silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
SYALOM.
Perkenalkan nama saya JELIANA HABA SAINGO
NIM: 859277931
tempat Mengajar: PAUD ATE GHU, DESA TARONA, KEC.TANA RIGHU,KAB.SUMBA BARAT,NTT.
POKJAR: SUMBA BARAT 1
Menurut saya vidio seri pembelajaran tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, hal ini akan menjadi masukan bagi kami sebagai guru dan sekaligus menjadi pedoman bagi kami sebgai guru pendidik PAUD. Kegiatan mengatasi ini sangat bagus untuk membuat jari jemari anak selalu aktif, agar dapat memegang pensil dengan benar sesuai dengan usia perkembangan anak yang sedang berjalan. Ada pula masukan dari saya sebgai mahasiswa dan guru pendidik PAUD yaitu sya juga pernah melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menstimulus anak untuk dapat memegang pensil dengan benar. adapun kegiatan yang saya lakukan di PAUD saya untuk stimulus yaitu meramas kertas membuat bola, membuat orang-orangan dari terigu atau membuat adonan dari playdough. Mungkin sekian dan trimakasih.
Nama : MAZNAWATI
Nim : 856820147
Video tersebut menunjukkan metode melatih motorik halus anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Aktivitas seperti memindahkan air menggunakan spons dan membuka kancing baju membantu meningkatkan kontrol otot tangan dan jari anak. Pendekatan ini penting, karena keterampilan motorik halus berhubungan langsung dengan kemampuan menulis. Sebaiknya, pengenalan alat tulis dan teknik memegang pensil dilakukan secara bertahap, melibatkan orang tua untuk dukungan di rumah. Latihan tambahan seperti menggunting , meremas juga bisa memperkuat kontrol otot tangan dan jari anak dan keterampilan anak lebih cepat.
NAMA: MAZNAWATI
NIM: 856820147
Video pembelajaran berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar ”
Video ini diperlihatkan bagaimana cara mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Cara yang dilakukan adalah dengan melatih otot-otot jari anak secara bertahap.
Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Menurut saya dalam pembelajaran d belum diberi pemahaman cara pegang pensil dengan benar dengan mencontohkan cara menggunakan pensil. Dalam hal itu terlihat jelas saat posisi anak megang pensil masih kaku dan salah karena pensil untuk kegiatan lain nya bisa di tambah kan dengan metode meremas koran atau menggunting.
setelah saya menonton video tersebut , saya mendapatkan inspirasi menarik untuk anak yang sulit memegang pensil, karena di lembaga saya juga terdapat anak yang masih sulit memegang pensil terutapa pada saat awal masuk sekolah.
Dwi wahyuni
859398876
Menurut saya kegiatan yang ada di video sangat membantu anak dalam perkembangan fisik motorik anak khususnya pada kegiatan pada saat anak memegang pensil. Dimana di sekolah kami masih ada anak yg masih belum bisa menganggap pensil, nah disinilah peran penting pendidik untuk bisa memberikan stimulus pada anak yg fokus untuk meningkatkan atau bisa membantu anak sedikit demi sedikit bisa menggunakan pensil sendiri bisa dengan memegang berbagai benda yang hampir sama dengan bentuk pensil agar anak bisa melakukan kegiatan tersebut dengan pensilnya sendiri
Nama : Niken Mustika
NIM : 877624513
Kemampuan memegang pensil memang sangat erat kaitannya dengan perkembangan motorik halus anak. Motorik halus adalah kemampuan menggunakan otot-otot kecil pada tangan dan jari untuk melakukan gerakan yang terkoordinasi. Untuk itu seorang guru harus lebih kreatif dalam membuat aktivitas yang Menyenangkan untuk Melatih Motorik Halus seperti :
Menggambar: Mulai dengan coretan-coretan bebas, lalu beralih ke gambar yang lebih kompleks.
Memainkan alat musik: Alat musik seperti piano atau drum dapat melatih koordinasi jari.
Membuat kerajinan tangan: Membuat kolase, patung dari tanah liat, atau menjahit kancing dapat meningkatkan keterampilan motorik halus.
Dan kegiatan lainnya.
Menurut saya dalam vidio tersebut stimulasi yang dilakukan guru sudah benar yaitu memindahkan air dari mangkok menggunakan spons.dalam kegiatan tersebut terlihat anak anak senang melakukan kegiatan tersebut,dan guru juga mampu mengkondisikan kelas dengan baik.
Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar adalah hal yang umum terjadi, terutama pada anak-anak usia dini, salah satunya anak yang terdapat dalam vidio tersebut. Kesulitan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perkembangan motorik halus yang belum optimal, kurangnya latihan, atau ketidakpahaman tentang cara yang benar dalam memegang pensil.
Mengenai permasalahan diatas, vidio tersebut memberikan solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan melakukan berbagai aktivitas yang merangsang motorik halus, seperti bermain dengan mainan yang membutuhkan presisi tangan yaitu memindahkan air menggunakan media spons, membuka dan menutup gembok dengan kunci, dan mengkancing baju. Aktivitas seperti ini membantu memperkuat otot-otot tangan dan jari mereka.
Dari pemaparan vidio tersebut menambah wawasan saya bagaimana cara mengatasi anak yang belum dapat memegang pensil yang baik dan benar. Sehingga dengan pendekatan yang penuh pengertian dan konsistensi, anak akan semakin terbiasa memegang pensil dengan benar seiring bertambahnya usia dan latihan.
Nama : Rafidah
NIM : 858867235
Pada video ini menunjukkan bagaimana upaya seorang guru mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Contoh pembelajaran pada video ini menayangkan metode-metode melatih motorik halus anak secara bertahap. Dengan cara memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spon,membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. Semua itu guna untuk stimulasi anak menguatkan jari jari tangannya saat memegang pensil dengan benar.
Nama : Rafidah
NIM : 858867235
Pada video ini menunjukkan bagaimana upaya seorang guru mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Contoh pembelajaran pada video ini menayangkan metode-metode melatih motorik halus anak secara bertahap. Dengan cara memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spon,membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. Semua itu guna untuk stimulasi anak menguatkan jari jari tangannya saat memegang pensil dengan benar.
Nama : Rafidah
NIM : 858867235
Pada video ini menunjukkan bagaimana upaya seorang guru mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Contoh pembelajaran pada video ini menayangkan metode-metode melatih motorik halus anak secara bertahap. Dengan cara memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spon,membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. Semua itu guna untuk stimulasi anak menguatkan jari jari tangannya saat memegang pensil dengan benar.