Sinopsis

Salah satu tantangan bagi guru IPS (ekonomi) adalah harus bisa menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pada video ini menggambarkan bahwa pada awal pembelajaran metode yang digunakan guru kurang dapat menjelaskan materi, sehingga guru perlu merubah metode yang digunakan dengan tayangan video ini kemudian siswa diminta untuk berdiskusi. Siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi Perekonomian Masyarakat Perkotaan dampaknya bagi Masyarakat Pedesaan. Pada video ini, siswa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa menjadi aktif. Video ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru IPS.

Similar Posts

2 Comments

  1. Nama : Purnaming Wulan Hastutiningsih, NIM: 045112501, Pendidikan Ekonomi.
    Assalamu’alaikum wr wb,
    Mohon Ijin dari video yang saya simak ini, ada 2 hal yang ingin saya komentari :
    1.yang pertama metode pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran merupakan salah satu media yang cukup berhasil untuk memberi pemahaman materi kepada siswa karena lebih menarik dan disertai ilustrasi, gambaran dan contoh yang jelas tentang materi dibanding hanya melihat buku sembari mendengar ceramah dari guru. Metode ini pun juga sudah sering saya praktikkan di pembelajaran kelas saya.
    2. Yang kedua, diawal pembelajaran, kurang adanya kalimat-kalimat pemantik dari guru, disertai gesture dan mimik yang kurang ekspresif sehingga suasana serta respon dari siswa pun terlihat kurang bersemangat dan pasif.
    3. Metode grup investigation dapat menjadi metode yang dapat dilakukan setelah siswa mendapat tayangan materi lewat video. metode grup investigation membuat para siswa aktif berduskusi dan mendapat beberapa ide pemikiran dalam membuat simpulan isi materi dan memecahkan masalah.

  2. Nama: Ananda Indra Firmana
    NIM: 049821904
    Prodi: Pendidikan Ekonomi

    1.Pembukaan kelas yang hanya terdiri dari salam dan pertanyaan langsung dapat membuat siswa bosan dan tidak mengerti karena hal tersebut tidak memberikan konteks yang cukup bagi siswa untuk memahami tujuan dan topik pembelajaran yang akan dibahas. Siswa membutuhkan informasi yang jelas dan terstruktur tentang apa yang akan mereka pelajari di kelas, serta bagaimana materi tersebut dapat membantu mereka dalam mencapai tujuan akademik mereka. Oleh karena itu, sebaiknya seorang pengajar memberikan konteks yang cukup sebelum memulai pembelajaran.

    2.Dalam video pemebelajaran tersebut menggunakan video presentasi sangat membantu siswa memahami materi dengan baik karena video dapat memberikan konten visual yang menarik dan lebih mudah dipahami daripada hanya membaca atau mendengarkan presentasi verbal. Berikut adalah beberapa alasan mengapa video presentasi dapat membantu siswa memahami materi dengan baik. konten visual yang menarik, pemahaman yang lebih baik, fleksibilitas dan aksesibilitas, serta mendukung pembelajaran yang berbeda. Penggunaan video presentasi dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan membantu siswa untuk lebih terlibat dan fokus pada pembelajaran.

    3.Pada video tersebut guru membuat grup investigasi yang dapat membantu siswa belajar dengan cara yang berbeda dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Grup ini terdiri dari siswa-siswa yang bekerja bersama untuk menyelidiki atau menyelidiki topik tertentu. Dalam kelompok investigasi, siswa dapat berkolaborasi dan berdiskusi tentang topik tertentu, yang dapat membantu mereka lebih memahami materi dan meningkatkan keterampilan sosial dan interpersonal mereka. Grup investigasi juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan riset dan metodologi penelitian. Selain itu, siswa dapat belajar tentang cara-cara yang berbeda untuk mengumpulkan data, menganalisis informasi, dan menjelaskan hasil yang didapat. Selain itu, kelompok investigasi dapat membantu siswa memecahkan masalah dan meningkatkan motivasi mereka untuk belajar. Grup investigasi dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan presentasi dan komunikasi mereka. Setelah selesai melakukan penyelidikan, siswa dapat mempresentasikan hasil penelitian mereka kepada kelas atau kelompok lain.

Leave a Reply