silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Menurut saya Mengenalkan anak senam tradisional sangatlah baik hal itu dikarenakan anak bisa lebih mengenal budaya lokalnya dengan mengetahui berbagai macam senam tradisional .
Melalui senam kita bisa mengajarkan kepada anak berbagai aspek disamping fisik motorik juga kita bisa mengajarkan anak untuk lebih mengenal dan mencintai budaya lokalnya melalui senam tradisional.
adapun kelebihan guru dalam video tersebut yaitu mempunyai inisiatif yang bagus dengan mengajak anak-anak untuk mengenal senam tradisional supaya anak mengenal kebudayaan indonesia melalui senam tradisional dengan iringan musik gamelan.
hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran yaitu guru yaitu semangat guru mengajarkan hal baru ke anak didiknya ketika anak-anaknya merasa bosan dengan kegiatan senam yang sudah sering mereka lakukan. Namun kelemahannya anak merasa bosan dan lelah, sehingga ada beberapa anak tidak mengikuti gerakan senam tradisional tersebut.
setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru tersebut, upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya yaitu sebaiknya guru memilih jenis senam tradisional yang sesuai dengan minat anak-anak seperti pemilihan lagu anak-anak dan musik yang ceria, pemilihan gerakan yang mudah diikuti, meminta bantuan guru pendamping untuk membantu anak-anak yang kesulitan untuk melakukan gerakan,
Namun dari video tersebut perlu ditingkatkan dan dimodifikasi Kembali dengan irama musik tradisional yang lebih ceria dan membangkitkan semangat lagi , karena dari video tersebut terlihat beberapa anak yang kurang antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan senam tradisional tersebut , sehingga ada beberapa anak yang tidak fokus memperhatikan , terlihat ada anak yang mengantuk, diam tidak mengikuti gerakan, sibuk bermain dengan kegiatan masing – masing, dan sehingga sekilas terlihat anak cenderung bosan.
Kita juga sebagai pendidik harus lebih semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut agar dapat menarik semangat anak – anak , sesekali kita berkeliling dan menyapa gerakan anak , jadi tidak hanya berada diposisi depan saja, karena memang sering kita temui ada beberapa anak yang biasanya harus berulang kali membutuhkan dorongan atau motivasi guru secara langsung untuk mengikuti kegiatan gerak senam.
Mengajarkan anak senam dengan musik tradisional akan menambah kecintaan dan wawasan anak terhadap warisan budaya. Selain itu motorik kasar dan juga sosial emosionalnya juga terstimulasi dengan baik. Akan tetapi seyogyanya gerakan yang diciptakan tidak terlalu sulit, dan banyak variasi. Akan lebih mudah dilakukan anak apabila gerakan mudah dan berulang tetapi tetap sesuai dengan ketukan nadanya. Ketepatan nada dan gerakan juga melatih konsentrasi dan koordinasi dalam melakukan tindakan yang lebih terkoordinir
Nama: Dian nur faiza
NIM : 858846668
Prodi : S1- PGPAUD
menurut saya, kegiatan senam tersebut sudah baik untuk di lakukan di dalam TK. akan tetapi lebih baik di lakukan di luar kelas agar lebih leluasa anak-anak untuk bergerak. namun ada yang bosan dengan kegiatan tersebut guru sebaiknya mengajak dan memberikan semangat lebih untuk anak-anak agar melakukan dengan semangat. melakukan gerakan yang mudah di ikuti oleh anak.
Nama : Chairunnisa Nur Pratiwi
Nim : 857226123
Prodi : PG PAUD-BI
1. Dalam video pembelajaran “melatih motorik kasar anak dan seni anak melalui senam dengan musik tradisional” adalah hal yang inovatif yang dilakukan guru, anak terlihat cukup antusias dan tertarik karena kegiatan senam dengan lagu tradisional adalah hal baru untuk anak-anak.
2. kelebihan dalam video tersebut guru tidak hanya mengembangkan satu aspek perkembangan pada anak tetapi beberapa aspek lainnya dalam satu kegiatan, yaitu aspek fisik motorik, aspek afektif karena anak akan dilatih mengekpresikan perasaannya melalu gerakan senam, aspek seni anak jadi lebih mengenal tentang lagu-lagu tradisional yang ada di Indonesia, serta aspek sosial skill anak juga dilatih kekompakan gerakan bersama teman-teman dan gurunya.
3. dalam video tersebut terdapat kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran. Yaitu guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak bisa lebih semangat lagi dalam melakukan gerakan senam, karena beberapa anak masih terlihat kurang ekspresif dalam mengikuti gerakan yang di modelkan guru di depannya. pemilihan lagu tradisional yang mendayu-dayu kurang cocok untuk karakter anak TK yang mudah cepat bosan.
4. adapun kelebihan guru dalam video tersebut yaitu inovasi dalam mengajar tidak hanya membangun satu aspek perkembangan saja tetapi beberapa aspek perkembangan (fisik motorik, seni, afektif dan sosial skill)
Nama : Alya Bian Ariana
NIM : 858857449
menurut pendapat saya senam tradisional harus dikenalkan kepada anak-anak usia dini karena dengan begitu mereka bisa melestarikan senam tradisional yang ada di Indonesia. Tetapi guru harus harus kreatif dalam menyampaikan atau mengenalkan senam tradisional sehingga anak tidak mudah bosan dan supaya anak antusias dalam melakukan kegiatan senam tersebut. Bisa dilakukan dengan musik yang asik dan menambah semangat dan keceriaan anak-anak dalam mengikuti senam tersebut.
sekian pendapat saya assalamualaikum wr.wb
Nama: Riska Afriantini
NIM :856032202
Mengajarkan anak senam dengan musik tradisional akan menambah kecintaan dan wawasan anak terhadap warisan budaya. Selain itu motorik kasar dan juga sosial emosionalnya juga terstimulasi dengan baik. Akan tetapi seyogyanya gerakan yang diciptakan tidak terlalu sulit, dan banyak variasi. Akan lebih mudah dilakukan anak apabila gerakan mudah dan berulang tetapi tetap sesuai dengan ketukan nadanya. Ketepatan nada dan gerakan juga melatih konsentrasi dan koordinasi dalam melakukan tindakan yang lebih terkoordinir
Nama : IRA HETTY KIRANA NINGRUM
NIM : 857167567
Prodi : PGPAUD BI
Permasalahan yang terjadi seperti yang sudah dibahas di dalam video adalah permasalahan yang sangat sering terjadi di kegiatan senam anak-anak PAUD manapun. Karena anak-anak PAUD masih memiliki mood atau keadaan hati yang suka berubah-ubah. Jika seorang guru menghadapi permasalahan seperti itu, seorang guru-lah yang harus tanggap mencari solusi. Salah satu solusi yang menarik adalah mengajarkan anak dengan tari tradisional sebagai solusi pengganti kegiatan senam yang sudah biasa anak-anak lakukan.
Dengan mengenalkan dan mengajarkan tari tradisional akan menumbuhkan cinta dan ketertarikan terhadap tari-tarian tradisional kepada anak-anak. Sebab kegiatan tari tradisional tersebut adalah kegiatan yang berbeda tidak seperti biasanya, sehingga dapat menumbuhkan rasa penasaran dan rasa ingin tahu lebih bagi anak-anak, karena mungkin saja ada anak-anak yang benar-benar baru mendengar, melihat dan mempraktikan musik dan gerakan tradisional tersebut dengan iringan musik yang tidak biasa. Bisa juga diperkenalkan kepada anak-anak jenis tarian tradisional dari dari daerah yang lainnya.
Dengan demikian akan mengurangi rasa bosan dan rasa tidak mood bagi anak-anak PAUD ketika melakukan kegiatan senam, karena mereka akan tertarik dengan berbagai alunan musik dari daerah-daerah lainnya.
Terima Kasih 🙏
Nama. : Iin evayanti
Nim. : 858446509
Prodi. :Paud
Menurut pendapat saya kegiata senam tradisional ini sangat, baik bagi perkembangan fisik motorik anak
Dengan adax senam ini maka anak bisa melakukan gerakan senam yg beda dan bisa mengenal musik tradisional daerah,sehingga anak tidak merasa bosan.
Jadi patutlah guru memperkenalkan beberapa variasi gerakan senam,baik itu gerakan senam ceria ataupun gerakan tradisional yg bervariasi
Sehingga guru bisa mengajak anak untuk menanamkan rasa kecintaannya
pada budaya daerah setempat.
Dan selain itu sosial emosiona dan motorik kasar anak bisa berkembang dgn baik.
Nama : Yunita Sari Pohan
Nim. : 859869912
Prodi. : PAUD
Menurut saya mengenai video ini,arahan yang diberikan gurunya sudah bagus,karena guru bisa memberikan gerakan yang bisa meningkatkan motorik anak dan membangkitkan sebagian semangat anak,karena setiap anak mempunyai bakat yang berbeda,maka dalam hal ini guru harus memberikan gerakan yang mudah di ikuti oleh anak,karena dalam senam tradisonal ini gerakan nya bervariasi dengan gerakan tari,maka guru harus pandai menarik perhatian anak terhadap apa yang diajarkannya.
1. Dalam video pembelajaran “melatih motorik kasar anak, pendengaran dan seni anak melalui senam dengan musik tradisional” yang inovatif yang dilakukan guru, anak terlihat cukup antusias dan tertarik karena kegiatan senam dengan lagu tradisional adalah hal baru untuk anak-anak.
2. Kelebihan dalam video tersebut guru tidak hanya mengembangkan satu aspek perkembangan PAUD tetapi ada beberapa aspek seperti aspek fisik motorik aspek seni, aspek bahasa dimana anak mendengar lagu dan menyelaraskan dengan Gerakan senam, anak jadi lebih mengenal tentang lagu-lagu tradisional yang ada di Indonesia, serta sosial skill anak melatih kekompakan gerakan bersama teman-teman dan gurunya.
3. Kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam yang dilihat dalam tanyangan video adalah guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak bisa lebih semangat lagi dalam melakukan gerakan senam, karena beberapa anak masih terlihat kurang ekspresif dalam mengikuti gerakan yang di modelkan gurunya sendiri di depan anak didiknya . Pemilihan lagu tradisional yang mendayu-dayu kurang cocok untuk karakter anak TK yang mudah cepat bosan
4. Kelebihan guru dalam video tersebut bahwa ada inovasi dalam mengajar tidak hanya membangun satu aspek perkembangan saja tetapi beberapa aspek perkembangan diantaranya fisik motorik, seni, bahasa dan sosial skill.