silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Ika Octaviana Saputri
Nim : 856482517
Mahasiswa : PGSD – BI
Semester : 2
Menurut pendapat saya setelah menyaksikan video tersebut dapat dilihat bahwa siswa/i kesulitan dalam mengingat rumus matematika, dan itu membuat guru sulit untuk menyampaikan materi tentang luas bangun datar.
Namun ketika guru mengajak siswa/i untuk bernyanyi sambil mengingat rumus matematika siswa/i tersebut langsung bersemangat.
Strategi yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat efektif dan semoga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dalam pembelajaran matematika🙏🏼.
Nama : Muthia Sari
NIM: 856269746
Prodi : 118/PGSD-S1
Assalamualaikum.wr,wb.
Berdasarkan video yang disajikan tentang kesulitan siswa dalan menghafal rumus yaitu
Ketika Seorang guru mengutarakan materi yang akan dipelajari yaitu menghafal rumus bangun, siswa – siswa langsung merasakan kesulitan sehingga terjadi keributan, siswa yang tidur – tiduran karena malas dalam belajar.
Hal ini juga tidak terlepas dari cara guru tersebut menyajikan materi pembelajaran yang monoton yaitu metode ceramah dan kurangnya menguasi kelas sehingga terciptanya kelas yang tidak kondusif.
Namun, guru tersebut melihat situasi pembelajaran tersebut mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dengan cara menciptakan sebuah lagu tentang rumus – rumus bangun datar sehingga siswa bersemangat dalam bernyanyi.
Dari video tersebut menurut saya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah guru harus menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan melibat siswa dalam pembelajaran tersebut seperti diskusi, tanya jawab, melakukan percobaan, dan lain – lain,
demikian tanggapan saya terhadap video tersebut. terima kasih,
wassalam.
Setelah melihat video pembelajaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Salah satu solusi yang bisa di gunakan adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit bait nya. Sedikit pengalaman juga, dulu pernah mengalami hal yang di alami pak guru tersebut dan dengan trik ini menurut saya yang cukup efektif
Fitri Khairun Nisa
856482484
PGSD BI
Dari video diatas, terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung, hampir seluruh siswa memperhatikan penjelasan guru. Tetapi ketika mulai menghafal, kebanyakan dari mereka tidak bersemangat bahkan bermalas-malasan. Hal ini terjadi karena menghafal apalagi dalam bentuk rumus adalah hal yang tidak mudah bagi siswa.
Melalui metode bernyanyi, semangat siswa bisa kembali dan seluruh siswa semangat mengikuti lagu rumus yang diajarkan guru.
Nama : Yuli Triana
Nim : 858819599
Dalam video tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa memiliki bekal pemahaman tentang peserta didik itu sangat penting seperti, mengenal kemampuan awal anak usia SD, termasuk kesulitan-kesulitan belajar yang mereka hadapi, memahami cara belajar anak usia SD dalam penggalan kelompok. Dalam proses awal pembelajaran sudah sangat baik namun dalam memasuki inti pembelajaran anak sudah mulai malas, karena mereka sudah menganggap bahwa belajar matematika itu sulit dan peran kita sebagai guru adalah menyanggah anggapan tersebut dengan metode belajar yang menyenangkan dan mengasyikkan yaitu dengan menyanyi. Metode menyanyi sangat disukai oleh anak-anak daripada hanya dengan metode ceramah yang tak melibatkan anak dalam proses pembelajaran.
Nama : Zulinda
Nim : 856442101
Semester: 8
Setelah saya menonton video tersebut t pelajaran matematika tentang siswa kesulitan Mengbhafal rumus ternyata guru tersebut menyajikan pembelajaran dengan cara bernyanyi sehingga membuat siswa ribut dikelas dan kurang konsentrasi dikarenakan anak2 ribut sendiri dan kurang memperhatikan
Nama : Ma’rifatul Ulya
NIM : 858275451
Prodi : PGSD S1
menurut saya setelah melihat video Siswa kesulitan Menghafal Rumus Matematika . ketika awal pembelajaran guru tidak membuka pelajaran dengan kalimat sapaan ataupun menanyakan kabar . guru tersebut juga tidak bisa menguasai kelas sehingga anak anak menjadi ribut . cara penyampaian guru tentang rumus matematika membuat anak anak merasa bosan , namun setelah itu guru mengubah syair lagu menjadi rumus matematika sehingga anak anak dapat mudah menghafal . strategi pembelajaran ini sangat efektif digunakan untuk anak anak sekolah dasar. karna jika hanya metode ceramah anak anak akan cepat merasa bosan ketika mengikuti pelajaran
Assalamualaikum. Wr. Wb
Nama : Aldia Novaresti Artindita
NIM : 857685974
Prodi : S1 – PGSD
PBJJ : Kota Semarang
Berdasarkan video tersebut dapat ditemukan
1. Data/fakta pembelajaran yang terjadi di kelas yaitu pertama-tama siswa tidak termotivasi dengan pembelajaran yang bersifat ceramah/monoton, siswa tidak mengingat pembelajaran sebelumnya, artinya pembelajaran yang terjadi tidak bermakna, siswa kesulitan mengingat rumus-rumus matematika
2. Identifikasi masalah : siswa kesulitan menghapal rumus-rumus matematika dan motivasi belajar siswa kurang
3. Analisis masalah : pembelajaran yang dilakukan bersifat monoton menggunakan metode ceramah, pembelajaran berpusat pada guru
4. Alternatif dan prioritas pemecahan masalah : penerapan media lagu matematika untuk memudahkan peserta didik mengingat kembali rumus- rumus dalam matematika.
Berdasarkan video terlihat siswa bersemangat menyanyikan lagu matematika yang liriknya berupa rumus matematika, dengan ini akan menarik minat siswa untuk mengingat rumus-rumus matematika
Menurut saya metode penghafalan rumus dengan cara menyanyi cukup efektif dan menarik
Nama : Aris Lu’lainatun Nisa’
Nim : 858773527
Program studi : PGSD
Menurut saya setelah melihat video tersebut, dari awal pelajaran berlangsung siswa tidak kondusif. Terlihat siswa malas dengan pembelajaran matematika untuk menghafal rumus-rumus. Dengan menggunakan metode ceramah aja siswa akan bosan. Kemudian bapak guru mengubah strategi pembelajaran dengan menyanyi dan mengubah liriknya menjadi rumus-rumus matematika membuat siswa semakin semangat belajar. Karena menurut saya pemilihan metode pembelajaran dan media pembelajaran itu sangat penting untuk keberlangsungan pembelajaran.