silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Sumarsih
NIM : 858532101
Mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil.
Setelah melihat video pembelajaran tersebut semakin menambah pengetahuan saya dalam menangani anak yang masih kesulitan dalam memegang pensil. Dan cara-cara yang disampaikan dalam video tersebut mengispirasi saya untuk bisa menerapkannya kepada anak didik saya yang masih kesulitan dalam memegang pencil.
Metode yang digunakan diantaranya :
1, Memindahkan air dengan menggunkan spons
2. Membuka dan memasang gembok
3. membuka dan memasang kancing baju.
Hal teresbut selain melatih motorik halus juga melatih konsentrasi dan fokus anak dan melatih kesabaran. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan tidak membuat anak bosan.
Terima Kasih
Nama : Hanna Agita Sari Br.Manurung
NIM : 856104452
Dilembaga kami ada beberapa anak mengalami hal seperti video diatas,orang tua murid sudah mengajari anak dengan memberi banyak buku untuk latihan menulis. Dengan berbagai sumber untuk mengatasi hal ini,dilakukan stimulasi terhadap anak dengan melakukan banyak hal dan setiap menulis tangan untuk memegang pensil dikaitkan dengan karet lembut.
1. Cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Berikut beberapa cara yang bisa membantu:
1. Pilih Pensil yang Tepat
Gunakan pensil yang lebih pendek dan lebih tebal agar lebih mudah digenggam. Pensil tiga sisi atau berlapis karet juga bisa membantu anak dalam mencengkeram dengan lebih nyaman.
2. Latihan Motorik Halus
Sebelum anak memegang pensil, perkuat keterampilan motorik halusnya. Coba kegiatan seperti:
• Memasukkan manik-manik ke dalam tali
• Bermain plastisin atau tanah liat
• Merobek dan menempel kertas
• Memegang dan menjepit benda kecil dengan jari
3. Gunakan Alat Bantu Pegangan
Ada alat bantu berbentuk silikon atau karet yang bisa dipasang di pensil agar lebih nyaman dan membantu anak belajar memegangnya dengan cara yang benar.
4. Teknik “Penjepit Kepiting”
Ajarkan anak untuk menjepit pensil menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, sementara jari tengah menopang di bawah. Bisa juga dengan menggulung tisu kecil dan menyuruh anak menggenggamnya dengan jari manis dan kelingking, sehingga hanya tiga jari yang digunakan untuk memegang pensil.
5. Latihan yang Menyenangkan
Buat aktivitas menggambar atau menulis sebagai permainan. Misalnya:
• Menghubungkan titik-titik menjadi gambar
• Menggambar dengan krayon besar
• Bermain menulis di pasir atau dengan cat air
6. Jangan Paksa, Buat Santai
Setiap anak berkembang dengan kecepatannya sendiri. Jangan terlalu memaksa atau memarahinya, tapi berikan dukungan dan pujian saat ia berhasil mencoba. Jika kesulitan terus berlanjut, konsultasikan dengan guru atau ahli terapi okupasi untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.
Nama: DINI TASYA SIREGAR
NIM: 855862317
PG-PAUD UPBJJ Medan
Pada tayangan video tersebut, belum terlihat jelas kegiatan pembuka, inti dan penutup dan pada kegiatan tersebut guru tidak mengawali dengan penyampaian pengenalan alat (pensil), kegunaan pensil, bahaya pensil jika tidak digunakan dengan benar. Strategi yang digunakan pun cukup baik seperti pendekatan, metode dan media yang digunakan.
Dalam tayangan video tersebut pembelajaran yang dapat saya simpulkan strategi mengatasi anakyang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu dengan latihan -latihan menulis awal dengan melakukan kegiatan berikut ini:
1. Melatih kelenturan jari anak dengan memegang objek tertentu, seperti kegiatan bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mankok yang lain menggunakan spons.
2. Melatih membuka dan menutup kunci gembok/gerakan membuka dan mengencangkan sekrup, agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik
3. Melatih kelenturan jari anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju.
Nama: Imee Liestiawan
NIM:858753754
Dalam video pembelajaran ini guru mengatasi permasalahan anak yang kesulitan memegang pensil dengan baik dan benar. dalam video tersebut saya mendapat pengalaman baru seperti melatih anak dengan 1. memindahkan air dengan spons dari satu mangkuk ke mangkuk lain.
2. membuka dan memasangkan mur, juga dapat melatih motorik halus anak secara bertahap. 3. dengan membuka dan memasangkan berbagai macam kancing baju akan melatih kelenturan otot dan jari anak.
Bserbagai macam kegiatan diatas adalah metode kreatif yang dapat mendorong anak untuk mencoba melatih motorik halusnya, karena sepeperti sedang bermain sambil belajar. anak tidak akan bosan.
terima kasih.
Nama: Imee Liestiawan
NIM:858753754
Dalam video pembelajaran ini guru mengatasi permasalahan anak yang kesulitan memegang pensil dengan baik dan benar. dalam video tersebut saya mendapat pengalaman baru seperti melatih anak dengan 1. memindahkan air dengan spons dari satu mangkuk ke mangkuk lain.
2. membuka dan memasangkan mur, juga dapat melatih motorik halus anak secara bertahap. 3. dengan membuka dan memasangkan berbagai macam kancing baju akan melatih kelenturan otot dan jari anak.
Berbagai macam kegiatan diatas adalah metode kreatif yang dapat mendorong anak untuk mencoba melatih motorik halusnya, karena sepeperti sedang bermain sambil belajar. anak tidak akan bosan.
terima kasih.
NAMA : FITRIA NUR LAILI
NIM : 859661426
ANALISIS VIDEO
Judul video : mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
dalam video tersebut menunjukkan bahwa cara seorang guru dalam membantu anak yang kesulitan dalam memegang pensil dengan benar. video tersebut menunjukkan bahwa guru memberikan sebuah stimulasi dengan melakukan berbagai kegiatan yakni
1. melatih kelenturan jari anak dalam menggunakan objek dengan kegiatan memindahkan air dan meremasnya menggunakan spons
2. melatih anak memegang objek dengan membuka dan menutup gembok atau membuka dan memasang skkrup agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.
3. melepas dan memasang kancing baju, yang mana dengan kegiatan ini dapat melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.
tujuan kegiatan ini yakni untuk melatih kelenturan dan koordinasi otot tangan dan jari anak supaya memiliki kesiapan menulis dengan baik.
kemudian metode yang diberikan guru yakni metode yang berbasis aktifitas yang menyenangkan sehingga anak-anak dapat melatih kelenturan dan kekuatan otot tangan dengan sangat menyenangkan
kelebihan dari video tersebut yakni kegiatan yang ditampilkan sangatlah jelas dan mudah untuk ditirukan oleh saya sebagi guru paud dalam mengatasi anak yang mempunyai permasalahan dalam kesulitan memegang pensil dengan benar.
kelemahan atau kekurangan dalam video ini yakni kurangnya semangat guru dalam mengajak anak melakukan sebuah kegiatan dan kurangnya variasi tempat kegiatan yang mana untuk kegiatan tersebut bisa dilakukan di luar kelas.
terima kasih
Nama : Suci Rahayu Ningsih
Nim : 859526268
Judul Vidio “Mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil“.
Setelah melihat video pembelajaran tersebut dapat menambah pengetahuan saya dalam menangani anak yang masih kesulitan dalam memegang pensil.Dari vidio terdapat menyampaikan cara bagaimana mengatasi peserta didik yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu sebagai pendidik melakukan kegiatan latihan menulis awal sebagai berikut :
1, Memindahkan air dengan menggunkan spons dari mangkuk yang satu ke mangkuk lainnya
2. Membuka dan memasang gembok
3. Membuka dan memasang kancing baju
4. dan bisa juga Bermain plastisin atau tanah liat
5.Merobek dan menempel kertas
Disini anak akan terlatih kesabaran,kelenturan otot serta motorik halusnya berkembang dengan baik.
Terimakasih
Nama : RISKINA INDAH NURLAILI
NIM : 858830659
Berdasarkan video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa masih banyak anak yang perkembangan motorik halusnya belum berkembang dengan baik, maka tugas kita sebagai guru yaitu memberikan stimulasi dengan berbagai kegiatan yang menarik untuk anak seperti pada video di atas yaitu :
1. Memindahkan spons berisi air kedalam satu wadah ke wadah yang lain
2. Latihan membuka & mengunci gembok
3. Membuka dan mengancingkan baju
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih & menguatkan otot jari tangan sehingga anak memiliki kesiapan untuk berlatih menulis. Dalam video tersebut guru melakukannya dengan santai dan memotivasi anak sehingga anak merasa nyaman dan enjoy
Nama: Seniman Gulo
NIM: 877523928
Pokjar : salut Nias Barat
Video semacam ini sangat penting dan bermanfaat karena beberapa alasan:
* Meningkatkan Kesadaran: Video ini membantu meningkatkan kesadaran para pendidik dan orang tua mengenai tahapan perkembangan motorik halus anak, khususnya dalam hal memegang pensil. Tidak semua anak berkembang dengan kecepatan yang sama, dan video ini dapat membantu mengidentifikasi anak-anak yang mungkin membutuhkan dukungan lebih.
* Memberikan Informasi yang Tepat: Video yang baik akan memberikan informasi yang akurat mengenai cara memegang pensil yang benar (biasanya dynamic tripod grasp) dan mengapa posisi ini penting untuk perkembangan tulisan yang efisien dan tidak melelahkan.
* Menawarkan Solusi dan Strategi: Video GPO yang efektif akan melampirkan berbagai strategi dan aktivitas yang dapat dilakukan untuk membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus yang dibutuhkan untuk memegang pensil dengan benar. Ini bisa berupa latihan kekuatan otot tangan dan jari, koordinasi gerakan, dan stimulasi taktil.
* Mendorong Kesabaran dan Pemahaman: Video ini dapat mengingatkan para pendidik dan orang tua untuk bersabar dan memahami bahwa kemampuan memegang pensil adalah sebuah proses. Memaksa anak atau menunjukkan kekecewaan justru dapat kontraproduktif.
* Menggarisbawahi Pentingnya Stimulasi Dini: Video ini mungkin juga menekankan pentingnya memberikan stimulasi motorik halus sejak usia dini melalui berbagai aktivitas bermain, jauh sebelum anak mulai belajar menulis formal.
Beberapa poin penting yang mungkin dibahas dalam video tersebut dan perlu diperhatikan:
* Tahapan Perkembangan Genggaman Pensil: Anak-anak biasanya melalui beberapa tahapan dalam mengembangkan genggaman pensil, mulai dari genggaman seluruh tangan (fisted grasp atau palmar supinate grasp) hingga genggaman yang lebih matang seperti tripod grasp. Video yang baik akan menjelaskan tahapan ini.
* Pentingnya Motorik Halus dan Kasar: Keterampilan memegang pensil tidak hanya bergantung pada motorik halus tetapi juga dipengaruhi oleh kekuatan dan stabilitas otot-otot besar (motorik kasar) di bahu dan lengan.
* Aktivitas Persiapan: Video mungkin menyarankan berbagai aktivitas persiapan yang menyenangkan seperti bermain dengan playdough, meremas kertas, memindahkan benda-benda kecil menggunakan pinset, mewarnai dengan krayon pendek, dan lain-lain.
* Modifikasi Alat Tulis: Penggunaan pencil grip atau pensil dengan ukuran dan bentuk yang sesuai mungkin juga disarankan sebagai alat bantu.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama Saya : Iis Tri Mawarni
mahasiswa dari UPBJJ : Palembang
Pokjar : Lawang Wetan
Dalam mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar. Tayangan ‘Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar’ memberikan wawasan baru bagi saya mengenai pentingnya stimulasi motorik halus dalam perkembangan anak usia dini. Materi ini sangat aplikatif, dengan contoh kegiatan yang mudah dilakukan untuk melatih keterampilan motorik halus seperti bermain plastisin dan meronce. Saya menyadari bahwa sebagai pendidik PAUD, kita perlu bersabar dan memberi kesempatan anak berkembang sesuai tahapannya. Terima kasih atas materi yang sangat bermanfaat ini.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh