silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
nama : Dwi puspa sari
Nim : 856815905
Pokjar : kota Bengkulu
berdasarkan pada video di atas tersebut menurut pendapat saya mengenai kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini sudah Baik. dimana di awal sudah dijelaskan terlebih dahulu dengan berhitung menggunakan bola, setelah itu lanjut dengan nyanyi anggota tubuh sambil berhitung, kemudian di lanjutkan dengan kegiatan lembar kerja, anak menghitung gambar dan melingkari bilangan sesuai pada gambar tersebut.
Menurut pendapat saya berdasarkan vidio di atas mengenai kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan sangat inovatif dimana guru menggunakan tehnik dan media yang bervariasi dalam mengenalkan bilangan sehingga menjadi menarik dan anak-anak menjadi antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Nama : Desi Apriyani
NIM : 856840195
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Guru : Neti Hernawati
Dari video yang saya tonton mengenai sulit mengenal konsep bilangan, guru menstimulasi anak dengan kegiatan menarik. Upaya guru TK mengatasi anak yang sulit untuk mengenal konsep bilangan :
– mengajak anak untuk membimbing dengan permainan dan lagu atau tepuk.
– membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut
– memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya
– mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Nama: Shokhifatul Ula
NIM: 857760639
Berdasarkan video tersebut kami dapat belajar untuk bagaimana cara mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan.
Video bagus dan sangat bermanfaat.
Terimakasih.
Dalam video tersebut, guru mengajari anak bagaimana caranya memudahkan anak untuk belajar mengenal konsep bilangan,, metode guru dalam mengajar sudah baik, guru menginstruksikan anak untuk mengambil jumlah bola yang diinginkan oleh guru, lalu anak mengambilnya sesuai dengan jumlah yang diinginkan guru.
Kelemahan:
– Guru tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung jumlah bola yang telah diambil didalam keranjang.
Kelebihan :
– Teknik mengajar guru sudah baik, mulai dari menyanyi sambbil bertepuk tangan, kemudian guru menggunakan media yang ada disekitar anak untuk mengembangkan anak dalam mengenal konsep bilangan, sehingga anak sangat senang.
– Selain itu guru memberi tugas kepada anak untuk melingkari jumlah pada kelompok gambar, lalu anak menghitung gambar pada kelompok tersebut kemudian anak melingkari hasilnya.
– Kemudia guru memberikan reward kepada anak berupa setempel ditangannya.
Kesimpulan :
– Secara umum, pelaksanaan pembelajaran guru sudah sudah sesuai dengan materi yang disampaikan, guru memperlihatkan bagaimana cara mengenal konsep kepada anak, serta penggunaan medianya. Metode pembelajaran yang guru sampaikan sudah terlihat jelas.
NAMA: NURLATHIFAH
NIM: 857624415
UT POKJAR LAYANAN UT MANDIRI, KAB.PURBALINGGA
Tanggapan saya Dari video Mengenal Konsep Bilangan diatas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik sangat membantu dan pembelajaran tidak membosankan. Anak belajar sambil bermain. Mungkin untuk mengenal konsep bilangan guru tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia bisa dengan menggunakan bahasa Jawa/Krama misalnya: 1 (setunggal), 2 (kalih), 3 (tiga) dan seterusnya, menggunakan bahasa inggris dan bahasa arab.
Video yang saya lihat sangat bermanfaat mengenal konsep bilangan dengan cara yang menarik dalam mengatasi anak sulit mengenal konsep bilangan.
Nama : Nadiyah Febriyanti
NIM : 857115497
UPBJ : Jakarta
Di dalam video tersebut seorang pendididik melakukan kegiatan mengenali konsep bilangan kepada anak peserta didiknya dengan menggunakan media bola. Yang pendidik lakukan cukup baik karena dengan media bola anak tertarik melakukan kegiatan tersebut, bahasa yang disampaikan oleh guru pun sangatlah sederhana sehingga memudahkan anak untuk memahami apa yang guru tersebut minta. Anak pun tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Maka seperti itu anak jadi mampu memahami konsep bilangan yang guru jabarkan.
Nama : Nadiyah Febriyanti
NIM : 857115497
UPBJ : Jakarta
Pada video tersebut pendidik melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan media bola di mana anak diminta mengambilbola sesuai jumlah yang pendidik minta, menurut saya pembelajaran tersebut sudah cukup baik bahasa yang guru sampaikan pun sederhana sehingga memudahkan anak untuk memahami apa yang guru minta dari kegiatan pembelajaran tersebut anak jadi mampu mengenal konsep bilangan yang dijabarkan oleh guru.
Nama : Umu Anifah
NIM : 857606266
Judul Video : ” Sulit mengenal konsep bilangan ”
Dalam vidio tersebut,Teknik yang digunakan guru dalam mengenalkan konsep bilangan sudah bagus.Guru menggunakan teknik yang menyenangkan bagi anak-anak,yaitu dengan permainan,lagu dan tepuk.Guru juga memerikan penguatan kepada anak yang telah berhasil menyelesaikan tugasnya.Dalam membilang benda sebaiknya anak biarkan untuk membilang sendiri di hadapan guru.
Nama : Eva Mulyani
NIM : 857493838
UPBJJ : Bandung
Pokjar : Awi Pari
Izin menyimak video pembelajarannya:
setelah menyimak video pembalajaran yang berjudul: Sulit Mengenal Konsep Bilangan, menurut pendapat saya, guru sudah bagus dalam menyampaikan materi dan kegiatan yang akan dilakukan anak. guru menyampaikan materinya dengan metode yang bervariasi, ada permainan, nyanyi,tepuk maupun pemberian tugas berupa LKA (Lembar Kerja Anak). Dengan permainan tersebut, guru dapat mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan untuk anak.
Namun, Izin sedikit memberikan masukkan, kalau seandainya sebelum guru memberitahukan benda /APE lainnya, alangkah baiknya guru memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan pendapatnya tentang benda/APE yang dilihatnya sesuai dengan imajinasi mereka, guru bisa memberikan pertanyaan berupa kalimat-kalimat pemantik, sehingga aspek-aspek perkembangan anak bisa berkembang dengan baik.