silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Minawati
Nim : 857239452
Prodi : Bi paud
Semester : 2
Assalamu’alaikum. Wr.wb
Setelah melihat video pembelajaran, menurut saya, guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik, dalam mengenalkan konsep bilngan kepada anak-anak. Guru juga mengajak anak untuk menghitung bola sesuai perintah, memberikan riwed berupa stempel, guru juga mengajak bernyanyi untuk meningkatkan konsentrasi pada anak.
Sebagai tambahan saja, guru hendaknya menyediakan tempat atau wadah untuk menyimpan bola yang sudah mereka hitung, guru juga hendaknya menggunakan kartu angka untuk mengenalkan lambang bilangan kepada anak-anak.
Nama : AMNUNATUN NAIMAH
NIM : 858746085
PRODI : PGPAUD S1 BI Semester 2
Dari video micro teaching diatas terlihat bagaimana cara guru megenalkan konsep bilangan pada anak sudah sangat bagus. Guru mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan media bola.lalu menyuruh anak mengambil bola tersebut sesuai dengan bilangan yang disebutkan guru. guru menghitung jumlah bola tersebut(itu sebaiknya anak disuruh menghitung bola yang diambil sendiri). Guru juga mengajak anak bernyanyi dan bertepuk tangan sebagai variasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan semangat anak dalam belajar. Kemudian guru juga memberitakan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak didiknya paham tentang konsep bilangan. Guru juga memberikan reward kepada anak berupa stempel tanda bintang ditangan agar anak lebih semangat lagi belajarnya.
Mungkin sebagai tambahan, sebaiknya guru menambah madia APE dalam pengenalan konsep bilangan. Misalnya dengan kartu angka atau puzlle angka.
Nama: Ni Putu Suprianti
NIM: 859032311
UPBJJ: Denpasar
Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan dan menbilang jumlah benda sudah bagus. Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Setelah itu anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Karena siswa jauh lebih mudah memahami sesuatu jika kita sebagai guru memberikan contoh langsung yang bisa dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari, apalagi siswa TK masih sangat suka belajar sambal bermain, bercerita, bernyanyi yang menjadikan pembelajaran lebih seru dan mudah dipahami oleh siswa. Guru tersebut juga memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.
NAMA : IMA MIRNAWATI
NIM : 858179478
PRODI : S1 PGPAUD SEMESTER 1
dari video “ SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN “ Menurut pendapat saya , Guru sudah bagus dalam mengenalkan anak dalam konsep bilangan dengan metode bermain sambil belajar.
Anak -anak antusian mengikuti permainan mengambil dan menghitung jumlah bola, dari kegiatan tersebut anak-anak bisa mengetahui bentuk bola itu bulat, anak juga bisa belajar mengenal warna dari bola tersebut, dan anak juga bisa belajar menghitung jumlah bola yang sudah diambil sesuai perintah guru. Guru juga memberi pujian kepada anak-anak yang sudah melakukan kegiatan , guru juga memberi bimbingan dan dukungan kepada anak jika bola yang diambil tidak sesuai perintah.
Guru juga mengajak anak mengenal konsep bilang dengan mengajak bernyanyi dan bertepuk ini bisa mempermudah anak untuk mengingat konsep bilangan dengan mudah , dengan cara tersebut anak menjadi antusias untuk belajar sambil bermain dan anak tidak mudah bosan dalam belajar.
Menurut pendapat saya, dalam mengajarakan anak “ mengenal konsep bilangan “ dengan cara tersebut sudah sangat bagus dan bisa menumbuhkan semangat anak dalam belajar sambil bermain. Namun alangkah baiknya jik guru menyuruh anak untuk menghitung sendiri jumlah bola yang sudah diambil agar anak-anak bisa mengetahui dan meningat jumlah konsep bilangan tersebut , apakah benar sesuai perintah guru atau tidak. Dan sebagi tambahan guru juga bisa membawa kartu angka , jadi setelah anak mengambil bola sesuai perintah guru , anak bisa menunjuk angka sesui perintah contoh tadikan Bu Guru menyuruh Ananda mengambil bola sejumlah 6 , tolong bu guru tunjukan angka 6 itu yang mana yah.! Dengan metode ini anak bisa mengenal, menyebutkan, dan membedakan bentuk angka.
Terima Kasih ..
Nama ; SITI SAMIATUN
NIM ; 857839004
Menurut saya guru sudah benar menerapkan konsep bilangan. Cara guru mengajarkan konsep bilangan dengan bermain, bernyanyi, dan bertepuk, anak-anak juga kondusif dalam pembelajaran yang di berikan oleh guru. Dalam mengetahui pemahaman siswa, guru memberikan tugas menghitung dan melingkari angka yang ada di dalam lingkaran. Supaya guru tau sejauh mana anak memahami konsep bilangan. Guru juga memberikan reward kepada anak berupa ucapan dan tepuk tangan
nama : puji widya kasih
NIM : 858850833
POKJAR : BATU
assalamualaikum wr wb
mohon ijin ikut menanggapi video ” sulit mengenal konsep bilangan ”
Konsep bilangan merupakan himpunan benda- benda atau angka yang dapat memberikan sebuah pengertian. konsep bilangan ini selalu dikaitkan dengan benda dan lambang bilangan.
kalau menurut saya , guru tersebut dalam mengajarkan konsep bilangan sudah bagus dan cukup beragam. akan tetapi fokus pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga kurang adanya interaksi pada anak- anak. anak anak cenderung hanya mendengarkan dan memperhatikan saja. Dan menurut saya pembelajaran yang dibuat guru tersebut kurang memperkenalkan lambang bilangan pada anak. alangkah baiknya jika pembelajaran yang telah dibuat meninggalkan kesan yang menyenangkan dan bermakna untuk anak.
misalnya : kita dapat membuat permainan yang melibatkan anak di dalamnya.
contoh permainannya :
1. Bermain engkek
cara bermainnya , kita dapat membuat kotak yang sudah bertuliskan angka 1-8 (misalnya ) kemudian kita buat 1 kelompok terdiri dari 2 anak. 1 anak yang melompat dan 1 lagi anak yang memberi instruksi kepada temannya untuk melompat ke nomor berapa. disana kita bisa mengamati dan melakukan asesmen kepada anak. ( sesbelum permainan dilakukan kita harus mengenalkan lambang bilangan terlebih dahulu kepada anak )
2. Bermain ular tangga
cara bermainnya , kita dapat membagi 1 kelompok terdiri dari 3 orang anak. kemudian secara bergantian melempar dadu dan melangkah . ( roni melempar dadu dan yang keluar 3 , roni harus melangkah 3 kotak )
terimakasih
Setelah saya melihat tayangan video tentang “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” pendapat saya tentang video tersebut yaitu dalam video tersebut guru sudah bagus dalam mengenalkan konsep angka kepada anak, yaitu bermain sambil belajar, mengajak anak-anak untuk menyanyi, bertepuk tangan, dan mengajak anak untung melingkari gambar angka sesuai dengan jumlah gambar.
Namun menurut saya alangkah baiknya jika sebelum mengajak anak-anak bermain untuk mengambil bola guru mengenalkan kepada anak tentang gambar-gambar angka terlebih dahulu, supaya anak lebih memahami tentang konsep bilangan.
Kemudian permainan yang dilakukan guru menurut pendapat saya juga kurang bervariasi.
Nama : Luluk Musyarofah
NIM : 858859023
Prodi : PGPAUD BI/semester 2
Judul : sulit mengenal konsep bilangan
Dalam video pembelajaran di atas guru dapat mengaitkan kegiatan anak dengan benda konkret yaitu berhitung pada bola yang diambil. Guru mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi atau tepuk dengan anak memperagakan secara langsung, kemudian guru menggunakan LK yang ada gambar sesuai angkanya dengan cara melingkari, setelah itu menggunakan media spidol untuk berhitung sesuai benda yang diambil. Setelah kegiatan selesai guru memberikan reaward pada anak yang sudah menyelesaikan kegiatan tersebut berupa setempel bintang pada tangan kanan dan kiri. Alangkah lebih baik guru mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan berbagai media yang menarik dan menyenangkan bagi anak seperti kartu angka.
Nama: Minawati
Nim : 857239452
Semester 2
Prodi : BI PAUD
Assalamu’alaikum.wr.wb
Dalam video, menurut saya guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik, dalam mengenalkan konsep bilangan. Guru melakukan permainan bola, dengan mengambil bola sesuai perintah, guru memberikan riwed berupa stempel, guru jga mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama. Sekedar masukan, hendaknya guru menyediakan tempat atau wadah untuk tempat mengumpulkan bola yang sudah di ambil oleh anak, guru juga sebaiknya mengenalkan lambang bilangan dengan kartu angka.
Video tentang “Sulit mengenal konsep bilangan” pada tayangan tersebut cara guru dalam mengenalkan bilangan ke anak-anak sudah sangat bagus. dapat kita lihat anak-anak sangat berantusias dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. ada beberapa media yang digunakan guru untuk membantu perkembangan kognitif anak mulai dari berhitung menggunakan bola,bernyanyi,bertepuk dan menghitung benda sesuai dengan jumlahnya pada lembar kerja anak. disini terlihat anak-anak sangat senang dan bergembira. apalagi guru memberikan reward berupa stempel bintang ditangan anak hal ini membuat anak-anak berantusias untuk mendapatkan reward bintang tersebut. sedikit masukan seharusnya ketika ibu guru menyuruh anak mengambil bola dari keranjang guru juga harus memberikan keranjang kosong ke anak tersebut agar ketika ibu guru menyebutkan berapa banyak yang harus diambil sedikit atau banyak anak-anak tidak kesulitan saat memegang bola.
Terima kasih.