silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama : Widiarti J. Yolimpat ( 859693375)
    Menurut saya vidio ini sangat bermanfaat bagi saya, bagaimana cara seorang guru mampu memahami kebutuhan anak, seperti dalam vidio bagaimana seorang guru mampu mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dengan melakukan kegiatan memindahkan air ke dalam mangkuk satu ke mangkuk lainya dengan cara meremas spons, kegiatan membuka dan mengunci gembok dan kegiatan memasang kancing baju, sehingga anak senang melakukan kegiatan bermain sambil belajar itu dan secara berlahan anak bisa melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangannya dengan baik, sehingga anak mampu memegang pensil dengan baik.

  2. Assalamu’alaikum
    Izin menanggapi video tersebut…
    Setelah saya melihat video tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar tersebut, saya mendapatkan beberapa cara yg bisa saya lakukan untuk anak didik yg belum bisa memegang pensil dengan benar. Video tersebut menunjukkan hal yang biasanya terjadi dan saya hadapi di dalam kelas. Menurut saya kegiatan-kegiatan yang telah diberikan oleh ibu guru dalam video tersebut sudah tepat, seperti memindahkan air dengan meremas spons,membuka dan menutup kunci gembok serta membuka dan memasang beragam kancing baju. Selain itu juga,biasanya yang saya lakukan di dalam kelas ketika anak belum bisa memegang pensil dengan benar adalah mengajak anak untuk mengambil kertas lalu merobek-robek kertas dan meremas-remas kertas tersebut. Dari hasil remasan kertas tersebut bisa digunakan lagi untuk bermain anak dengan cara mencapit bola- bola kertas tersebut dengan capitan jemuran yang sudah di sediakan oleh ibu guru. Dengan kegiatan bermain tersebut anak dapat melatih fisik motorik halus, terutama kelenturan jari tangan anak.
    Sekian dan Terimakasih🙏

  3. Nama : Tifani Surya Ningsih
    Nim : 859788924

    Assalamu’alaikum
    Izin menanggapi video tersebut…
    Setelah saya melihat video tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar tersebut, saya mendapatkan beberapa cara yg bisa saya lakukan untuk anak didik yg belum bisa memegang pensil dengan benar. Video tersebut menunjukkan hal yang biasanya terjadi dan saya hadapi di dalam kelas. Menurut saya kegiatan-kegiatan yang telah diberikan oleh ibu guru dalam video tersebut sudah tepat, seperti memindahkan air dengan meremas spons,membuka dan menutup kunci gembok serta membuka dan memasang beragam kancing baju. Selain itu juga,biasanya yang saya lakukan di dalam kelas ketika anak belum bisa memegang pensil dengan benar adalah mengajak anak untuk mengambil kertas lalu merobek-robek kertas dan meremas-remas kertas tersebut. Dari hasil remasan kertas tersebut bisa digunakan lagi untuk bermain anak dengan cara mencapit bola- bola kertas tersebut dengan capitan jemuran yang sudah di sediakan oleh ibu guru. Dengan kegiatan bermain tersebut anak dapat melatih fisik motorik halus, terutama kelenturan jari tangan anak.
    Sekian dan Terimakasih🙏

  4. Nama : Ida Lestari
    NIM : 877315295
    Dari video pembelajaran berikut yang berjudul ” Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ” kita sebagai seorang guru harus bisa mengindentifikasi setiap anak didik kita. Apabila kita temukan ada anak didik yang mengalami kesulitan kita sebagai guru bisa memberikan stimulus agar perkembangan setiap anak didik kita bisa optimal. Contohnya seperti dalam video anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar diberikan beberapa kegiatan yaitu : memindahkan air dengan spons, membuka dan memasang mur, juga memasang kancing baju. kegiatan ini bertujuan untuk melatih kelenturan otot jari-jari anak sehingga anak tersebut dapat memegang pensil dengan benar.

  5. Nama : Yasinta
    NIM : 857999796

    Berikut adalah revisi teks sesuai permintaan Anda:

    Video ini menunjukkan pendekatan bertahap dalam melatih motorik halus anak-anak. Dengan menggunakan aktivitas sehari-hari yang sederhana, guru membantu anak-anak meningkatkan kekuatan dan koordinasi tangan mereka. Namun, saya mencatat bahwa video tersebut kurang menampilkan struktur pembelajaran yang lengkap, seperti pembukaan, isi, dan penutup yang jelas. Pendekatan yang ditampilkan dalam video efektif untuk melatih motorik halus anak-anak. Namun, penting untuk memastikan bahwa kegiatan pembelajaran memiliki struktur yang jelas dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

  6. Heni Nisa Azizah
    nim 857533379
    Dalam vidio tersebut bagus dan bermanfaat,guru mengajarkan anak untuk melatih motorik halus anak terutama cara memegang pensil dengan cara melatih agar otot -otot jari anak lentur dengan cara yang berbeda dan bervariatif,sehingga anak tidak bosan dan menyenangkan.Seperti tadi dengan cara menarik garis lengkung,dan adapula anak sampai ada yang sobek dan ada yang patah pensilnya.Guru memberi latihan agar memegang pensilnya lebih kuat otot jarinya dengan membuka tutup botol dan memasangkannya kembali dan latih kelenturan jari-jari tangan dengan membuka dan memasukan kancing baju.

  7. Nama : Ida Lestari
    NIM : 877315295

    Dari video pembelajaran berikut yang berjudul ” Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ” kita sebagai seorang guru harus bisa mengindentifikasi setiap anak didik kita. Apabila kita temukan ada anak didik yang mengalami kesulitan kita sebagai guru bisa memberikan stimulus agar perkembangan setiap anak didik kita bisa optimal. Contohnya seperti dalam video anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar diberikan beberapa kegiatan yaitu : memindahkan air dengan spons, membuka dan memasang mur, juga memasang kancing baju. kegiatan ini bertujuan untuk melatih kelenturan otot jari-jari anak sehingga anak tersebut dapat memegang pensil dengan benar

  8. Nama:SONISA HULU
    Nim:859794849
    Terimakasih video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai Guru TK dimana Dalam video ini memberi sebuah cara yang baik tentang bagaimana mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dimulai pelatihan motorik halus yang bertahap dan tidak membuat anak mudah bosan. Selain itu video ini dapat menjadi sebuah pembelajaran bagi seorang guru terutama guru yang baru mengajar yang masih harus terus belajar tentang bagaimana cara mengajar anak, dan memahami bagaimana karakteristik anak serta kelemahan anak sehingga anak tidak kesulitan dalam belajar.Video ini juga dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan yang berharga bagi para pendidik dan orang tua dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus untuk keberhasilan mereka dalam belajar menulis kuga dalam berbagai aspek. Penekanan yang ada pada pemahaman akar masalah dan penggunaan aktivitas yang relevan menjadikan pendekatan ini sangat efektif dan berpusat pada kebutuhan anak. dan juga dapat memberi ide kepada guru untuk memberi pembelajaran yang menyenangkan agar anak tidak merasa bahwa belajar itu adalah sesuatu yang membosankan dan tidak menyenangkan.

    Terimakasih 😊

  9. Nama : Endang wahyuni
    Nim : 858526881

    Mohon memberikan tanggapan dari vidio diatas ,
    Mengatasi anak yang belom bisa memegang pensil dengan benar.
    dalam vidio telah dijelaskan bagaimana kita bisa menangani anak didik kita bila ada anak didik ada yang seperti itu, dalam penanganan dalam vidio bagus bisa kita tiru karna mencontohkan cara bagaimana anak agar bisa melenturkan otot dan jari-jari terlebih dahulu dengan memegang suatu benda yang lembut halus, setelah itu ke yang lebih bertenaga dengan membuka dan memasang kunci bor, dan memasang kancing dan membuka kancing. alangkah baiknya lagi anak dipegangkan pensil dengan cara yang benar juga tetapi tidak untuk menulis, hanya dipengangkan saja supaya anak mempunyai pikiran bahwa pensil ketika memegangnya benar agar lebih mudah untuk digunaka,. sekian dari saya terimaksih atas vidionya yang sangat bagus,.

  10. Nama: Ribka Juniar Meta
    Nim: 859035743

    refleksi yang dapat saya buat dari video diatas mengenai Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar. dal video tersebut kta sebagai guru di ajarkan untuk peka terhadap anak. baik pertumbuhannya, perkembangannya, kemampuannya dan kekurangannya. untuk kasus tersebut di jabarkan cara agar anak dapat berlatih memegang pensil dengan baik. Guru memberikan anak-anak latihan yang dapat merangsang perkembangan motorik halusnya, seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka kunci gembok dan mengikat dasi. dengan latihan-latihan tersebut di harapkan dapat membantu anak dalam perkembangan motorik halusnya.
    terimakasih

Leave a Reply