silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Mohon maaf ngge, menurut saya kegiatan ini ada beberapa yang kurang yaitu dalam kegiatan awal dan penutup guru belum ada seperti penyapaian sapaan dan pertanyaan saat kegiatan penutup
Dalam kegiatan dalam video itu juga kelihatan anak- anak kurang termotivasi serta semangat melakukan kegiatan senam tersebut. Dikarenakan 1. Music yang digunakan kurang mendukung untuk anak semangat dan lebih giat mengikuti Gerakan. Sedangkan dalam pengenmbangan motorik music itu juga mempengaruhi Gerakan anak kita sebaiknya memilih music yang lebih Ceria hingga anak bisa lebih semangat mengikuti senam tradisional misal JARAN GUNDULGUNDUL PACUL,CUBLEK CUBLEKSUWENG Dll. 2. Tempat yang digunaka kurang luas hingga anak melakukan Gerakan kurang maksimal. 3. Guru juga kurang bersemangat memberikan contoh Gerakan senam (kurang Energik)
Menurut saya kegiatan senam tradisional sudah bagus di kenalkan kepada anak-anak terutama anak usia dini. dengan begitu anak-anak jadi lebih mengerti budaya dari masing-masing daerah. selain itu kegiatan senam juga dapat mengembangkan motorik kasar anak. Namun dalam video tersebut saran saya sebaiknya menggunakan musik tradisional yang lebih ceria agar anak-anak lebih semangat dan tidak mudah bosan. ketika menggunakan musik yang ceria, maka gerakan yang dilakukan juga akan lebih enerjik sehingga memacu semangat anak-anak untuk ikut bergerak.
Nama : Eva nur wahyuni
Nim. : 858742751
Prodi. : PGPAUD
Mengenalkan anak senam tradisional sangatlah baik hal itu dikarenakan anak bisa lebih mengenal budaya lokalnya dengan mengetahui berbagai macam senam tradisional .
Melalui senam kita bisa mengajarkan kepada anak berbagai aspek disamping fisik motorik juga kita bisa mengajarkan anak untuk lebih mengenal dan mencintai budaya lokalnya melalui senam tradisional.
Pada tayangan video tersebut terlihat kurang jelas pembelajarannya karena tidak ada kegiatan pembukaan dari guru dan tidak ada penjelasan dari guru.
Anak2 jadi kurang fokus dan kurang konsentrasi karena guru kurang atraktif dalam memimpin senam,jadi anak2 merasa kurang tertarik untuk mengikutinya
Guru seperti bergerak sendiri tanpa ada komunikasi dengan anak
Tempat yang digunakan pun kurang memadai jadi terlihat anak seperti kurang leluasa untuk bergerak.
Guru bisa memilih senam tradisional yang musiknya ceria sehingga anak menjadi antusias dan bersemangat untuk menirukan gerakan yang di peragakan oleh guru.
Nama : Ai Jamilah
Nim : 857501666
Prodi : PGPAUD
Dalam video berjudul senam tradisional, ketika anak mulai merasa bosan dengan senam irama saya memiliki stratetegi dengan mengajak anak-anak ke lapangan terbuka untuk melakukan senam irama serta mengenalkan senam tradisional di lapangan terbuka supaya anak-anak merasa tidak bosan dengan kegiatan di sekolah. Pada saat dibawa keluar sekolah anak-anak menjadi antusias kembali dengan adanya kegiatan di luar sekolah.
Dalam video pembelajaran meningkatkan motorik kasar dan seni anak melalui senam tradisonal, penggunaan musik tradisional dan penggabungan gerakan senam dan tari tradisional dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik anak. selain itu kita sebagai guru dapat mengenalkan kepada anak tentang ragam seni dan budaya yang ada disekitar anak sehingga mampu memupuk rasa nasionalisme anak.
Namun, dalam video tersebut ada beberapa yang harus diperhatikan dalam mengajari anak-anak senam atau menari agar anak-anak tidak cepat bosan, antara lain : pilih musik yang bersemangat agar anak ikut bersemangat dalam berlatih, pilih gerakan yang bervariasi namun tidak terlalu sulit untuk ditirukan oleh anak, ketika sedang berlatih guru juga harus menunjukkan antusias agar abak juga terbawa.
Nama : Lestaringga Safitri
Nim : 857744777
Prodi : PG PAUD
1. Dalam video kegiatan senam tradisional, reaksi anak-anak tampak antusias dengan pengenalan senam menggunakan lagu tradisional yang diiringi dengan music gamelan. Karena senam dengan lagu tradisional merupakan hal yang baru jika dibandingkan dengan senam sehat gembira yang sudah sering dilakukan anak ketika kegiatan senam sehingga anak terkadang sudah bosan melakukannya.
2. dalam video tersebut terdapat kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran. Yaitu sebaiknya guru memilih gerakan yang mudah untuk ditiru oleh anak-anak. guru juga perlu memberi pengarahan kepada anak-anak terlebih dahulu supaya anak tidak bingung untuk mengikutinya. sebaiknya guru juga memilih lagu tradisional yang berirama ceria atau energik sehingga dapat membuat anak lebih semangat untuk ikut melakukannya.
3. adapun kelebihan guru dalam video tersebut yaitu mempunyai inisiatif yang bagus dengan mengajak anak-anak untuk mengenal senam tradisional supaya anak mengenal kebudayaan indonesia melalui senam tradisional dengan iringan musik gamelan.
4. hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran yaitu guru yaitu semangat guru mengajarkan hal baru ke anak didiknya ketika anak-anaknya merasa bosan dengan kegiatan senam yang sudah sering mereka lakukan
5. setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru tersebut, upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya yaitu sebaiknya guru memilih jenis senam tradisional yang sesuai dengan minat anak-anak seperti pemilihan lagu anak-anak dan musik yang ceria, pemilihan gerakan yang mudah diikuti, meminta bantuan guru pendamping untuk membantu anak-anak yang kesulitan untuk melakukan gerakan,
Assalamualaikum wr.. wb…
Nama : IKA NOVIDA YENI
NIM : 859171208
Prodi : PGPAUD
Menurut saya memperkenalkan kesenian daerah sangatlah penting, agar anak dapat mengetahui jenis kesenian daerah lain. Sedangkan untuk video yang menampilkan senam tradisional merupakan hal yang sangat menarik dan perlu di contoh guna untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya agar dapat dikenal oleh anak, akan tetapi sebaiknnya gerakan yang di gunakan tidak terlalu sulit sehingga anak tidak dapat mengikuti gerakan tersebut. Jika gerakan yang digunakan lebih gampang dan mudah di ingat anak dapat mengikuti senam dengan sangat semangat.
Menurut saya dalam video tersebut sudah bagus mengenalkan budaya lokal seni setempat, berupa Gerak tari tradisional yang dikolaborasi dengan gerakan senam umum serta diringi dengan irama musik lagu senam ceria dan dilanjutkan dengan irama musik gamelan. Seperti yang diketahui Bersama bahwa tujuan dari pembelajaran ini merupakan bagian dari pengembangan motorik kasar maupun motorik halus dan seni.
Namun dari video tersebut perlu ditingkatkan dan dimodifikasi Kembali dengan irama musik tradisional yang lebih ceria dan membangkitkan semangat lagi , karena dari video tersebut terlihat beberapa anak yang kurang antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan senam tradisional tersebut , sehingga ada beberapa anak yang tidak fokus memperhatikan , terlihat ada anak yang mengantuk, diam tidak mengikuti gerakan, sibuk bermain dengan kegiatan masing – masing, dan sehingga sekilas terlihat anak cenderung bosan.
Kita juga sebagai pendidik harus lebih semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut agar dapat menarik semangat anak – anak , sesekali kita berkeliling dan menyapa gerakan anak , jadi tidak hanya berada diposisi depan saja, karena memang sering kita temui ada beberapa anak yang biasanya harus berulang kali membutuhkan dorongan atau motivasi guru secara langsung untuk mengikuti kegiatan gerak senam.
Ruang gerak yang diberikan dengan jumlah anak yang banyak juga menurut saya kurang efektif buat anak karena akan membuat keterbatasan anak dalam mengekspresikan emosional dan gerakannya.
Mungkin nantinya guru dapat mengajak anak ketempat yang lebih terbuka dan luas agar anak – anak juga dapat lebih maksimal mengembangkan gerakan motoriknya dalam gerakan senam tari tradisional yang mudah dipahami dan diikuti anak. Serta dalam hal musik irama agar lebih bervariasi dan menarik perhatian anak sesekali juga guru boleh memperkenalkan musik dan gerak tari daerah lain , ataupun membuat senam gerakan – gerakan yang unik dan humoris (lucu) yang dimana didalam gerakan tersebut mengajak partisipasi anak dalam ikut bersuara (seperti bertepuk / mengayunkan kedua tangan, hentakkan kaki, teriak hore , atau meniru suara2 dari setiap gerakan tersebut ) sehingga bisa terhindar dari gerakan yang monoton pada setiap pembelajarannya.
NAMA : Suci Purnamasari Darwis
NIM : 859169258
PRODI : S1 – PGPAUD
Menurut saya dalam video tersebut sudah bagus mengenalkan budaya lokal seni setempat, berupa Gerak tari tradisional yang dikolaborasi dengan gerakan senam umum serta diringi dengan irama musik lagu senam ceria dan dilanjutkan dengan irama musik gamelan. Seperti yang diketahui Bersama bahwa tujuan dari pembelajaran ini merupakan bagian dari pengembangan motorik kasar maupun motorik halus dan seni.
Namun dari video tersebut perlu ditingkatkan dan dimodifikasi Kembali dengan irama musik tradisional yang lebih ceria dan membangkitkan semangat lagi , karena dari video tersebut terlihat beberapa anak yang kurang antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan senam tradisional tersebut , sehingga ada beberapa anak yang tidak fokus memperhatikan , terlihat ada anak yang mengantuk, diam tidak mengikuti gerakan, sibuk bermain dengan kegiatan masing – masing, dan sehingga sekilas terlihat anak cenderung bosan.
Kita juga sebagai pendidik harus lebih semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut agar dapat menarik semangat anak – anak , sesekali kita berkeliling dan menyapa gerakan anak , jadi tidak hanya berada diposisi depan saja, karena memang sering kita temui ada beberapa anak yang biasanya harus berulang kali membutuhkan dorongan atau motivasi guru secara langsung untuk mengikuti kegiatan gerak senam.
Ruang gerak yang diberikan dengan jumlah anak yang banyak juga menurut saya kurang efektif buat anak karena akan membuat keterbatasan anak dalam mengekspresikan emosional dan gerakannya.
Mungkin nantinya guru dapat mengajak anak ketempat yang lebih terbuka dan luas agar anak – anak juga dapat lebih maksimal mengembangkan gerakan motoriknya dalam gerakan senam tari tradisional yang mudah dipahami dan diikuti anak. Serta dalam hal musik irama agar lebih bervariasi dan menarik perhatian anak sesekali juga guru boleh memperkenalkan musik dan gerak tari daerah lain , ataupun membuat senam gerakan – gerakan yang unik dan humoris (lucu) yang dimana didalam gerakan tersebut mengajak partisipasi anak dalam ikut bersuara (seperti bertepuk / mengayunkan kedua tangan, hentakkan kaki, teriak hore , atau meniru suara2 dari setiap gerakan tersebut ) sehingga bisa terhindar dari gerakan yang monoton pada setiap pembelajarannya.
Nama : Anita Theresia Sinaga
NIM : 859169226
Program Studi : PGPAUD-S1
Berdasarkan video yang sudah saya tonton yaitu tentang “Melatih Motorik Kasar Anak dan Seni Anak melalui Kegiatan Senam Tradisional’, memang tampak bahwa kreativitas guru dalam melakukan kegiatan senam Tradisional sudah mampu dilakukan. Hal tersebut dilakukan dengan harapan bahwa Kompetensi Dasar dalam pengembangan fisik motorik kasar anak-anak TK dapat berkembang secara optimal. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan penggunaan musik tradisional dan gerakan senam dengan menggabungkan gerakan tradisional dengan gerakan senam yang teratur dan dinamis. Tentunya hal ini dapat menjadi alternatif dalam pengembangan motorik halus anak TK juga, selain itu, penggunaan musik dan gerakan tradisional akan menambah wawasan anak tentang kesenian tradisional atau seni budaya dari daerah masing-masing. Kegiatan senam seperti dalam video yang sudah saya tonton, tentunya juga sudah diterapkan di Lembaga tempat saya bertugas yaitu TK Kristen Aletheia Ampenan. Dalam penerapannya di Lembaga saya, bahwa kegiatan senam merupakan kegiatan yang selalu menyenangkan bagi semua anak didik. Hal ini tentunya dilakukan dengan antusias, dengan menggunakan musik yang ceria dan menarik bagi anak. Kegiatan senam di lembaga saya, dibuat selalu bervariasi, artinya selalu ada pergantian jenis senam setiap semester. Hal ini tentunya untuk membuat suasana dan kegiatan yang terus menarik dan menyenangkan bagi tiap anak didik. Variasi musik dan gerakan yang dilakukan tiap semester membuat anak-anak selalu ceria dan semangat dalam setiap kegiatan. Untuk di lembaga saya, penggunaan musik senam seperti senam Ria Indonesia Baru, senam Profil Pelajar Pancasila, senam Rentang Tangan tentunya membuat anak-anak semakin antusias karena selalu ada variasi dalam setiap kegiatan senam. Penggunaan musik tradisional dan variasi gerakan senam juga dilakukan di lembaga saya untuk kegiatan ekstrakurikuler dan tentunya dari hasil kegiatan ekstrakurikuler tersebut akan ditampilkan dalam moment khusus seperti penampilan pentas seni dan ajang moment tertentu seperti Ulang Tahun Sekolah dan Kegiatan Open House atau Hari Besar Nasional. Dari setiap penampilan anak tentunya menambah antusiasme anak didik dalam melakukan kegiatan senam dengan musik tradisional. Hal ini juga sekaligus menggali kemampuan anak serta memberikan wawasan baru tentang kesenian tradisional. Peran para guru dalam upaya meningkatkan kreativitas serta kualitas motorik anak didik sangat diperlukan, tentunya peran serta orang tua murid juga sangat diperlukan. Kolaborasi dengan orang tua murid juga meningkatkan kualitas setiap kegiatan yang dikembangkan di lembaga saya. Sehingga peningkatan kualitas motorik dan seni anak tentunya semakin meningkat dengan adanya kegiatan senam tradisional yang didukung oleh orang tua dan seluruh stake holder.