silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Bismillah…
Nama : Arba’ Widi Asmarawati Nugroho
NIM : 857974193
Semester : 2 (PGSD BI)
Tutor : Akhmad Syukri, M.Pd
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
Pada awal pembelajaran kelas tidak terkondisi dengan baik karena tidak terpusat perhatiannya kepada guru. Hal ini karena sebagian besar siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Langkah awal yang harus dilakukan dalam tiap pembelajaran adalah memusatkan perhatian kepada guru agar pelajaran dapat diterima dengan baik oleh tiap siswa, dengan selalu memperhatikan minat siswa agar ada interaksi saat pembelajaran dan kelas menjadi hidup tapi tetap terpusat dalam 1 pembelajaran dan kebutuhan siswa.
Masalah yang membuat siswa tidak menyukai pelajaran matematika dapat diatasi dengan menghadirkan contoh real yang menyadarkan siswa akan pentingnya pelajaran matematika untuk kecakapan hidup siswa kedepannya. Sikap guru memunculkan narasumber memotivasi anak untuk berusaha untuk menguasai pelajaran matematika sudah baik, sebisa mungkin motivasi ini dijadikan acuan agar guru juga memperbaiki cara mengajar serta sarana pembelajaran, sehingga matematika tak lagi menjadi momok mengerikan dan membosankan melainka kebutuhan yang harus dikuasai dengan baik bagi kehidupan siswa.
Nama : SULIS SETIAWARNI
Nim : 856077158
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ: BATAM
Setelah saya mengamati video diatas siswa tidak suka dengan pembelajaran matematika.
1. Kelebihan dan kekurangan pembelajaran dalam video :
Kelebihan :
– menghadirkan seseorang narasumber ( motivator) dengan bidang profesi yang berhubungan dengan materi pelajaran untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika.
– sikap sabar guru dalam menghadapi situasi didalam kelas.
Kekurangan :
– tidak ada kegiatan pembuka seperti salam, menyapa, menanyakan kabar
– tidak adanya kegiatan penutup
2. Faktor yang menyebabkan permasalahan pembelajaran pada video :
– Guru tidak menggunakan alat praga / media pembelajaran
– pelajaran yang monoton sehingga siswa bosan
– kurang menguasai kelas, sehingga siswa sibuk dengan kegiatannya sendiri
– tidak adanya upaya guru untuk membuat pelajaran matematika menjadi lebih menarik sehingga siswa merasa pelajaran matematika adalah pelajaran yang paling sulit.
3. Permasalahan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan dari video diatas adalah permasalahan membuat siswa menjadi lebih menyukai dan bersemangat serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika.
4. Alternatif pemecahan masalah yang akan saya lakukan adalah guru harus lebih kreatif dalam membuat dan menyampaikan pelajaran dengan menggunakan alat praga yang menarik agar siswa lebih bersemangat dan termotivasi dalam pelajaran matematika. Guru juga bisa menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, siswa jadi lebih mudah membayangkan cara menghitungnya.
5. Manfaat perbaikan pembelajaran yang akan dilakukan adalah siswa akan lebih menyukai pelajaran matematika karena pembelajaran matematika dilakukan dengan lebih menarik dan menyenangkan, siswa juga tidak akan sibuk lagi dengan kegiatan nya sendiri mereka akan lebih memperhatikan guru.
Nama : SULIS SETIAWARNI
Nim : 856077158
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ: BATAM
Setelah saya mengamati video diatas siswa tidak suka dengan pembelajaran matematika.
1. Kelebihan dan kekurangan pembelajaran dalam video :
Kelebihan :
– menghadirkan seseorang narasumber ( motivator) dengan bidang profesi yang berhubungan dengan materi pelajaran untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika.
– sikap sabar guru dalam menghadapi situasi didalam kelas.
Kekurangan :
– tidak ada kegiatan pembuka seperti salam, menyapa, menanyakan kabar
– tidak adanya kegiatan penutup
2. Faktor yang menyebabkan permasalahan pembelajaran pada video :
– Guru tidak menggunakan alat praga / media pembelajaran
– pelajaran yang monoton sehingga siswa bosan
– kurang menguasai kelas, sehingga siswa sibuk dengan kegiatannya sendiri
– tidak adanya upaya guru untuk membuat pelajaran matematika menjadi lebih menarik sehingga siswa merasa pelajaran matematika adalah pelajaran yang paling sulit.
3. Permasalahan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan dari video diatas adalah permasalahan membuat siswa menjadi lebih menyukai dan bersemangat serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika.
4. Alternatif pemecahan masalah yang akan saya lakukan adalah guru harus lebih kreatif dalam membuat dan menyampaikan pelajaran dengan menggunakan alat praga yang menarik agar siswa lebih bersemangat dan termotivasi dalam pelajaran matematika. Guru juga bisa menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, siswa jadi lebih mudah membayangkan cara menghitungnya.
5. Manfaat perbaikan pembelajaran yang akan dilakukan adalah siswa akan lebih menyukai pelajaran matematika karena pembelajaran matematika dilakukan dengan lebih menarik dan menyenangkan, siswa juga tidak akan sibuk lagi dengan kegiatan nya sendiri mereka akan lebih memperhatikan guru.
Nama : sheila syahfitri
Nim : 856022383
Pokjar : UPBJJ medan
Setelah melihat tayangan video tersebut,menurut saya apa yang sudah di samapaikan oleh pak guru sudah bagus cuman cara yang di lakukan oleh pak guru kurang menarik perhatian siswa dan kurang membuat siswa fokus dalam pembelajaran, sehingga pak guru mengundang langsung insylinyur yang bekerja dalam bidang arsitek sehingga dalam pekerjaan tersebut berhubungan dengan matematika, secara tidak langsung banyak siswa yang ingin memahami tentang matematika tersebut. Mereka banyak melihat gambar desain bangunan yang membuat mereka lebih tertarik untuk ingin mempelajarain tentang matematika yang berhubungan dengan kehidupan, sehingga mereka akan dapat menyukai pembelajaran matematika tersebut. Dengan begitu para siswa akan lebih bersemangat dan fokus dalam mengikutin pembelajaran matematika dengan desain yang lebih menarik dan mereka akan dapat mudah menangkap pembelajaran apa yang sudah disampaikan oleh pak guru. Sehingga hal ini dapat di terapkan oleh siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar lebih giat dalam belajar serta meningkatkan semangat siswa dalam pembelajaran matematika,sehingga siswa tidak mudah bosan.
Nama: Rizka Fitriana
Nim :85894673
Prodi : S1- PGSD
dari video pembelajaran diatas setelah diamati bahwasanya siswa tidak menyukai pelajaran matematika dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
Kurangnya motivasi dan minat siswa terhadap matematika karena tidak memahami hubungan pelajaran matematika dengan kehidupan sehari-hari, terlihat siswa riuh ketika di sebutkan pelajaran matematika, guru dalam proses belajar mengajar tidak menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan tidak interaktif, membuat siswa menjadi kesulitan, bosan sehingga siswa ramai di kelas.
Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan beberapa langkah yakni:
-mendatangkan narasumber seperti insinyur sukses yang ada di video tadi, sehingga siswa semakin tertarik dan termotivasi.
-menggunakan metode yang menarik dan interaktif, seperti alat peraga, permainan dan video
-memberikan pujian dan umpan balik agar siswa semakin percaya diri, dan mengurangi ketakutan kecemasan terhadap matematika
Nama: Rizka Fitriana
Nim :85894673
Prodi : S1- PGSD
dari video pembelajaran diatas setelah diamati bahwasanya siswa tidak menyukai pelajaran matematika dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
Kurangnya motivasi dan minat siswa terhadap matematika karena tidak memahami hubungan pelajaran matematika dengan kehidupan sehari-hari, terlihat siswa riuh ketika di sebutkan pelajaran matematika, guru dalam proses belajar mengajar tidak menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan tidak interaktif, membuat siswa menjadi kesulitan, bosan sehingga siswa ramai di kelas.
Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan beberapa langkah yakni:
-mendatangkan narasumber seperti insinyur sukses yang ada di video tadi, sehingga siswa semakin tertarik dan termotivasi.
-menggunakan metode yang menarik dan interaktif, seperti alat peraga, permainan dan video
-memberikan pujian dan umpan balik agar siswa semakin percaya diri, dan mengurangi ketakutan kecemasan terhadap matematika
Nama: Rizka Fitriana
Nim :85894673
Prodi : S1- PGSD
dari video pembelajaran diatas setelah diamati bahwasanya siswa tidak menyukai pelajaran matematika dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
Kurangnya motivasi dan minat siswa terhadap matematika karena tidak memahami hubungan pelajaran matematika dengan kehidupan sehari-hari, terlihat siswa riuh ketika di sebutkan pelajaran matematika, serta guru dalam proses belajar mengajar tidak menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan tidak interaktif, membuat siswa menjadi kesulitan, bosan sehingga siswa ramai di kelas.
Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan beberapa langkah yakni:
-mendatangkan narasumber seperti insinyur sukses yang ada di video tadi, sehingga siswa semakin tertarik dan termotivasi.
-menggunakan metode yang menarik dan interaktif, seperti alat peraga, permainan dan video
-memberikan pujian dan umpan balik agar siswa semakin percaya diri, dan mengurangi ketakutan terhadap matematika
Nama : Eka Ramadani
Nim : 856021833
Pokjar : Asahan
Semester : 6
Hasil pengamatan saya dari video yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” di atas yaitu:
Siswa tidak menyukai pelajaran matematika kemungkinan karena cara guru menyampaikan materi yang kurang menarik. Dalam tayangan tersebut guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti memberi salam, menyapa dan menanyakn kabar siswa serta kurangnya media pembelajaran.
Pada video diatas terlihat ketidak antusiasan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika, bahkan siswa mnunjukannya secara terang terangan dengan cara bersorak, menurut saya hal ini dapat terjadi karena beberapa hal di antaranya :
1. suasana belajar yang kurang menarik dan tidak menyenangkan
2. metode pembelajaran yang monoton
3. guru kurang bersemangat dalam mengajar
4. kurangnya pengetahuan guru terhadap minat peserta didik.
Dan untuk menarik perhatian siswa guru perlu mengajar dengan kreatif dan movatif . Menggunakan alat peraga atau gambar supaya siswa tidak bosan dan jenuh
Nama : Mariani Lumbanraja
NIM : 859894575
POKJAR : Medan
Prodi : PGSD BI S1
Hasil pengematan saya dari video di atas adalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Terlihat jelas bahwa ketika guru menyapa siswa dan meminta siswa untuk mempersiapkan buku pelajarannya, siswa-siswa tersebut langsung bersorak pertanda tidak suka. Selanjutnya ketika guru mulai menjelaskan pelajaran, sebagian besar siswa tersebut tidak memperhatikan gurunya dengan baik, sebaliknya di antara mereka ada yang ngobrol dengan temannya, dan ada yang bermain-main.
Guru tersebut membuat refleksi di kelasnya dan menemukan salah satu cara supaya anak-anak didiknya memiliki minat belajar matematika yaitu dengan mendatangkan seorang nara sumber yang mampu memotivasi semangat anak-anak untuk mengikuti pelajaran matematika dengan baik. Dan cara tersebut berhasil menarik anak-anak tersebut menyukai pelajaran matematika.
Nama
NIM