silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Setelah saya menyimak video “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”. Maka dapat kami simpulkan bahwa memang pembelajaran pada jam siang hari sangatlah sulit untuk bisa diikuti oleh siswa terlebih mereka sudah belajar di pagi hari dan bermain saat jam istirahat tentulah menyebabkan siswa kelelahan dan sulit mengikuti pelajaran di jam siang hari.

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab : awalnya mereka seolah olah menolak dengan akan dimulainya pelajaran matematika namun dengan metode bapak guru menyampaikan pelajaran akhirnya siswa mengikuti dengan baik.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab: guru tidak memulai pembelajaran dengan doa, tidak mengabsen kehadiran siswa, kurang memperhatikan saat siswa maju untuk mengukur gambar untuk menunjukkan cara mengukur yang baik dan benar.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab: guru mampu membawakan pelajaran pada jam siang hari sehingga kejenuhan siswa terkalahkan dengan metode yang diberikan guru, dengan cara guru menyampaikan materi dengan bahan ajar yang digunakan.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab: guru menyampaikan metode pengukuran dengan bahan ajar yang unik gambar bangunan terkenal yang harus diukur, sehingga menarik perhatian siswa.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.
    Jawab: mungkin kegiatan pembelajaran tidak harus slalu dilaksanakan di ruang kelas mungkin perlu pembelajaran dilaksanakan di alam terbuka sehingga menciptakan suasana yang berbeda, dengan alat peraga yang sudah dipersiapkan tentunya pembelajaran akan lebih menarik, dan juga hendaknya pembelajaran dimulai, dengan doa, salam, absensi, dengan kegiatan pembuka yang mampu menimbulkan semangat siswa.

  2. nama : wulandari
    nim : 856457047
    upbjj : pekanbaru
    program studi : S1 PGSD
    semster 6

    berdasarkan video yang saya simak, kelemahan nya terjadinya kelas yang tidak kondusif yang disebabkan oleh ketidak siapan murid dalam menerima pelajaran dan seharus nya media pembelajaran nya sebaiknya lebih kreatif lagi sehingga murid dapat menikmati dan menciptakan imajinasi serta menimbulkan pertanyaan yang produktif sehingga murid menjadi aktif.

  3. Nama : Yori Mardhatillah

    NIM : 856201137

    Prodi : S1 PGSD

    Pelajaran matematika pada siang hari memang menjadi suatu tantangan tersendiri bagi seorang guru.
    Karna selain matematika adalah pelajaran yang ” menakutkan” bagi sebagian anak, matematika juga membuat anak jenuh dan bosan.apalagi jika setelah jam istirahat atau jam-jam akhir.
    Konsentrasi anak tidak se fresh pada pagi hari.
    Jika guru tidak bisa menciptakan suasana yang menyenangkan didalam kelas, terlebih disaat mata pelajaran matematika ini, maka siswa akan ribut , tidak semangat, malas malasan, dan akan sibuk sendiri tanpa memperhatikan guru.

    Maka sebaik nya gunakan media yang menarik, membentuk kelompok agar anak terlibat aktif, dan sesekali diselingi dengan kuis dadakan sehingga siswa menjadi semangat mengikuti pelajaran.
    Dan guru juga jangan gampang marah ketika anak susah konsentrasi atau pun terlihat lelah diwajah mereka.
    Terimaksih.

  4. Nama : Ultapristi Apriandini
    Nim : 858082012
    Prodi : PGSD

    Berdasarkan video yang saya lihat permasalahannya siswa tidak bisa konsentrasi dalam memulai pembelajaran matematika dikarenakan siswa sudah merasa lelah. Guru sebelum menyampaikan materi seharusnya menyapa siswa dengan memberikan ice breaking sehingga siswa yang tadinya merasa lelah bisa bersemangat lagi untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dalam penyampaian materi pembelajaran guru tersebut sudah baik. Mungkin untuk kedepannya guru lebih terampil lagi dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk siang hari, agar siswa tidak merasa jenuh.

  5. Assalammualaikum warrahmatullahiwabarakatu.
    Nama : Mutia Lisma
    Nim : 855891475
    Prodi : PGSD
    Semester : 6
    Berdasarkan vidio yang saya simak, terlihat di awal pembelajaran anak kurang berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran matematika di siang hari .Namun sudah sepatutnya seorang guru menggunakan metode mengajar yang menyenangkan ,mencari tau pehaman siswa terhadap materi yang akan di ajarkan, dan jangan hanya memakai teori tetapi harus menggunakan alat peraga serta menggunakan metodw tanya jawab seoerti yang dilakukan oleh guru dalam vidio di
    Tersebut sudah bisa menarik konsentrasi siswa dalam belajar matematika.
    Jadi dapat di garis bawahi bahwa kreatifitas dan keahlian guru dalam mengelola kelas dapat mempengaruhi semangat / minat belajar anak .semunya kembali kepada guru yang mengajar matematika .kerena dalam situasi dan kondisi apapun jika gurunya mampu membuat kelas menyenangkan insyaAllah anak dengan mudah menerima materi yang diajarkan .
    Hanya ini dari saya .
    Sekian dan terimakasih
    Wassalammualaikum warrahmatullahiwabarrakatu.

  6. Nama : Martia Handayani
    NIM : 859129555
    Program Studi : S1 PGSD

    setelah menyimak vidio pembelajaran cara guru untuk menarik perhatian siswa,sebagian besar anak-anak tidak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan kurangnya antusias anak-anak untuk memperhatikan gurunya yang sedang menjelaskan pelajaran didepan kelas.
    Pembelajaran yang dilakukan di siang hari sangat membutuhkan tenaga dan pikiran yang siap untuk belajar. Dari video tersebut kondisi anak yang sudah kelelahan, mereka tidak mampu untuk berkonsentrasi penuh ketika sedang belajar. Solusinya,guru harus lebih kreatif dalam membuat strategi pembelajaran. Misalnya :
    1. Guru melakukan ice breaking twrlebih dahulu sebelum memulqu pembelajaran. Sehingga anak-anak akan menjadi bersemangat dan antusias untuk mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran sampai akhir
    2. Guru menyediakan alat atau media yang menarik siswa dalam belajar
    3. Guru melakukan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual learning

  7. Nama : Devia Hidayah
    Nim : 856456314
    Program studi: S1 PGSD
    Assalamualaikum wr wb ,menurut saya berdasarkan video yang saya simak, guru tersebut mempunyai kemampuan dalam media yang digunakannya dan kekurangannya adalah peserta didik tidak berkonsentrasi dalam proses pembelajaran matematika karena belajar di siang hari, jadi seharusnya guru lebih terampil dalam memilih metode dan media yang digunakan aga r peserta didik lebih berkonsentrasi dalam belajar, terimakasih

  8. nama : cindy pebiyanti
    nim :858418216
    program studi :pgsd
    Berdasarkan vidio yang sudah saya simak yaitu kurang nya cara guru dalam membuat suasana kelas menjadi nyaman dan menyenangkan sehingga banyak siswa yang kurang fokus dalam pembelajaran dan juga penjelasan materi dan juga kurang nya alat peraga dalam pembelajran sehingga membuat siswa cepat merasa bosan dalam pembelajaran matematika di siang hari

  9. Nama : Arma Rhestia Putri
    Nim : 856455409
    Progam Studi : S1-PGSD
    UPBJJ UT PEKANBARU

    Berdasarkan video yang saya simak, diawal video anak masih kurang fokus, kurang konsentrasi dan banyak bermain dan tidak semangat dalam belajar. Namun guru dalam video tersebut menurut saya bisa mengatasi nya karena terlihat kelas jadi kondusif dan anak fokus pada pembelajaran yang sedang berlangsung karena guru tersebut menggunakan metode pembelajaran tanya jawab sehingga anak bisa mengemukakan pendapat nya dan guru menggunakan media pembelajaran yang membuat anak menjadi fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran

  10. Nama : Dewi Kartika
    NIM : 856455423
    Pokjar : Duri

    Assalamu’alaikum wr..wb..
    Izin menanggapi video pembelajaran pada GPO di atas. Pada video pembelajaran tersebut pelajaran matematika di ajarkan pada siang hari, hal ini membuat minat anak kurang karena mereka sudah lelah seharian belajar dan bermain pada jam istirahat, dan ada juga yang sudah mengantuk. Kurangnya perhatian siswa kepada apa yang di jelaskan guru di depan adalah kesalahan guru tersebut karena beliau tidak menguasai kelas terlebih dahulu dan guru juga tidak berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran. Kelebihan guru pada video GPO di atas adalah beliau menyadari anak didiknya tidak fokus lagi dalam belajar matematika karena sudah siang, beliau berdoa terlebih dahulu dan membangkitkan semangat siswanya kembali dengan memberikan motivasi-motivasi bahwa pelajaran matematika itu adalah pelajaran yang menyenangkan, pelajaran yang mudah, dan dengan mempelajari matematika ini sangat bermanfaat sekali di berbagai bidang pekerjaan nantinya. Dengan begitu anak-anak dapat termotivasi, dapat tumbuh semangat mereka kembali untuk mengikuti pelajaran matematika.
    Saran saya agar anak didik dapat fokus dalam belajar matematika, maka hendaknya dalam mengatur jadwal pelajaran, sebaiknya pelajaran matematika ini di letakkan di awal pelajaran jangan di akhir pelajaran karena pelajaran matematika ini perlu konsentrasi yang tinggi untuk mempelajarinya karena di dalam ilmu matematika salah 1 angka saja maka hasilnya akan salah.
    Demikianlah tanggapan saya dalam video GPO di atas. Terimakasih.

Leave a Reply