silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Christina Dewi Kusumawati
NIM : 858938018
Prodi : PG PAUD
Menurut pendapat saya, langkah perbaikan yang sudah dilakukan pada akhir scene video sudah baik. Terdapat beberapa hal tambahan yang dapat dilakukan antara lain :
– Sebelum melakukan pembelajaran, guru dapat mengajak peserta didik untuk melakukan ice breaking, dengan tujuan untuk membangkitkan semangat belajar anak dan memusatkan fokus anak kepada guru dan kepada kegiatan pembelajaran selanjutnya
– Guru dapat mengajak anak untuk bersama memilih kegiatan yang dilakukan. Dalam video tersebut, guru dapat mengajak anak untuk memilih bersama cerita yang ingin dibacakan, tentunya yang berhubungan dengan tema yang berkaitan dengan pembelajaran, sehingga anak mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhadap cerita yang dibacakan
– Sebelum melakukan pembelajaran, guru melakukan komitmen / kesepakatan bersama mengenai aturan-aturan yang harus ditaati oleh peserta didik, mengingatkan ulang tindakan yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan, dan menyepakati bersama reward dan punishment yang bisa didapatkan oleh peserta didik apabila melakukan atau melanggar kesepakatan bersama. Dalam melakukan sistem reward dan punishment, guru harus komitmen terhadap pelaksanaan ini, sehingga sistem ini dapat benar-benar menjadi suatu pembiasaan bagi murid, dan diharapkan dapat berdampak baik bagi murid.
– Ketika melakukan pembacaan cerita, guru dapat melakukannya dengan intonasi suara, gerakan dan mimik yang disesuaikan dengan cerita sehingga pembacaan cerita lebih menarik bagi peserta didik
Terdapat berbagai solusi dan antisipasi lainnya yang dapat dilakukan oleh guru. Ada tindakan yang bisa dilakukan, namun adapula tindakan yang tidak berhasil untuk kelompok anak tertentu. Guru hendaknya secara kontinu melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap proses pembelajarannya, sehingga guru dapat menemukan cara yang benar-benar efektif dilakukan di kelasnya, disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan murid, dengan tujuan capaian belajar siswa bisa lebih merata dan maksimal.
Nim:859288239
A. Judul: anak mengobrol dalam kelas
Nama pengembangan vidio:
Lokasi: dalam Kelas
Kelompok dalam vidio: TK
Ringkasan Materi: terlihat dari vidio di atas, guru sedang mengajar di dalam kelas. Ketika guru sedang membacakan cerita, ada anak yang fokus mendengarkan dan ada anak yang sedang mengobrol. Ketika guru itu menyadari kalau ada anak didiknya mengobrol disaat dia mengajar, guru tersebut menegur dan memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang serius mendengar pelajaran.
B. Iya guru melakukan asesmen.
Disaat mengajar, guru memperhatikan anak yang serius belajar dan tidak serius. Disitulah guru mulai memberikan penilaian.
C. Yang harus guru perbaiki adalah, memisahkan anak yang serius belajar dari anak yang mengobrol, guru harus mengubah cara belajar di kelas, guru jangan terlalu fokus di buku pelajaran tetapi guru harus memperhatikan anak didik.
Nim:859288239
A. Judul: anak mengobrol dalam kelas
Nama pengembangan vidio:
Lokasi: dalam Kelas
Kelompok dalam vidio: TK
Ringkasan Materi: terlihat dari vidio di atas, guru sedang mengajar di dalam kelas. Ketika guru sedang membacakan cerita, ada anak yang fokus mendengarkan dan ada anak yang sedang mengobrol. Ketika guru itu menyadari kalau ada anak didiknya mengobrol disaat dia mengajar, guru tersebut menegur dan memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang serius mendengar pelajaran.
B. Iya guru melakukan asesmen.
Disaat mengajar, guru memperhatikan anak yang serius belajar dan tidak serius. Disitulah guru mulai memberikan penilaian.
C. Yang harus guru perbaiki adalah, memisahkan anak yang serius belajar dari anak yang mengobrol, guru harus mengubah cara belajar di kelas, guru jangan terlalu fokus di buku pelajaran tetapi guru harus memperhatikan anak didik.
Nama : Elna Nofita
Nim : 856258933
Program studi : S1 PGPAUD
Baiklah,saya akan menanggapi Vidio di atas dimana di dalam Vidio tersebut guru telah berperan sebagai pendidik yaitu dapat dilihat dari guru bercerita ke pada anak dengan menggunakan suara yang lembut dan berusaha untuk menenangkan suasana kelas,tetapi cara atau proses pembelajaran yang digunakan oleh guru belum berkembang hanya menggunakan metode lama dan juga media yang digunakan belum cukup sehingga anak tidak tertarik dan fokus untuk belajar..
Terima Kasih……
Nama : Yuniatin
Nim. : 858671338
Prodi S1 PG PAUd
Menurut saya tanggapan dari video ” Anak Yang Ngobrol dikelas saat PBM”
Kelemahan
– Diawal pembelajaran tidak ada pembukaan dengan doa’
– Posisi duduk anak yang kurang teratur sehingga anak tidak fokus
Kelebihan
– Guru sudah bagus dalam memilih kegiatan bercerita dengan judukl binatang
– Guru juga menyebutkan tokoh dalam cerita yang disampaikan anak
– Guru sudah berupaya untuk memisahkan dan menenangkan anak yang ngomong sendiri dalam kegiatan bercerita.
Solusi
– Sebelum kegiatan bercerita hendaknya guru melakukan pembukaan dengan doa
– Mengubah strategi dalam pembelajaran di dalam kelas dengan mengubah posisi duduk melingkar atau melengkung
– Pisahkan anak yang suka mengobrol
– Menekankan anak supaya tidak mengulangi lagi apa yang sudah dilakukan dalam kegiatan belajar
– Membiarkan reward atau pujian supaya anak merasa senang.
–
NAMA: Yuniatin
NIM : 858671338
PRODI: S1 PG PAUd
Menurut tanggapan saya mengenai cerita ” Anak yang ngobrol dikelas saat PBM”
Kelemahan
– Guru tidak ada kegiatan awal dalam belajar
– Posisi duduk Anak yang kurang teratur
Kelebihan
– Guru sudah berupaya dalam bercerita tentang binatang dan sudah menyebutkan tokoh didalamnya
-Guru juga sudah melibatkan anak dalam kegiatan bercerita
Solusi
– Mengubah strategi dalam kegiatan belajar dengan mengubah posisi duduk Anak dengan melingkar dan sebelum kegiatan dimulai hendaknya ada kegiatan awal dengan berdoa
– Memidanakan anak yang suk mengobrol
– Menekan anak supaya tidak mengulangi kejadian yang sama
– Memberikan reward/pujian pada anak
–
Nama : Elli Setia Budi
Nim. : 858670121
Analisis video GPO
Judul : Anak ngobrol di kelas saat PBM.
• Menurut pendapat saya di dalam video tersebut langkah yang diambil oleh guru sudah benar, pada saat guru sedang membacakan cerita ada beberapa anak yang mau mendengarkan dan ada beberapa anak yang tidak mau mendengarkan yang asik ngobrol sendiri. Di situ guru langsung memberi tindakan yaitu dengan memberhentikan cerita sejenak saat ada anak yang asik ngobrol sendiri, guru memisahkan anak yang ngobrol sendiri untuk didekatkan kepadanya dan Memberikan reward pada anak yang tertib dalam kegiatan.
• Menurut saya ada beberapa hal yang harus diperbaiki yaitu:
1. Sebelum melakukan pembelajaran ajak anak untuk ice breaking terlebih dahulu (tepuk”, bernyanyi dll)
2. Mengatur tempat duduk (duduk melingkar mengelilingi karpet)
3. Mencari media menarik, misalnya dengan menggunakan laptop kemudian menunjukkan video-video animasi yang lucu yang menarik perhatian anak
4. Gunakan bahasa yang mudah di pahami anak
Nama : Dwi Yuni Indah Lestari
NIM : 858867701
Prodi : PG-PAUD BI
Beberapa hal yang bisa dianalisis dari video diatas :
1. Sebaiknya dilakukan pembukaan sebelum guru bercerita, dengan tepuk dan bernyanyi
2. Bisa dilakukan kesepakatan dengan murid tentang peraturan saat kegiaatn pembelajaran berlangsung
3. Tentukan konsekuensi apabila terjadi hal-hal yang melanggar kesepakatan
4. Gunakan media pendukung seperti boneka tangan utk menarik anak-anak agar fokus dengan cerita yang dibacakan guru
5. Libatkan anak, ketika ada anak yang mengobrol
6. Bisa dihentikan sementara ketika ada yang mengobrol dan menjelaskan pentingnya menghargai ketika orang lain sedang berbicara dengan cara mendengarkan dengan baik
Judul : anak yang mengobrol dikelas saat PBM
Menurut saya guru sudah mengupayakan pembelajaran agar kelas menjadi kondusif, akan tetapi alangkah baiknya sebelum bercerita didepan anak” guru bisa menguasai keadaan atau kelas terlebih dahulu. Melakukan ice breaking agar anak” lebih semangat dalam belajar.Kesepakatan bersama ketika ibu guru sedang bercerita, misalnya “siapa yang tidak mendengarkan Carita buguru nanti disuruh maju kedepan untuk bercerita”. Sebaiknya juga guru menggunakan media dalam bercerita semisal bonekan tangan atau menggunakan komputer/laptop untuk ditampilkan ke layar supaya anak konsentrasi dalam bercerita.
Judul : anak yang mengobrol dikelas saat PBM
Menurut saya guru sudah mengupayakan pembelajaran agar kelas menjadi kondusif, akan tetapi alangkah baiknya sebelum bercerita didepan anak” guru bisa menguasai keadaan atau kelas terlebih dahulu. Melakukan ice breaking agar anak” lebih semangat dalam belajar.Kesepakatan bersama ketika ibu guru sedang bercerita, misalnya “siapa yang tidak mendengarkan Carita buguru nanti disuruh maju kedepan untuk bercerita”. Sebaiknya juga guru menggunakan media dalam bercerita semisal bonekan tangan atau menggunakan komputer/laptop untuk ditampilkan ke layar supaya anak konsentrasi dalam bercerita.