silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Mega Puspitasari
    Nim : 856809879
    Mahasiswa : PGSD
    Semester : 8

    Setelah saya menyaksikan video” siswa tidak konsentrasi dalam pembelajaran matematika di siang hari,,
    Pembelajaran matematika jika tepat pada siang hari memang terkadang sangat menjadi tantangan bagi anak,,
    Tapi kita sebagai guru harus kreatif dengan menggunakan metode dan media.yang bisa membuat semangat belajar siswa kembali seperti semula. Bisa menggunakan media lansung di halaman sekolah, ataupun media gambar.
    Media di atas terlalu monoton dengan menggunakan metode ceramah sehingga anak kurang semangat.

    Mungkin ini saja masukan dari saya Terima kasih 🙏🙏

  2. Nama. : Nurul Aisyah Tiara Putri
    Nim : 856455691
    Semester : 6
    Berdasarkan video pembelajaran diatas setelah saya tonton, menurut saya alangkah baiknya pembelajaran matematika di jadwalkan pada pagi hari, di karena kan mereka sudah sepanjang hari belajar sehingga pada siang hari mereka sudah lelah dan tidak fokus. Menurut saya guru pada video di atas sudah cukup maksimal menarik perhatian siswa dengan suara yang lantang.

  3. Nama : Amelia Syamsudin Rajak
    NIM : 856316315
    Semester : 8 (Delapan)
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ UT : GORONTALO

    Analisis video tentang Siswa tidak konsentrasi belajar katematika pada siang hari

    Berdasarkan tayangan video diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan berkonsentrasi terhadap pelajaran matematika apabila hanya dengan penjelasan teori saja. Ada beberapa hal penting dalam video tersebut adalah :
    – Pentingnya pemilihan dan penggunaan metode dalam suatu pembelajaran.
    – Penggunaan metode ceramah pada pembelajaran matematika dirasa kurang tepat, karena hanya akan membuat siswa cepat bosan sehingga siswa akan sangat sulit berkonsentrasi dalam pelajaran
    Guru dapat menggunakan metode belajar sambil bermain, dengan games atau tanya jawab yang dapat membangkitkan semangat siswa. Seperti menyebutkan alat-alat ukur beserta cara penggunaannya atau dengan pertanyaan yang lain.
    – Guru tidak mereview sedikit pembelajaran yg lalu dan juga tidak memberikan kesimpulan pada akhir pembelajaran, hanya memberikan penugasan kepada siswa
    – Kurang nya penggunaan media atau alat peraga/alat bantu pembelajaran yang dimiliki oleh guru.
    – Guru tetap memberikan motivasi belajar kepada siswa meskipun banyak siswa yang sudah merasa lelah dan bosan, dibuktikan dengan guru langsung sigap memberikan motivasi ketika muridnya kelihatan tidak tertarik belajar.
    Dari poin poin tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pemilihan suatu metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap jalannya kegiatan belajar siswa di kelas, dan aktif atau tidaknya seorang guru dalam kegiatan pembelajaran juga memengaruhi semangat siswa dalam belajar di dalam kelas.

  4. Tayangan video mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi. Guru suara cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun siswa fokus pada proses pembelajaranhanya sewaktu-waktu. Rasa lelah mendorong siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, seperti berguru dengan teman atau tidur di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi pada hari sebelum menyajikan materi , guru mampu menarik perhatian siswa dengan menjelaskan pentingnya matematika dan mengubah strategi perkuliahan menjadi format tanya jawab yang dipadukan dengan media dan praktikum seperti menggambar dan membungkuk. Sudah sepantasnya seorang guru membantu seorang anak menilai tugas secara langsung.

    Saran dari bu Fifi cukup bagus. Seorang guru harus menggunakan metode yang kreatif dimana bisa manrik perhatian dari siswanya sehingga ketika guru menjelaskan pembelajaran, siswa dapat fokus dan berkonsentrasi agar bisa memahami pembelajaran yang diberikan guru.

  5. Tayangan video mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi. Guru suara cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun siswa fokus pada proses pembelajaranhanya sewaktu-waktu. Rasa lelah mendorong siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, seperti berguru dengan teman atau tidur di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi pada hari sebelum menyajikan materi , guru mampu menarik perhatian siswa dengan menjelaskan pentingnya matematika dan mengubah strategi perkuliahan menjadi format tanya jawab yang dipadukan dengan media dan praktikum seperti menggambar dan membungkuk. Sudah sepantasnya seorang guru membantu seorang anak menilai tugas secara langsung.

    Saran dari bu Fifi cukup bagus. Seorang guru harus menggunakan metode yang kreatif dimana bisa manrik perhatian dari siswanya sehingga ketika guru menjelaskan pembelajaran, siswa dapat fokus dan berkonsentrasi agar bisa memahami pembelajaran yang diberikan guru.

  6. Assalamu’alaikum wr.wb

    Nama : Tasyafia Chania
    NIM : 856201209
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Padang

    Judul Video : Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
    Penulis naskah : Drs. Eded Tarmedi, MA
    Penelaah Materi : Drs. Sriyono, M.Hum
    Penelaah Media : M. Sumardianto, S.Kom
    Sutradara : Pudji Setyo Dj

    Berdasarkan video PBM Seri Pembelajaran MATEMATIKA SD tentang “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”, saya berkesimpulan bahwa memang pada siang hari siswa SD lebih cenderung malas dalam belajar, bisa dikarenakan panas matahari, perutnya yang mulai keroncongan karena belum makan siang, atau pun mengantuk karena beberapa anak memiliki kebiasaan tidur di siang hari.

    Seperti yang ditulis dalam Sinopsis bahwa “Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.” Hal ini memang sangat sering terjadi di dalam kelas apalagi dalam PBM MTK yang pada umumnya anak tidak sukai. Untuk itu kita sebagai Tenaga Pendidik/ Guru harus memiliki strategi jitu agar kejadian itu tidak terulang kembali.

    Menurut argumen saya, cara guru mengajar divideo tersebut sudah bagus. Akan tetapi, banyak kekuragan yang saya temui sebagai pengamat yaitu :
    1. Guru tidak melakukan apersepsi/mengulas kembali pembelajaran sebelumnya di awal pembelajaran.
    2. Secara keseluruhan yang paling dominan adalah guru tidak pandai/belum menguasai kelas, karena banyak siswa yang berisik dan tidak fokus dalam belajar
    3. Hal – hal unik yang saya temui dalam video tersebut adalah siswa yang mengobrol dengan temanya, bermain rol, ada siswa yang tidak lengkap membawa alat tulis, ataupun bercanda dengan teman
    4. Guru hanya berada di depan kelas, tidak pergi bejalan ke meja murid ataupun keliling. karena disitu letak trik agar siswa fokus ke guru
    5. Guru tidak menegur siswa yang berisik, seharusnya guru menegurnya dengan baik – baik

    Disamping kekurangan juga terdapat kelebihan yang saya temui sebagai pengamat, yaitu :
    1. Guru sudah melakukan sesi tanya jawab terhadap siswa dengan baik dan siswa pun menjawab pertanyaan guru dengan benar
    2. Ketika menjelaskan pelajaran, siswa tidak berisik dan lumayan fokus kepada guru yang sedang menerangkan pembelajaran
    3. Guru sudah mempersiapkan media pembelajaran berupa gambar, dan itu sangat bagus untuk mengambil fokus siswa serta membuat siswa mengerti dengan penjelasan guru karena adanya gambar yang menarik perhatian siswa.

    Menurut pendapat saya, solusi yang dapat dilakukan oleh guru di video tersebut adalah sebagai berikut :
    1. Melakukan perombakan terhadap RPP sebelumnya agar lebih sempurna dalam menjelaskan pelajaran dikelas
    2. Guru harus bisa lebih memperhatikan siswa dikelas misal dengan berkeliling ke masing – masing meja siswa, karena terkadang siswa malu untuk menjawab pertanyaan
    3. Guru sebaiknya bisa mengkondisikan kelas agar lebih kondusif saat pembelajaran berlansung
    4. Guru harus memiliki trik yang jitu agar siswa paham dan mengerti pembelajaran yang disampaikan, apalagi dalam pembelajaran MTK pada siang hari yang pada umumnya siswa tidak sukai.

  7. Nama : Rori Nofianri
    Nim : 856258363
    Prodi. : PGSD BI
    Topik : Siswa tidak Konsentrasi Belajar Matematika pada Siang Hari

    Dalam Vidio tersebut dapat kita lihat banyak siswa yang kurang konsentrasi atau tidak fokus dalam pembelajaran matematika di tambah dengan penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada siang hari semakin membuat siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Jadi dalam melaksanakan proses belajar mengajar pemilihan metode dalam mengajar itu sangat penting.

    Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk membuat siswa kita berkonsentrasi dan lebih bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar yaitu :
    1. Untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar kita sebagai guru juga harus semngat dan menguasai materi yang akan kita sampaikan, bagaimana siswa akan semngat jika guru yang mengajar di depan kelas loyo tidak bersemangat dan tidak menguasai materi.
    2. Sebelum memulai pembelajaran hendaklah kita melakukan Ice breaking yang bertujuan untuk meningkatkan fokus anak sebelum memulai pembelajaran.
    3. Memilih metode pembelajaran yang manarik sesuai dengan situasi dan kondisi.
    4. Menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa akan semakin bersemangat dalam belajar.
    5. Dalam proses belajar mengajar kita sebagai guru hendaknya melibatkan semua siswa jangan kita terfokus kebarisan depan saja tetapi juga pada siswa yang duduknya di bagian belakang.
    6. Untuk mengetahui sejauh mana siswa kita paham terhadap materi yang telah kita sampaikan kita hendaknya mengadakan kuis.
    7. Untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar langkah yang dapat kita lakukan yaitu pemberian apresiasi terhadap siswa.

  8. Nama : Novi Mutia
    Nim : 858270359
    Program Studi : S1 PGSD

    Setelah saya melihat video diatas, sebaiknya pembelajaran Matematika tidak dijadwalkan pada jam siang, karena konsentrasi anak sudah mulai berkurang dan sudah tidak fokus lagi memperhatikan penjelasan dari guru. Jadi sebagai guru kita harus bisa membangun suasana kelas yang menyenangkan disela sela pembelajaran apalagi di jam-jam siang, beri waktu anak untuk melakukan permainan yang bisa mengembalikan konsentrasi anak lagi, dengan menyanyi atau senam otak, tepuk tangan dan lain nya. Agar anak-anak bisa dengan senang dan semangat lagi melanjutkan pelajaran.
    Kelebihan pada video ini dapat dilihat dalam pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran seperti media gambar, hal ini sangat efektif untuk menarik konsentrasi siswa dalam pembelajaran.

  9. Assalamu’alaikum
    Nama : Eka Aprilia Setiawati
    Nim : 856073104
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : Batam

    Dari vidio pembelajaran yang telah saya tonton saya mengamati jika pada pembelajaran matematika yang dilakukan pada siang hari siswa terlihat tidak antusias hal ini kemungkinan disebabkan oleh siswa yang sudah merasa lelah atau mengantuk karena melakukan aktifitas sebelum belajar. Dan pada saat awal pembelajaran, guru tidak memberikan pembukaan yang menarik dan terkesan monoton sehingga anak tidak menerima dengan baik pembelajaran yang disampaikan. Tetapi pada saat guru menyampaikan pembelajaran dengan media, antusiasme siswa terhadap pembelajaran sangat baik hal ini dikarenakan adanya interaksi antara siswa dan guru sehingga suasana kelas menjadi lebih aktif.

  10. Nama : Nurfitria Hayati
    NIM : 856482452
    Prodi : PGSD BI
    Semester : 2

    Menurut saya, setelah saya menonton video pembelajaran tentang “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”. Pembelajaran matematika pada siang hari guru bisa menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang menyenangkan. Seperti bernyanyi sambil menghafal rumus matematika, Mengadakan kuis kepada siswa untuk dimainkan bersama dikelas, dan Memberikan apresiasi untuk siswa yang berhasil menjawab kuis matematika seru tersebut. Dengan demikian akan tercipta lingkungan belajar bersama yang interaktif sehingga siswa dapat menikmati proses belajar matematika. Dengan adanya kuis matematika seru dapat menumbuhkan semangat belajar bersama dan siswa mudah ingat apa yang dipelajari.

Leave a Reply