silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : KHUSNUL KHOTIMAH
NIM : 877320036
UPBJJ : MALANG
Setelah melihat tayangan video di atas saya menemukan banyak sekali trik tahapan-tahapan dalam belajar memegang pensil, dan adapun cara untuk melenturkan tangan yaitu seperti memindahkan air ke dalam baskom melalui spon dengan cara anak tersebut meremas spon yang berisi air.
Dan melatih anak dengan membuka atau menutup kunci atau gembok ini semua guna melatih kelenturan jari anak
Dan yang ketiga membuka dan menutup kancing baju guna untuk melenturkan jari anak
Nah ada banyak cara yang saya temui di dalam tayangan video di atas
Sangat bermanfaat sekali bagi saya yang nota Bene guru taman kanak kanak
Trimakasih banyak atas tayangan video di atas
Nama : KHUSNUL KHOTIMAH
NIM : 877320036
UPBJJ : MALANG
Setelah melihat tayang video di atas banyak solusi atau cara yang saya peroleh untuk melatih kelenturan jari anak guna untuk melatih anak dalam memegang pensil yang benar
Adapun cara cara yang di pakai dalam video di atas adalah dengan cara
Memindahkan air dari mangkok 1 ke mangkok lain dengan cara meremas spon yang berisi air
Dan ada lagi dengan cara melatih membuka atau menutup kancing
Ada juga melatih dengan membuka dan menutup gembok
Dengan melihat tayangan video di atas sangat membantu sekali untuk saya yang nota Bene sebagai pendidik di taman kanak kanak
Nama : Isnaniah Ulfah
NIM : 858311501
Alhamdulillah setelah menonton video diatas saya jadi lebih tau,ternyata ada beragam kegiatan yg dapat dilakukan pendidik untuk menghadapi masalah anak yang berkait dengan motorik halusnya.
Kondisi dimana anak mengalami hambatan dalam memegang pensil sudah sering saya dapati disekolah.
Jadi melalui video tersebut saya terinspirasi untuk lebih kreatif lagi dalam menangani kendala yang dialami anak didik saya.
Mulai dari bagaimana cara guru divideo tersebut merespon permasalahan anak,menjelaskan & mendampingi anak dengan sabar hingga anak mampu melakukannya sendiri.
Nama : Isnaniah Ulfah
NIM : 858311501
Alhamdulillah setelah menonton video diatas saya jadi lebih tau,ternyata ada beragam kegiatan yg dapat dilakukan pendidik untuk menghadapi masalah anak yang berkait dengan motorik halusnya.
Kondisi dimana anak mengalami hambatan dalam memegang pensil sudah sering saya dapati disekolah.
Melalui video tersebut saya terinspirasi untuk lebih kreatif lagi dalam menangani kendala yang dialami anak didik saya.
Mulai dari bagaimana cara guru divideo tersebut merespon permasalahan anak,menjelaskan & mendampingi anak dengan sabar hingga anak mampu melakukannya sendiri.
Nama Asita Mayasari
NIM 856825866
Setelah saya menonton video diatas tentang Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. terdapat banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi anak-anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar seperti contohnya Memindahkan air dari wadah satu ke wadah lain dengan cara merendam dan meremas spon, Membuka dan menutup gembok kunci serta Membuka dan memasang kancing baju dan kegiatan lainnya yang dapat melatih kelenturan jari jemari anak.
Nama : Nur Haerunisa
Nim: 859815509
Setelah saya menonton vidio di atas dengan judul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” apa yang di lakukan oleh ibu guru tersebut sudah benar. kegiatan-kegiatan tersebut dapat melatih motorik halus anak supaya tidak kaku dan mudah saat memegang pensil, Tetapi alangkah baiknya guru menambahkan kata motifasi untuk anak supaya mereka lebih bersemangat lagi misalnya “wahhh..kamu sangat hebat nak ayo terus berlatih kamu pasti bisa” dengan nada yang bersemangat agar anak lebih antusias untuk melakukan kegiatan tersebut.
Nama : RASMITA
NIM : 838020001
Video Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar.
Kegiatan yang dilakukan pada video tersebut merupakan kegiatan bermain yang menyenangkan dengan tujuan melatih sensor-motorik anak. Kegiatan tersebut sangat menarik minat anak karena anak sangat suka bermain dan sesuai karakteristik anak. seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok kunci, serta memasang dan melepas kancing baju. Aktivitas-aktivitas ini dirancang untuk memperkuat otot-otot tangan dan jari anak, yang penting untuk keterampilan menulis yang baik.
dengan adanya vidio ini menambah wawasan saya dalam melatih anak memegang pensil. sehingga saya dapat mempraktekan nya pada anak-anak PAUD yang baru kedepanya.
Nama : Elka Meldianti
NIM : 877598987
UPBJJ PALEMBANG
Assalamualaikum pak/bu…
Setelah menonton tayangan video ini. Menurut saya dalam mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Kita sebagai seorang guru tidak boleh langsung mengajarkan kepada anak memegang pensil tanpa memberikan latihan/stimulasi motorik halus sesuai tahapan perkembangan usia anak, dan memegang pensil juga bisa menjadi pengalaman pertama bagi anak, sehingga anak pun merasa kebingungan bagaimana cara memegang pensil dengan benar. Oleh sebab itu, sebagai seorang guru sebaiknya memberikan stimulasi awal untuk melatih kemampuan motorik halus anak, agar ketika anak diberikan kegiatan memegang pensil anak tidak merasa kebingungan lagi. Seperti yang telah disampaikan dalam tayangan video ini, seorang guru harus memberikan stimulasi awal untuk melatih kemampuan motorik halus anak, dalam hal ini memegang pensil dengan benar. Stimulus yang bisa dilakukan yaitu dengan mengajak anak meremas spons dan memindahkan air ke wadah menggunakan spons tersebut, melatih anak membuka dan menutup kunci gembok, memegang benda apapun, dan memakai kancing baju sendiri. Hal ini bermanfaat untuk melatih kemampuan koordinasi otot tangan anak dan melatih kelenturan otot-otot jari anak.
Sekian dari saya, terima kasih…
nama: Indri Nurcahyani
nim: 858529633
upbjj: Semarang
setelah menonton video tersebut saya sangat berterima kasih karena telah memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengatasi anak TK yang belum sempurna memegang pensil. menstimulasi otot halus pada tangan dengan cara permainan yang sederhana namun juga menyenangkan. dengan cara belajar memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup kunci pada gembok, mengencangkan dan mengendorkan pada sekrup dan baut, membuka dan mengancingkan baju. selain cara-cara diatas mungkin para orang tua bisa juga berkoordinasi dengan pakar kesehatan yang berkompeten di bidangnya supaya mendapatkan tambahan arahan guna mengatasi anak yang masih kesulitan memegang pensil.
nama: Indri Nurcahyani
nim: 858529633
upbjj: Semarang
setelah menonton video tersebut saya sangat berterima kasih karena telah memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengatasi anak TK yang belum sempurna memegang pensil. menstimulasi otot halus pada tangan dengan cara permainan yang sederhana namun juga menyenangkan. dengan cara belajar memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup kunci pada gembok, mengencangkan dan mengendorkan pada sekrup dan baut, membuka dan mengancingkan baju. selain cara-cara diatas mungkin para orang tua bisa juga berkoordinasi dengan pakar kesehatan yang berkompeten di bidangnya supaya mendapatkan tambahan arahan guna mengatasi anak yang masih kesulitan memegang pensil.