silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : iga Wahyuni
Video tentang”Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” sudah menunjukkan kegiatan-kegiatan yang dapat melatih kemampuan anak anak untuk meningkatkan kekuatan tangan anak dalam kesiapan menulis. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilakukan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak yaitu dapat dilakukan dalam bentuk permainan kelompok yang dapat meningkatkan kerjasama antar teman dalam satu kelompok.
NAMA : DELDIANA
NIM : 858453543
1. Video pertama
hasil dari Analisa saya, bagaimana cara kita memberikan pengajaran bagi anak yang memiliki kesushan dalam memegang alat tulis seperti pensil, cara mensiasati bagaimana cara kita megatsi permasalahan ini, seperti contoh di video , anak di ajarkan secara perlahan dalam melatih tangan nya dengan cara memindahkan air dengan menggunakan spon busa agar bisa meremas bagian busa untuk memindahkan ke wadah yang baru cara ini salah satu terapi bagi anak agar membiasakan dalam memegang barang dengan kuat.
2. Video kedua
Hasil Analisa yang dilakuakan dalam memecahkan permasalahan yang terjadi pada anak sepeti yang ada di video ada beberapa anak yang berani menagkap bola ada pula yang tidak berani menangkap bola mungkin trauma yang di alami , jika mendapatkan kasus seperti ini memang memerulkan keterampilan dalam mengajarkan anak untuk berani melakukan hal yang mungkin baru baginya. Seperti contoh video yang ada ini. Mengajari anak memegang bola yang berbahan lembut dan empuk sehinggah anak merasa bola tidak terlalu berbahaya agar melatih anak agar mengurangi rasa takut nya pada bola.
Nama : Tessa Valina Sintya
Nim : 856859597
Setelah saya menonton vidio yang berjudul cara memegang pensil dengan benar.
Awalnya saya juga masih bingung bagaimana cara mengatasi anak-anak yang belum mengerti cara memegang pensil setau saya cuman dengan cara guru memegang tangan anak dan mengikuti garis yang sudah ada tetapi setelah saya melihat vidio ini saya paham ternyata ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi anak-anak yang belum mengerti cara memegang pensil seperti cara pada vidio di atas ada beberapa cara yaitu sebagai berikut:
1. Memindahkan air dari wadah satu ke wadah lain dengan cara merendam dan meremas spon.
2. Membuka dan memasang gembok kunci.
3. Membuka dan memasang kancing baju.
Teknik tersebut berguna untuk melatih jari jemari anak-anak agar tidak kamu saat memegang pensil dan dengan adanya vidio dari GPO ini saya sangat terbantu sekali untuk mempelajari dan memahami teknik-teknik atau cara- cara yang di hadapi saat kesulitan di lembaga PAUD
Nama : Rizka Aulia Juanda
NIM : 857339727
UPBJJ : UT BOGOR
Setelah saya menonton video tersebut, saya melihat bagaimana seorang guru dengan sabar membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru tersebut tidak langsung memaksa anak untuk memegang pensil, melainkan melatih keterampilan motorik halusnya terlebih dahulu. Dalam tayangan tersebut, guru mengajak anak melakukan beberapa aktivitas, seperti memindahkan air dari satu mangkok ke mangkok lainnya menggunakan spons, membuka dan mengunci gembok kecil, serta membuka dan memasang kancing baju.
Melalui kegiatan sederhana ini, anak-anak tampak lebih terampil dalam mengontrol gerakan tangan dan jari mereka. Saya juga memperhatikan bahwa anak-anak tampak menikmati prosesnya, karena kegiatan dilakukan sambil bermain. Dari video ini saya belajar bahwa melatih motorik halus secara bertahap sangat penting untuk mempersiapkan anak agar mampu memegang pensil dengan baik.
Nama:Maria Astria Jaiman
NIM. :859267464
Menurut saya Video tentang”Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” sudah menunjukkan kegiatan-kegiatan yang dapat melatih motorik halus anak untuk meningkatkan kekuatan tangan anak dalam kesiapan menulis.Kegiatan-kegiatan sederhana seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok kunci, serta membuka dan memasang kancing baju sangat efektif dalam memperkuat otot-otot tangan anak. Selain itu, kegiatan tersebut juga mengajarkan anak kemandirian dan koordinasi tangan serta mata.video ini sangat bermanfaat,saya sebagai seorang guru mendapat pengalaman baru untuk mengatasi anak dengan masalah seperti pada video.
Terima kasih.🙏
Nama: S. HADIYOSO
Nim: 877801714
Video sangat interaktif dan bisa di pergunakan sebagai acuan bahan belajar guru untuk di terapkan pada satuan pendidikan. al hasil anak dapat mengetahu sebuah objek dan dapat mengatasi masalah sesuai dengan ilmu yang sudah diajarkan oleh guru. terima kasih bu guru atas video ya, insya allah saya akan terapkan pada anak didik saya.
Nama: S. HADIYOSO
Nim: 877801714
Video sangat interaktif dan bisa di pergunakan sebagai acuan bahan belajar guru untuk di terapkan pada satuan pendidikan. al hasil anak dapat mengetahu sebuah objek dan dapat mengatasi masalah sesuai dengan ilmu yang sudah diajarkan oleh guru. terima kasih bu guru atas video ya, insya allah saya akan terapkan pada anak didik saya.
terima kasih
Nama: Elisabet Kurnia Nurci
NIM: 859316607
video tentang “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” sangat bermanfaat bagi saya merupakan ilmu tambahan, metode yang digunakan pada video di atas sangat baik, sehingga anak sangat aktif mendengar penjelasan guru.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama saya Badriah
Nim 858316912
Upbjj UT Banjarmasin
Salut Kotabaru
1. mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Dalam program video tersebut sangat bermanfaat untuk saya sebagai pendidik paud, terlihat bagaimana peran guru sangat penting dalam membantu perkembangan motorik halus anak khususnya anak yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil dengan benar permasalahan ini menunjukkan bahwa kesiapan anak dalam belajar menulis tidak hanya tergantung pada aspek kognitif tetapi juga pada keterampilan fisik dasar seperti kemampuan motorik halus
guru dalam video tersebut menunjukkan pendekatan yang tepat dengan tidak langsung memaksakan anak untuk memegang pensil melainkan melatih keterampilan dasar secara bertahap melalui aktivitas-aktivitas yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Dengan memberikan stimulasi yang tepat, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, dan bersikap sabar, kita dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk memegang pensil dengan efektif dan mempersiapkan mereka untuk keterampilan menulis di masa depan.
Sekian dari saya
wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Menurut pendapat saya video tersebut guru PAUD sangat sabar dan ramah dalam memberikan pembelajaran kepada anak didiknya, sangat sabar dalam menghadapi anak didiknya yang kesulitan dalam memegang pensil, dengan berbagai macam cara untuk melatih jari – jari tangan untuk bisa belajar memegang pensil dengan benar,
Kegiatan ini untuk melatih perkembangan fisik motorik anak dalam perkembangannya, video ini sangat bermanfaat bagi saya dan anak-anak didik saya untuk lebih sabar dalam memberikan pembelajaran dan lebih memperhatikan anak yang mengalami kesulitan dalam belajar.