silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Desi Winda Sari
Nim : 859403265
1. Reaksi anak siswa/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari mereka tidak dapat berkonsentrasi dengan baik dan kurang semangat dalam mengikuti kegiatan pelajaran matematika pada jam siang
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu
– guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa walaupun masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas dan standar strategi masih menggunakan metode ceramah
– guru tidak mengevaluasi kegiatan mengukur yang dilakukan oleh siswa, hanya melihat saja tanpa memberikan penjelasan.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari tidak dapat berkonsentrasi dengan baik dan kurang semangat mengikuti kegiatan pelajaran matematika pada jam siang.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu
– guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa walaupun masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas dan standar strategi masih menggunakan metode ceramah
– guru tidak mengevaluasi kegiatan mengukur yang dilakukan oleh siswa, hanya melihat saja tanpa memberikan penjelasan
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru menggunakan media gambar yang jelas dan guru melakukan tanya jawab kepada siswa (keterampilan bertanya)
4. Hal yang unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu guru berusaha menjelaskan pembelajaran tetapi siswa malah asyik berbicara sendiri tanpa menghiraukan guru tersebut.
5. Upaya yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu sebaiknya pembelajaran matematika tidak dilaksanakan pada siang hari melainkan pada jam pertama atau pagi hari agar siswa tidak merasa sulit untuk berkonsentrasi.
Nama : Tiara Putri Syahrul
Nim : 856050121
Pokjar : Tebing Tinggi
Semester : 6
Menurut saya video mengajar tersebut diatas, guru tersebut langsung masuk ke materi hari itu juga, seharusnya mengulang sekedar pembelajaran matematika di hari sebelumnya, lalu guru mengajarnya terlalu asyik sendiri tanpa melihat kondisi anak, karena pada saat siang hari anak2 sudah malas untuk belajar bukan hanya belajar matematika, bahkan pelajaran lain juga seperti itu, oleh sebab itu guru harus membuat ice breaking dan membuat beberapa media yang menarik.
Nama : Diah Putri Utami
Nim : 856276164
UPBJJ : Padang
Pokjar : Harau
Assalamualaikum wr. Wb , izin menanggapi terkait video diatas. Menurut pendapat saya berdasarkan video diatas perlu
– melakukan ice briking untuk mengembalikan semangat belajar siswa karena disana terlihat siswa belum fokus dan siap untuk mengikuti pembelajaran
– memilih strategi dan metode pembelajaran yang tepat sehingaa siswa dapat berkontribusi secara aktif dalam pembelajaran
– memberikan contoh kongret yang berhubungan dengan materi pembelajaran sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran
– menanamkan bahwa pembelajaran matematika itu tidak sulit serta memberikan penjelasan manfaat dari pelajaran itu untuk cita cita siswa kedepan membuat mereka lebih fokus dalam pembelajaran .
Nama : Asih Musdahlia Fitri
Nim : 856238512
Pokjar : Harau
UPBJJ : Padang
Izin menanggapi video di atas, menurut pendapat saya berdasarkan video di atas bawasannya perlu
– melakukan ice breaking untuk mengembalikan semangat belajar siswa, Karena disana terlihat siswa belum fokus dan siap untuk mengikuti pembelajaran
– memilih strategi dan metode pembelajaran yang tepat sehingga siswa dapat berkontribusi secara aktif dalam pembelajaran
– memberikan contoh kongkrit sehubungan dengan materi pembelajaran,sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran
– menanamkan bahwa pembelajaran matematika itu tidak sulit serta memberikan penjelasan manfaat dari pembelajaran itu untuk cita – cita siswa kedepannya sehingga membuat mereka lebih fokus dalam pembelajaran
Nama : Melly Agustin
NIM : 857103587
UPBJJ : UT Jakarta
SEMESTER 8
Video pembelajaran : Siswa tidak konsentrasi belajar matematika saat jam pelajaran siang hari
Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ?
Siswa terlihat fokus setelah guru memberikan sebuah pembelajaran dengan media picture, mereka terlihat antusias dalam belajar matematika.
Apa saja kelemahan yang dilakukan guru ?
Guru kurang menarik perhatian siswa, dikarenakan hanya beberapa siswa saja yang dapat memberikan timbal balik dari pembelajaran siswa
Apa saja kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran ?
Guru memanfaatkan media picture, sehingga guru tidak fokus dengan materi yang ada di buku saja.
Hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut?
Guru dapat mengondisikan siswa sehingga kondusif dalam belajar, guru memberikan media gambar yang menarik ( seperti gambar monas, pesawat terbang, dan menghitung ukuran gedung )
Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran?
Guru membentuk kelompok supaya guru dapat membimbing kepada keseluruhan siswa, sehingga guru dapat mengontrol kegiatan pembelajaran setiap siswanya, dan lebih mudah mengevaluasi hasil belajar setiap siswa.
NAMA : Nurul Ismawati
NIM : 857859242
UPBJJ : UT SURAKARTA
Jurusan : S1 PGSD
Menurut pendapat dan pengamatan saya terhadap video tersebut, guru menyampaikan pembelajaran sudah baik. Akan tetapi sepertinya siswa tidak tertarik dengan materi pembelajaran yang disampaikan yaitu belajar matematika di siang hari. Dalam belajar, siswa tidak merasa nyaman. Penyebabnya bisa terjadi, karena mungkin mereka sudah terlalu lelah dan ngantuk setelah sebelumnya mengikuti pembelajaran. Kedua, Siswa merasa tegang, saat proses pembelajaran.
Bagi seorang guru, tentulah kita harus bisa mengatasi hal tersebut,
Bisa dengan cara, menyiapkan materi pembelajaran yang menarik & sesekali melakukan ice breaking, agar siswa senang dan kembali bersemangat dalam belajar.
Nama : Neliyana
Nim : 857010367
UPBJJ : UT Bandar Lampung
Jurusan : S1 PGSD
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk, dan sudah merasa kelelahan,,
Sehingga perlu dilakukan beberapa strategi pembelajaran, seperti pada tayangan vidio tadi yaitu menggunakan alat peraga dan media seperti gambar2 bangunan, mengukur benda yang ada disekitar menggunakan penggaris, dengan demikian maka para siswa bisa terfokus pada penjelasan yang guru berikan sehingga memudahkan para siswa dapat mengerti tentang pembelajaran yang diberikan.
Nama : Nurfatimah siregar
Nim :855867158
Pokjar : labuhanbatu selatan
Dari vidio tersebut , pelajaran matematika merupakan pelajaran yg dimusuhi siwa, maka dari itu seorang guru harus bisa menggunakan media yang mampu menarik perhatian siswa, sehingga pelajaran matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan bukan membosankan.
Nama : Neliyana
Nim : 857010367
UPBJJ : UT Bandar Lampung Jurusan : S1 PGSD
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk, dan sudah merasa kelelahan,, Sehingga perlu dilakukan beberapa strategi pembelajaran, seperti pada tayangan vidio tadi yaitu menggunakan alat peraga dan media seperti gambar2 bangunan, mengukur benda yang ada disekitar menggunakan penggaris, dengan demikian maka para siswa bisa terfokus pada penjelasan yang guru berikan sehingga memudahkan para siswa dapat mengerti tentang pembelajaran yang diberikan.