Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. Nama : Nanda Amrini
    Nim : 856480631
    Prodi : PG Paud semester 2 masukan sarjana
    Judul : anak mengobrol saat PBM
    Penulis : Megawati Simanjuntak
    Lokasi : Ruangan kelas
    Kelompok AUD

    Dari video di atas dapat kita lihat ketika guru sedang melaksanakan PBM dengan metode bercerita anak tidak fokus dan mengobrol dengan teman teman nya, hal tersebut terjadi di sebabkan oleh berbagai faktor di antaranya sebagai berikut :
    1. Dalam penyajian PBM dengan menggunakan metode bercerita tidak menarik perhatian anak karena penyajian nya tidak kreatif dan nampak nya guru kurang menguasai cerita yan di sampaikan ke anak
    2. Pengelolaan kelas yang kurang kondusif sehingga anak kurang mendengar cerita yang di sajikan gurunya
    3. Guru tidak ada pembukaan yang menarik perhatian anak, intonasi guru datar dan suara nya kecil
    4. Tidak ada penjanjian kelas dengan anak seperti guru meminta anak menyimak apa yang di ceritakan guru
    5. Alat peraga guru terlalu kecil dan tidak dapat di akses secara jelas oleh anak
    Jadi dapat di simpulkan bahwa untuk melaksanakan PBM dengan metode bercerita tsb di atas guru harus memperhatikan dan menyajikan pembelajaran se kreatif mungkin dengan media yang bisa di liat seluruh anak, pengelolaan kelas yang bagus guru harus ekspresif dalam menyajikan cerita , intonasi yang jelas serta guru bias juga memberikan pujian ketika anak menyimak dengan tertib dan dapat menceritakan kembali cerita yang di sajikan guru

  2. Nama: Liya Nurcahyani
    Nim: 858734335
    Judul video: anak ngobrol dikelas saat pbm
    Menurut saya dalam video itu guru sudah bagus,menghampiri anak yang ngobrol sendiri.tetapi guru kurang dalam hal menata tempat duduk anak,seharusnya anak ditata tempat duduk biar anak dapat menyimak saat guru bercerita.contohnya anak di tata duduknya melingkar.Dan guru kurang menarik dalam metode saat bercerita seharusnya guru membawa alat peraga seperti boneka tangan biar anak tertarik.

  3. Nama : Vrima Habsari
    NIM : 857985512
    Prodi : PGPAUD
    Dunia anak masih seputar bermain dan saat bertemu dengan teman maunya mengobrol saja. Didalam video anak asyik mengobrol dengan temannya saat ibu guru bercerita dan akhirnya ibu guru memindahkan anak tersebut dekat ibu guru sudah benar . Agar kegiatan bisa berjalan dengan baik ibu guru bisa membuat kesepakatan bersama yaitu saat ibu guru bercerita anak- anak tidak boleh mengobrol dan posisi duduk anak diubah menjadi melingkar agar semua bisa melihat gambar yang ibu guru ceritakan dan saat bercerita ibu guru perlu melibatkan anak agar-anak anak tidak bosan dengan melakukan improvisasi dalam bentuk pertanyaan misalnya siapa nama tokohnya, apa yang dilakukan dsb atau bisa menyelipkan humor segar saat anak merasa bosan.

  4. Nama : Lilik intan herawati
    Nim : 859171168
    Jurusan :S1 PGPAUD BI

    Setelah melihat dan menelaah video tersebut, pertama-tama saya ingin mengomentari media yang digunakan oleh bu guru di dalam video ini, sebaiknya buku cerita yg digunakan bercerita ukurannya diperbesar lagi. Karena kalau ukurannya kecil seperti itu sudah jelas anak-anak tidak akan bisa melihat secara menyeluruh melainkan yg jelas melihat hanya di depan saja. Dan jika ada lcd proyektor, baiknya menggunakan itu saja. Dan yang kedua untuk aturan duduk para siswa. Sebaiknya menggunakan metode lingkaran kecil dengan buguru juga berada di dalam lingkaran tersebut agar tidak ada anak yg berada dibelakang buguru. Jika posisi duduk anak menggunakan lingkaran, saya rasa akan ada sedikit keefektifan dalam posisi ini karena kita bisa menjangkau dan melihat semua anak.
    Namun, tadi strategi yg digunakan buguru untuk menghentikan siswa yg mengobrol sendiri dengan cara mendekatinya dan berhenti bercerita sejenak sudah baik. Dan intonasi buguru dalam bercerita juga sudah nyaman untuk didengerkan anak.

  5. menurut yang saya lihat dari vidio tersebut ,bu guru nya sudah bagus, dalam mengatasi anak didik yang tidak pokus dalam mendengarkan cerita dari guru. hanya saja sebelum bercerita anak anak di ajak bermain dan bernyanyi dengan membuat lingkaran besar. setelah sudah fokus dalam lingkaran barulah muali dalam bercerita ,akan tetapi lebih bagus lagi bu guru membawa media cerita tersebut contohnya boneka atau yang lain -lainnya.di sela-sela cerita bu guru bisa memberikan pertanyaan -pertanyan pendek yang membuat anak menginggat ulang kembali .

  6. NAMA : ISMAWARTI
    NIM : 857979533
    PRODI : PG PAUD

    Assalamu’alaikum, mohon izin menanggapi video tersebut.
    Terima kasih, dengan saya kuliah di UT ini, saya menjadi tambah ilmu dan menambah banyak pengalaman saya, juga lebih khususnya adalah saya jadi mengetahui video video dari guru pintar online UT untuk referensi saya.
    Video tersebut sangat membantu saya dalam mendampingi kegiatan belajar anak anak di kelas. Karena beberapa anak yang mengobrol saat kegiatan pembelajaran tersebut sering kita temui, lebih lebih bahwa Anak Usia Dini itu memang daya konsentrasinya relatif pendek. Viideo tersebut bagus, strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi anak yang mengobrol saat pembelajaran adalah
    1. Guru menghentikan kegiatan cerita/ kegiatan untuk menenangkan suasana kelas.
    2. Memisahkan anak yang mengobrol dan anak yang sedang belajar.
    3. Memposisikan anak yang ngobrol didekatkan dengan Guru
    4. Melibatkan anak dalam cerita atau proses kegiatan pembelajaran
    5. Menekankan ke anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Memberi reward kepada anak yang sudah memperbaiki perilaku.
    Dari beberapa strategi tersebut bagus untuk diterapkan, namun menurut saya video tersebut juga ada beberapa yang perlu ditambahkan
    1. Perlu menampilkan awal persiapan saat mau cerita misalkan dengan model circle time.
    2. Ajak anak duduk melingkar sehingga dapat saling melihat satu sama lain, saling bisa menatap satu sama lainnya.
    3.Demonstrasi dulu menjelaskan ke anak jika Guru akan melakukan kegiatan cerita, lalu membuat aturan aturan bagi anak, anak belajar menjadi pendengar. Sikap mendengarkan orang saat berbicara.
    4. Kemudian Guru juga perlu membawa alat / benda yang bermakna yang menarik bagi anak. Contohnya Guru membawa APE binatang.
    5. Perlu juga guru menyiapkan yel yel sederhana atau nyanyian pendek yang menarik dalam membangun kembali konsentrasi anak.
    Demikian pendapat saya, Terima kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  7. Nama : Sri ropini
    Nim : 857166271
    PRODI : PG PAUD

    ASSALAMU’ALAIKUM WR WB……saya aka menanggapi video “ANAK NGOBROL DIKELAS SAAT PBM ”
    Menurut apa yang saya lihat divideo tersebut sering didalam kelas kita amati berbagai karakter pembawaan masing masing anak itu musti dipahami seorang guru dalam memulai pembelajaran situasi kelas , pemahaman anak yang musti kita pelajari terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan tersebut. anak mengobrol satu sama lain ketika guru sedang menjelaskan dengan kegiatan clasikal jadi anak dengan asiknya dengan sendirinya dengan berbagai karakter masing – masing . dengan keadaan seperti ini kita sebagai guru harus mengetahui bagaimana agar tidak terjadi ngobrol anak anak didalam kelas
    1. kegiatan guru agar menenangkan suasana kelas. jadikan semenarik mungkin ke anak agar minat menyimak kita sebagai model pembelajaran.
    2. pisahkan anak yang sedang ngobrol dengan anak yang tidak suka ngobrol bisa dikategorikan anak yang paham disiplin saat belajar.
    3. posisikan anak ngobrol untuk dekat dengan guru, agar terpantau perhatian nya darib guru.
    4. libatkan anak agar mengikuti kegiatan cerita . sehingga si anak tersebut semangat untuk pokus ketika belajar .
    5.tekan agar tidak mengulangi kejadian yang sama.
    6. berikan REWARD” agar anak semangat untuk mau mengikuti ketika berhasil mengikuti kegiatan bercerita atau kegiatan belajar.
    solusi yang disampaikan semoga bisa berhasil untuk mengikuti pembelajaran kbm semaksimal mungkin dengan berhasil jika menghadapi situasi seperti yang ada video tersebut.

  8. Nama: Yeti Desi sasetya
    Nim. :858852948
    Prodi : PGPAUD
    Assalamualaikum wr.wb
    Ijin menanggapi Vidio pembelajaran di atas,sebagai Guru tentu kita sering sekali mengalami permasalahan seperti Vidio di atas,dimana anak – anak sering ngobrol dan tidak fokus pada pembelajaran.seperti yang telah di lakukan Guru dalam video pembelajaran tersebut sangat membantu sekali untuk menambah pengetahuan dan penanganan saat pembelajaran.kita sebagai guru hendak nya harus dapat mengatasi segala hal yang akan terjadi dalam pembelajaran tentunya dalam permasalahan fokus pada pembelajaran.guru harus peduli dan tanggap terhadap anak- anak yang bermasalah pada emosional nya.dengan demikan anak dapat belajar dengan baik.

  9. NAMA : YOLITA SUFIA MAUBILA
    NIM : 859283208
    PRODI/SEMESTER : PG PAUD/ SEMESTER II
    POKJAR : KAB.KUPANG NTT

    Menurut pendapat saya, solusi bagi anak yang ngobrol saat kegiatan pembelajran dimulai adalah, sabaiknya ibu guru mengubah posisi duduk anak-anak menjadi bentuk lingkaran, agar anak-anak tidak melihat terus keatas. karena kalau mereka capek lehernya, pasti cepat bosan dan mencari aktifitas lain. selanjutnya, buat kesepakatan dalam mendengarkan cerita (missalnya, yang tenang mendengarkan cerita, setelah selesai sebentar bintangnya bertambah, supaya bisa mendapat hadiah di wisuda nanti). solusi yang berikut, berikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan apa saja menurut pengalamannya. ibu guru mengajak anak, bersama-sama tepuk konsentrasi dan mengarahkan anak-anak untuk duduk dengan tenang.

  10. Tanggapan saya pada video tersebut cara guru memang sudah benar cuma strategi pembelajarannya menurut saya masih kurang.. coba di situ di lampirkan dengan alat peraga yang sekiranya bisa menarik daya minat anak sehingga anak-anak tertarik untuk melakukan pembelajaran tersebut dan pastinya tidak membuat anak merasa bosan sehingga ia melakukan hal yang menurut ia tidak membosankan contohnya untuk ngobrol sendiri dengan teman”nya.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://wiki.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/