silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Nani Aryani
Nim : 857482108
Setelah melihat vidio tentang “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, menurut saya tindakan guru sudah baik dalam memberi arahan atau mengatasi anak yang sulit mengenal bilangan tersebut, dengan cara guru mengajarkan anak bermain, menyanyi dan bertepuk tangan, serta belajar seperti menyesuaikan lambang bilangan dengan benda sejumlah bilangan tersebut, dan guru memberi penghargaan / reward pada anak yang telah berhasil dalam menyelesaikan masalahnya.
NAMA : Dewi Aisyatur Rohmah
NIM : 837528326
Menurut saya cara pengenalan kognitif (angka) yang dilakukan oleh guru sudah bagus, dengan cara menghitung bola dan bernyanyi tentang angka. namun alangkah lebih mengena jika pengenalan angka dilakukan menggunakan media angka yang besar berwarna warni dan menarik bagi anak
Nama : LILLA WAHYU SEPRIYAN PUTRI
NIM : 858830627
Prodi : S1 PGPAUD AKPMM
menurut pendapat saya dalam vidio tersebut cara guru menstimulus anak mengenalkan lambang bilangan sudah cukup bagus, dalam vidio anak tersebut guru menstimulus anak mengenal bilangan dengan lagu, permaianan, dan memberi lembar kerja yang dapat mendorong stimulus anak dalam menegnal lambang bilangan. tak lupa juga dalam vidio tersebut guru sudah bagus ketika anak sudah mencapai stimulus anak diberikah sebuah riword yaitu bintang, yang dapat membuat anak semakin bersemnagan dalam proses pembelajaran
NAMA : RABIATUL ADAWIYAH
NIM : 859169462
PROGRAM STUDI : PGPAUD
UPBJJ : MATARAM
Hasil analisis vidio tentang : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Dalam pembelajaran yang diperlihatkan dalam vidio tersebut, ada beberapa hal yang sudah baik namun ada beberapa hal yang menjadi catatan saya sebagai refleksi untuk dilakukan perbaikan. Hal yang sudah baik adalah :
1. Guru melakukan pembelajaran pada anak usia dini melalui kegiatan permainan (bermain mengambil bola sesuai jumlah yang disebutkan guru)
2. Guru juga mengajarkan konsep bilangan melalui bernyanyi, siswa PAUD sangat senang mendengarkan dan melafalkan lagu-lagu
3. Guru memberikan apresiasi pada siswa yang berhasil dalam kegiatan belajarnya melalui pemberian stempel
4. Sebelum memberikan tugas kepada siswa, guru menjelaskan terlebih dahulu untuk memberikan pemahaman awal atas tugas yang akan dikerjakan siswa
Hal yang perlu menjadi perhatian sebagai perbaikan adalah :
1. Untuk mengenalkan konsep bilangan siswa seharusnya sebelumnya diajarkan nama dan bentuk bilangan melalui kartu angka
2. Dalam memberikan permainan, guru tidak memanggil siswa satu-satu karena akan membutuhkan waktu yang lama dan siswa akan bosan menunggu giliran, namun dapat dilakukan dengan pembagian siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian bola di bagi menjadi beberapa keranjang dan siswa diajak lomba mengambil bola sehingga tidak ada siswa yang tidak berkegiatan
3. Untuk siswa PAUD sebaiknya pengenalan konsep bilangan tidak melalui LKS, namun lebih kepada kegiatan-kegiatan praktik langsung dengan media-media yang menarik
4. Sebelum melakukan pembelajaran, guru melakukan pemetaan kesiapan belajar siswa sehingga tugas yang diberikan kepada siswa sesuai dengan kesiapan belajar masing-masing (siswa yang sudah mengenal konsep bilangan dengan baik dapat di berikan angka yang besar, sedangkan siswa yang kesiapan belajar masih rendah bisa di mulai dengan angka-angka kecil)
5. Terlihat dalam vidio siswa menulis dengan posisi tudur telungkup tanpa meja, hal ini kurang baik untuk pertumbuhan tulang belakang siswa dan harus dihindari.
nama : siti miladiyah
nim : 858837067
upjj : Ngunut Tulungagung
pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah cukup baik dengan mengajak anak untuk mengenal anak dengan menggunakan media bola plastik..akan tetapi sebelum melalukan pembelajaran guru seharusnya mengajak anak untuk berhitung bilangan 1-10,sehingga memberikan gambaran atau untuk meningat angka-angka,anak-anak kurang bersemangat dalam memberikan semangat kepada anak yang akan mengambil bola,setelah belajar menghitung dengan bola guru mengajak bernyayi dua mata saya ,melanjutkan pembelajaran mengenal angka dengan lembar tugas,menghitung spidol,anak yang sudah bisa berhitung diberi reward oleh guru untuk menyemangati siswa yang bisa berhitung
NAMA : FITRI WULANDARI
NIM : 858840097
KELAS : PG PAUD BI SEMESTER 3
POKJAR : JOYOBOYO
Menurut saya upaya guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah bagus, terlihat ketika anak-anak di suruh maju mengambil bola sesuai dengan angka yang di sebutkan oleh guru, kemudian anak-anak di ajak untuk bernyanyi dia mata saya, anak-anak bertepuk tangan sesuai dengan angka yang di sebutkan guru, terlihat juga ketika anak-anak menghitung jumlah gambar dan melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar, menerut pendapat saya dari mengamatan vidio di atas sebaiknya sebelum memulai permainan terlebih dahulu anak- anak di kenalkan angka dengan bermain menggunakan kartu angka atau dengan cara mengenalkan konsep bilangan dengan benda-benda yang ada di sekitar supaya anak tidak bosan, terlihat di vidio di atas anak-anak di panggil satu-satu untuk mengambil bola.
NAMA : RABIATUL ADAWIYAH
NIM : 859169462
PROGRAM STUDI : PGPAUD
UPBJJ : MATARAM
Hasil analisis vidio tentang : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Dalam pembelajaran yang diperlihatkan dalam vidio tersebut, ada beberapa hal yang sudah baik namun ada beberapa hal yang menjadi catatan saya sebagai refleksi untuk dilakukan perbaikan. Hal yang sudah baik adalah :
1. Guru melakukan pembelajaran pada anak usia dini melalui kegiatan permainan (bermain mengambil bola sesuai jumlah yang disebutkan guru)
2. Guru juga mengajarkan konsep bilangan melalui bernyanyi, siswa PAUD sangat senang mendengarkan dan melafalkan lagu-lagu
3. Guru memberikan apresiasi pada siswa yang berhasil dalam kegiatan belajarnya melalui pemberian stempel
4. Sebelum memberikan tugas kepada siswa, guru menjelaskan terlebih dahulu untuk memberikan pemahaman awal atas tugas yang akan dikerjakan siswa
Hal yang perlu menjadi perhatian sebagai perbaikan adalah :
1. Untuk mengenalkan konsep bilangan siswa seharusnya sebelumnya diajarkan nama dan bentuk bilangan melalui kartu angka
2. Dalam memberikan permainan, guru tidak memanggil siswa satu-satu karena akan membutuhkan waktu yang lama dan siswa akan bosan menunggu giliran, namun dapat dilakukan dengan pembagian siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian bola di bagi menjadi beberapa keranjang dan siswa diajak lomba mengambil bola sehingga tidak ada siswa yang tidak berkegiatan
3. Untuk siswa PAUD sebaiknya pengenalan konsep bilangan tidak melalui LKS, namun lebih kepada kegiatan-kegiatan praktik langsung dengan media-media yang menarik
4. Sebelum melakukan pembelajaran, guru melakukan pemetaan kesiapan belajar siswa sehingga tugas yang diberikan kepada siswa sesuai dengan kesiapan belajar masing-masing (siswa yang sudah mengenal konsep bilangan dengan baik dapat di berikan angka yang besar, sedangkan siswa yang kesiapan belajar masih rendah bisa di mulai dengan angka-angka kecil)
5. Terlihat dalam vidio siswa menulis dengan posisi tudur telungkup tanpa meja, hal ini kurang baik untuk pertumbuhan tulang belakang siswa dan harus dihindari.
NAMA: HIKMAWATI
NIM: 859169201
Jurusan: S1PGPAUD
Setelah melihat vidio tersebut
menurut saya, cara guru dalam
mengenalkan konsep bilangan sudah bagus dan menarik, karna dalam melakukan pengenalan konsep bilangan, guru melakukannya dengan berbagai metode, serta menggunakan beberapa media, sehingga anak tidak terlalu bosan menerima pembelajaran.
Meski begitu guru juga seharusnya mengenalkan juga bayangan tentang bagaimana bentuk dari bilangan-bilangan tersebut agar lebih epektif dan menarik minat belajar anak.
Terima kasih.
Nama : Iwin Juwinah
NIM : 857486169
Jurusan : PGPAUD Masukan Sarjana
Berdasarkan video yang telah saya lihat tentang Anak Sulit Mengenal Lambang Bilangan, upaya guru mengajarakan mengenai konsep bilangan sudah bagus, yaitu dimulai dari ibu guru mengajak anak untuk bernyanyi mengenai konsep bilangan hal ini berguna untun mengkoneksikan pikiran anak dengan apa yang akan diajarkan oleh ibu gurunya, dalam hal ini pembelajaran mengenal lambang bilangan. Selanjutnya ibu guru memberikan penjelasan tentang menghitung banyaknya benda (disesuaikan dengan tema) kemudian mencocokan jumlah banyaknya benda dengan lambang bilangannya itu sudah benar. Hanya saja, menurut saya media yang ibu guru gunakan dalam tayangan video tersebut terlalu kecil sehingga bagi anak yang posisinya agak jauh dari papan tulis akan sulit melihat gambar yang ibu guru tunjukan. Alangkah baiknya jika gambarnya diperbesar sehingga memudahkan anak dalam melihat dan menghitung gambar yang ibu guru tunjukan. Selain itu, gambarnya kurang menarik karena tidak adanya warna pada gambar-gambar tersebut. Alangkah baiknya jika untuk mencontohkan di depan kelas, ibu guru menggunakan gambar yang berwarna supaya menarik minat anak dalam menghitung dan supaya anak lebih fokus dalam belajar.
Untuk Menambah fokus anak ketika guru menerangkan di papan tulis, alangkah baiknya jika di papan tulis tidak ada tulisan atau benda-benda lain selain media yang ibu guru gunakan. Jadi kalau masih ada tulisan di papan tulis yang tidak ada hubungannya dengan tema pembelajaran dihapus saja.
Belajar di PAUD itu Asyik dan Menyenangkan.
Belajar Sambil Bermain
Bermain Seraya Belajar
Nama : Devy Noerdyan Syah
NIM : 858835809
Program studi : S1 PG PAUD
Hasil analisin video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
Menurut pendapat saya, apa yang dilakukan pendidik pada video tersebut sudah cukup baik, dimana dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak pendidik menstimulasi anak dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti menggunakan media bola, bermain tepuk dan menyanyi. Tidak lupa pendidik juga memberikan reward kepada anak yang mampu menjawab dengan benar, hal ini juga dapat meningkatkan semangat dan rasa percaya diri pada anak agar lebih semangat dalam belajar. Namun ketika pendidik menjelaskan cara mengerjakan LKA sebaiknya pendidik memberikan contoh gambar yang lebih besar dan jelas agar anak bisa lebih tertarik dan memahami dengan baik apa yang dijelaskan oleh pendidik.