silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Nama : Dewi Shofiah
Nim : 856600563
Pokjar : Sarolangun.
Upbjj : Jambi
Setelah saya mengamati video diatas untuk menanamkan nilai kejujuran anak dapat di lihat bercerita kepada orang tua nya dan anak dapat bersikap jujur.
Nama : Lisa Kurniawati
NIM : 859176332
Dari video tersebut dapat dilihat bahwa seorang guru sedang membacakan buku cerita bergambar yang berjudul ” Aku anak jujur” Secara tidak langsung guru tersebut telah menanamkan nilai kejujuran kepada anak muridnya melalui buku cerita bergambar tersebut. Sedangkan kejujuran adalah nilai yang sangat penting. Dengan menanamkannya sejak dini, kita membantu anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang berintegritas, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya.
Nama : ZARMINI
NIM : 855769568
Assalamualaikum wr wb
Menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak sangatlah penting harus dimulai pada usia dini.
Pada cuplikan video pembelajaran sangatlah menarik, guru dapat menerapkan berbagai metode dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran dan perilaku moral yang lain. Hal ini dapat menjadi pondasi bagi anak dalam mengetahui dan menentukan sikap yang baik dimasa yang akan datang. Nilai-nilai kejujuran dan perilaku moral yang baik harus di terapkan secara berulang-ulang dan di kemas dengan menarik bagi anak sehingga akan tertanam dalam diri anak,tentang pengetahuan yang ia pelajari.
Demikian ulasan dari saya,terima kasih .
Wassalamualaikum wr wb
FIRDA SUKIMAN
NIM 859422541
Setelah menonton video ini, saya berpendapat bahwa untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini dapat melalui hal seperti melakukan perbuatan baik, merasakan, mencintai kebaikan, dan pengetahuan tentang kebaikan. Seperti yang ada pada video tersebut, guru mengajarkan tentang kejujuran melalui media buku cerita. Guru membacakan cerita dengan ekspresi wajah dan intonasi yang menarik sehingga anak anak semangat untuk mendengarkan. Setelah selesai bercerita, guru kemudian memberikan pertanyaan mengenai apa yang telah diceritakan tadi. Lalu guru memberi penguatan seperti nasehat hal ini untuk memperkuat pemahaman anak tentang kejujuran.
Selain buku cerita, adapun beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajarkan tentang kejujuran pada anak, yaitu ;
1.Kegiatan bermain peran. Guru mengajak anak anak berman peran yang menceritakan tentang arti kejujuran.
2.Mengajarkan ice breaking, yaitu bernyanyi lagu tentang kejujuran.
3.Melalui kegiatan pembiasaan.
Kegiatan bermain peran tentu melibatkan anak anak dalam kegiatan pembelajarannya, sehingga pembelajaran tentang kejujuran dapat dengan mudah dipahami oleh anak. Selain itu, kegiatan bermain peran juga sangat menyenangkan, anak dapat berekspresi dengan bebas. Dan dengan pembiasaan perilaku jujur di sekolah, anak akan lebih mudah dan lebih lama mengingat tentang perilaku jujur yang perlu diketahui.
Dengan kegiatan seperti ini, anak dapat mengetahui tentang nilai kejujuran dan menerapkannya dalam kehidupan sehai hari. Baik itu dilingkungan sekolah maupun luar sekolah.
FIRDA SUKIMAN
NIM 859422541
Setelah menonton videoini, saya berpendapat bahwa untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini dapat melalui hal seperti melakukan perbuatan baik, merasakan, mencintai kebaikan, dan pengetahuan tentang kebaikan. Seperti yang ada pada video tersebut, guru mengajarkan tentang kejujuran melalui media buku cerita. Guru membacakan cerita dengan ekspresi wajah dan intonasi yang menarik sehingga anak anak semangat untuk mendengarkan. Setelah selesai bercerita, guru kemudian memberikan pertanyaan mengenai apa yang telah diceritakan tadi. Lalu guru memberi penguatan seperti nasehat hal ini untuk memperkuat pemahaman anak tentang kejujuran.
Selain buku cerita, adapun beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajarkan tentang kejujuran pada anak, yaitu ;
1.Kegiatan bermain peran. Guru mengajak anak anak berman peran yang menceritakan tentang arti kejujuran.
2.Mengajarkan ice breaking, yaitu bernyanyi lagu tentang kejujuran.
3.Melalui kegiatan pembiasaan.
Kegiatan bermain peran tentu melibatkan anak anak dalam kegiatan pembelajarannya, sehingga pembelajaran tentang kejujuran dapat dengan mudah dipahami oleh anak. Selain itu, kegiatan bermain peran juga sangat menyenangkan, anak dapat berekspresi dengan bebas. Dan dengan pembiasaan perilaku jujur di sekolah, anak akan lebih mudah dan lebih lama mengingat tentang perilaku jujur yang perlu diketahui.
Dengan kegiatan seperti ini, anak dapat mengetahui tentang nilai kejujuran dan menerapkannya dalam kehidupan sehai hari. Baik itu dilingkungan sekolah maupun luar sekolah.
Nama: Dewi Anggraini
NIM: 858539208
UPBJJ: Kota Semarang
a) Dari cuplikan video diatas guru menggunakan Teknik bercerita tentang kejujuran pada anak didiknya, dan anak- anak antusias mendengarkan cerita yang dibacakan guru. Kejujuran adalah salah satu sikap yang harus diajarkan pada anak sejak usia dini. Anak yang jujur membangun hubungan yang kuat, meraih rasa hormat, dan mendorong kerja sama yang positif. mendidik kejujuran sebagai landasan utama serta dianggap berharga, membentuk karakter kuat, dan membawa anak menuju kesuksesan. dengan memberikan pengetahuan dan contoh pada anak didik setiap hari secara tidak langsung sifat jujur akan tertanam pada anak didik. dan insyaa Allah anak akan menerapkan sikap perilaku jujur pada dirinya.
b) menurut saya selain menggunakan teknik bercerita guru juga bisa menggunakan permainan untuk mengetahui tingkat kejujuran pada anak usia dini, bekerja sama dengan orang tua untuk menanamkan sikap perilaku disiplin pada anak, misalnya dengan cara memberikan tugas pada anak untuk menyampaikan pesan kepada orang tua, kemudian guru mengkroscek pada orang tua
Nama : Rosenty Sihaloho
Nim: 859781502
Pokjar: Medan
Kelas : PKM
Semester : IV
Video pembelajaran Tentang menanamkan nilai kejujuran pada anak.
Pembelajaran anak usia dini sangat beragam, dikarenakan anak usia dini adalah pondasi awal . Oleh sebab itu anak usia dini harus kita tanamkan disiplin, kejujuran, dan tanggung jawab.
Sehingga kelak dengan bertambahnya usia mereka, apa yang diajarkan di pondasi awal akan melekat dalam pikiran mereka serta tertanam baik dalam diri anak.
Anak usia dini adalah anak masih sangat polos, sehingga pada saat mereka melakukan kesalahan maka mereka akan berpikir bahwa mreka akan di beri hukuman. Dari video diatas kita mengambil kesimpulan pada saat anak melakukan kesalahan sebagai seorang ibu maka kita tidak boleh membiasakan memberi punish bagi anak namun ajarkan anak untuk selalu berhati hati dalam melakukan sesuatu
Keterbukaan dalam komunikasi dengan anak sangat penting, sehingga anak akan selalu memberitahukan apapun hal yang ia lakukan sekalipun hal yang dia lakukan itu salah. Dengan demikian kita sudah menanamkan kejujuran dengan komunikasi terhadap anak.
Komunikasi adalah hal yang sangat penting dengan anak.Anak usia dini membutuhkan lawan untuk berbicara karena mereka memiliki bnyak perbendaharaan kata dalam pikiran mereka yang harus dituangkan oleh mereka.
Melalui bercerita adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menanamkan kejujuran bagi anak.
Terima kasig
Nama : Nur Paradila
NIm : 858441262
video ini berjudul Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
pada Video menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya. Selain menceritakan kisah tentang kejujuran, Kita sebagai pendidik juga bisa menanamkan kejujuran pada anak usia dini dengan cara: Menerapkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari, Memberikan pengetahuan dan keyakinan bahwa Tuhan Maha Melihat, Memberikan pemahaman bahwa “Jujur Itu Nikmat, Memberikan pujian dan pemberitahuan.
Bismillah. Saya Alfani Muthia Dewi dengan NIM 857522828.
Menurut saya kejujuran harus diajarkan sedini mungkin kepada anak melalui berbagai cara dan berbagai media. Salah satunya dengan cerita moral yang terdapat pada buku cerita anak. Selain bahasanya yang dapat diterima anak karena sesuai usia nya, anak akan senang menerima cerita baik tersebut dengan berbagai gambar menarik dari buku. Dengan penyampaian dan penggambaran salah satunya lewat buku cerita anak akan lebih tertarik dan memahami apa itu kejujuran.
Terimakasih sekian jawaban dari saya.
Nama : Salnita
Nim: 859430943
UPBJJ : Makassar
Mengajarkan nilai kejujuran kepada anak usia dini melalui bercerita adalah metode yang efektif dan menarik.
Dengan menggunakan bercerita sebagai metode, kita tidak hanya mengajarkan nilai kejujuran tetapi juga membuat proses belajar menjadi menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Ini membantu mereka internalisasi nilai tersebut dengan cara yang lebih mendalam.