silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Tri Nurmawati
Nim : 856482531
Semester : 2 (PGSD BI)
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, siswa nya kurang semangat dalam proses pembelajaran matematika, pada saat guru menjelaskan siswa tidak kosentrasi. Ini dikarenakan kurang lantang suara guru dan kurang tegas menghadapi anak yang tidak memperhatikan pada saat guru itu menjelaskan. Setelah ada media pembelajaran, baru siswa itu semangat untuk belajar, karna media pembelajaran itu sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Sehingga ada rasa keingintahuan siswa tersebut. Apalagi dikasih kesempatan untuk maju ke depan. Siswanya malah semangat, dan akan tercapai tujuan pembelajaran yang di inginkan.
Nama : Fifi Puspita Sari
Nim : 856254603
Prodi : PGSD (BI)
Menurut saya mengenai vidio pembelajaran yang saya tonton tentang “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”. masalah yang terjadi yaitu tidak ada konsentrasi dan kesiapan siswa pada saat belajar matematika. terlihat siswa yang tidak memperhatikan guru saat jam pelajaran tersebut dan siswa banyak yang ribut bahkan ada siswa yang tidak membawa buku pelajaran dan tidak membawa alat tulis seperti pensil. namun disini guru menarik perhatian siswa dengan dengan mencertikan bahwa pelajaran matematika itu penting bagi siswa. apapun profesi kita matematika itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa itu tertarik untuk mendengarkan guru. setelah siswa tertarik dan perhatiannya sudah terfokus disini guru bisa masuk kedalam materi yang akan di terangkan. kita sebagai seorang guru harus bisa mensiasati proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dengan mengunakan strategi, metode dan media yang efektif yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran. pada vidio tersebut guru mengunakan media gambar untuk menerangkan pelajarana matematika. setelah guru menjelaskan materi ada beberapa siswa yang diminta untuk mengukur sebuah benda kedepan kelas dan setelah itu masing-masing siswa di minta untuk mengukur benda yang ada disekitar siswa dengan mengunakan pengaris. sehingga dengan cara tersebut siswa telah aktif dalam pembelajaran dengan mengunakan media yang ada di lingkungan. Ada beberapa cara bisa kita gunakan agar pembelajaran matematikan disiang hari berjalan dengan lancar atau efektif yaitu sebagai berikut :
a. gunakan metode dan satregi yang menyenagkan
b. gunakan media untuk menunjang proses pembelajaran
c. menarik perhatian siswa terhadap materi yang akan di ajarkan
Nama : Fifi Puspita Sari
Nim : 856254603
Prodi : PGSD (BI)
Menurut saya mengenai vidio pembelajaran yang saya tonton tentang “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”. masalah yang terjadi yaitu tidak ada konsentrasi dan kesiapan siswa pada saat belajar matematika. terlihat siswa yang tidak memperhatikan guru saat jam pelajaran tersebut dan siswa banyak yang ribut bahkan ada siswa yang tidak membawa buku pelajaran dan tidak membawa alat tulis seperti pensil. namun disini guru menarik perhatian siswa dengan dengan mencertikan bahwa pelajaran matematika itu penting bagi siswa. apapun profesi kita matematika itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa itu tertarik untuk mendengarkan guru. setelah siswa tertarik dan perhatiannya sudah terfokus disini guru bisa masuk kedalam materi yang akan di terangkan. kita sebagai seorang guru harus bisa mensiasati proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dengan mengunakan strategi, metode dan media yang efektif yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran. pada vidio tersebut guru mengunakan media gambar untuk menerangkan pelajarana matematika. setelah guru menjelaskan materi ada beberapa siswa yang diminta untuk mengukur sebuah benda kedepan kelas dan setelah itu masing-masing siswa di minta untuk mengukur benda yang ada disekitar siswa dengan mengunakan pengaris. sehingga dengan cara tersebut siswa telah aktif dalam pembelajaran dengan mengunakan media yang ada di lingkungan. Ada beberapa cara bisa kita gunakan agar pembelajaran matematikan disiang hari berjalan dengan lancar atau efektif yaitu sebagai berikut :
a. gunakan metode dan satregi yang menyenagkan
b. gunakan media untuk menunjang proses pembelajaran
c. menarik perhatian siswa terhadap materi yang akan di ajarkan
Nim. 856483042
Prodi. PGSD BI
Ringkasan Video
Dari video di atas walaupun di awal suasana kelas kurang kondusif, ribut, tidak teratur dikarenakan proses belajar pada siang hari dimana memang waktunya yang membuat kurang semangat, akan tetapi apabila kita sebagai guru dapat membuat kelas yang lebih efektif dengan cara merubah media pembelajaran, membuat kelompok dimana siswa/i aktif bergerak dalam pembelajaran kemungkinan siswa/i tersebut tidak akan merasakan kejenuhan dan ngantuk di dalam kelas terutama pelajaran matematika yang awalnya mereka bosan tetapi setelah diterapkan metode tersebut akan membuat mereka bersemangat.
Nama : NUr Isnaini Maulidiyah
NIM : 859027406
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : 77 Denpasar
Dari vidio pembelajaran di atas yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” Diawal pembelajaran siswa terlihat sangat berisik ketika guru mulai meminta siswa untuk mengeluarkan alat tulis yang akan digunakan untul belajar. hal ini bisa terjadi dikarenakan siswa sudah merasa lelah karena habis bermain, ataupun sudah mulai merasa bosan dengan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru yang hanya menggunakan metode ceramah. dalam vidio, guru terlihat sigap, karena guru menyadari bahwa siswanya tidak fokus dalam belajar, sehingga guru mengganti strategi pembelajarannya dengan langsung mengeluarkan alat peraga berupa gambar yang langsung menarik siswa untuk mau memperhatikan gambar apa saja yang ditunjukkan oleh guru. bahkan ketika guru meminta siswa untuk mengukur tinggi dan lebar dari gambar gedung siswa merasa antusias untuk maju ke depan dan mengukur panjang dan lebar dari gambar gedung tersebut. sehingga saat guru meminta siswa untuk mengukur panjang dan lebar benda yang ada di sekitar, siswa pun mau melakukan hal tersebut dengan sangat antusias.
Dalam hal ini, apa yang dilakukan oleh guru untuk mengubah strategi pembelajaran sudah benar, sehingga guru dapat membuat siswa untuk kembali bisa fokus dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Nama : Djanatun Naimah
Nim : 857563468
Prodi : PGSD/S1
Berdasrkan video tersebut Saya memahami bahwa ada banyak metode atau strategi pembelajaran yang paling efektif dan kondusif pada siang hari. Dan hal yang efektif untuk dilakukan adalah menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan.saya sebagai guru serta pelajar juga kerap mengalami hal demikian.penerapan pembelajaran yang monoton serta membosankan akan memicu rasa malas siswa apalagi jika dilakukan pada siang hari. Namun dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di sekitar kita dengan cara guru mengajak siswa bernyanyi (menghafal rumus matematika), Memberikan kuis matematika seru untuk dimainkan bersama dikelas.dan Memberikan apresiasi untuk siswa yang berhasil menjawab kuis matematika seru tersebut. Dengan demikian akan tercipta lingkungan belajar bersama yang interaktif sehingga siswa dapat menikmati proses belajar matematika. Dengan adanya kuis matematika seru dapat menumbuhkan semangat belajar bersama dan kompetensi yang bersahabat.
Dan dari video tersebut Kekurangan yang saya amati adalah pembukaan dan penutup dengan menggunakan metode ceramah sehingga anak kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan tidak ada kesimpulan di akhir pembelajaran.
Nama : Ika Octaviana Saputri
Nim : 856482517
Mahasiswa : PGSD – BI
Semester : 2
Dalam video yang telah ditayangkan diatas terlihat keadaan kelas yang tidak kondusif dan siswa sudah tidak bersemangat untuk memulai pelajaran
Strategi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kejenuhan dan membuat fokus siswa dapat dilakukan misal : Membuat games / kuis marematika yang dapat menarik perhatian siswa, memberikan apresiasi kepda siswa yang menjawab pertanyaan atau bernyanyi ( tentang rumus matematika ).
Materi yang d sampaikan guru sudah sesuai dengan kemampuan peserta didik. 🙏🏼
Nama : SIRIL HOPIATI
Nim : 859155837
Prodi : PGSD
setelah saya menonton vidio di atas guru tidak melakukan pembukaan dan pedahuluan kepada siswa seperti mengucapkan salam dan sapaan kepada siswa dan menjelasakan tujuan pembelajar, tindak menjelaskan materi pembelajaran, tidak ada diskusi, tiadak ada lembar evaluasi siswa, tidak ada penilain dan tidak ada penutup dan masih banyak lagi kekurangan-kekurangan proses mengajar yang di lakukan guru tersebut.
Nama : Abdul Rahman
Nim : 837276986
Jurusan pgsd semester 8
Berdasarkan video diatas yang sudah saya tonton “siswa tidak konsentrasi belajar matematika siang hari ” saya menyarankan untuk memakai Metode belajar sambil bermain
Mungkin kita terlalu banyak memberikan materi pelajaran yang terlalu serius. Untuk yang satu ini, semua pendidik anak usia dini pasti tahu. Menggunakan metode belajar sambil bermain adalah suatu hal yang mutlak untuk diterapkan. Misalnya mengajarkan penjumlahan dengan cara menghitung jumlah pintu di sekolah, jumlah kursi di kelas, dan masih banyak cara yang lain
Nama : ULFA SELVIA LESTARI
Nim : 856456378
Mahasiswa : PGSD -S1
Semester : 6 (enam)
Menurut saya pembelajaran matematika pada siang hari sangat-sangat menantang bagi guru ,pelajaran matematika disiang hari memang kurang menaraik bagi siswa sudah cukup lelah bermain,sehingga tidak bisa memusatkan perhatiannya pada guru dan pelajaran,namun pada video ini guru akhirnya bisa memusatkan perhatian siswa kepelajaran dengan menggunakan media gambar dan benda nyata yang sesuai dengan materi pengukuran pada pelajaran matematika .