Similar Posts
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Nama : ISYROFA BERNADETA
NIM : 856986962
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
Prodi : S1 PGSD
Kekurangan
Kekurangan dari video tersebut adalah kurangnya minat siswa dalam membaca buku tersebut, dan guru tidak memberikan petunjuk kepada siswa apa yang harus dilakukan siswa saat membaca.
Kelebihan
Guru sudah berhasil memberikan bacaan yang sesuai untuk siswa. Sebelum memberikan tugas kepada siswa, guru telah memberikan petunjuk pada siswa apa yang harus dilakukan siswa saat membaca, sehingga siswa tertarik dengan bacaan tersebut dan siswa sudah dapat menyampaikan pendapatnya menggunakan bahasanya sendiri dengan baik sesuai dengan bacaan tersebut di depan teman-temannya.
Saran :
Saran saya, sebaiknya dalam memberikan sebuah bahan bacaan, hendaknya berisi tentang cerita yang dekat dengan siswa dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan sedikit kreativitas sehingga siswa akan tertarik untuk membacanya. Dan tidak lupa sebelum memberikan tugas, sebaiknya guru menjelaskan perintah atau petunjuk sehingga siswa akan paham.
Nama : Aulia Nisfu Ramadhan
NIM : 857319391
Upbjj : Bogor
Pokjar : Bogor Selatan
Prodi : S1 PGSD
Kekurangan
Kurangnya minat siswa dalam membaca buku tersebu dan guru tidak memberikan petunjuk kepada siswa apa yang harus dilakukan siswa saat membaca.
Kelebihan
Guru sudah berhasil memberikan bacaan yang sesuai untuk siswa. Sebelum memberikan tugas kepada siswa, guru telah memberikan petunjuk pada siswa apa yang harus dilakukan siswa saat membaca, sehingga siswa tertarik dengan bacaan tersebut dan siswa sudah dapat menyampaikan pendapatnya menggunakan bahasanya sendiri dengan baik sesuai dengan bacaan tersebut di depan teman-temannya.
Nama : Adelia Deka Pramadani
Nim : 858691924
Kekurangan
Dalam video tersebut kurangnya minat siswa dalam pelaksanaan pembelajaran terlihat dari kurangnya keaktifan siswa saat menjawab dan konsentrasi siswa saat belajar
Kelebihan
Dalam pembelajaran tersebut guru sudah mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan materinya.
Nama : Amin Rohmatin
NIM : 858808944
Upbjj : UT Malang
Pokjar : Kab Kediri
Prodi : S1 PGSD
Kekurangan
Kekurangan dari video tersebut adalah siswa kurang bersemangat dan kehilangan minat dalam membaca buku tersebut.
Guru tidak memberikan petunjuk kepada siswa apa yang harus dilakukan siswa saat membaca.
siswa kurang aktif terlihat dari beberapa siswa yang ditunjuk enggan maju medepan
Kelebihan
Guru sudah berhasil memberikan bacaan yang sesuai untuk siswa. Sebelum memberikan tugas kepada siswa, guru telah memberikan petunjuk pada siswa apa yang harus dilakukan siswa saat membaca, sehingga siswa tertarik dengan bacaan tersebut dan siswa sudah dapat menyampaikan pendapatnya menggunakan bahasanya sendiri dengan baik sesuai dengan bacaan tersebut di depan teman-temannya.
Saran :
Saran saya, sebaiknya dalam memberikan sebuah bahan bacaan, hendaknya berisi tentang cerita yang dekat dengan siswa dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan sedikit kreativitas sehingga siswa akan tertarik untuk membacanya. Dan tidak lupa sebelum memberikan tugas, sebaiknya guru menjelaskan perintah atau petunjuk sehingga siswa akan paham.
Nama: Ijah Fitriana
NIM: 859763797
UPBJJ: Kendari
Video: Yuk, Bercerita Kepada Teman
Dari video yang saya simak, ada beberapa kelamahan yang saya temukan yaitu:
1. Narator lebih menekankan “memahami bacaan” sedangkan judul video menekankan bagaimana belajar bercerita atau menyampaikan pesan kepada orang lain berdasarkan apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan.
2. Belajar bercerita tidak hanya dapat dilakukan dari hasil kegiatan membaca bahan bacaan. Belajar bercerita juga dapat dilakukan melalui menyimak materi audio-visual yang, menurut saya, lebih menarik bagi siswa. Pertimbangan saya karena tidak semua siswa memiiki minat baca yang sama dan berbeda untuk pilihan tema bacaan.
3. Ketika guru meminta salah seorang siswa maju ke depan kelas untuk menceritakan apa yang dipahaminya dari bacaan, guru tidak memberian kesempatan bagi siswa lain untuk memberikan tanggapan pada apa yang disampaikan temannya di depan kelas.
Nama: Novita Sri Dewi Sinaga
NIM : 875530124
UPBJJ : Medan
Pokjar: Humbahas
Berikut hasil analisis video yang berjudul ” Yuk, bercerita dengan teman”
1. Reaksi siswa terhadap pelajaran menurut saya sudah aktif, diawal mereka mengikuti pelajarand dengan baik.
2. Kekurangan diawal video anak-anak membaca buku yang belum mereka pahami apa yang mereka baca dan masih bingung dengan materi yang akan di pelajari. karena guru hanya menyuruh untuk membaca buku yang mereka belum mengerti inti dari buku itu.
3. Kelebihan guru adalah, memberikan buku yang sesuai dan mudah dimengerti oleh anak-anak untuk dibaca sehingga mereka lebih mudah pahami dan menceritakan kembali isi dari buku tersebut dengan deiberikannya kesempatan oleh guru untuk menceritakannya kembali didepan kelas.
4. Hal unik yang ada di Video adalah, anak -anak antusias ketika diberikan buku yang mereka lebih mudah untuk mencerna
5. Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah, lebih banyak lagi memberikan buku disertai dengan media pembelajaran juga lebih banyak lagi memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalal pembelajaran.
Demikian yang bisa saya sampaikan. terimakasih.
Nama : Lia Tresnawati
NIM : 501232216
Menurut saya, metode mengajar guru sudah tepat dilakukan yang pada awalnya peserta didik diberikan buku yang sudah ada tetapi respon peserta didik tampak kurang antusias, kemudian diganti dengan teks yang berkaitan/terjadi di sekitar lingkungannya merupakan cara yang inovatif. Sehingga peserta didik seperti mengalami sendiri peristiwanya serta melalui pertanyaan-pertanyaan dan presentasi dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi tersebut. Hanya saja sedikit masukan alangkah lebih baik/indah jika teks yang disajikan disertai gambar sehingga lebih menarik.
Nama: Dita Rahayu
NIM: 858058121
UPBJJ: Pontianak
Video: Yuk, Bercerita Kepada Teman
Dari video yang disimak, hasil analisis video yang berjudul ” Yuk, Bercerita Kepada Teman ’’ sebagai berikut:
1. Narator lebih menekankan “memahami bacaan” sedangkan judul video menekankan bagaimana belajar bercerita atau menyampaikan pesan kepada orang lain berdasarkan apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan.
2. Belajar bercerita tidak hanya dapat dilakukan dari hasil kegiatan membaca bahan bacaan. Belajar bercerita juga dapat dilakukan melalui menyimak materi audio-visual yang lebih menarik karena tidak semua siswa memiiki minat baca yang sama dan berbeda untuk pilihan tema bacaan.
3. Ketika guru meminta salah seorang siswa maju ke depan kelas untuk menceritakan apa yang dipahaminya dari bacaan, guru tidak memberikan kesempatan bagi siswa lain untuk memberikan tanggapan pada apa yang disampaikan temannya di depan kelas.
Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah lebih banyak lagi memberikan sebuah bahan bacaan yang berisi tentang cerita yang dekat dengan siswa dalam kehidupan sehari-hari disertai dengan media pembelajaran sesuai kreativitas guru sehingga siswa akan tertarik untuk membacanya. Guru juga seharusnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran.
Nama: Dita Rahayu
NIM: 858058121
UPBJJ: Pontianak
Video: Yuk, Bercerita Kepada Teman
Dari video yang disimak, hasil analisis video yang berjudul ” Yuk, Bercerita Kepada Teman ’’ sebagai berikut:
1. Narator lebih menekankan “memahami bacaan” sedangkan judul video menekankan bagaimana belajar bercerita atau menyampaikan pesan kepada orang lain berdasarkan apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan.
2. Belajar bercerita tidak hanya dapat dilakukan dari hasil kegiatan membaca bahan bacaan. Belajar bercerita juga dapat dilakukan melalui menyimak materi audio-visual yang lebih menarik karena tidak semua siswa memiiki minat baca yang sama dan berbeda untuk pilihan tema bacaan.
3. Ketika guru meminta salah seorang siswa maju ke depan kelas untuk menceritakan apa yang dipahaminya dari bacaan, guru tidak memberikan kesempatan bagi siswa lain untuk memberikan tanggapan pada apa yang disampaikan temannya di depan kelas.
Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah lebih banyak lagi memberikan sebuah bahan bacaan yang berisi tentang cerita yang dekat dengan siswa dalam kehidupan sehari-hari disertai dengan media pembelajaran sesuai kreativitas guru sehingga siswa akan tertarik untuk membacanya. Guru juga seharusnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran.
Nama : Maria Riska
Nim : 858060357
UPBJJ : Pontianak
Pokjar : menjalin
Berikut analisis video menurut saya
Kekurangan
Kekurangan dari video tersebut adalah strategi dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang efektif, sehingga membuat peserta didik tidak memiliki motivasi dan keberanian untuk bercerita di depan kelas, hal ini disebabkan karena peserta didik tidak memahami cara menyimpulkan isi bacaan yang dibaca. Strategi kurang efektif yang dimaksud di sini adalah guru meminta peserta didik membaca buku cerita, kemudian guru meminta peserta didik menceritakan isi cerita yang dibaca di depan kelas dengan menunjuk peserta didik satu persatu tanpa menjelaskan terlebih dahulu langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyimpulkan isi bacaan, sehingga membuat peserta didik tidak ada yang bersedia maju ke depan untuk bercerita.
Kelebihan
Kelebihan dari video tersebut adalah guru sudah berhasil memberikan bahan bacaan yang sesuai untuk peserta didik. Bahan bacaan dengan tema kegiatan yang terjadi di sekitar lingkungan peserta didik membuat peserta didik tertarik dan mudah memahami isi bacaan. Sebelum memberikan tugas kepada peserta didik, guru terlebih dahulu memberikan petunjuk serta langkah-langkah yang akan dilakukan peserta didik, selain itu guru juga memberikan pertanyaan pemantik untuk cerita yang dibaca agar peserta didik mudah menyimpulkan isi bacaan dan peserta didik sudah mampu menyampaikan pendapatnya menggunakan bahasanya sendiri dengan baik dan sesuai dengan bacaan yang dibacanya di depan teman-temannya.
Saran
Saran saya, sebaiknya sebelum masuk dalam kegiatan pembelajaran terlebih dahulu guru memberikan motivasi kepada peserta didik dalam belajar dan mengamati kesiapan siswa dalam menerima pelajaran. Kelas sebaiknya dikondisikan terlebih dahulu agar peserta didik tidak sibuk berbincang dengan teman kelompoknya saat guru berbicara di depan. Selain itu, sebelum siswa ditugaskan membaca dan meminta mereka menceritakan kembali apa yang mereka baca, sebaiknya berikan pejelasan terlebih dahulu langkah-langkah yang akan dilakukan dalam menyimpulkan isi bacaan, dengan menyiapkan pertanyaan-pertanyaan penting yang berhubungan dengan inti dalam bacaan, sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan. Dengan demikian, tentu peserta didik akan lebih mudah memahami isi bacaan dan peserta didik akan siap untuk bercerita di depan karena sudah dibekali dengan penjelasan-penjelasan seputar cara menceritakan kembali isi bacaan di depan teman-teman sekelas.
Demikian pendapat saya mengenai video yang berjudul “yuk bercerita kepada teman”,, terimakasih