silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

737 Comments

  1. Nama : MOKSEN
    Nim : 859821684
    UPBJJ : UT Mataram
    Pokjar : Sumbwa
    Setelah saya menonton video tentang “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”
    Ada 3 langkah yang harus dilakukan ketika seorang guru mengalami kasus yang sama yaitu :
    1. Mencari akar permasalah yang menyebabkan siswa kurang menyukai matematika
    2. Mencari strategi pembelajaran yang tepat yang sesuai dengan minat siswa.
    3. Mendatangkan Nara Sumber lain misalnya Arsitek yang dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar matematika.
    Nara sumber yang kita undang tersebut dapat menceritakan pengalaman mengenai penerapan Matematika dalam bidang pekerjaan yang Nara Sumber kerjakan sekarang ini. Menampilkan gambar – gambar bangunan yang telah Nara sumber buat misanya Jembatan, Supermaket, Rumah Sakit dan lain lain sebagai bukti bahwa keberhasilan ini tidak dapat diraih tanpa belajar matematika serta perlu ditekankan bahwa Belajar Matematika sangat penting untuk mengurangi kesalahan dalam proses pengerjaan sebuah bangunan. Apabila kesalahan sedikit saja dalam perhitungannya maka akan mengakibatkan bangunan tersebut kurang kokoh dan cepat rusak.

  2. Nama : Nita Fanti oktaviana
    Nim : 856969278
    Pokajar : waytenong
    Setelah saya menonton kemudian menelaah vidio di atas tentang siswa tidak menyukai pelajaran matematika yang saya lihat adalah siswa tampak tidak suka dan enggan untuk mengikuti pembelajaran matematika bahkan dari respon siswa saya melihat bahwa mayoritas siswa tidak suka dengan pelajaran matematika,dalam vidio tersebut tampak seorang guru mendatangkan seseorang arsitek pakar matematika guna untuk menarik minat belajar matematika pada anak namun tampaknya anak anak tetap tidak menyukai pembelajaran tersebut,terdapat faktor penyebab siswa yang tidak suka bahkan malas dengan pelajaran tersebut seperti
    1.guru kurang menarik dalam kegiatan pembuka kelas bahkan monoton dengan hanya mengucap salam
    2.tidak adanya ice breaking sebelum memulai pembelajaran
    3.siswa banyak menganggap bahwa pelajaran matematika itu sangat membosankan bahkan ada juga yang menggap bahwa matematika sangat susah
    4.kurangnya media pembelajaran
    Mungkin dari faktor faktor tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa sebaiknya kita membuat keadaan kelas menjadi lebih menyenangkan sebelum pembelajaran di mulai seperti mengadakan games atau permainan yang menarik keinginan siswa untuk tetap belajar di kelas.mungkin dengan menambah media pembelajaran yang menyenangkan dapat menarik minat belajar siswa.

  3. Menurut pendapat saya dalam kegiatan pembelajaran yang di laksanakan di kelas seperti vidio di atas terlihat bahwa siswa merasa tidak bersemangat untuk belajar karena tidak menyukai pelajaran matematika..oleh karena itu sebagai seorang guru kita harus mencari suatu metode untuk pemecahan masalah sebagai solusi efektifnya pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar menarik perhatian siswa misalnya dengan memberikan masukan motivasi terhadap siswa sehingga siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika menjadi senang untuk belajar matematika hal tersebut bisa kita lakukan dengan mendatangkan seorang arsitek seperti dalam vidio di atas dan terlihat bahwa siswa mulai memperhatikan dan memiliki rasa ingin tahu mengenai materi ajar yang di sampaikan dalam hal ini dapat di simpulkan beberapa hal yang harus di tindaklanjuti dalam kegiatan belajar yang kurang efektif karena siswa tidak menyukai belajar matematika seperti yang kita lihat dalam vidio di atas maka hal yang perlu kita perhatikan adalah masalah apa yang di hadapi oleh siswa kemudian sebagai guru kita harus mencari strategi pembelajaran yang menarik misalnya dengan mendatangkan narasumber

  4. Nama : suci wati
    NIM : 859763457
    Pokjar : kendari.

    Setelah saya melihat video ”siswa tidak mengikuti pelajaran Matematika “ialah dapat kita lihat bahwa siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran matematika tersebut.Hal ini karena kurangnya motivasi serta penjelasan yang menurut saya kurang berkesan.

  5. Nama : Frengky Desrio Gulo
    Nim : 856023851
    Pokjar : Disdik Nias Barat
    UPBJJ : 12-Medan
    Prodi : S1- PGSD

    Berdasarkan video tersebut siswa memberikan respon yang baik karena guru menggunakan narasumber yang berprofesi arsitek.
    Kelebihan dari video, siswa dapat termotivasi dengan penjelasan dari arsitek tentang manfaat dan asyiknya belajar matematika. Pada saat menunjukkan hasil karyanya dalam bentuk gambar, siswa terlihat senang dan tertarik, perhatian mereka langsung fokus ke gambar yang ditunjukan.
    Kelemahan dari video, strategi yang digunakan masih metode ceramah, media kurang dan evaluasi tidak dilakukan bersama siswa sehingga siswa kurang terlibat dalam proses KBM. Pembelajaran masih berpusat pada guru.
    Perbaikan pembelajaran yang dapat dilakukan guru dituntut menggunakan media gambar dalam pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan senang belajar matematika sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika.

  6. Nama : Asti Wahyu Mulyani
    NIM : 857568435
    UPBJJ : UT Purwokerto
    Pokjar : SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto

    Setelah saya melihat video yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”, menurut saya masih banyak siswa yang kurang menyukai matematika. Hal ini mungkin disebabkan oleh anggapan bahwa matematika sulit karena melibatkan perhitungan, serta metode pengajaran yang membosankan dan monoton oleh guru sehingga membuat siswa bosan. Dalam video tersebut, guru berupaya membantu siswa dengan menghadirkan narasumber seorang insinyur dalam kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan matematika sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat memotivasi siswa. Selain itu, untuk menghindari kelas yang membosankan, guru dapat mengubah strategi pembelajaran dan memanfaatkan alat peraga atau metode belajar lainnya. Dalam video, narasumber memberikan contoh-contoh nyata dari struktur bangunan, sehingga semua siswa sangat antusias ketika diberi tugas oleh guru untuk membuat gambar tentang bangun ruang.

  7. Nama : Winda dwi Islamiyah
    Nim : 858709775
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : UT Surabaya

    Setelah menonton video di atas, topik yang di angkat cukup menarik. Mengingat mata pelajaran matematika seakan menjadi momok bagi sebagian peserta didik sehingga membuatnya tidak menyukai matematika ini. Faktor lain yang mungkin menyebabkan peserta didik tidak menyukai matematika ada pada kendala hitung menghitung yang biasanya pada proses ini sangat memakan waktu belum lagi jika soal atau rumus yang dihadapinya rumit dan tidak menemukan jawabannya. Pada dasarnya matematika ini memang butuh keuletan dan ketelitian tang sangat besar sehingga jika kita tidak teliti dengan angka tersebut maka jawaban yang diperoleh tidaklah sama seperti yang dijelaskan divideo insinyur memberitahukan jika membangun bangunan butuh perhitungan yang matang tidak boleh ada yang salah. Pada saat insinyur datang peserta didik sangat antusias sekali kan tetapi sangat disayangkan ketika beliau menjelaskan bidangnya gestur beliau terlihat kurang begitupun dengan cara penyampaiannya yang menurut saya terasa monoton padahal suara beliau sudah cukup keras yang mana bisa menjangkau seluruh ruangan. Interaksi dengan peserta didik pun terlihat masih kurang dimana beliau hanya sekedar memperlihatkan gambar karya nya tanpa ada umpan balik terhadap peserta didik.

    Sekian, 🙏

  8. Menurut pendapat saya dalam kegiatan pembelajaran yang di laksanakan di kelas seperti vidio di atas terlihat bahwa siswa merasa tidak bersemangat untuk belajar karena tidak menyukai pelajaran matematika..oleh karena itu sebagai seorang guru kita harus mencari suatu metode untuk pemecahan masalah sebagai solusi efektifnya pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar menarik perhatian siswa misalnya dengan memberikan masukan motivasi terhadap siswa sehingga siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika menjadi senang untuk belajar matematika hal tersebut bisa kita lakukan dengan mendatangkan seorang arsitek seperti dalam vidio di atas dan terlihat bahwa siswa mulai memperhatikan dan memiliki rasa ingin tahu mengenai materi ajar yang di sampaikan dalam hal ini dapat di simpulkan beberapa hal yang harus di tindaklanjuti dalam kegiatan belajar yang kurang efektif karena siswa tidak menyukai belajar matematika seperti yang kita lihat dalam vidio di atas maka hal yang perlu kita perhatikan adalah masalah apa yang di hadapi oleh siswa kemudian sebagai guru kita harus mencari strategi pembelajaran yang menarik misalnya dengan mendatangkan narasumber

  9. Nama: Sofia Tambun
    Nim: 856053238
    UPBJJ: MEDAN
    Mrnurut saya,siswa tidak menyukai pelajaran matematika sebagai seorang guru kita harus mencari suatu metode untuk pemecahan masalah sebagai solusi efektifnya pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar menarik perhatian siswa misalnya dengan memberikan masukan motivasi terhadap siswa sehingga siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika menjadi senang untuk belajar matematika hal tersebut bisa kita lakukan dengan mendatangkan seorang arsitek seperti dalam vidio di atas dan terlihat bahwa siswa mulai memperhatikan dan memiliki rasa ingin tahu mengenai materi ajar yang diajarkan guru. setelaharsitek menjelaskan kepada anak anak dan menunjukkan alat peraga siswa merasa senang dan menurutnya itu sangat menarik.

  10. nama:leni lesmina
    nim:859763339
    Setelah saya melihat video yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”, menurut saya masih banyak siswa yang kurang menyukai matematika. Hal ini mungkin disebabkan oleh anggapan bahwa matematika sulit dimengerti karena melibatkan perhitungan, serta metode pengajaran yang membosankan dan monoton oleh guru sehingga membuat siswa bosan. Dalam video tersebut, guru berupaya membantu siswa dengan menghadirkan narasumber seorang insinyur dalam kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan matematika sehingga menciptakan suasana belajar yang baru

Leave a Reply