silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. Nama : Desi Wulandari
    NIM : 859173011
    UPBJJ : MATARAM

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dari video pembelajaran di atas dapat di atas dapat disimpulkan pentingnya pengenalan kejujuran pada anak usia dini, agar mereka terbiasa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Langkah pengenalan kejujuran melalui bercerita seperti di video sudah sangat bagus karena anak-anak dapat merespon dengan baik dan mendengarkan apa yang diceritakan oleh guru. Menurut saya selain melalui bercerita, hendaknya kita selalu memberi contoh yang nyata bagaimana menerapkan sikap yang jujur ​​pada anak, seperti membuat aturan di kelas, anak-anak yang tidak berkata jujur ​​akan mendapat hukuman dan sebaliknya anak-anak yang berkata jujur ​​akan diberi reward atau hadiah agar anak terbiasa berkata dan jujur.

  2. Nama : NABELLA SHANTIKA
    Nim : 855888223
    Upbjj : banda aceh

    Dari video Menerapkan kejujuran anak melalui cerita moral memberikan respon pada bacaan, strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
    tokoh-tokoh di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
    dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
    lebih tepat sasaran. Metode Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui pembelajaran bercerita yang di sesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan anak.
    Vidio ini sangat bermanfaaat bagi saya dalam mengembangkan pembelajaran dalam kelas dan memberi Gambaran untuk menerapkannya.

  3. Nama: Rani Anjelsari
    Nim : 859424309
    Dari video Menerapkan kejujuran anak melalui cerita moral tersebut ara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan, strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
    tokoh-tokoh di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
    dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
    lebih tepat sasaran. Metode Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui pembelajaran bercerita yang di sesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan anak.
    Vidio ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mengembangkan pembelajaran dalam kelas dan memberi Gambaran untuk menerapkannya.

  4. Nama Eka maryanti
    NIM 859812449
    UPBJJ:PALEMBANG

    Cerita yang mengajarkan kejujuran pada anak usia dini adalah pendekatan yang baik dalam pembelajaran. Dalam cerita, guru dapat menggunakan buku cerita bergambar untuk menggambarkan seorang anak yang jujur. Pada akhir cerita, guru menanyakan kepada siswa mengenai tokoh-tokoh dalam cerita tersebut. Melalui cerita ini, guru secara tidak langsung telah menanamkan nilai kejujuran pada peserta didik.

    Menggunakan cerita dalam pembelajaran adalah cara yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai moral pada anak-anak. Dalam konteks kejujuran, cerita dapat membantu anak-anak memahami pentingnya kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Melalui diskusi tentang cerita yang telah dibacakan, guru dapat melibatkan siswa dalam pemahaman dan refleksi mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam cerita tersebut.

    Selain itu, cerita juga dapat membantu membangun imajinasi dan kreativitas anak-anak. Dengan menggunakan buku cerita bergambar, guru dapat membuat suasana belajar yang menarik dan interaktif. Melalui cerita, anak-anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat mereka terhadap membaca dan belajar.

    Dalam konteks pembelajaran PAUD, penting bagi guru untuk menggunakan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan anak-anak. Menggunakan cerita untuk mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran adalah cara yang tepat untuk memperkenalkan konsep tersebut kepada anak-anak. Melalui cerita, guru dapat merangsang rasa ingin tahu anak-anak, memperluas wawasan mereka, dan membantu mereka memahami pentingnya kejujuran dalam hubungan dengan orang lain.

    Dengan demikian, pendekatan pembelajaran yang menggunakan cerita tentang kejujuran pada anak usia dini dapat memberikan manfaat yang positif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak-anak mengenai nilai-nilai moral yang penting.

  5. Assalamualaikum wr wb.
    Nama :Tiyansi camelia novia sari
    Nim :858572176
    Dari video pembelajaran di atas dapat di atas dapat disimpulkan bahwa pentingnya pengenalan kejujuran pada anak usia dini, agar mereka terbiasa menerapkan dikehidupan sehari-hari. Langkah pengenalan kejujuran melalui bercerita seperti di video sudah sangat bagus karena anak-anak dapat merespon dengan baik dan mendengarkan apa yang diceritakan oleh guru. Menurut saya selain melalui bercerita, hendaknya kita selalu memberi contoh yang nyata bagaimana menerapkan sikap yang jujur pada anak, seperti membuat aturan di kelas, anak-anak yang tidak berkata jujur akan mendapat hukuman dan sebaliknya anak-anak yang berkata jujur akan diberi reward agar anak terbiasa berkata dan bersikap jujur.

  6. Nama : Hasanah
    Nim. : 858316224

    Dalam video yang berjudul “menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral” sangat efektif di lakukan untuk menanamkan kejujuran anak melalui cerita yang di dengarkan oleh anak agar anak senantiasa selalu terbiasa berkata jujur dalam suatu perbuatan dan tindakannya dalam kehidupan sehari-hari.

  7. Video ini sangat mengedukasi. Dapat dipelajari bagaimana cara menanamkan kejujuran pada anak lewat cerita yang telah mereka dengar dan lihat. Menanamkan kejujuran harus dilakukan sejak usia dini, agar anak dapat tahu betapa pentingnya untuk berkata jujur.

    Jovita Abigael
    858463512

  8. Nama:Maya Badriyah
    NIM:857509574

    Judul video: menanamkan nilai kejujuran melalui bercerita yang mengandung pesan moral.

    ➡️ Kejujuran harus ditanamkan sejak dini karena hal itu akan mempengaruhi kepada sikap dan perilaku anak-anak kelak, guru harus melakukan upaya untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada anak salah satunya adalah melalui cerita yang mengandung pesan moral.Pada video tersebut tampak anak-anak yang antusias mendengarkan cerita Bu guru mengenai buku yang berjudul “Aku anak yang jujur”, anak-anak ikut terbawa suasana ke dalam cerita yang ibu guru bacakan, di dalam isi buku tersebut menceritakan mengenai anak yang jujur saat ia memecahkan gelas, setelah selesai bercerita lalu Bu Guru mengadakan tanya jawab dengan anak-anak, hal ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak-anak mengenai cerita yang dibacakan oleh bu guru, belajar melalui cerita ini membuat anak akan merasa senang dan tidak akan bosan

  9. Nama : Irma Sulistiya Ningsih
    NIM :858161537
    Mohon izin menanggapi,
    Menanamkan kejujuran pada anak usia dini adalah sebuah investasi dalam pembentukan karakter anak.Salah satunya menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui cerita moral seperti yang diperlihatkan pada video tersebut.Dalam video tersebut penyampaian yang dilakukan guru sangatlah jelas dan menarik untuk anak.Saya sangat terinspirasi setelah melihat video ini,karena dapat di jadikan contoh untuk menanamkan nilai kejujuran di lembaga tempat saya mengajar.

    Terima kasih.

  10. Nama : Pitdrayani
    Nim : 877596407

    Dari video pembelajaran di atas yang berjudul “Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral” dapat kita simpulkan betapa pentingnya pengenalan kejujuran pada anak usia dini, agar mereka terbiasa menerapkan pada kehidupannya sehari-hari. Dengan mengenalkan kejujuran melalui bercerita seperti yang di lakukan pada video tersebut, pendidik hendaknya memberi contoh yang nyata bagaimana menerapkan sikap yang jujur pada anak, seperti membuat aturan di kelas, anak-anak yang tidak berkata jujur akan mendapat hukuman, sebaliknya anak yang berkata jujur akan diberi pujian atau penghargaan agar anak terbiasa berkata jujur. Video ini sangat memotivasi saya untuk menerapkan kepada anak didik saya.

Leave a Reply