silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.
Toto Fathoni
Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum atau tidak menggunakan Flip Chart.
3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.
4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.
5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.
6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.
Drs. Sumarno, M.Pd.
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.
Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.
Herawati, M.Pd.
Nama : Sitti Maryam
Nim. : 859407699
Upbbj : UT Makassar
Pokjar Luwu Timur
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dari tayangan video yang saya amati. Di awal video sebagian besar reaksi anak-anak cukup aktif terhadap pertanyaan-pertanyaan mudah yang guru ajukan, dan ada juga yang terlihat bingung. Namun saat guru menanyakan proses terjadi nya longsor, banjir dan tsunami.semua siswa tidak mengetahui hal tersebut. Jadi reaksi video tersebut siswa cukup aktif. Namun karena guru kurang mampu dalam memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran.akhinya siswa bingung dalam memahami apa yang mereka pelajari
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
2. Di awal video Guru tidak Memanfaatkan Media pembelajaran secara efektif dan efisien.
3. Guru Mengulang-ulang perkataan yang sama. (“Harus dijaga dan di lestarikan dengan baik -baik, apabila menggunakan dan di memanfaatkan sebaik-baiknya….”). Sehingga penjelasan guru tersebut cenderung berbelit-belit.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
1.Melakukan barain storming
2.Menjelaskan dengan Suara yang jelas dan mengimajinasikan dengan gerakan isyarat tangan.
3. Tanggap dalam merespon dan mengapresiasikan siswanya.
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
1. Ternyata Memanfaatkan media pembelajaran itu sangat penting dalam proses belajar mengajar.
2. Dalam pembelajaran isyarat gerakan tangan dapat membangkitkan imajinasi siswa terhadap materi yang disampaikan.
3. Brain storming dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas
▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, sebaiknya guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitarnya, bukan hanya menggunakan metode ceramah dan isyarat gerakan tangan saja. Namun dengan memanfaatkan spidol dan papan tulis ataupun gambar-gambar,guru dan dapat menjelaskan secara efektif dan efisien
Nama : Sitti Maryam
Nim. : 859407699
Upbbj : UT Makassar
Pokjar. : Luwu Timur
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dari tayangan video yang saya amati. Di awal video sebagian besar reaksi anak-anak cukup aktif terhadap pertanyaan-pertanyaan mudah yang guru ajukan, dan ada juga yang terlihat bingung. Namun saat guru menanyakan proses terjadi nya longsor, banjir dan tsunami.semua siswa tidak mengetahui hal tersebut. Jadi reaksi video tersebut siswa cukup aktif. Namun karena guru kurang mampu dalam memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran.akhinya siswa bingung dalam memahami apa yang mereka pelajari
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
2. Di awal video Guru tidak Memanfaatkan Media pembelajaran secara efektif dan efisien.
3. Guru Mengulang-ulang perkataan yang sama. (“Harus dijaga dan di lestarikan dengan baik -baik, apabila menggunakan dan di memanfaatkan sebaik-baiknya….”). Sehingga penjelasan guru tersebut cenderung berbelit-belit.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
1.Melakukan barain storming
2.Menjelaskan dengan Suara yang jelas dan mengimajinasikan dengan gerakan isyarat tangan.
3. Tanggap dalam merespon dan mengapresiasikan siswanya.
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
1. Ternyata Memanfaatkan media pembelajaran itu sangat penting dalam proses belajar mengajar.
2. Dalam pembelajaran isyarat gerakan tangan dapat membangkitkan imajinasi siswa terhadap materi yang disampaikan.
3. Brain storming dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas
▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, sebaiknya guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitarnya, bukan hanya menggunakan metode ceramah dan isyarat gerakan tangan saja. Namun dengan memanfaatkan spidol dan papan tulis ataupun gambar-gambar,guru dan dapat menjelaskan secara efektif dan efisien
Nama : SRI RAHMADANA
Nim : 855854857
UPBJJ-UT : Medan
kelemahan:
1.Guru tidak menggunakan RPP sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran, dapat dilihat pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak menanyakan kabar dan kehadiran siswa, mengajak berdo’a,dan tujuan kegiatan pembelajaran, serta proses kegiatan pembelajaran tanpa diakhiri do’a dan penutup
2. Guru tidak melakukan evaluasi.
3.Pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan motivasi kepada siswa, padahal motivasi ini adalah suatu dorongan positif untuk memberikan kekuatan terhadap siswa.
Kelebihan :
1.Guru melibatkan siswa secara langsung dengan cara menunjuk siswa.
2.Siswa sangat antusias dan terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, tampak ketika guru bertanya hampir semua siswa menjawab.
3.Guru mengajak siswa untuk mengemukakan pendapat.
4. Guru sudah menggunakan media pembelajaran sehingga mempermudah memahami pelajaran meskipun seadanya
Nama : SRI RAHMADANA
Nim : 855854857
UPBJJ-UT : Medan
Kelemahan:
1.Guru tidak menggunakan RPP sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran, dapat dilihat pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak menanyakan kabar dan kehadiran siswa, mengajak berdo’a,dan tujuan kegiatan pembelajaran, serta proses kegiatan pembelajaran tanpa diakhiri do’a dan penutup.
2. Guru tidak melakukan evaluasi. 3.Pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan motivasi kepada siswa, padahal motivasi ini adalah suatu dorongan positif untuk memberikan kekuatan terhadap siswa.
Kelebihan :
1.Guru melibatkan siswa secara langsung dengan cara menunjuk siswa.
2.Siswa sangat antusias dan terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, tampak ketika guru bertanya hampir semua siswa menjawab.
3.Guru mengajak siswa untuk mengemukakan pendapat.
4. Guru sudah menggunakan media pembelajaran sehingga mempermudah memahami pelajaran meskipun seadanya.
Menurut saya pada awal pembelajaran siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran dan bosan dengan apa yang disampaikan guru, guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab membuat siswa bosan dan tidak bersemangat, setelah melakukan perbaikan guru menggunakan media pembelajaran Flip Chart untuk menumbuhkan semangat belajar siswa.
Rizky Kurniawan
856573427
Jambi
Menurut saya pada awal pembelajaran siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran dan bosan dengan apa yang disampaikan guru, guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab membuat siswa bosan dan tidak bersemangat, setelah melakukan perbaikan guru menggunakan media pembelajaran Flip Chart untuk menumbuhkan semangat belajar siswa.
Nama: morista simaremare
NIM:855863856
Upbjj: UT Medan
Pokjar:Sei balai
*Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Pada kegiatan pembelajaran awal dengan metode ceramah ,banyak siswa kebingungan dalam menjawab pertanyaan guru .namun setelah menggunakan media clip chart pelajaran pun menjadi lebih aktif ,menyenangkan ,dan membuat siswa bisa langsung melihat bagaimana peristiwa alam yang dibantu oleh media gambar clip chart tersebut ..
*Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran di awal pembelajaran ,tidak ada apresiasi dan motivasi siswa yang membuat siswa bisa lebih aktif …
*Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru menggunakan media clip chart untuk memecahkan masalah siswa yang kurang memahami pembelajaran dengan metode ceramah dan guru tidak tergantung pada media visual …gurunya kreatif dengan memanfaatkan media yang dirancang
*Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Ternyata media clip chart bisa digunakan untuk media pembelajaran ,kita tidak tergantung pada media visual lainnya …media sekitar kita juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran .
*Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Guru harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan ,bukan hanya menggunakan media visual dan gambar tetapi bisa juga menggunakan alam sebagai media pembelajaran …pembelajaran IPA adalah berhubungan dengan alam sebaiknya metode ceramah tidak disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran ini …supaya siswa lebih aktif ,kita bisa gunakan media gambar ,dan bisa juga menggunakan alam sebagai media dan merancang media- media pembelajaran lainnya .
Nama : HENDRA PUTRA GUNAWAN HULU
NIM. :855855311
Prodi :PGSD
Pokjar. : IDANOGAWO
Dalam vidio pertama saya lihat tetang penggunaan media flip chart dengan materi menjelaskan peristiwa alam pada mata pelajaran IPA di SD adalah sebagai berikut:
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dari tayangan video yang saya amati. Di awal video sebagian besar reaksi anak-anak cukup aktif terhadap pertanyaan-pertanyaan mudah yang guru ajukan, dan ada juga yang terlihat bingung. Namun saat guru menanyakan proses terjadi nya longsor, banjir dan tsunami.semua siswa tidak mengetahui hal tersebut. Jadi reaksi video tersebut siswa cukup aktif. Namun karena guru kurang mampu dalam memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran.akhinya siswa bingung dalam memahami apa yang mereka pelajari
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
2. Di awal video Guru tidak Memanfaatkan Media pembelajaran secara efektif dan efisien.
3. Guru Mengulang-ulang perkataan yang sama. (“Harus dijaga dan di lestarikan dengan baik -baik, apabila menggunakan dan di memanfaatkan sebaik-baiknya….”). Sehingga penjelasan guru tersebut cenderung berbelit-belit.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
1.Melakukan barain storming
2.Menjelaskan dengan Suara yang jelas dan mengimajinasikan dengan gerakan isyarat tangan.
3. Tanggap dalam merespon dan mengapresiasikan siswanya.
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
1. Ternyata Memanfaatkan media pembelajaran itu sangat penting dalam proses belajar mengajar.
2. Dalam pembelajaran isyarat gerakan tangan dapat membangkitkan imajinasi siswa terhadap materi yang disampaikan.
3. Brain storming dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas
▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, sebaiknya guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitarnya, bukan hanya menggunakan metode ceramah dan isyarat gerakan tangan saja. Namun dengan memanfaatkan spidol dan papan tulis ataupun gambar-gambar,guru dan dapat menjelaskan secara efektif dan efisien
Nama : HENDRA PUTRA GUNAWAN HULU
NIM. :855855311
Prodi :PGSD
Pokjar. : IDANOGAWO
Dalam vidio pertama saya lihat pada mata pelajaran IPA di SD adalah sebagai berikut:
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dari tayangan video yang saya amati. Di awal video sebagian besar reaksi anak-anak cukup aktif terhadap pertanyaan-pertanyaan mudah yang guru ajukan, dan ada juga yang terlihat bingung. Namun saat guru menanyakan proses terjadi nya longsor, banjir dan tsunami.semua siswa tidak mengetahui hal tersebut. Jadi reaksi video tersebut siswa cukup aktif. Namun karena guru kurang mampu dalam memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran.akhinya siswa bingung dalam memahami apa yang mereka pelajari
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
2. Di awal video Guru tidak Memanfaatkan Media pembelajaran secara efektif dan efisien.
3. Guru Mengulang-ulang perkataan yang sama. (“Harus dijaga dan di lestarikan dengan baik -baik, apabila menggunakan dan di memanfaatkan sebaik-baiknya….”). Sehingga penjelasan guru tersebut cenderung berbelit-belit.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
1.Melakukan barain storming
2.Menjelaskan dengan Suara yang jelas dan mengimajinasikan dengan gerakan isyarat tangan.
3. Tanggap dalam merespon dan mengapresiasikan siswanya.
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
1. Ternyata Memanfaatkan media pembelajaran itu sangat penting dalam proses belajar mengajar.
2. Dalam pembelajaran isyarat gerakan tangan dapat membangkitkan imajinasi siswa terhadap materi yang disampaikan.
3. Brain storming dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas
▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, sebaiknya guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitarnya, bukan hanya menggunakan metode ceramah dan isyarat gerakan tangan saja. Namun dengan memanfaatkan spidol dan papan tulis ataupun gambar-gambar,guru dan dapat menjelaskan secara efektif dan efisien
Nama : Michael Manalu
Nim : 856039878
Upbjj : UT Medan
Pokjar: Tapanuli Tengah
1. Guru tidak menyampaikan salam pembuka dengan berdoa atau menanyakan kabar
2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
3. Di awal video Guru tidak Memanfaatkan Media pembelajaran secara efektif dan efisien.
4. Guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab membuat siswa bosan dan tidak bersemangat.
5. guru seharusnya menggunakan media pembelajaran Flip Chart untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran.