silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

311 Comments

  1. Nama : Umi Istiqomah
    NIM : 857744301

    Pada kegiatan pendahuluan guru memberikan salam kepada peserta didik, guru tidak mengecek kehadiran peserta didik, guru juga belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai melainkan guru menyebutkan judul atau pokok bahasanya saja. guru memberikan apersepsi atau pertanyaan tematik sehingga suasana kelas dalam video aktif. Materi yang dibahas adalah peristiwa yang terjadi di Indonesia.
    Pada kegiatan inti guru meminta peserta didik untuk mengeluarkan buku. Guru menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi pembelajaran. Dalam kegiatan ini guru mulai menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia dengan menggunakan media flip chart. penggunaan media flip chart dalam video tersebut memudahkan guru menjelaskan langsung sehingga siswa menjadi paham.
    Pada kegiatan penutup, dilakukan dengan sederhana yaitu guru menarik kesimpulan dari materi yang sudah dilakukan, akan tetapi guru tidak mengajak siswa dalam penarikan kesimpulan tersebut. Guru tidak memberikan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan. Kegiatan ditutup dengan membaca doa dan ucapan terima kasih
    Beberapa kekurangan yang ditemukan diantaranya, dalam kegiatan pembukaan guru tidak memotivasi peserta didik dengan baik, sehingga siswa kurang bersemangat. Selanjutnya pada kegiatan inti, guru menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran terkesan monoton atau membosankan bagi siswa. Guru menerapkan teacher center di mana pembelajaran hanya berfokus pada guru bukan peserta didik. Guru tidak menjelaskan apa itu flip chart sehingga siswa tampak kebingungan. Pada kegiatan penutup guru juga tidak melakukan refleksi pembelajaran yang dilakukan sehingga kemungkinan semua siswa belum terlalu memahami materi pembelajaran.
    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru mampu mengoordinasikan kelas dengan baik sehingga tidak ada siswa yang ramai atau mengganggu dalam pembelajaran. Penggunaan media Flip Chart juga sangat praktis dan fleksibel sehingga dapat menghemat waktu, selain itu penggunaan media Flip Chart juga dapat memudahkan guru menjelaskan langsung.

Leave a Reply