silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama : Eka Chikmawati
    Nim : 858545029
    Menurut saya, pada tayangan vidio tersebut sangat bermanfaat bagi kami seorang guru PAUD sebagai refrensi jika memiliki kendala yang sama pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar melalui kegiatan- kegiatan yang dapat merangsang motorik halus anak secara bertahap diantaranya :
    + memindahkan air dengan spons dari satu wadah ke wadah yang lain
    + membuka/ menutup gembok kunci
    + memasang/ melepas skrup
    + membuka dan memasang kancing baju
    melalui kegiatan tersebut merupakan cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

  2. Untuk membantu anak memegang pensil dengan benar, penting untuk Melatih keterampilan motorik halus melalui aktivitas seperti meremas playdough, meronce, Menggunakan alat tulis yang sesuai, seperti pensil pendek, Mengajarkan teknik pegangan yang benar dengan pendekatan yang menyenangkan dan mudah dipahami, Memberikan latihan menulis secara bertahap, dimulai dari menggambar atau menjiplak bentuk, Memberikan dukungan emosional, tanpa memaksa atau membandingkan dengan anak lain, Konsisten dan sabar, dengan latihan rutin yang singkat tapi teratur, Konsultasi ke ahli jika anak masih kesulitan meski sudah dilatih.
    Dengan pendekatan yang tepat, sabar, dan menyenangkan, anak akan lebih mudah belajar memegang pensil secara benar.

  3. Nama : Sartika
    nim: 859524558
    Video di atas sangat menginspirasi guru-guru, mengingat di kelas ada beberapa anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar, dengan melihat video ini, guru-guru mendapatkan solusi bagaimana mengajarkan anak cara memegang pensil dan menulis dengan benar agar tangan anak tidak mudah lelah yaitu melatih kelenturan jari-jari anak dengan melakukan berbagai kegiatan seperti memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. Kadang kita sebagai guru hanya mengajarkan cara menulis, tapi dari video ini diajarkan pondasi menulis untuk anak.

  4. Nama: Najma
    Nim: 855897451

    Video ini sangat bermanfaat karena memberikan contoh nyata bagaimana guru dapat membantu anak yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil. Melalui berbagai latihan motorik halus yang sederhana namun efektif, guru mampu mendampingi perkembangan anak secara bertahap. Pendekatan yang sabar dan menyenangkan seperti ini patut diapresiasi dan bisa menjadi inspirasi bagi para pendidik PAUD.

  5. nama : dita juliana
    nim : 856600517

    menurut saya kegiatan yang diberikan untuk pengembangan kemampuan anak memegang pensil sudah cukup baik, dengan kegiatan tersebut mampu mengasah kekuatan tangan anak dalam menggenggam pensil untuk menulis,

  6. Tanggapan saya mengenai video tersebut:
    Penanganan anak yang kesulitan dalam menggunakan pensil sudah baik, banyak cara yang dilakukan pada video dalam melatih motorik halusnya agar lebih kuat dalam menerapkan pada saat menulis namun masih banyak lagi kegiatan yang dapat melatih motorik halus anak. Dalam video tersebut guru sangat aktif dan berperan baik dalam proses pembelajaran namun untuk kegiatan pembuka, isi dan penutup tidak ditayangkan secara utuh.

  7. Menurut saya Video ini sangat bermanfaat karena memberikan contoh nyata bagaimana melatih keterampilan motorik halus anak yang belum siap menulis. Saya terinspirasi untuk menerapkan kegiatan seperti memindahkan air dengan spons dan membuka kancing baju dalam pembelajaran sehari-hari. Guru tampak sabar, dan pendekatan yang dilakukan bersifat menyenangkan bagi anak. Semoga video semacam ini lebih banyak dibagikan agar kami para guru PAUD bisa terus belajar dari video tersebut.

  8. Solusi yang diberikan pada video sangat bermanfaat. Sebelum memberikan kegiatan memegang pensil, anak perlu distimulasi untuk menguatkan otot-otot tangannya mulai dari kegiatan meremas, merobek, menjumput, mengenngam benda mulai dari yang besar sampai yang berukuran lebih kecil. Kegiatan tersebut dilakukan bertahap sesuai tahapan usia anak.

  9. Solusi yang diberikan pada video sangat bermanfaat. Sebelum memberikan kegiatan memegang pensil, anak perlu distimulasi untuk menguatkan otot-otot tangannya mulai dari kegiatan meremas, merobek, menjumput, mengenngam benda mulai dari yang besar sampai yang berukuran lebih kecil. Kegiatan tersebut dilakukan bertahap sesuai tahapan usia anak.

  10. Video ini sangat menarik minat anak ketika,guru memberikan pembelajaran bersama anak.
    Cara yang di lakukan guru dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pinsil dengan benar.
    Cara yang dilakukan adalah:
    -Dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spon.
    -Membuka dan menutup gemok kunci.
    -Membuka kancing baju.
    Kegiatan ini sangat memotivasi bagi saya agar kedepannya lebih baik lagi.

Leave a Reply