silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Ela Sulawati rahayu
Nim : 857491945
Jurusan : PGSD
Pokjar Ciamis
Menurut pendapat saya setelah melihat penayangan video tentang anak kurang berkonsentrasi belajar matematika pada siang hari saya dapat menarik kesimpulan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran matematika, guru harus bisa atau terampil dalam memilih metode atau media pembelajaran.seperti yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah bisa menarik konsentrasi siswa dalam belajar matematika yaitu salah satunya dengan memberikan metode ceramah tetapi di tunjang dengan menggunakan media berupa gambar yang menarik sehingga konsentrasi siswa tertuju pada gambar yang diberikan oleh guru tersebut selain itu dalam video tersebut anak – anak di suruh mengukur panjang suatu benda yang ada dilingkungan sekitar mereka seperti mereka mengukur suatu meja yang ada di kelas. Jadi dengan seperti ini pelajaran matematika dengan materi pngukuran panjang bisa berhasil.
Laporan Analisis Permasalahan Pembelajaran
Nama : Ni Komang Ayu Desi Noviyanti
NIM : 859011855
Prodi : S1-PGSD
Menurut saya, setelah menonton video pembelajaran “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” masalah yang terjadi yaitu pada kegiatan awal pembelajaran terlihat bahwa siswa kurang siap dalam mengikut pembelajaran, ada yang bercanda, tiduran, lupa membawa pensil dan juga buku. Kurangnya semangat dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Kegiatan belajar yang dilakukan kurang menarik dan membosankan. Kurangnya motivasi guru dalam pembelajaran di kelas.
Hal yang perlu dilakukan yaitu pada kegiatan awal hendaknya memberikan salam seperti memberikan sapaan, apersepsi, menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran, dimana semua kegiatan tersebut sangatlah penting dilakukan sebelum pembelajaran dimulai agar siswa dapat terfokus dan membayangkan materi yang akan mereka pelajari. Selain itu menggunakan strategi pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa seperti menggunakan bahasa yang memberi semangat, positif dan meyakinkan siswa agar siswa menjadi lebih terbuka untuk matematika, dan pada akhirnya akan merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk belajar. Strategi yang dapat digunakan juga belajar diluar kelas, belajar dengan sebuah permainan, dengan musik atau bernyanyi. Adanya pemberian motivasi kepada siswa dalam belajar juga penting agar siswa menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang digunakan juga harus menarik agar dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif. Saat pembelajaran berlangsung guru hendaknya mengevaluasi kegiatan siswa walaupun sudah adanya keterlibatan dengan siswa seperti sesekali menyambangi siswa pada saat adanya pemberian tugas.
Nama : Gabriela Chika Alpania
NIM : 858413571
Jurusan : PGSD
Semester : 6
UPBJJ UT : Samarinda
Diawal pembelajaran guru tidak memberikan salam pembuka kepada siswanya, kemudian motivasi yang dilakukan guru dalam vidio tersebut sudah bagus untuk menarik perhatian siswa yang belajar pada siang hari.
materi yang dipaparkan kepada siswa kurang jelas karena guru langsung mengajak siswa untuk melihat gambar, tanpa menjelaskan materi yang dipelajari hari ini adalah “pengukuran satuan panjang”.
guru langsung meminta siswa mengukur tanpa menjelaskan terlebih dahulu yang mana satuan panjang dan yang mana satuan lebar, saat guru meminta siswa mengukur menggunakan mistar seharusnya diukur dari bawah dahulu, meskipun media yang dipakai adalah media gambar, namun di kehidupan nyata pengukuran selalu dilakukan dari bawah.
di akhir video guru meminta siswa untuk mengukur benda-benda yang ada disekitar mereka menggunakan penggaris namun tidak menjelaskan benda apa saja yang bisa diukur dengan satuan panjang dan satuan lebar, misalnya “kotak pensil, dan buku”. guru juga tidak menjelaskan satuan panjang dan lebar ini termasuk dalam bentuk persegi panjang.
NAMA : YONI WIDYASWORO
NIM : 856483612
PRODI : PGSD BI S1
1. Metode yang digunakan saat awal pembelajaran (apersepsi), inti dan kegiatan penutup hanya menggunakan metode ceramah.
2. Standar strategi yang digunakan hanya ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas tidak mengeksplorasi seluruh kelas, keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang maksimal
NAMA : NI KOMANG MERTAWATI
NIM : 859024235
PRODI : S1 PGSD
Komentar saya mengenai video pembelajaran di atas yang berjudul “SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SAAT JAM PELAJARAN DI SIANG HARI” yaitu kasus di atas memang banyak terjadi terutama pembelajaran di siang hari.Di sini diperlukan kesabaran guru dalam proses pembelajaran.Menggunakan alat peraga yang menarik bisa membantu dalam kasus pembelajaran di atas.Dituntut juga kecerdasan pendidik untuk menghubungkan materi sebelumnya atau dengan hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa dengan materi yang akan diajarkan pada saat itu.Sekali-kali siswa diajak bernyanyi atau melakukan hal yang menyenangkan agar siswa menjadi bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
NAMA : Eka Vita Prasasti
NIM : 817671493
PRODI : S1 PGSD
Setelah melihat video tersebut… Ternyata siswa bisa konsentrasi belajar matematika saat jam pelajaran siang hari. Konsentrasi siswa tergantung dari bagaimana guru melakukan metode yg kreatif,agar anak menjadi tetap konsentrasi meskipun pada saat jam pelajaran siang hari
Nama : LAILATUL MUJAYANAH
NIM : 858566047
UPJJ : Malang
Prodi : PGSD
Setelah saya melihat vidio tersebut saya paham bahwa matematika memang pelajaran yang sebagian siswa tidak suka karena masih menganggap itu adalah pelajaran yang sulit. Dalam vidio tersebut saya melihat guru tersebut sudah sangat baik untuk memotivasi siswa agar senang dengan matematika, karena matematika adalah pelajaran yang akan digunakan dalam kehidupan sehari hari. Untuk menambah semangat siswa dalam melakukan pembelajaran matematika yang menarik, guru sebaiknya mempersipakan media pembelajaran yang mungkin akan disukai oleh siswa. Selain itu Guru juga harus terus berinovasi dalam memberikan semangat untuk meningkatkan perhatian kepada siswa, salah satunya adalah dengan siswa diajak untuk melakukan icebreaking untuk menambah semangat dan atusiasi siswa dalam memecah kejenuhan.
Nama: Putriyati Matuzzahroh
Nim: 858808754
Program Studi: PGSD
Setalah saya melihat video pembelajaran tersebut. bahwa siswa kurang tertarik belajar matematika di siang hari karena siswa sudah mulai capek dengan pelajaran seharian, ketika pembukaan pertama guru tersebut masih kurang menguasai kelas, dengan muridnya hanya ngomong sendiri, dan juga bermain sendiri ada juga yang berkeliaran karena mereka merasa jenuh belajar matematika di siang hari. tetapi guru tersebut mempunyai teknik dengan cara menambahkan alat bantu belajar biar siswa konsentrasi belajar dan mau mendengarkan apa yang dijelaskan di depan dengan membawa gambar-gamabr dan juga mengukurnya, dan meminta siswa untuk mengukur barang yang ada disekitarnya, sehingga siswa mulai memiliki semangat dan mengerti tentang pelajaran matematika.
NAMA : SITI MASRUAH
NIM : 857604445
PRODI : S1 PGSD BI
Mohon izin mengikuti diskusi
Menurut saya, dalam tayangan video pertama tersebut masih memiliki kekurangan antara lain
a. Belum adanya salam pembuka
b. Guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut
c. Tidak jelasnya materi yang disampaikan oleh guru
d. Belum terdapat kesimpulan dari pembelajaran
e. Tidak dilakukannya penilaian tugas setelah pembelajaran
f. Suasana kelas yang tidak kondusif
g. Tidak adanya salam penutup
Sedangkan dalam tanyangan video yang kedua guru sudah
a. Melakukan motivasi terhadap siswa agar tetap fokus dalam pembelajaran
b. Menggunakan media yang menarik
c. Siswa terlibat dalam proses pembelajaran
d. Kesesuaian materi dengan kemampuan siswa
Strategi ampuh untuk siswa agar konsentrasi dalam belajar matematika pada siang hari misalnya:
a. Suasana kelas yang menyenangkan
b. Memberikan motivasi terhadap siswa dengan menceritakan pengalaman sehari-hari
c. Membangun interaksi dengan setiap siswa
d. Melakukan permainan yang berkaitan dengan pelajaran
e. Bagi siswa yang mengantuk untuk cuci muka dan melakukan gerakan peregangan
f. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi sejenak
g. Mengajak siswa beljar di luar ruangan
h. Memberikan reward kepada siswa yang telah menjawab pertanyaan dengan benar
NAMA : SITI MASRUAH
NIM : 857604445
PRODI : S1 PGSD BI
Mohon izin mengikuti diskusi
Menurut saya, dalam tayangan video pertama tersebut masih memiliki kekurangan antara lain
a. Belum adanya salam pembuka
b. Guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut
c. Tidak jelasnya materi yang disampaikan oleh guru
d. Belum terdapat kesimpulan dari pembelajaran
e. Tidak dilakukannya penilaian tugas setelah pembelajaran
f. Suasana kelas yang tidak kondusif
g. Tidak adanya salam penutup
Sedangkan dalam tanyangan video yang kedua guru sudah
a. Melakukan motivasi terhadap siswa agar tetap fokus dalam pembelajaran
b. Menggunakan media yang menarik
c. Siswa terlibat dalam proses pembelajaran
d. Kesesuaian materi dengan kemampuan siswa
Strategi ampuh untuk siswa agar konsentrasi dalam belajar matematika pada siang hari misalnya:
a. Suasana kelas yang menyenangkan
b. Memberikan motivasi terhadap siswa dengan menceritakan pengalaman sehari-hari
c. Membangun interaksi dengan setiap siswa
d. Melakukan permainan yang berkaitan dengan pelajaran
e. Bagi siswa yang mengantuk untuk cuci muka dan melakukan gerakan peregangan
f. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi sejenak
g. Mengajak siswa beljar di luar ruangan
h. Memberikan reward kepada siswa yang telah menjawab pertanyaan dengan benar