silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Sri Ramadania
Nim : 858400844
Pokjar : Berau
Cara guru mengenalka konsep bilangan sudah cukup bagus, apa lagi dengan cara bernyanyi dan bertepuk. Anak-anak pun cukup antusias dalam mengikuti pelajaran yang diberikan ibu guru dengan permainan bola. Sebaiknya guru menyediakan keranjang untuk menaruh bola bola agar tidak berhamburan dan tidak kesulitan untuk menaruh bola. Guru sudah cukup bagus dalam memperkenalkan konsep bilangan dan juga sangat menarik bagi anak anak
Nama : Anik Rustiana
NIM : 857684664
Program studi : S1-PGPAUD
Pengembangan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan pada video tersebut sudah bagus.
Guru mengawali pembukaan dengan materi terkait konsep bilangan, selanjutnya mengajak anak untuk membilang dengan lagu dan tepuk.
Pembelajaran inti di lakukan dengan alat peraga yakni menghitung bola dan spidol juga pemberian tugas pada lembar kerja.
Guru memberikan reward pada hasil karya yang baik berupa stempel bintang pada tangan anak.
Secara keseluruhan pembelajaran yang dilakukan guru sesuai dengan perkembangan anak, beberapa poin yang perlu ditambahkan yakni;
1. Penggunaan ragam alat peraga, bisa menggunakan stik, batu alam, sendok, balok, dsb agar anak dapat memilih jenis alat peraga yang akan digunakan untuk menghitung bilangan.
2. Guru terlihat masih dominan dalam kelas, seperti saat menghitung bola dan menentukan banyaknya bola, jadi biarkan anak untuk menghitung dan menentukan berapa banyak bola yang akan diambil sendiri.
3. Penggunaan bahasa indonesia dan bahasa inggris yang bercampur, seperti saat menyuruh anak mengambil bola 7, guru menyebut “seven”. Hal ini dapat membingungkan anak yang baru mengenal konsep membilang.
Nama : desy purwantari
Nim : 858709933
Program studi : PGPAUD (AKPMM)
Memang untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sedikit sulit dan biasanya kemampuan anak berbeda-beda ada yang langsung bisa dan ada anak yg harus guru extra menerangkan dan karena karakteristik anak berbeda-beda. Ada yang cepat mengerti dan ada yang tidak. Jadi guru harus mengajari dengan telaten.
Nama : Dihon
Nim :825646792
Prodi : FKIP PGPAUD
Menurut saya, yang dilakukan guru pada vidio tersebut sudah tepat. Karena sebelum memberikan tugas pada anak guru mengajak anak untuk bermain mengenal konsep bilangan melalui permainan lagu dan tepuk, setelah itu guru meminta anak mengambil bola sesuai dengan angka yang di ucapkan guru. Selain untuk mengasah kemampuan kognitif guru juga melatih kemampuan bahasa anak dalam menyimak dan mendengarkan perintah guru.
Nama : Diana Novitasari
Nim : 858792788
semester : 8
Pokjar : Musi Nganjuk
Berdasarkan video yang saya amati metode yang digunakan ibu guru sudah bagus dan sesuai perkembangan anak melalui :
1. Mengajak Anak bermain bola yaitu dengan mengambil sesuai perintah ibu guru
2. Mengajak Bertepuk 1 2 3
3. Mengajak mengenal bilangan melalui gerak dan lagu
4. Guru juga memberikan lembar kerja pada anak dalam pengenalan angka
5. Guru memberi reward atau bintang jika anak menjawab dengan benar
Yang dilakukan oleh guru dalam vidio tersebut sudah cukup baik. Dengan memberi pengalaman langsung menghitung benda, dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada diri anak. Akan tetapi ada sedikit kekurangan yaitu sebaiknya saat menghitung bola yang diambil di keranjang biarkan anak menghitung sendiri hasilnya, jadi anak bisa tau apakah yang dikerjakannnya sesuai dengan perintah atau tidak. Nyanyian dan kegiatan yang lain yang bisa dilakukan dikegiatan di vidio tersebut sudah cukup menarik dan membantu menghantarkan pemahaan anak sesuai dengan apa yang ingin guru capai yaitu pemahaman tentang konsep bilangan.
Nama :Eli sunarti
Nim :856820494
Pokjar : seluma
Prodi :PGPAUD
Pada video diatas, hal yg sudah dilakukan seorang guru sudah cukup bagus. Dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak kita harus lebih kreatif memilih kegiatan pembelajaran atau permainan yg dapat membantu anak dalam hal menumbuhkan minat dan pemahaman tentang konsep bilangan seperti melakukan kegiatan yg disenangi anak melalui permainan ataupun lagu. Guru juga bisa menggunakan LKA seperti menebalkan angka, menirukan angka, menghubungkan angka sesuai dg jumlah gambar.
Cara guru mengatasi ank sulit mengenal konsep bilangan yaitu
1.dg cara mengenal konsep bilangan Dg bernyanyi bertepuk tangan tentang bilangan.
2.memberikan reword kalau ank sudah bisa mengenal konsep bilang biar hati nya senang dan bahagia.
Untuk mengatasi ank dlm mengenali konsep bilangan yaitu
1.guru menyampaikan pembelajaran konsep bilangan Dg cara bernyanyi sambil bertepuk tanga
2.memberikan reword kepada ank kalau ank sudah paham mengenal konsep bilangan
Nama: NURUL HIDAYATI
NIM: 858791288
Pokjar: Kota Pasuruan
mengajarkan konsep berhitung kepada anak-anak menurut saya membutuhkan kesabaran yang tinggi. karena seringkali anak-anak berhitung dengan keyakinannya sendiri (mengucapkan terlalu pelan atau terlalu lambat ketika membilang). dalam belajar berhitung kita sebaiknya menumbuhkan minat anak untuk belajar dan menumbuhkan fokus anak. salah satu cara yang bisa digunakan adalah seperti video tersebut. yakni menggunakan lagu dan permainan. diharapkan anak bisa senang dalam belajar berhitung dengan guru memberi reward kepada anak yang bisa menjawab pertanyaan.
menurut saya belajar menggunakan APE yang sesuai untuk berhitung dan benda nyata lebih menumbuhkan minat anak daripada belajar menggunakan LKA.