aturan.
Kemudian dalam proses pembelajaran guru harus guru mengajak siswa melakukan apersepsi seperti game atau tebak-tebakan untuk menarik perhatian siswa, kemudian guru bisa menggunakan berbagai metode untuk pembelajaran. Upayakan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Nama : IRMA SAFITRI
Nim : 857002954
SALUT : Way Tuba
Setelah mengamati video cuplikan di atas,mungkin suatu hal biasa apabila para murid ribut dan asik sendiri,karena memang tidak ada hal yang membuat nya fokus dan tertuju pada 1 hal, dengan cepat guru tersebut sigap dan merubah cara menyapanya agar pada awal pembelajaran anak-anak bersemangat untuk belajar. Yang harus dilakukan oleh guru untuk menyikapi hal tersebut adalah sesorang guru memberikan hal-hal yang menarik kepada siswa agar siswa bisa memperhatikan dan menghargai guru tersebut, dan untuk sesorang guru alangkah baiknya bisa menjaga kerapian berpakaian. Guru cepat menyadari ketika anak didiknya tidak memperhatikan diri nya dengan cepat guru tersebut sigap dan merubah cara menyapanya agar pada awal pembelajaran anak-anak bersemangat untuk belajar.
Reaksi anak saat kegiatan pembelajaran :
Pada awal pembelajaran siswa kurang tertarik pada kegiatan pembelajaran. Kemudia setelah guru mengubah metode pembelajaran siswa mulai tertarik untuk melakukan kegiatan pembelajaran.
Kelemahan :
Kurangnya apersepsi pada awal Vidio pembelajaran yang membuat anak kurang terfokus belajar.
Kurangnya kerapian berpakaian dan kesiapan guru saat akan memberikan pembelajaran.
Kelebihan :
Guru mengubah metode dalam menarik perhatian siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran guru mampu membuat siswa fokus terhadap pembelajaran dan menciptakan kelas yang aktif dan kondusif.
Hal-hal unik dari guru dalam kegiatan pembelajaran :
Guru menjadikan benda disekitar sebagai sumber belajar.
Guru yang awalnya berpakaian tidak rapi dan kurang siap dalam mengajar, berubah menjadi guru yang rapi dan siap untuk pembelajaran.
Upaya usulan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya :
Dalam hal ini, harus di terapkan bahwa seorang guru rapi dalam berpakaian dan konsisten di segala proses dalam pembelajaran. Hal ini melatih anak untuk disiplin dan taat aturan. Kemudian dalam proses pembelajaran guru harus mengajak siswa melakukan apersepsi seperti game, bercerita, atau tebak-tebakan untuk menarik perhatian siswa. Dan menggunakan berbagai metode yang lebih aktif dan menarik. Upayakan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Nama : Mayang Anjarsari
NIM : 857002266
Pokjar : Way Tuba
UPBJJ : Bandar Lampung
Kelebihan
Kelebihan vidio tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali, selain itu guru tersebut juga memberikan sekilas materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode praktik, dengan alat peraga berupa buah jeruk, dengan begitu anak cepat mudah memahaminya dibanding dengan teori.
Kelemahan
Kelemahan pada vidio diatas yaitu terlihat diawal vidio kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi yang kurang memadai.
Deskripsi
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangat penting dalam pembelajaran matematika.
Setelah mengamati cuplikan video diatas, dapat kita lihat bahwa ketika seorang guru memasuki ruangan kelas hampir semua siswasangat ribut, dan mereka asik bermain dikelas tanpa memperhatikan guru tersebut sedang ddatan.jd hal yang harus dilakukan guru dalam situasi ini adalah dengan cara memberikan sesuatu yg menaik kepada para siswa. Guru harus bisa menarik perhatian siswa s eperti mengajak siswa untuk bertanya Jawa tentang kegiatan siswa sehari . Bermain dan memberi tanya jawab, bermain tepuk pramuka dan lai lain. Hal ini bisa membantu para guru untuk bisa mengontrol kelas dan juga mendapatkan perhatian para siswa.