silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,688 Comments

  1. Video ini sangat bermanfaat karena memberikan pemahaman yang jelas tentang pentingnya kesiapan motorik halus anak sebelum belajar menulis. Saya setuju bahwa guru tidak boleh terburu-buru memaksa anak menulis jika otot-otot tangannya belum siap. Penjelasan mengenai tahap perkembangan motorik serta contoh kegiatan yang mendukung seperti meremas spons, menjepit benda kecil, atau bermain plastisin sangat membantu sebagai inspirasi dalam merancang kegiatan di kelas. Saya juga jadi lebih sadar bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, sehingga pendekatannya pun harus bersifat individual dan menyenangkan. Terima kasih untuk materi yang aplikatif dan mudah dipahami ini.

  2. Dari video pembelajaran berikut yang berjudul “ Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar “ Kita sebagai seorang guru harus bisa mengidentifikasi setiap anak didik kita. Apabila kita temukan ada anak yang mengalami kesulitansebagai kita bisa memberikan stimulus agar perkembangan setiap anak didik bisa optimal. Contoh seperti dalam video anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar diberikan kegiatan memindahkan air dengan spons, membuka dan memasang mur, juga memasang kancing baju, dll. Kegiatan ini merupakan cara yang menyenangkan dan efektif untuk membantu mengatasi kesulitan anak yang memegang pensil dengan benar. terimakasih.

  3. Nama: Lina Nursicha Putri
    NIM: 878191691

    Menurut saya video ini sangat bermanfaat yaitu memberikan berbagai tips yang menarik baik bagi pendidik, karena untuk persiapan menulis anak dapat berlatih dengan cara-cara yang menyenangkan sehingga anak tidak akan merasa bahwa ia sedang berlatih untuk persiapan menulis. Cara-cara berlatih yang diberikan divideo ini juga mudah diterapkan baik di rumah maupun di sekolah dengan alat dan bahan yang sederhana, seperti: memindahkan air dengan spons (memeras), mengunci dan membuka gembok, dan memasangkan kancing baju. Jadi untuk melatih anak, tidaklah harus dengan cara-cara kaku seperti memaksa anak untuk memegang pensil setiap saat, tetapi kita persiapkan terlebih dahulu kemampuan motorik halus anak agar anak lebih siap untuk tahap selanjutnya yaitu memegang pensil.
    Terimakasih ilmunya.

  4. Nama: Lina Nursicha Putri
    NIM: 878191691

    Menurut saya video ini sangat bermanfaat yaitu memberikan berbagai tips yang menarik baik bagi pendidik, ntuk persiapan menulis anak dapat berlatih dengan cara-cara yang menyenangkan sehingga anak tidak merasa bahwa anak sedang berlatih untuk menulis. Cara berlatih yang diberikan divideo ini juga mudah diterapkan baik di rumah maupun di sekolah dengan alat dan bahan yang sederhana, seperti: memindahkan air dengan spons (memeras), mengunci dan membuka gembok dan memasangkan kancing baju. Jadi untuk melatih anak menulis, tidak harus dengan cara kaku seperti memaksa anak untuk memegang pensil setiap saat, tetapi kita persiapkan terlebih dahulu kemampuan motorik halus anak agar anak lebih siap untuk tahap selanjutnya yaitu memegang pensil.
    Terimakasih ilmunya.

  5. Video ini sebagai sumber pengetahuan alternatif yang sangat bermanfaat bagi semua guru Anak Usia Dini, dengan memberikan contoh kongkret edukasi yang utuh, cara menstimulasi agar anak dapat memegang pensil dengan baik sering terjadi diawal anak baru masuk sekolah.

  6. Nama: Sari Andriwiyati Ningsih
    NIM : 858619029

    Tanggapan saya:
    Video ini menstimulasi anak untuk melatih otot jari tangan agar anak dapat memegang pensil dengan baik. Dari video yang ditampilkan guru mengajak anak untuk
    1. Memutar kunci gembok
    2. Memindahkan air dengan spons
    3. Memasang kancing baju
    Video seperti ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya sebagai guru
    Terimakasih

  7. Nama: Lailatul Lutfiyah
    NIM : 878196408

    Masukan:
    a. Guru tersebut telah melakukan pendekatan yang tepat dengan melatih motorik halus anak secara bertahap untuk mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    b. Aktivitas yang dilakukan, seperti memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lain menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, serta membuka dan memasangkan kancing baju, dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
    Saran:

    1. Guru dapat memvariasikan aktivitas motorik halus yang dilakukan anak-anak untuk membuatnya lebih menarik dan menyenangkan.
    2. Guru dapat memantau kemajuan anak-anak secara terus-menerus dan memberikan umpan balik yang positif untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri anak-anak.
    3. Guru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran anak-anak untuk memastikan bahwa anak-anak dapat mempraktikkan kemampuan motorik halus yang telah dipelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

  8. Assalamualaikum ijin berkomentar pada vedio di atas
    Judul : ” Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar ”
    Nama : Normakiah
    NIM : 858321115

    Sebagai seorang guru pastinya kita pernah bertemu bahkan bisa dikatakan sering menemukan seorang murid yang kesulitan dalam memegang pensil, dari vedio di atas sangat bermanfaat bagi saya untuk mencoba mengatasi masalah yang ada di sekolah saya, vedio itu sangat menarik, dan sangat menambah ilmu pengetahuan atau wawasan saya sebagai seorang guru agar lebih terus memunculkan dongkrakan-dongkrakan terbaru untuk sekolah tempat saya mengajar. ada beberapa cara yang saya lihat cukup efektif untuk melatih kelenturan jari anak memegang pensil diantaranya :
    1. melatih kelenturan jari-jari anak dengan cara meremas spon yang berisi air untuk memindahkan air ke wadah lainnya
    2. melatih dengan cara membuka dan mengunci gembok
    3. melatih dengan cara memutar baut dengan cara putar ke kanan untuk mengencangkan dan putar ke kiri untuk melepaskan
    4. membuka dan memasangkan kancing baju

  9. Nama : Zulfa Nafisah
    Nim 856593515

    Menurut saya, video tersebut sudah sangat membantu dan bermanfaat untuk tenanga pengajar. Dengan mengajarkan persiapan menulis dan berlatih dengan cara-cara yang menyenangkan sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh. Cara yang d praktikkan dalam video tersebut sudah sangat mudah d terapkan d rumah maupun d sekolah dengan alat dan bahan yang mudah dan sederhana seperti memindahkan air menggunakan spons dengan meremas, mengunci dan membuka gembok, dan memasang kancing baju. Jadi dalam melatih anak belajar memegang pensil atau menulis tidak harus memaksa anak tetapi bisa menggunakan Permainan-permainan yang menyenangkan. Masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih koordinasi otot jari, kelenturan untuk persiapan awal dalam menulis seperti: meremas kertas, merobek kertas, membuka dan menutup tutup botol.

  10. Nama : Farida Desyana Putri
    NIM : 877682508
    UPBJJ : Purwokerto

    Video pertama yang saya tonton dari seri pengembangan fisik-motorik PAUD, saya menonton video yang pertama yang berjudul “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”. Pada video ini diperlihatkan seorang guru memiliki berbagai cara untuk mengatasi Maslaah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dengan mengajarkan persiapan melukis dan berlatih dengan kegiatan-kegiatan yang menarik sehingga anak tertarik untuk belajar. Cara yang dipraktikan dalam video seperti memindahkan air menggunakan spons dengan memeras, mengunci dan membuka gembok, dan memasang kancing baju. Jadi dalam melatih anak belajar memegang pensil itu tidak harus memaksa anak tetapi bisa dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih koordinasi otot jari untuk persiapan menulis contoh melempar bola dan menangkap bola, merobek kertas, bermain plastisin, meremas kertas, berlatih menggunting bentuk sederhana dan membuka dan menutup tutup botol. Jadi menurut saya video ini sangat membantu dan bermanfaat untuk para pendidik.

Leave a Reply