silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.

Vera Maya Santi, M,Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga cepot.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang bilangan bulat pada garis bilangan sudah benar, yaitu bilangan positip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kanan, sedangkan bilangan negatip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kiri.

Guru dalam memberikan contoh pengurangan bilangan 5 – 9 = … dengan peraga cepot dan garis bilangan bulat sudah benar dan bagus, sehingga anak-anak cepat paham.

Selanjutnya guru menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan pengurangan bilangan 3 – (-5) = …. dengan peraga cepot dapat melakukan dengan langkah yang cepat dan benar.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa akan lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, sehingga siswa dapat membuktikan konsep tersebut melalui garis bilangan dengan benar.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran sudah terlihat jelas.

Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media/alat evaluasi pembelajaran sudah sesuai.

Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

65 Comments

  1. NAMA:YULIANA
    NIM :859129182

    Pada pembelajaran ini,guru melakukan kegiatan pembukaan kurang baik,guru langsung melakukan apersepsi dengan mengingatkan siswa balok dengan model sicepot.
    Pembelajaran matematika menjadi lebih menarik bagi siswa karena menggunakan media berupa balok dan sicepot,dengan bantuan sicepot konsep pengurangan dan penjumlahan menjadi lebih cepat difahami.Guru juga melakukan interaksi seperti tanya jawab,meminta siswa mendemostrasikan sendiri di depan, dan melakukan latihan soal kepada siswanya secara langsungGuru sudah sangat menguasai kelas dan juga keterampilan sebagai seorang pengajara.Secara keseluruhan pembelajaran yang dilakukan menarik hanya saja diakhir pembelajaran guru tidak menyimpulkan pembelajaran.

  2. Nama : Amin Rohmatin
    NIM : 858 808 944
    Pokjar : Kab Kediri
    Prodi : PGSD AKPMM Semester 6

    Dalam video pembelajaran tersebut guru menggunakan media pembelajaran yang sangat unik dan menarik perhatian siswa. Sehingga siswa dapat dengan cepat memahami penjelasan dari Ibu guru. Namun pembelajaran yang dilakukan masih terkesan kaku dan kurang interaktif sehingga menyebabkan siswa cepat bosan. Tetapi secara keseluruhan pembelajaran yang dilakukan pada video tersebut tergolong sudah baik.

  3. Dengan menggunakan alat peraga si cepot, peserta didik lebih bersemangat dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran matematika. Meteri matematika yang disampaikan pun akan menjadi lebih cepat dipahami peserta didik.
    Menurut saya pembelajarannnya sangat menarik.

  4. Nama : YUSUF ZAINAL EFFENDI
    NIM : 858867195
    PRODI : PGSD

    Berdasarkan video diatas, Menurut saya:
    Kelebihannya :
    1. Penyampaikan materi sudah cukup jelas
    2. Media pembelajaran sudah tepat. dengan menggunakan alat peraga si cepot, peserta didik lebih bersemangat dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran matematika.
    3. Guru sudah berinteraksi memberikan kesempatan demontrasi dan bertanya terkait materi yang belum dipahami.
    Kekurangannya :
    1. harusnya guru harus membentuk dikelompok.biar peserta didik lebih cepat memahami materinya.
    2. Guru kurang menguasai kelas dengan hanya berfokus pada beberapa siswa. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan.
    3. tidak ada kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah diajarkan pada saat akhir pembelajaran.

  5. Nama : Nurul Azizah
    Nim : 858053828
    Pokjar : Opu daeng menambon
    Dari video pembelajaran yang diterangkan oleh guru sangat mudah dipahami apalagi dengan menggunakan alat peraga, dengan begitu siswa lebih termotivasi untuk belajar apalagi pelajaran matematika terkadang membuat mengantuk.
    Kekurannya dalam video ini tidak ada pendahuluan dan penutup serta guru hanya fokus terhadap beberapa murid saja.
    Terima kasih

  6. Nama : Franasiska
    NIM : 858412928
    Prodi : PGSD

    Setelah menonton cuplikan video pembelajaran tentang konsep pengurangan bilangan bulat, terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan yang sayatemukan

    kelebihan ;
    1. guru menggunakan alat peraga (si cepot dan papan/garis bilangan)
    2. sebelum memberikan penjelasan, guru mengingatkan kembali tentang pembelajaran sebelumnya
    3. guru melibatkan 1 siswa untuk praktik si depan kelas

    Kelemahan;
    1. guru memberikan penjelasan terlalu sepat,
    2. hanya menggunakan 1 metode
    3. masih banyak siswa yang belum memahami konsep pengurangan bilangan bulat
    4. siswa hanya menjadi pendengar pasif

    Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, siswa cukup antusias mendengar penjelasan guru, upaya yang dapat dilakuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran antara lain; guru menggunakan metode yang bervariasi,libatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak mudah jenuh dalam mengikuti pembelajaran.

  7. Nama : Dasmiwati
    NIM : 856458769
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah melihat video pembelajaran mengenai konsep pengurangan bilangan bulat,saya menemukan beberapa kelemahan dan kelebihan:
    Kelemahan;
    1. Saat menjelaskan materi guru terlalu terburu-buru
    2. Tidak menggunakan metode dan media yang bervariasi
    3. Guru tidak mengecek pemahaman siswa
    4. Pembelajaran bersifat Teacher Center

    kelebihan ;
    1. Guru sudah menggunakan alat peraga
    2. Guru sudah mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran hari ini
    3. Ada sedikit siswa yang dilibatkan

    Solusi nya adalah: guru harusnya menggunakan metode yang bervariasi,ikut melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, dan berikan umpan balik terhadap materi yang sudah diberikan kepada siswa.

  8. Nama : Luluk Khamidah
    NIM : 858859847
    Prodi : PGSD

    Setelah melihat video pembelajaran, menurut saya terdapat beberapa kelebihan dan kelemahannya
    Kelebihan :
    1. Pembelajaran yang dilakukan guru sudah sistematis mulai dari kegiatan pembukaan, inti, dan penutup
    2. Guru menggunakan alat peraga si Cepot dalam menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat
    3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas
    Kelemahan :
    1. Pembelajaran berpusat pada guru, siswa cenderung pasif
    2. Siswa tidak diberi kesempatan untuk bertanya
    3. Kegiatan pembelajaran kurang menarik dan monoton

  9. Nama : Dewi Aisah
    NIM : 858817857
    Pokjar : Gondangwetan

    Dalam vidio pembelajaran tersebut, media pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat menarik dan memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran. Padasaat menjelaskan konsep pengurangan bilangan bulat mudah dipahami. Akan tetapi pada bagian pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa dan di akhir pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan menyimpulkan pembelajaran bersama siswa.

  10. Nama : Ummu Saidah
    NIM : 825980365
    Pokjar : Sampit, Kotawaringin Timur
    UPBJJ UT : Palangkaraya

    ▪ Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sangat baik, hal ini dikarenakan guru menggunakan alat peraga yang bagus dan menarik bagi siswa yaitu berupa boneka Cepot. Sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk lebih fokus dalam memperhatikan penjelasan yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan cerita dalam bentuk boneka si Cepot.
    ▪ Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah : Guru terlalu fokus dalam bercerita, sehingga terlihat kurang dalam mengajak siswa berinteraksi. Hal ini apabila terjadi dalam waktu yang lama akan cenderung membosankan bagi siswa. Boneka si Cepot yang digunakan juga bukanlah alat peraga yang bersifat sederhana, murah dan mudah didapat, sehingga guru akan kesulitan untuk mendapatkannya. Seharusnya alat peraga juga dapat digunakan oleh siswa, hal ini berkenaan dengan jumlah, sehingga setiap siswa atau kelompok siswa dalam kelas masing-masing dapat menggunakannya secara bersamaan.
    ▪ Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah penjelasan materi yang mudah dimengerti oleh siswa dengan dibantu oleh alat peraga yang mendukung. Penjelasan yang diberikan oleh guru juga dilakukan secara perlahan dan adanya penekanan-penekanan pada hal-hal tertentu menyangkut materi yang diajarkan.
    ▪ Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah penggunaan alat peraga yang tepat sehinga mudah difahami oleh guru.
    ▪ Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah dengan menggunakan alat peraga dengan fungsi serupa namun dari bahan maupun jenis yang berbeda. Yang mudah didapat atau dibuat oleh guru, dan juga bisa digunakan oleh siswa karena tersedia dalam jumlah yang banyah. Sebagai contoh, alat peraga berupa wayang dari lipatan atau potongan kertas yang sudah dibuat sketsa sebelumnya.

Leave a Reply