silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : OKTASARI DWI PRATIWI
NIm : 857837738
Prodi : BI PG PAUD ( POKJA SURAKARTA )
Dalam video di atas tentang pengenalan konsep bilangan sudah cukup baik. Memang untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sedikit sulit dan biasanya kemampuan anak berbeda-beda ada yang langsung bisa dan ada anak yg harus guru extra menerangkan dan karena karakteristik anak berbeda-beda. Ada yang cepat mengerti dan ada yang tidak. Anak-anak tentunya akan lebih cepat mengerti jika mengenalkan konsep bilangan melalui bermain.
sebelum guru mengajarkan anak cara membilang seharusnya guru mengajak dengan bernyanyi terlebih dahulu supaya anak dapat mengerti apa bilangan itu sendiri,baru guru mengajak anak bermain bola seperti video diatas juga sangat membantu anak untuk lebih memahami tentang konsep bilangan. Jadi anak akan tertarik jika kita sebagai pendidik menyediakan beberapa media yang bisa digunakan untuk mengenal konsep bilangan.
didalam video tersebut ada juga kelemahan dan kelebihan yang terjadi pada saat KBM tersebut, antara lain :
kelemahan :
1. Saat guru menjelaskan anak masih belum antusias masih ada anak yang menggoyan-goyangkan tubuhnya dan ada anak duduknya belum tertib
2. Saat guru menjelaskan menghitung gambar ada anak yang Menerima sepidol dari guru menggunakan tangan kirinya itu menunjukkan perilaku kurang sopan dalam pembentukan karakter.
kelebihan :
1 .guru menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan dengan mengajak anak bernyanyi, bertepuk-tepuk terlebih dahulu dan memberikan penguatan.
2. Guru memberikan reward pada anak dengan memberi stempel bintang di tangan kanan dan kirinya anak yang bisa menjawab pertanyaan.
Nama : Erna Rahayu
Nim : 858825324
Pokjar : Nganjuk, Mastrip
Program studi: PG PAUD S-1
UPBJJ: MALANG
Mohon izin, saya mengulang tanggapan saya yang, karena yang kemarin NIM saya keliru🙏🙏🙏
Menurut saya cara pengenalan angka pada anak seperti yang terdapat pada video diatas sudah bagus, menggunakan metode bernyanyi bermain tepuk serta menggunakan media bola, namun akan lebih bagus lagi jika ditambah sedikit, misalnya anak – anak di sediakan wadah saat anak mengambil bola pada keranjang, sehingga anak tidak kesulitan membawa bola. kemudian tadi saya lihat bola nya kan berwarna warni ya, seharusnya itu juga bisa di gunakan sekaligus untuk mengenalkan warna pada anak, misalnya : ” ayo Roza, ayo coba ambil bola yang berwarna merah 5″ setelah itu bisa ditambahkan dengan media angka ( stik angka) yang berwarna, kemudian anak disuruh mengambil angka sesuai banyak bola yang di ambil, ” ayo Roza sekarang cari angka lima seperti apa ?”seperti itu, kemudian untuk penugasan tadi saya lihat gambar pada kertas hanya berwarna hitam putih, karena kita mengajar di PAUD yang identik dengan warna warni, seharusnya gambarnya bisa di buat berwarna warni agar menarik untuk anak-anak.
NAMA:HARTINI
NIM :859128578
UPPJJ: MATARAM
Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan dan menbilang jumlah benda sudah bagus, karena di lakukan dengan media bola, bernyanyi dan tepuk. setelah itu anak di berikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak bisa menerima mareri yang di berikan berupa tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.
Nama: Ratri kusumastuti
Nim: 857797895
“Sulit mengenal konsep bilangan”
Setalah melihat dalam video di atas tentang pengenalan konsep bilangan sudah cukup baik. Memang untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sedikit sulit karena setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda dan setiap anak mempunyai karakteristik yang berbeda maka kita sebagai guru harus bisa memahami bagai mana karakteristik anak tersebut. Ada yang cepat mengerti dan ada yang tidak. Anak-anak tentunya akan lebih cepat mengerti dan tertarik jika mengenalkan konsep bilangan melalui bermain.
sebelum guru mengajarkan anak cara membilang guru mengajak dengan bernyanyi terlebih dahulu supaya anak dapat mengerti apa bilangan itu sendiri dan lebih asyik dalam belajar baru guru mengajak anak bermain bola seperti video diatas juga sangat membantu anak untuk lebih memahami tentang konsep bilangan. Jadi anak akan tertarik jika kita sebagai pendidik menyediakan beberapa media yang bisa digunakan untuk mengenal konsep bilangan.
Saran dalam vidio tersebut kita sebagai guru harus lebih ceria dan antusias agar anak lebih tertarik dan ikut serta dalam berkomunikasi seperti ikut bertanya dan itu akan menambah pengetahuan anak dalam saat pembelajaran,serta kita harus menyiapkan berberapa macam main yang berbeda agar anak tertarik dan lebih antusias dalam pembelajaran makan akan lebih mudah anak menerima materi apa yang akan kita sampaikan.
Dalam video menggambarkan tentang seorang guru yang mengenalkan konsep.bilangan kepada anak dengan cara permain bola dengan menghitung.anak mengambil jumlah bola sesuai angka yang di beri bu guru.
Dalam video juga anak.anak cukup antusias dalam belajar karena di stimulasi dengan permainan bola
Tapi guru seharusnya guru menyiapkan wadah keranjang agar anak tidak kesulitan dalam mengambil bola.
Ad hal yang bisa di petik guru mengajarkan kepada anak yg belum mengenal konsep bilangan dengan berbagai cara yang menarik.
Sehingga memberi rangsangan kepada anak untuk mengenal konsep bilangan.
Nama : Yusi Yarni
Pokjar :Kaur
Setelah menonton video di atas saya dapat menyimpulkan bahwa guru tersebut sudah menggunakan metode yang tepat dalam mengenalkan konsep bilangan melalu bernyanyi dan bertepuk serta menggunakan media bola sehingga menarik minat anak guru juga dapat menggunakan media kartu angka atau gambar angka sehingga anak tidak hanya bisa menyebutkan bilangan saja akan tetapi anak juga dapat mengenal angka-angka nya.
Nama : Siti Farida A.
Nim : 858774307
Pokjar : Malang
Menurut pendapat saya video tersebut yang disampaikan oleh guru sudah baik. Guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan bagus. Dalam pembelajaran guru sudah menggunakan media agar anak dapat tertarik dan anak lebih cepat paham, dengan mengatur anak untuk duduk melingkar diharapkan semua anak akan bisa menyimak dan memperhatikan guru dengan baik. Guru sudah memberikan kesempatan pada anak dengan memanggil anak untuk maju ke depan dan mengambil bola sesuai angka yang disebutkan oleh guru. Akan tetapi, guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sehingga anak-anak masih ada yang belum mengerti dan tidak paham dengan permainan yang di ajarkan. Dalam pembelajaran untuk mengenalkan angka pada anak selain dengan media bola masih banyak yang bisa kita terapkan dan diajarkan dengan menggunakan media yang bisa mengasah kemampuan anak lebih cepat misalnya dengan menggunakan biji-bijian, batu-batuan, manik-manikan atau media lainnya yang terjangkau dengan lembaga kita sehingga kegiatan pembelajaran lebih menantang dan menyenangkan.
Terimakasih.
Nama Siti Farida A.
Nim 858774307
Pokjar Malang
Menurut pendapat saya video tersebut yang disampaikan oleh guru sudah baik, guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan bagus. Dalam pembelajaran guru sudah menggunakan media agar anak dapat tertarik dan anak lebih cepat paham, dengan mengatur anak untuk duduk melingkar diharapkan semua anak akan bisa menyimak dan memperhatikan guru dengan baik. Guru juga sudah memberikan kesempatan pada anak untuk maju ke depan dan mengambil bola sesuai angka yang disebutkan oleh guru. Akan tetapi guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sehingga anak-anak kesulitan dan masih ada yang belum mengerti dan tidak paham. Dalam pembelajaran untuk mengenalkan angka pada anak selain dengan media bola masih banyak lagi yang bisa kita terapkan dan kita ajarkan dengan menggunakan media yang bisa mengasah kemampuan anak lebih cepat misalnya, dengan menggunakan biji-bijian, batu-batuan, manik-manik kan atau media lainnya. Agar kegiatan pembelajaran tersebut lebih menantang dan menyenangkan.
Terima kasih.
Nama : Rina Arumawati
NIM : 857837286
UPBJJ : Surakarta
Dalam video diatas Guru menggunakan berbagai metode untuk mengenalkan konsep angka kepada anak-anak, antara lain dengan permainan bola, bernyanyi, bertepuk tangan, mengerjakan soal menghitung. Dalam video anak-anak juga duduk tenang memperhatikan guru. Guru juga memberikan apresiasi berupa tanda bintang ketika anak menjawab dengan benar.
Menurut saya metode yang digunakan untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak sudah tepat, hanya saja dalam permainan mengambil bola seharusnya semua anak mendapat giliran untuk bermain (mengambil bola). Selain itu dapat dilakukan dengan cara lomba antar anak-anak supaya permainan lebih menarik dan semua anak mendapat giliran untuk bermain.
Selain dari permainan dalam penyampaian mengenalkan konsep bilangan, hendaknya guru bernyanyi tentang angka dengan menunjukkan bilangan.
Nama : fitri nurlaila
Nim : 857795465
Setalah melihat dalam video di atas tentang pengenalan konsep bilangan sudah cukup baik. Memang untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sedikit sulit karena setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda dan setiap anak mempunyai karakteristik yang berbeda maka kita sebagai guru harus bisa memahami bagai mana karakteristik anak tersebut. Ada yang cepat mengerti dan ada yang tidak. Anak-anak tentunya akan lebih cepat mengerti dan tertarik jika mengenalkan konsep bilangan melalui bermain.
Mengenal konsep bilangan melalui bermain dengan cara bertepuk tangan, menyanyi, menggunakan beberapa alat peraga sperti batu, kancing, biji jagung dan banyak lagi.
Setelah anak mampu mengenal konsep bilangan guru menberikan reword tersendiri kepada anak.