silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

364 Comments

  1. Video Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
    menurut saya :
    1. Dari tayangan video di atas, menurut saya untuk pendahuluan sudah bagus, hanya saja sebelum masuk ke materi ajar kita perlu melakukan Apersepsi, mengulas kembali materi lampau dan menghubungkannya ke materi selanjutnya.
    2. selain menayakan siswa tentang contoh peristiwa alam. guru perlu juga meminta anak untuk mendeskripsikan bentuk kejadian alam tersebut. sehingga kita tau sejauh mana pandangan/gambaran/pengetahuan siswa tentang peristiwa alam yang mereka sebutkan.
    3. untuk jenis media flip chart di era digital agak sedikit terbelakang konsepnya, namun itu semua tergantung sumber daya fasilitas sekolahnya dan kemampuan guru dalam bidang IT untuk mendukung serapan materi yang baik. jika ada media yang lebih terlihat bergerak seperti video, menggunakan infocus dan layar maka konsep itu lebih masuk kepada siswa SD yang notabene nya lebih suka dan mudah mengingat visual yang bergerak.

    Vini Nur Febriana
    857363087
    FKIP-PGSD

  2. Video Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
    menurut saya :

    1. Dari tayangan video di atas, menurut saya untuk pendahuluan sudah bagus, hanya saja sebelum masuk ke materi ajar kita perlu melakukan Apersepsi, mengulas kembali materi lampau dan menghubungkannya ke materi selanjutnya.
    2. selain menayakan siswa tentang contoh peristiwa alam. guru perlu juga meminta anak untuk mendeskripsikan bentuk kejadian alam tersebut. sehingga kita tau sejauh mana pandangan/gambaran/pengetahuan siswa tentang peristiwa alam yang mereka sebutkan.
    3. untuk jenis media flip chart di era digital agak sedikit terbelakang konsepnya, namun itu semua tergantung sumber daya fasilitas sekolahnya dan kemampuan guru dalam bidang IT untuk mendukung serapan materi yang baik. jika ada media yang lebih terlihat bergerak seperti video, menggunakan infocus dan layar maka konsep itu lebih masuk kepada siswa SD yang notabene nya lebih suka dan mudah mengingat visual yang bergerak.

    Vini Nur Febriana
    857363087
    FKIP-PGSD

  3. Video diatas menurut saya :

    1. Dari tayangan video di atas, menurut saya untuk pendahuluan sudah bagus, hanya saja sebelum masuk ke materi ajar kita perlu melakukan Apersepsi, mengulas kembali materi lampau dan menghubungkannya ke materi selanjutnya.
    2. selain menayakan siswa tentang contoh peristiwa alam. guru perlu juga meminta anak untuk mendeskripsikan bentuk kejadian alam tersebut. sehingga kita tau sejauh mana pandangan/gambaran/pengetahuan siswa tentang peristiwa alam yang mereka sebutkan.
    3. untuk jenis media flip chart di era digital agak sedikit terbelakang konsepnya, namun itu semua tergantung sumber daya fasilitas sekolahnya dan kemampuan guru dalam bidang IT untuk mendukung serapan materi yang baik. jika ada media yang lebih terlihat bergerak seperti video, menggunakan infocus dan layar maka konsep itu lebih masuk kepada siswa SD yang notabene nya lebih suka dan mudah mengingat visual yang bergerak.

    Vini Nur Febriana
    857363087
    FKIP-PGSD

  4. Dari Vidio pembelajaran peristiwa alam diatas ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran.
    Kekurangan:
    – tidak mengabsen siswa
    -tidak disebutkan tujuan mempelajari peristiwa alam
    – Apersepsi tidak ada
    -penyampaian perintah membuka materi kurang jelas, guru hanya mengatakan “Sekarang kalian buka buku IPA nya” tanpa menyebutkan di halaman berapa
    – penggunaan media flipcard sudah bagus akan tetapi akan lebih bagus memakai media audio visual bagus atau tetap menggunakan media flip card tapi menggunakan flip card yang ukurannya lebih besar agar siswa yang di belakang bisa mengikuti pembelajaran dengan jelas

    Kelebihan:
    – sudah memberikan umpan berupa pertanyaan ketika menjelaskan materi sehingga kelas menjadi hidup
    -media yang digunakan sudah bagus tapi harus di upgrade ke media yang lebih menarik

  5. Dari Vidio pembelajaran peristiwa alam diatas ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran.

    Kekurangan:
    – tidak mengabsen siswa
    -tidak disebutkan tujuan mempelajari peristiwa alam
    – Apersepsi tidak ada
    -penyampaian perintah membuka materi kurang jelas, guru hanya mengatakan “Sekarang kalian buka buku IPA nya” tanpa menyebutkan di halaman berapa
    – penggunaan media flipcard sudah bagus akan tetapi akan lebih bagus memakai media audio visual bagus atau tetap menggunakan media flip card tapi menggunakan flip card yang ukurannya lebih besar agar siswa yang di belakang bisa mengikuti pembelajaran dengan jelas

    Kelebihan:
    – sudah memberikan umpan berupa pertanyaan ketika menjelaskan materi sehingga kelas menjadi hidup
    -media yang digunakan sudah bagus tapi harus di upgrade ke media yang lebih menarik

    Maulidiyatur Rizqiyah
    858861123
    Upbjj Malang Pokjar Gondangwetan

  6. Dari pembelajaran peristiwa alam diatas ada kelebihan & hal-hal yang bisa disempurnakan lagi yaitu

    Kelebihan:
    – Semangat guru dalam menyampaikan materi
    – Penggunaan alat peraga berupa flip chart (media gambar)
    – Antusiasme dan keterlibatan siswa
    – Penguasaan kelas yang baik

    Hal-hal yg bisa disempurnakan:
    – Pembelajaran tersebut langsung masuk ke materi inti
    – Proses pembelajaran masih bersifat teacher centered (berpusat pada guru)
    – Kegiatan awal perlu ditekankan terutama pada bagian motivasi untuk membuat korelasi manfaat
    pembelajaran materi tersebut dengan kehidupan nyata siswa, dan apersepsi untuk mengaitkan materi
    sebelumnya dengan saat itu (jika materi tersebut bukan pokok bahasan baru)
    – Visibilitas gambar agar dipastikan bisa dilihat dengan baik oleh seluruh siswa.
    – Hindari memberikan istruksi ganda pada saat yg bersamaan seperti guru sambil menjelaskan materi
    tapi sambil meminta siswa untuk mengeluarkan buku pelajarannya, karena hal tersebut bisa mecah
    konsentrasi siswa.

    Terima kasih
    Semoga bermanfaat bagi kemajuan bersama.

    Subroto, S.Pd., M.M.

  7. NAMA: AZZA NURUL LAILIYAH
    NIM: 856482413
    PRODI : S1 PGSD BI
    POKJAR : DUMAI
    Berdasarkan video yang telah saya tonton ada beberapa hal yang bisa disampaikan yaitu
    1. Pada awal pembelajaran tidak terlihat kegiatan awal pembelajaran seperti menyiapkan kelas, absensi dan tidak ada memberikan apersepsi atau pertanyaan pematik guna memotivasi siswa sebelum melaksanakan kegiatan inti pembelajaran
    2. Guru tidak mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan sekarang yang berguna untuk memancing sampai dimana pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan hari ini.
    3. Tidak ada menjelaskan tujuan pembelajaran. Padahal tujuan sangat penting untuk dijelaskan karena bisa mengukur sampai dimana capaian kompetensi yang telah dikuasai oleh siswa tersebut.
    3. Video yang telah saya tonton langsung ke kegiatan inti dengan guru memerintahkan buka buku IPA kemudian langsung menjelaskan topik yang akan dibahas yaitu peristiwa alam dengan tidak menjelaskan kepada siswa halaman berapa yang harus di cari untuk bisa menemukan materi peristiwa alam
    4. Kelebihan dari video yang sudah saya tonton, guru sangat antusias untuk menggunakan metode field chart pada pembelajarannya. Kemudian juga guru sudah baik dalam menggunakan metode field chart dikelas.
    5. Sarannya untuk video diatas yaitu seharusnya guru harus bisa menggunakan metode field chart dengan lebih efektif dan efisien dengan jumlah siswa yang akan mengikuti pembelajaran dikelas.

  8. Sari Hapsari
    857504127
    S1 PGSD MS
    UPBJJ Bandung
    Pokjar Singaparna

    Berdasarkan video yang telah saya lihat ada beberapa hal yang harus diperbaiki dalam pembelajaran:
    1. Urutan pembelajaran tidak runtut. Guru langsung pada kegiatan inti, yang seharusnya diawali terlebih dahulu dengan mengecek kehadiran siswa, membuat apersepsi. Guru juga tidak mentampaikan tujuan pembelajaran, sehingga siswa tidak tau apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut.
    2. Setelah guru menyuruh siswa mengeluarkan buku, guru tidak menunggu siswa sampai beres semuanya, yang akhirnya kelas menjadi gaduh sebentar
    3. Video awal menunjukan kurangnya media pembelajaran dalam penyampaian materi, sehingga siswa kurang bisa memahami maksud dan tujuan materi tersebut.

    Hal yang sudah baik dari video tersebut:
    1. Interaksi siswa dan guru terjalin dengan baik
    2. Pertanyaan guru menggiring siswa untuk bisa berpikir apa saja yang termasuk bencana alam

  9. Nama : Halimatu Sa’diah
    NIM : 857304915
    FKIP – PGSD

    Dari video pembelajaran tersebut menurut analisis saya :

    1. Identifikasi masalah : Siswa di kelas nampak kebingungan saat ditanya tentang bagaimana proses terjadinya bencana alam yang ada di indonesia

    2. Penyebab masalah : Guru kesulitan menjelaskan kepada siswa proses bencana karena media yang digunakan tidak cocok. Sehingga siswa tidak dapat mengindera dan memahami dengan baik.

    3. Alternatif Pemecahan masalah : giri harus mengganti media pembelajarannya. Bisa mencoba media video atau simulasi sehingga siswa dapat memahami tahapan-tahapan yang terjadi.

    4. Tujuan perbaikan : Agar siswa dapat memahami bagaimana proses terjadinya setiap bencana yang sering terjadi di indonesia.

  10. Nama : Halimatu Sa’diah
    NIM : 857304915
    FKIP – PGSD

    Dari video pembelajaran tersebut menurut analisis saya :

    1. Identifikasi masalah : Siswa di kelas nampak kebingungan saat ditanya tentang bagaimana proses terjadinya bencana alam yang ada di indonesia

    2. Penyebab masalah : Guru kesulitan menjelaskan kepada siswa proses bencana karena media yang digunakan tidak cocok. Sehingga siswa tidak dapat mengindera dan memahami dengan baik.

    3. Alternatif Pemecahan masalah : giri harus mengganti media pembelajarannya. Bisa mencoba media video atau simulasi sehingga siswa dapat memahami tahapan-tahapan yang terjadi.

    4. Tujuan perbaikan : Agar siswa dapat memahami bagaimana proses terjadinya setiap bencana yang sering terjadi di indonesia.

Leave a Reply