silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : Putri Afriani
    NIM : 857718273
    UPBJJ : Semarang

    dari video yang saya lihat diatas bahwasannya dalam kegiatan pembelajaran tersebut saya menemukan bahwa siswa kurang memiliki minat dan tidak suka dengan pelajaran Matematika. Biasanya emang kalau namanya pelajaran matematika sendiri menjadi momok bagi peserta didik. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi gaduh dan tidak fokus di dalam kelas karena efek terhadap pelajaran Matematika yang membuat mereka takut sehingga menjadi malas ketika pelajran. Posisi guru dalam waktu pembelajaran di dalam video tersebut juga nampak kurang menguasai kelas saat kondisi kelas gaduh. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Matematika.

    Dan disitu cara penyampaian guru sudah baik namun masih terlalu monoton dan masih menggunakan metode ceramah jadi kurang menarik perhatian siswanya. Mungkin guru bisa menggunakan model pembelajaran yang menarik dan ditambah dengan menggunakan alat peraga supaya proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa dan siswa lebih aktif. Dan untuk melihat masalah ini guru harus berinisiatif merefleksi diri supaya lebih memahami apa yang kurang dari guru sendiri. Pada saat Guru mengundang narasumber lain, siswa terlihat sangat antusias dan lebih memprhatikan narasumber yang menjelaskan materi dengan media-media pembelajaran hal ini membuktikan bahwa siswa lebih senang dengan pembelajaran yang dilakukan narsumber tersebut. Adapun cara supaya siswa tidak jenuh ketika pelajaran antaralain:
    – Memperhatikan masalah yang dihadapi siwa.
    – Segera mencari strategi pembelajaran yang menarik.
    – Mendatangkan narasumber supaya dapat memotivasi belajar siswa.

  2. 1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa terhadap pembelajaran : awalnya siswa kurang tertarik dan kurang fokus memperhatikan guru,namun setelah narasumber diundang ke kelas, siswa terlihat lebih tertarik dan fokus memperhatikan pelajaran.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ini adalah kurangnya kepercayaan siswa terhadapat kemampuan mengajar guru.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ini adalah siswa menjadi lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran matematika, lebih aktif dan bersemangat.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    terkadang siswa jenuh belajar bersama satu guru yang itu-itu saja, sehingga kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, dengan menghadirkan seorang narasumber siswa menjadi lebih termotivasi khususnya dalam belajar matematika.
    5. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Setelah melihat kelemahan dan kekurangan dari guru yang ada , upaya yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah guru harus

  3. Nama : Siti Rohanah
    NIM : 858527195
    UPBJJ : POKJAR KEDUNGWUNI KAB. PEKALONGAN
    Hasil analisis terhadap video diatas :
    1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran awalnya siswa kurang tertarik & kurang fokus memperhatikan guru, namun setelah tokoh/narasumber diundang ke kelas siswa terlihat lebih tertarik dan fokus memperhatikan pelajaran.
    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ini adalah dengan didatangkannya seorang naasumber dapat menyebabkan berkurangnya rasa kepercayaan siswa terhadap kemampuan guru dalam menyampaikan pelajaran.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ini adalah meningkatnya motivasi belajar siswa, siswa menjadi lebih semangat dan aktif.
    4. Hal unik yang saya temukan adalah terkadang siswa jenuh mendapat materi dari guru yang itu-itu saja sehingga motivasi belajarnya menurun, dengan dihadirkannya narasumber di kelas ternyata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada pelajaran matematika.
    5. Dengan diimbang inovasi pembelajaran lainnnya semoga menjadi upaya yang dapat meningkatkan kulitas pembelajaran berikutnya.

  4. Nama : Novi
    NIM : 858043257
    Pokjar : Maria Elsye
    Semester : 8

    Setelah menyimak video pembelajaran di atas yang berjudul “siswa tidak menyukai pembelajaran matematika”. Dilihat saat guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini kita belajar matematika, siswa/i bersorak tidak bersemangat buat belajar. Menurut saya, guru tidak menggunakan alat peraga yang dapat membuat pelajaran matematika menyenangkan bagi siswa. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak . Setelah hari kedua Pak guru berinisiatif mendatangkan seorang narasumber untuk memotivasi siswa/i untuk belajar matematika.

  5. Nama: Suryani
    NIM. : 856231724
    Dari vidio yang telah saya tonton, dari banyak siswa ada beberapa yang terlihat tidak menyukai belajar Matematika, walau bapak guru sudahemberikan solusi cara mengingat luas bangun datar dengan cara bernyanyi tapi masih nampak anak yang menggaruk kepalanya dan menyender di kursi, dikarenakan mmg banyak orang yng menganggap ilmu matematika itu rumit (termasuk sy dgn siswa dikelas),ditambah dgn jumlah siswa yang banyak dan penyampaian materi juga pada siang hari disaat anak sudah merasa lelah belajar.

  6. Nama : Firma Novitasari
    NIM : 855795413
    Jurusan : PGSD-BI Bandar Lampung, Lampung…
    Berdasarkan video yang sudah saya tonton tentang kurang nya minat anak dalam pelajaran Matematika sangat menarik ya, karena memang kebnyakan anak terutama anak didik di sekolah dasar kurang berminat dalam belajar terutama pelajaran matematika yang menurut mereka sangat susah dipahami dan sangat sulit untuk dipelajari. Video diatas memberikan contoh bagi kita bahwa guru harus mampu berusaha bagaimana caranya membuat anak tertarik dan menyukai pelajaran matematika. Salah satu caranya yaitu dengan menghadirkan sosok inspiratif bagi anak-anak. Dalam Video, guru mendatangkan seorang Arsitektur yang dapat memotivasi anak agar menyukai pelajaran matematika , ini terlihat dari ekspresi anak ketika arsitektur datang dan menjelaskan hasil pekerjaannya di depan anak-anak. Dengan hadirnya bapak arsitektur ini menambah semangat anak untuk dapat belajar matematika dan memahami lebih dalam dengan bahan ajar yang ada seperti bangun ruang yang dijelaskan oleh bapak guru.

  7. Nama : Ananda Deni Septyanasari
    NIM : 857710129
    UPBJJ : UT-Semarang

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa terhadap pembelajaran : awalnya siswa kurang tertarik dan kurang fokus memperhatikan guru, namun setelah narasumber diundang ke kelas, siswa terlihat lebih tertarik dan fokus memperhatikan pelajaran.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ini adalah kurangnya kepercayaan siswa terhadapat kemampuan mengajar guru.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ini adalah siswa menjadi lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran matematika, lebih aktif dan bersemangat.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Terkadang siswa jenuh belajar bersama satu guru yang itu-itu saja, sehingga kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dengan menghadirkan seorang narasumber siswa menjadi lebih termotivasi khususnya dalam belajar matematika.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Dengan diimbangi inovasi pembelajaran lainnya semoga menjadi upaya yang dapat meningkatkan kulitas pembelajaran berikutnya.

  8. Nama : Elzha Dhyandrani
    NIM : 859810968
    Semester : 6
    UPBJJ : Medan

    Assalamualaikum..
    Melihat video pembelajaran diatas, saya menyukai cara guru untuk menampilkan seorang narasumber kepada siswanya.
    Saya sangat menyukai idenya, namun yang saya lihat narasumbernya masih terlalu kaku, seharusnya ketika berbicara dengan anak-anak narasumber bisa lebih bersemangat dan ceria.

    Setelah narasumber melakukan tanya jawab, guru bisa membuat kegiatan yang lebih menarik untuk berlatih matematika dengan menarik dan semua siswa senang.

  9. Nama : Patrio Akbar
    Nim : 855834818
    UPBJJUT-Medan
    Pokjar : Serdang Bedagai

    Menurut saya dari banyak siswa ada beberapa yang terlihat tidak menyukai belajar Matematika, walau bapak guru sudahemberikan solusi cara mengingat luas bangun datar dengan cara bernyanyi tapi masih nampak anak yang menggaruk kepalanya dan menyender di kursi, dikarenakan mmg banyak orang yng menganggap ilmu matematika itu rumit (termasuk sy dgn siswa dikelas),ditambah dgn jumlah siswa yang banyak dan penyampaian materi juga pada siang hari disaat anak sudah merasa lelah belajar.

  10. Nama : Devi Fathurrohmah
    NIM : 855794751
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Sebelas Maret Ambarawa

    Berdasarkan video di atas, kita tahu bahwa belajar matematika merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup kita, terlebih untuk menunjang masadepan kita untuk menggapai cita-cita. Dalam menyampaikan pembelajaran matematika di SD, seorang guru dituntut untuk dapat kreatif, dan inovativ. sehingga membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar, lebih ter-motivasi dan menumbuhkan rasa ingin tahu mereka tentang matematika. saya sangat setuju dengan cara yang dilakukan guru tersebut, dengan mendatangkan seorang ahli yang dapat menginspirasi masadepan mereka.

Leave a Reply