Similar Posts
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Nama : Nafisatul Mukarromah
Nim. : 858815839
Kelas. : PGSD-A (Semester 6)
Dalam vidio tsb terlihat siswa sedang membaca sebuah buku bacaan / cerita, dan terlihat dalam vidio tersebut para siswa tampak bingung dengan apa yang mereka baca. Dan benar yang terjadi, saat selesai baca dan guru menunjuk untuk siswa maju dan menceritakan ulang tentang apa yang dibaca, tidak ada siswa yang berani maju kedepan. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang memahami inti masalah dari sebuah bacaan yang mereka baca.
– solusi untuk hal tsb siswa membutuhkan pemahaman kosa kata, daya tangkap terhadap suatu inti cerita berdasarkan daya nalar siswa. Hal tsb membutuhkan banyak latihan membaca dan menulis ulang apa yg siswa baca sebagai dasar siswa untuk dalam menentukan inti dari sebuat bacaan.
Dan juga, seorang guru bisa memberikan bahan bacaan yang mudah dipahami, semisal contoh seorang guru membuat bacaan / cerita yang di ambil dari kehidupan sekitar para siswa. Dan setelah memberikan bacaan tsb , hendaknya seorang guru memberikan petunjuk pada siswa apa saja yang harus dilakukan saat membaca contohnya memberikan pertanyaan-pertayaan atau hal-hal apa yang harus dikerjakan setelah membaca.
Bisa dilihat dalam vidio tersebut, setelah guru melakukan hal tsb, para siswa menjadi mudah memahami ttg apa ia baca, dan bahkan siswa berani untuk menceritakan ulang dan mengungkapkan apa yang mereka pelajari dalam bacaan tsb di depan kelas.
NAMA : SANDHI ARIYANI SETYANINGRUM
NIM : 858857155
Di dalam video terlihat semua peserta didik yang ada dikelas membaca dengan seksama, namun ketika Ibu guru meminta peserta didik untuk maju dan menceritakan kembali isi bacaan yang telah dibaca, tidak ada satu pun peserta didik yang berani mengangkat tangan ataupun bersedia maju kedepan untuk membacanya.
Hal yang bisa mempengaruhi peserta didik enggan untuk maju dan mengangkat tangan antara lain:
• Adanya rasa takut kepada guru,
• Kurangnya pemahaman isi bacaan,
• Kurangnya rasa percaya diri
Solusi yang bisa dilakukan antara lain:
• memberi motivasi kepada peserta didik,
• memberi apresiasi,
• memberikan buku bacaan yang tidak asing (legenda, dongeng) yang memiliki nilai moral.
• Buku bacaan bergambar yang menarik peserta didik untuk membacanya.
Dapat dilihat ketika Ibu guru mengganti buku cerita yang tidak asing dengan kehidupan peserta didik, dapat dengan mudah bercerita kembali di depan kelas dan mendapat apresiasi dari teman-temannya.
Nama : SUPIANI
NIM : 823922257
Menurut saya dari video pembelajaran “Yuk Bercerita Kepada Teman” diatas. Para peserta didik sepertinya masih binggung maksud dari cerita yang mereka baca. karena ketika guru menyuruh untuk mengulang apa yang mereka baca, tidak ada satupun peserta didik yang sudi untuk mengangkat tangan dan menjelaskan kedepan kelas. Bahkan guru tersebut menyebutkan nama salah satu peserta didik. Namun, mereka malah mengelengkan kepala enggan untuk mengulang apa yang mereka baca barusan.
Hal yang membuat peserta didik enggan untuk maju dan mengangkat tangan biasanya antara lain:
1. kurangnya memahami isi bacaan
2. kurangnya rasa percaya diri
Cara mengatasi masalah seperti video diatas yaitu,
1. Guru hendaknya mempersiapkan bahan bacaan berisikan tentang kehidupan sehari-hari yang ada disekitar lingkungan sekolah, yang membuat peserta didik mudah memahami maksud dari cerita yang telah ia baca.
2. Guru juga seharusnya memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai cerita yang akan dibaca oleh peserta didik. Sehingga peserta didik bisa lebih mengerti dan memahami tentang cerita tersebut.
3. Guru juga hendaknya memberikan Apresiasi dengan memberikan kesempatan peserta didik untuk mempresentasikan hasil bacaan mereka.
kesimpulan dari video diatas, setelah guru membuat cerita tentang kehidupan sehari-hari dan menjelaskan maksud dan tujuan serta permasalahan yang ada dalam cerita. peserta didik bisa lebih percaya diri tampil untuk menjelaskan tentang permasalahan yang telah terjadi dalam cerita tersebut. sehingga ketika ditanya tentang permasalahan yang terjadi didalam cerita mereka dengan cepat menjelaskannya dan tidak binggung dalam mempresentasikan hasil cerita yang telah mereka baca.
Nama : putri tri utami
nim : 856455201
prodi : S1 PGSD
berdasarkan video ”yuk bercerita kepada teman” di atas, dapat diketahui bahwa permasalahan yang dialami oleh siswa adalah ketidak mampuannya dalam menceritakan kembali cerita yang telah dibacanya dari sebuah buku. hal ini dapat disebabkan karna beberapa faktor , yaitu :
1. siswa tersebut takut akan guru tersebut
2. siswa tersebut kurang dapat memahami isi dari cerita
3. kurangnya rasa percaya diri yang menyebabkan dirinya enggan untuk tampil ke depan dan bercerita
ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru tersebut untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu :
a. mengarang cerita sendiri yang lebih dekat dengan kehidupan siswa, hal ini bertujuan agar siswa dapat dengan mudah memahami cerita sehingga isi maupun pesan yang ingin disampaikan dari certa tersebut pun akan dengan mudah diterima dan diaplikasilannya dalam kehidupan sehari-hari
b. apabila cerita tersebut terlihat asing bagi siswa, hendaklah guru menjelaskan terlebih dahulu cerita tersebut, barulah kemudian meminta siswa untuk bercerta kembali, hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami isi dari cerita tersebut.
c. guru memberikan motivasi serta apresiasi kepada siswa yang bertujuan agar meningkatkan rasa percaya diri kepada siswa untuk dapat bercerta di depan kelas.
berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada siswa yaitu :
– dengan memberikan tepuk tangan kepada mereka yang telah berani untuk maju dan mengutarakan pendapatnya
– memberikan hadiah yang akan semakin mendorong siswa
dengan catatan dalam mengutaraka pendapatnya, biarkan dahulu siswa tersebut mengutarakan pendapat mereka dalam bahasa mereka sendiri, apabila terdapat kesalahan dalam memberikan tanggapan tetaplah memberikan apresiasi kepadanya guru memberikan arahan serta bimbingan di akhir dengan tidak menjatuhkan mental dari siswa, hal ini bertujuan agar siswa tersebut merasa dihargai dan tidak trauma dan tidak merasa takut salah apabila diminta untuk memberikan tanggapannya kembali
Nama : Putri Tri Utami
Nim : 856455201
Prodi : S1 PGSD
berdasarkan video ”yuk bercerita kepada teman” di atas, dapat diketahui bahwa permasalahan yang dialami oleh siswa adalah ketidak mampuannya dalam menceritakan kembali cerita yang telah dibacanya dari sebuah buku. hal ini dapat disebabkan karna beberapa faktor , yaitu :
1. siswa tersebut takut akan guru tersebut
2. siswa tersebut kurang dapat memahami isi dari cerita
3. kurangnya rasa percaya diri yang menyebabkan dirinya enggan untuk tampil ke depan dan bercerita
ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru tersebut untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu :
• mengarang cerita sendiri yang lebih dekat dengan kehidupan siswa, hal ini bertujuan agar siswa dapat dengan mudah memahami cerita sehingga isi maupun pesan yang ingin disampaikan dari certa tersebut pun akan dengan mudah diterima dan diaplikasilannya dalam kehidupan sehari-hari
• apabila cerita tersebut terlihat asing bagi siswa, hendaklah guru menjelaskan terlebih dahulu cerita tersebut, barulah kemudian meminta siswa untuk bercerta kembali, hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami isi dari cerita tersebut.
• guru memberikan motivasi serta apresiasi kepada siswa yang bertujuan agar meningkatkan rasa percaya diri kepada siswa untuk dapat bercerta di depan kelas.
berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada siswa yaitu :
– dengan memberikan tepuk tangan kepada mereka yang telah berani untuk maju dan mengutarakan pendapatnya. Dengan catatan dalam mengutarakan pendapatnya, biarkan dahulu siswa tersebut mengutarakan pendapat mereka dalam bahasa mereka sendiri, apabila terdapat kesalahan dalam memberikan tanggapan tetaplah memberikan apresiasi kepadanya guru memberikan arahan serta bimbingan di akhir dengan tidak menjatuhkan mental dari siswa, hal ini bertujuan agar siswa tersebut merasa dihargai dan tidak trauma dan tidak merasa takut salah apabila diminta untuk memberikan tanggapannya kembali
– memberikan hadiah yang akan semakin mendorong siswa
Nama : Nabila Anggraeni
Nim : 858820239
Kelas : PGSD-A (Semester 6)
Di awal video tersebut, terlihat semua siswa membaca buku bacaan dengan antusias. Namun, saat diminta guru untuk menceritakan isi dari buku bacaan yang sudah dibaca, siswa mengalami kesulitan.
Hal tersebut dapat disebabkan oleh :
-siswa tidak memahami buku bacaan yang sedang dibaca
-siswa tidak percaya diri untuk maju ke depan, karena takut salah
Solusi untuk menangani masalah diatas adalah dengan :
-sesuai dengan solusi pada video, yaitu guru memberikan bacaan yang sesuai atau berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, seperti cerita liburan semester atau kegiatan sehari-hari dari bangun tidur sampai tidur di malam hari
-guru memberikan motivasi kepada siswa untuk percaya diri dan mengapresiasi kepada siswa yang berani maju ke depan
Hal lain, yang perlu diperbaiki dari video pembelajaran diatas adalah pembawaan guru, seharusnya guru membawakan pelajaran dengan seru dan menyenangkan. Seperti, memulai pembelajaran dengan salam dan menanyakan kabar siswa, memberikan beberapa ice breaking seperti tepuk semangat
Demikian pendapat saya terkait video pembelajaran diatas. Terima Kasih.
Nama : Nabila Anggreni
Nim : 858820239
Kelas : PGSD-A (Semester 6)
Di awal video tersebut, dapat dilihat siswa tidak mau saat diminta guru untuk maju ke depan.
Hal tersebut dapat disebabkan karena :
-siswa tidak memahami buku bacaan yang sedang dibaca
-siswa tidak percaya diri untuk maju ke depan dan menyampaikan pendapatnya karena takut salah
Solusi dari hal diatas adalah sebagai berikut:
-solusi dari video diatas sudah tepat, yaitu guru menyiapkan bahan bacaan yang sesuai atau berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, seperti cerita tentang liburan semester atau cerita tentang kegiatan sehari-hari dari bangun tidur sampai tidur di malam hari
-guru memberikan motivasi dan pujian kepada siswa yang berani maju baik jawabannya salah atau benar, seperti “wah hebat, kamu sudah berani maju. Terima Kasih”
Hal lain yang perlu dibenahi dari video diatas adalah pembawaan guru, seharusnya guru membawakan pembelajaran dengan seru dan menyenangkan. Seperti membuka pembelajaran dengan salam dan menanyakan kabar siswa dan memberikan beberapa ice breaking seperti tepuk semangat
Demikian pendapat saya terhdapat video pembelajaran diatas. Terima Kasih.
Nama : M As’ad
Nim. : 858035719
Kelas. : PGSD-A (Semester 8)
Dalam vidio tsb terlihat siswa sedang membaca sebuah buku bacaan / cerita, dan terlihat dalam vidio tersebut para siswa tampak bingung dengan apa yang mereka baca. Dan benar yang terjadi, saat selesai baca dan guru menunjuk untuk siswa maju dan menceritakan ulang tentang apa yang dibaca, tidak ada siswa yang berani maju kedepan. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang memahami inti masalah dari sebuah bacaan yang mereka baca.
– solusi untuk hal tsb siswa membutuhkan pemahaman kosa kata, daya tangkap terhadap suatu inti cerita berdasarkan daya nalar siswa. Hal tsb membutuhkan banyak latihan membaca dan menulis ulang apa yg siswa baca sebagai dasar siswa untuk dalam menentukan inti dari sebuat bacaan.
Dan juga, seorang guru bisa memberikan bahan bacaan yang mudah dipahami, semisal contoh seorang guru membuat bacaan / cerita yang di ambil dari kehidupan sekitar para siswa. Dan setelah memberikan bacaan tsb , hendaknya seorang guru memberikan petunjuk pada siswa apa saja yang harus dilakukan saat membaca contohnya memberikan pertanyaan-pertayaan atau hal-hal apa yang harus dikerjakan setelah membaca.
Nama : Ni Wayan Soma Ekasari
NIM : 859030561
Kls : PGSD A
Dari video diatas ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan yakni bagaimana strategi guru dalam mengajar untuk menumbuhkan suasana kelas yang intetaktif antara guru dan siswa. Di video awal ditampilkan bagaimana gurh mengajar dengan metode yang kaku dan tekstual, menggunakan semua apa yang ada pada buku sehingga tidak ada pembelajaran yang variatif dan kontekstual sehingga siswa menjadi kurang tertarik. Di video selanjutnya ditamlilkan guru mengganti metode yang digunakan yakni pembelajaran kontekstual tanpa mengubah inti pembelajaran yang termuat dalam pedoman pembelajaran hanya konteksnya saja yang dirubah, sehingga siswa menjadi tertarik karena siswa jadi ikut serta menvisualisasikan dalam pikirannya melalui apa yang ia baca sehingga inti cerita akan mudah melekat pada pikiran mereka. Ketika ia ditunjuk maka ia pun siap untuk menyampaikan permasalahan yang ia baca.
Nama : Ni Wayan Soma Ekasari
NIM : 859030561
Dari video diatas ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan yakni bagaimana strategi guru dalam mengajar untuk menumbuhkan suasana kelas yang intetaktif antara guru dan siswa. Di video awal ditampilkan bagaimana gurh mengajar dengan metode yang kaku dan tekstual, menggunakan semua apa yang ada pada buku sehingga tidak ada pembelajaran yang variatif dan kontekstual sehingga siswa menjadi kurang tertarik. Di video selanjutnya ditamlilkan guru mengganti metode yang digunakan yakni pembelajaran kontekstual tanpa mengubah inti pembelajaran yang termuat dalam pedoman pembelajaran hanya konteksnya saja yang dirubah, sehingga siswa menjadi tertarik karena siswa jadi ikut serta menvisualisasikan dalam pikirannya melalui apa yang ia baca sehingga inti cerita akan mudah melekat pada pikiran mereka. Ketika ia ditunjuk maka ia pun siap untuk menyampaikan permasalahan yang ia baca.