silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Assalamu’alaikum wr. wb.
Pekenalkan nama saya Yulia Putri, saat ini saya sedang menempuh semester 8 UT Jurusan S1 PGPAUD
NIM: 857777521
Ijin memberikan pendapat pada video dengan judul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”. Menurut pendapat saya, video yang singkat ini sudah cukup jelas memberikan gambaran tentang permasalahan yang dihadapi anak, serta cukup memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam video terdapat seorang anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Maka, pendidik sebaiknya melatih kelenturan jari anak terlebih dahulu. Sebab, anak usia 3-5 tahun memiliki kemampuan yang berbeda. Adapun solusi yang diberikan dalam video guna melatih kelenturan jari anak diantaranya meminta anak untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat yang lain atau dari satu wadah ke wadah yang lain dengan menggunakan spons, kemudian melatih kemampuan memegang objek dapat dilakukan dengan membuka dan menutup gembok, serta membuka dan memasangkan kancing. Selain itu, dapat pula dengan meremas kertas. Jika di rumah, ayah/bunda dapat meminta tolong kepada anak untuk memetik daun bayam atau kangkung yang akan di masak.
NAMA : II YULIANTI
NIM : 857473495
Berikut adalah analisis video “Anak yang Belum Bisa Pegang Pensil dengan Benar” :
Ringkasan:
a.Video ini mengupas cara-cara untuk membantu anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar
b.Anak-anak dilatih untuk menebalkan garis pada papan tulis sebagai latihan dasar.
c.Beberapa anak mengalami kesulitan dalam membuat garis lengkung, bahkan ada yang sampai merobek kertas atau mematahkan pensil karena frustrasi.
d.Solusi yang diberikan meliputi berbagai latihan keterampilan menulis, seperti :
1)Melatih kelenturan jari dengan cara yang menyenangkan, seperti memindahkan air menggunakan spons.
2)Melatih koordinasi tangan dengan membuka dan menutup kunci gembok atau mengencangkan sekrup.
3)Melatih keterampilan motorik halus dengan kegiatan seperti membuka dan memasangkan kancing baju.
Kelebihan Video:
1.Video ini menyajikan penjelasan yang sangat jelas dan mudah dipahami tentang cara membantu anak-anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar.
2.Dilengkapi dengan contoh latihan yang aplikatif dan bisa langsung dipraktikkan, memberikan panduan praktis bagi orang tua dan guru.
3.Konten video ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halus dan mempersiapkan mereka untuk belajar menulis.
4.Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Kekurangan Video :
1.Kegiatan dalam video ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh.
2.Video ini tidak membahas secara mendalam tentang faktor penyebab kesulitan anak-anak dalam memegang pensil.
3.Tidak ada panduan atau cara untuk menilai apakah anak sudah siap memulai belajar menulis. Evaluasi terhadap hasil latihan anak belum sepenuhnya dijelaskan. Evaluasi sangat penting untuk mengukur perkembangan dan efektivitas metode yang diterapkan.
4.Kurang membahas mengenai bantuan khusus bagi anak yang kesulitan belajar menulis akibat masalah medis atau perkembangan tertentu.
Kesimpulan:
Secara keseluruhan, video ini adalah sumber daya yang sangat bermanfaat bagi orang tua dan guru yang ingin membantu anak-anak mereka menguasai keterampilan dasar menulis. Penjelasan yang sederhana dan berbagai latihan yang menarik membuat video ini mudah dipahami dan dapat langsung diterapkan. Namun, masih ada beberapa aspek yang bisa ditambahkan untuk lebih mendalam membahas masalah yang mungkin dihadapi anak-anak dalam proses belajar menulis.
Demikian analisis video yang saya amati di GPO ini. Terimakasih.
Tugas partisipasi 1
NAMA : II YULIANTI
NIM : 857473495
Berikut adalah analisis video “Anak yang Belum Bisa Pegang Pensil dengan Benar” :
Ringkasan:
a.Video ini mengupas cara-cara untuk membantu anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar
b.Anak-anak dilatih untuk menebalkan garis pada papan tulis sebagai latihan dasar.
c.Beberapa anak mengalami kesulitan dalam membuat garis lengkung, bahkan ada yang sampai merobek kertas atau mematahkan pensil karena frustrasi.
d.Solusi yang diberikan meliputi berbagai latihan keterampilan menulis, seperti :
1)Melatih kelenturan jari dengan cara yang menyenangkan, seperti memindahkan air menggunakan spons.
2)Melatih koordinasi tangan dengan membuka dan menutup kunci gembok atau mengencangkan sekrup.
3)Melatih keterampilan motorik halus dengan kegiatan seperti membuka dan memasangkan kancing baju.
Kelebihan Video:
1.Video ini menyajikan penjelasan yang sangat jelas dan mudah dipahami tentang cara membantu anak-anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar.
2.Dilengkapi dengan contoh latihan yang aplikatif dan bisa langsung dipraktikkan, memberikan panduan praktis bagi orang tua dan guru.
3.Konten video ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halus dan mempersiapkan mereka untuk belajar menulis.
4.Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Kekurangan Video :
1.Kegiatan dalam video ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh.
2.Video ini tidak membahas secara mendalam tentang faktor penyebab kesulitan anak-anak dalam memegang pensil.
3.Tidak ada panduan atau cara untuk menilai apakah anak sudah siap memulai belajar menulis. Evaluasi terhadap hasil latihan anak belum sepenuhnya dijelaskan. Evaluasi sangat penting untuk mengukur perkembangan dan efektivitas metode yang diterapkan.
4.Kurang membahas mengenai bantuan khusus bagi anak yang kesulitan belajar menulis akibat masalah medis atau perkembangan tertentu.
Kesimpulan:
Secara keseluruhan, video ini adalah sumber daya yang sangat bermanfaat bagi orang tua dan guru yang ingin membantu anak-anak mereka menguasai keterampilan dasar menulis. Penjelasan yang sederhana dan berbagai latihan yang menarik membuat video ini mudah dipahami dan dapat langsung diterapkan. Namun, masih ada beberapa aspek yang bisa ditambahkan untuk lebih mendalam membahas masalah yang mungkin dihadapi anak-anak dalam proses belajar menulis.
Demikian analisis video yang saya amati di GPO ini.
Nama : Barandear Khanaro
NIM : 856494797
Dalam video yang berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” menampilkan beberapa metode yang digunakan oleh seorang guru untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil dengan benar. Pendekatan yang digunakan melibatkan latihan motorik halus secara bertahap, seperti:
1. Memindahkan air dari satu mangkuk ke mangkuk lain menggunakan spons
2. Membuka dan menutup gembok kunci
3. Membuka dan memasang kancing baju
Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat otot-otot jari dan tangan anak, sehingga mereka dapat memegang pensil dengan lebih baik. Para pakar yang memberikan masukan dalam video tersebut juga memberi saran agar sebelum memulai latihan motorik halus, anak-anak diperkenalkan terlebih dahulu dengan alat tulis seperti pensil. Pengenalan ini mencakup jenis-jenis pensil, kegunaannya, serta cara penggunaannya yang aman. Hal ini penting dilakukan untuk memberikan pemahaman dasar kepada anak-anak sebelum mereka mulai belajar memegang pensil dengan benar.
Selain itu, para pakar turut menyoroti pentingnya struktur pembelajaran yang jelas, termasuk tahap pembukaan, isi, dan penutup dalam setiap sesi latihan. Bahkan evaluasi terhadap perkembangan anak juga dianggap penting untuk memastikan bahwa metode yang digunakan efektif dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik. Secara keseluruhan, video ini memberikan wawasan tentang pentingnya latihan motorik halus dalam membantu anak-anak memegang pensil dengan benar, serta menekankan perlunya pendekatan yang terstruktur dan pemahaman alat tulis sebelum memulai latihan tersebut.
Perkenalan saya Hairunnisa Almasya Nim:859566096
Dengan adanya video diatas saya mendapatkan wawasan baru beserta guru2 paud yang lain untuk mengajari anak memang pensil yang tidak harus di mulai dari pensil langsung,tetapi bisa dimulai dari hal2 sederhana,misalnya memindahkan air dari mangkok dan memasak gembok.
secara tidak sadar kita telah melatih motorik halus anak secara perlahan sehingga dengan sendrinya anak akan mampu memegang pensil dengan benar,dengan adanya pengajaran yang sesuai dengan video diatas.sekian dari saya terimakasih
Setelah saya melihat video ini, menurut saya video ini sangat bermanfaat, dengan menonton video ini saya jadi tahu bagaimana cara mengatasi anak-anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik. Terima kasih
Nama : Amellia Putri NIM : 858315057
Mohon izin menyampaikan analisis mengenai video di atas
Video diatas menggambarkan cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dalam video sudah diberikan saran berupa memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok yang lain dengan menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, serta membuka dan memasangkan kancing baju. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak serta melatih fokus pada anak. Kegiatan ini sangat positif dilakukan pada anak usia dini untuk melatih mereka memegang pensil dengan benar.
Terima Kasih…
NAMA : Ni Luh Putu Arik Pratiwi
NIM : 859041399
Dalam video ini, saya belajar bahwa masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar bukanlah hal yang harus langsung diatasi dengan memaksa anak menulis, tetapi perlu dilakukan secara bertahap melalui latihan motorik halus. Guru yang ada dalam video menunjukkan beberapa kegiatan yang sangat sederhana namun efektif untuk melatih kekuatan dan koordinasi jari anak, seperti:
1. Memindahkan air dari satu mangkuk ke mangkuk lainnya dengan menggunakan spons
2. Membuka dan menutup gembok dengan kunci
3. Membuka dan memasang kancing baju
Saya menyadari bahwa sebelum anak bisa memegang pensil dengan benar, anak perlu diberi kesempatan untuk melatih otot-otot tangan dan jemarinya terlebih dahulu. Hal ini membuat saya paham bahwa sebagai guru, kita harus sabar dan kreatif dalam menyediakan berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk anak, sehingga mereka tidak merasa dipaksa, tetapi tetap berkembang sesuai dengan tahapannya.
Nama : Salma Putrisyah Kamil
NIM : 857533544
Dari hasil refleksi video, bagi kita seorang guru TK tidaklah mudah untuk mengajari anak-anak dalam memegang pensil dengan benar, dikarenakan membutuhkan waktu yang lama agar anak terbiasa memegang pensil dengan benar. Dalam mendampingi anak , kita sebagai guru dapat membantu anak dengan memegang pensilnya saat menulis atau dapat dilakukan dengan menebalkan garis putus-putus. Apabila anak semakin sering berlatih maka motorik kasarnya seperti otot-otot tangannya lentur dan terbiasa.
Nama : Salma Putrisyah Kamil
NIM : 857533544
Dari hasil refleksi video, bagi kita seorang guru TK tidaklah mudah untuk mengajari anak-anak dalam memegang pensil dengan benar, dikarenakan membutuhkan waktu yang lama agar anak terbiasa memegang pensil dengan benar. Dalam mendampingi anak , kita sebagai guru dapat membantu anak dengan memegang pensilnya saat menulis atau dapat dilakukan dengan menebalkan garis putus-putus. Apabila anak semakin sering berlatih maka motorik kasarnya seperti otot-otot tangannya lentur dan terbiasa.