silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Assalamulaikum
Nama : Sawartiningsih
NIM : 858836889
Prodi : S1-PGSD
Menurut dalam bidio tersebut siswa tidak konsentrasi dalam.pembelajaran matematika di siang hari serta suasana kelas yabg tidak efektif,,seharusnya guru bisa menciptakan suasana kelas yang menyenangkan siswa di ajak bernyanyi dulu supaya rileks,supaya siswa bisa menerima pelajaran matematika dengan senang, guru juga harus humoris dalam memberikan materi supaya anak- anak tidak ngantuk, bisa juga di ajak permainan game dengan tema matematika tersebut.
Nama : UTOMO
NIM : 858841074
PRODI : S1 – PGSD
Berdasarkan vidio yang saya amati pembelajaran matematika pada siang hari ternyata evektif dan kondusif disebabkan anak sudah bosan dan sudah lelah karena bermain pada waktu jam istirahat.
Kekurangan dari vidio yang saya amati dalam pembelajaran pembukaan dengan penutup menggunakan metode ceramah. Sehingga anak tertarik mengikuti pembelajaran dan tidak ada kesimpulan pada akhir pembelajaran.
Guru sudah memberikan motivasi yang bagus supaya anak memiliki minat belajar yang tinggi dan pengajar atau guru sudah menyediakan bahan ajar yang baik dan menarik.
Nama : Feby Kusuma Ningrum
Nim : 858773502
Program Studi : PGSD
setelah menyimak vidio pembelajaran cara guru untuk menarik perhatian siswa yang awalnya gaduh bisa terpusat pada guru. Pelajaran matematika disiang hari banyak peserta didik yang kurang fokus dikarenakan waktu dan banyak yang tidak menyukai pelajaran tersebut.
Kekurangan yang terdapat dalam kegiatan belajar mengajar adalah guru dalam mengawali pembelajaran belum menggunakan salam pembuka sehingga peserta didik banyak yang belum tau bahwa pembelajaran sudah di mulai. Metode pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Serta guru hanya diam di satu titik tidak mengeksplorasi seluruh kelas sehingga banya siswa yang bermain sendiri.
Adanya pemberian motivasi kepada siswa dalam belajar juga penting agar siswa menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang digunakan juga harus menarik agar dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif. Saat pembelajaran berlangsung guru hendaknya mengevaluasi kegiatan siswa walaupun sudah adanya keterlibatan dengan siswa seperti sesekali menyambangi siswa pada saat adanya pemberian tugas.
Nama : Ayu Novitasari
NIM : 856485322
Prodi : PGSD BI S1
Setelah menyimak video pembelajaran diatas menurut saya cara menarik perhatian siswa yang awalnya siswa tidak fokus lagi belajar matematika dijam siang hari, metode yang digunakan guru sangat menarik sehingga siswa menjadi fokus. Metode yang digunakan guru yaitu pemberian motivasi kepada siswa agar siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran matematika dan guru sangat kreatif menjelaskan pembelajaran menggunakan media gambar.
Nama : SANTI
NIM : 856202945
Dari video yang disajikan kita dapat menilai hal yang membuat siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari adalah Kekurangan motivasi, Kurangnya motivasi atau minat terhadap matematika juga dapat mempengaruhi konsentrasi siswa. Jika siswa tidak merasa tertarik atau termotivasi untuk belajar matematika, mereka mungkin cenderung merasa bosan dan sulit berkonsentrasi, terutama pada siang hari ketika mereka mungkin merasa lelah atau tidak bertenaga. Jadi hal yang perlu juga dilakukan guru adalah Meningkatkan motivasi siswa terhadap matematika, misalnya dengan mencari cara yang menarik atau relevan untuk mengaitkan pelajaran agar tidak menjadi bosan dan jenuh.
Nama : VIVI EZMI JELIA
Nim : 856260581
Program Studi: PGSD -BI
Semester : 2
Analisis saya dari vidio ini adalah masih adanya beberapa siswa yang belum siap menerima pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari adanya siswa yang berjalan dan bercerita ketika guru sudah masuk ke dalam kelas. Sebaiknya pembelajaran matematika ini di laksanakan pada jam awal. Pada saat memasuki pembelajaran pikiran siswa masih terfokus pada kegiatan yang di alami sebelumnya. Agar pikiran siswa terfokus pada apa yang akan di bahas di dalam pembelajaran, guru harus bisa menyiasiatinya untuk menarik perhatian siswa dan menimbulkan motivasi pada pelajaran, khususnya di awal pembelajaran ini. Salah satunya dengan menyampaikan cerita yang dapat menimbulkan pertanyaan seputar materi. Dengan timbulnya motivasi proses pembelajaran akan berlangsung dengan menyenangkan. Di samping itu guru harus menerapkan beberapa prosedur pembelajaran di antaranya :
1.Guru harus bisa menampilkan kegiatan pra pembelajaran yang dapat membuat kegiatan belajar menjadi efektif dan kondusif.
Upaya yang dapat dapat di lakukan oleh guru itu antara lain
a. Menciptakan suasana kelas yang menarik. Guru harus bisa menampilkan suasana yang menyenangkan sehingga siswa tertarik untuk belajar matematika.
b. Menciptakan kesiapan siswa dalam belajar seperti : membantu atau membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan belajar, menunjukkan semangat dalam mengajar , menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran serta menyelinginya denga ice breaking sehingga mereka tetap semangat.
2. Guru harus bisa menciptakan suasana yang demokratis sehingga dapat memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk lebih aktif di kelas. Keaktifannya itu dapat di hargai dengan reward kecil seperti memberi permen hal ini dapat memacu semangat mereka untuk berpartisipasi.
Nama : Rusdin Rasyid
Nim : 859645682
Menurut saya , setelah melihat video tersebut pembelajaran matematika pada siang hari, itu bisa saja kita lakukan tergantung dari bagaimana cara kita bisa menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik siswa. Contoh metode yang kita lihat di Vidio , itu dapat kita praktekkan dengan menggunakan alat peraga yang cukup sederhana. Dan menjelaskan betapa pentingnya matematika dengan cita-cita para siswa.
nama : dina khusnul khotimah
nim : 857536708
progam study : PGSD BI
menurut pendapat saya setelah menyaksikan video pembelajaran di atas , pembelajaran di siang hari menjadi kurang bersemangat dan membuat konsentrasi siswa kurang karena pemilihan waktu, suasana kelas yang kurang mendukung dan metode yang digunakan juga masih kurang baik . guru bisa mengubahnya dengan mengganti jam pelajaran matematika di pagi hari, mencairkan suasana kelas terlebih dahulu, dan mengubah metode pelajaran seperti misalnya metode eksperimen Metode eksperimen merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang melibatkan siswa bekerja dengan benda, bahan dan peralatan laboratorium, baik secara terpisah dan kelompok Eksperimen adalah situasi pemecahan masalah pengujian hipotesis dilakukan dan ada variabel yang dikontrol secara sistematis padat Apa yang dipelajari dalam percobaan adalah efek dari variabel tertentu variabel lain.
Nama : Ria Anggelina
Nim : 856252932
Prodi : PGSD BI
Topik : siswa tidak konsentrasi belajar Matematika pada siang hari
Berdasarkan video PBM Seri Pembelajaran MATEMATIKA SD tentang “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”, Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru agar siswa konsentrasi belajar matematika di siang hari, selain mengajak siswa belajar di luar kelas kita sebagai Guru juga harus memiliki strategi belajar yang menarik perhatian siswa dengan menggunakan media video, gambar, kartu, permainan dan lain sebagainya yang tidak membosankan agar siswa semangat dan konsentrasi dalam pelajaran Matematika khususnya.
Menurut pendapat saya, cara guru mengajar di video tersebut sudah bagus. Akan tetapi, masih ada kekurangan diantaranya :
1. Guru belum menguasai kelas, siswa ribut, bermain dan mengobrol dengan temannya sehingga mereka tidak fokus dalam belajar
2. Guru hanya fokus berada di depan kelas
3. Guru tidak menegur siswa yang bermain dan ribut di kelas
4. sebaiknya ketika siswa sudah mulai hilang konsentrasi, ribut,kita lakukan ice breaking
kelebihannya adalah :
1. Guru memberikan motivasi kepada siswa,bagaimana pentingnya pelajaran Matematika dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa
2. Guru menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa, dengan adanya kreatifitas dari guru maka proses belajar mengajar akan menjadi menarik, menyenangkan dan mengembalikan konsentrasi siswa
3. Guru melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar dengan tanya jawab, tujuannya adalah agar siswa lebih berfikir aktif dalam menemukan dan memecahkan masalah.
Nama : Savira Aulia
NIM : 858808951
Prodi : PGSD
Setetelah menonton vidio tersebut dapat dikatakan bahwasanya kegiatan pembelajaran Matematika apabila dilakukan di siang hari haruslah menggunakan strategi pembelajaran yang benar agar siswa tetap fokus pada pembelajaran, sebab pada siang hari kondisi siswa sudah cukup lelah sehingga konsentrasi siswa dalam belajar pun menurun dan siswa tidak akan mampu memahami materi yang disampaikan guru dengan baik jika guru tidak menggunakan strategi belajar yang benar.
Pada vidio tersebut terlihat siswa saat awal pelajaran kondisi siswa sangat tidak kondusif sebab guru membuka pelajaran dengan cara yang kurang tepat sehingga siswa seperti tidak tertarik pada pembelajaran yang akan disampaikan oleh guru.
Sebaiknya saat pembukaan pembelajaran, guru mengucapkan salam dilanjutkan dengan memberikan semnagat melalui yel-yel bersama sehingga fokus siswa dah tertata sejak awal pembelajaran lalu dilanjutkan dengan penyampaian motivasi kepada siswa dan mengemukakan tujuan pembelajaran dengan menggunakan bahasa yang sederhana sehingga siswa dapat memahami maksud dari tujuan tersebut lalu melakukan tanya jawab seperti halnya yang telah dilakukan guru pada vidio tersebut, hal itu juga sangat penting karena kegiatan pembelajaran yang intreraktif dapat membuat siswa lebih fokus dalam memperhatikan pelajaran.
Terima Kasih