silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Nada Purnama Sari
    NIM : 858303353
    Jurusan : PGPAUD-S1
    UPBJJ : Banjarmasin

    Menurut saya, setelah saya mengamati video seri pembelajaran pengembangan Kognitif PAUD dengan judul ” Sulit mengenal Konsep Bilangan”, terlihat bahwa guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sudah baik dengan memakai alat peraga yang dibutuhkan untuk memudahkan guru dalam penyampaian pembelajaran kepada anak. Serta menggunakan konsep membilang jumlah benda dengan permainan. Setelah itu anak diberikan kegiatan main guru tersebut memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.
    Untuk anak PAUD sebaiknya pengenalan konsep bilangan tidak melalui LKS, namun lebih kepada kegiatan praktik langsung dengan media yamg menarik

  2. Nama Widasti
    Jurusan PGPAUD
    Menurut saya, cara guru mengenalkan konsep bilangan untuk mengembangkan kognitif anak sudah bagus, yaitu dengan cara menghitung bola, bernyanyi, dan bertepuk tangan. Guru juga memberikan tugas kepada anak, untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan. Cara guru memberi reward bintang kepada anak yang dapat menghitung benda juga sudah bagus supaya anak-anak lebih semangat untuk belajar.tapi menurut saya, sebaiknya guru mengenalkan angka terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan, dan angkanya pun dikasih warna biar menarik di samping itu anak-anak juga bisa mengenal warna.

  3. Nama: Nurnaningsih (859170127
    Tugas : Metode pengembangan kognitif
    Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan sudah bagus karena guru selalu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran siswa lebih aktif saat belajar sambil Bermain menjadi lebih menyenangkan dan guru tidak lupa memberikan reward berupa pemberian tanda Bintang kepada anak yang dapat membilang dengan benar.

  4. NAMA : ANIAN RAHMI
    NIM : 859169645
    Prodi : PGPAUD-S1
    UPBJJ : 78/MATARAm

    setelah melihat vidio tentang anak yang sulit mengenal bilangan, menurut saya apa yang dilakukan oleh pendidik dalam menstimulasi anak sudah bagus, karena menggunkan media yang menarik bagi anak dan juga mengajak anak bernyanyi, bertepuk-tepuk tangan dan juga memberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak tentang bilangan. kemudian juga pendidik memberikan reward kepada anak yang bisa menyebutkan bilangan yang di berikan oleh pendidik yaitu berupa stempel bintang pada tangan anak.
    tetapi masih ada anak yang kurang antusias dalam pelajaran tersebut. mungkin pendidik bisa menggunakan media atau lagu yang lebih menarik agar semua anak-anak bisa ikut bernyanyi dan berhitung.

  5. Nama : ROHMIATI
    Nim : 859170664
    Jurusan : PG-PAUD
    Komentar : menurut saya cara guru dalam mengenalkan anak konsep bilangan sudah sngat baik,, dalam video guru mengajak anak untuk menghitung jumlah bola dalam keranjang sehingga anak bisa berhitung secara urut dan mengetahui berapa banyak bola yang ada dalam keranjang. disini guru melatih perkembangan kognitif anak dalam mengenal jumlah bilangan. Dalam video guru juga menyuruh anak untuk mengambil bola dengan jumlah yang ditentukan oleh guru, dan dengan metode demikian anak akan terlatih perkembangan kognitifnya, yaitu bisa berhitung sesuai dengan jumlah yang diminta guru.
    Banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak,salah satunya dengan tepuk tepuk dan lagu yang mudah dipahami anak,, seperti dalam video terlihat guru mengajak anak menyanyikan lagu dua mata saya dan tepuk tepuk untuk melatih perkembangan kognitif anak sehingga anak bisa mengenal jumlah dan angka dari lagu yang dinyanyikan tersebut. selain dengan lagu dan tepuk tepuk anak juga dapat dilatih dalam mengenal konsep bilangan dengan memberikan anak lembar kerja untuk memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangan dan melingkari lambang bilangan yang sesuai dengan benda yang dilihat, disini anak udah bisa melatih kemampuan berfikirnya untuk menyocokkan lambang bilangan dengan benda yang ada. Untuk lebih memotivasi anak dalam belajar , guru bisa memberikan penguatan berupa stempel bintang yang diberikan kepada anak setelah menyelesaikan tugas /latihan yang diberikan oleh guru yang berupa lembar kegiatan yang dikerjakan untuk mencocokkan benda dengan lambang bilangan. Dari keseluruhan video yang sudah ditayangkan dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif anak akan terasah secara baik jika diberikan latihan atau stimulasi stimulasi yang baik mulai dari usia dini sesering dan semenyenangkan mungkin, sehingga anak bisa mengembangkan kemampuan kognitifnya sesuai umurnya dengan maksimal.

  6. Nama : Erfin karuniawati
    NIM : 858842338
    Prodi : S1 PAUD (Pokjar Joyoboyo Kota Kediri)

     Judul video Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Menurut saya, teknik guru dalam mengenalkan konsep bilangan sudah bagus. Beberapa teknik mengenalkan anak dengan konsep bilangan dalam video tersebut yaitu :
    – Guru membuat game / permainan dengan bola sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan
    – Guru mengajak anak membilang dengan bernyanyi dan tepuk.
    – Guru memberikan lembar kerja berupa memasangkan / melingkari benda dengan lambang bilangannya.

     Kelebihan pembelajaran dalam video
    – Guru sudah menggunakan teknik dan alat peraga yang menarik untuk anak yaitu bola dan spidol warna.
    – Pembelajarannya sesuai dengan materi yang disampaikan.
    – Pengenalan konsep bilangan dengan bernyanyi dan bertepuk.
    – Memberikan lembar kerja untuk mengetahui tercapai atau belum metode yang digunakan guru untuk mengenalkan konsep bilangan.
    – Pemberian penguatan berupa stempel bintang untuk anak yang berhasil menyelesaikan game dari guru

     Kelemahan pembelajaran dalam video
    – Tidak memberi kesempatan semua anak untuk menghitung sendiri di depan kelas.
    – Anak hanya sebagai pendengar.
    – Guru yang belum kurang fokus pada anak saat proses pembelajaran.

  7. Nama:mustini
    Nim:859170403
    Jurusan:SPGPAUDS1
    Menurut saya Cara guru mengenalkan konsep bilangan dan membilang jumah benda sudah bagus.karena di lakukan dengan permainan bola, bernyayi dan tepuk tangan setelah itu anak di berikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang di berikan guru. Guru juga harus memberikan tanda bintang kepada anak yang dapat membilang dengan benar. saran saya untuk penggunaan media lebih beragam,bervariasi dan memilih permainan yang menyenangkan.

  8. NAMA : Rini Rabiatul Adawiyah
    NIM : 859171967
    PRODI : PGPAUD
    Mata kuliah : Metode Pengembangan
    Kognitif

    Menurut pendapat saya cara guru di dalam video tersebut dalam mengenal konsep bilangan kepada anak didik sudah bagus media yang digunakan cukup menarik untuk anak, guru menggunakan berbagai media yang ada seperti bola, spidol, serta mengerjakan bilangan melalui bernyanyi dan tepuk tangan, guru juga memberi reward stempel bintang kepada anak yang bisa menyebut jumlah bilangan dengan benar.
    Saran saya sebaiknya guru bisa menggunakan cara yang lebih bervariasi supaya anak-anak tidak bosan dan jenuh, sebaiknya anak bisa terlebih dahulu diperlihatkan bentuk-bentuk dari angka-angka seperti bentuk angka 1 itu seperti apa, angka 2 seperti apa dan seterusnya agar anak lebih jelas dan anak dapat memahami tentang konsep bilangan dengan mudah. Setelah itu anak bisa diajak bermain kartu angka yang disembunyikan oleh guru kemudian anak diminta untuk mencarinya setelah itu anak dapat menyebutkan angka pada kartu tersebut yang telah di temukan.

  9. Nama : Dini Hariyani
    Nim : 859170893 S1 PG PAUD BI
    Menurut pendapat saya strategi yang digunakan oleh guru untuk memperkenalkan konsep bilangan pada anak didik sudah sangat baik, yaitu dengan mengajak langsung anak-anak dalam berinteraksi bermain sambil belajar, salah satunya dengan cara anak-anak diajak berhitung dengan mengambil bola sesuai dengan angka yang disebut oleh guru. Anak-anak juga diajak bernyanyi dan bertepuk sesuai dengan materi yaitu mengenal konsep angka.
    Setelah itu anak-anak diberikan tugas sejauh mana anak-anak mengerti dengan materi yang telah dipelajari dengan membuat angka sesuai dengan jumlah gambar yang berikan kemudian anak-anak akan diberikan reward bintang agar anak- anak lebih bersemangat dalam belajar.
    Akan tetapi di pengalaman saya mengajar sebagian anak-anak sudah bisa menyebutkan angka tapi belum bisa mengenal bentuk dari angka yang disebutkan. Sekian terimakasih.

  10. Menurut saya dlm mengenal konsep bilagan upaya guru tersebut di atas sangatlah bagus karna dengan cara seperti itu dapat menguatkan daya pikir anak,dengan mengajak anak membilang dengan alat peraga seperti: permainan bola, bertepuk dan memberikn tugas berupa lembaran kerja untuk memasangkan benda tsb sesuai dengan bilangannya,selain anak bisa mengenal benda anak juga dapat menjumlahkan benda yang ia mainkan
    Dan kalau bisa Bu guru dapat mengunakan alat peraga yang sedikit besar dan berwarna warni untuk menarik perhatian anak

Leave a Reply