silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Tanggapan saya tentang video Aspek Kognitif yang berjudul ‘Anak sulit Berimajinasi saat Mengambar” pendidikan merupakan suatu rangkaian aktivitas yang didesain dengan berbagai perangkat penunjang dalam rangka mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri.
Dalam perkembangannya tujuan pendidikan seni meliputi aspek kognitif, afektif dan sikomotorik. salah satu konsep pendidikan seni yang pernah adalah Konsep Seni sebagai Imitasi
Menurut konsep ini yang dimaksud dengan kegiatan seni adalah kegiatan meniru alam, dan setiap hasil seni haruslah tiruan dari bentuk alam. Pandangan ini merupakan salah satu teori awal tentang konsep seni yang masih berlaku dalam proses keatif di dunia pendidikan seni (seni rupa).
Menurut saya mengenai video dengan judul anak sulit berimaginasi saat menggambar sudah sangat baik, dan untuk mengembangkan imajinasi anak guru melakuan beberapa cara sebagai berikut: Membebaskan anak untuk menggambarkan sesuai dengan imajinasinya dan minat anak, Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide -ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman untuk melihat lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah,Minta anak bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya, Guru melakukan tanya jawab mengenai hasil karya yang mereka buat dan tidak lupa guru harus mengapresiasi apapun hasil karya anak.
Tanggapan saya tentang video Aspek Kognitif yang berjudul ‘Anak sulit Berimajinasi saat Mengambar” pendidikan merupakan suatu rangkaian aktivitas yang didesain dengan berbagai perangkat penunjang dalam rangka mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri.
Dalam perkembangannya tujuan pendidikan seni meliputi aspek kognitif, afektif dan sikomotorik. salah satu konsep pendidikan seni yang pernah adalah Konsep Seni sebagai Imitasi
Menurut konsep ini yang dimaksud dengan kegiatan seni adalah kegiatan meniru alam, dan setiap hasil seni haruslah tiruan dari bentuk alam. Pandangan ini merupakan salah satu teori awal tentang konsep seni yang masih berlaku dalam proses keatif di dunia pendidikan seni (seni rupa).
Menurut saya mengenai video dengan judul anak sulit berimaginasi saat menggambar sudah sangat baik, dan untuk mengembangkan imajinasi anak guru melakuan beberapa cara sebagai berikut: memberi bebaskan anak untuk menggambarkan ,Guru menggali imajinasi anak dengan mengajak anak main dilingkungan sekolah , Guru melakukan menanyakan mengenai hasil gambar yang anak buat dan tidak lupa guru harus mengapresiasi apapun hasil karya anak.
Nama:Retno suci hartati
Nim: 858752706
pokjar :kota madiun
Menurut pendapat saya bahwa yang dilakukan bu guru dalam vidio tersebut sudah benar cara menstimulasi ide atau imajinasi untuk menggambar dengan mengajak anak keluar dihalaman sekolah dari situ anak bisa tau apa saja yang ada dihalaman dan membuat anak semakin banyak ide yang muncul dari situ anak akan lebih mudah untuk menggambar.
Nama : Salist Qurrotul Ainiyah
NIM : 858855588
Jurusan : PG PAUD (Pokjar Malang)
dalam video itu di paparkan beberapa masalah yang di temui seorang guru ketika mengajar yakni anak-anak yang sulit menggambaka sesuatu yang di pikirkan atau yg di imajinasikan, menurut saya apa yang di lakukan guru sudah benar, guru mengarahkan anak untuk menggambar bebas sesuai yang di inginkan dan di sukai, namun anak-anak usia tersebut masih kesulitan untuk memulai hal tersebut, oleh karena itu guru harus menstimulasi atau memnacing imajinasi anak dengan kata kunci yang memang kebanyakan di pikirkan oleh anak, seperti yang kita di lihat di video bisa dengan cara mengajak anak keluar kelas dan membebaskan anak menggambar objek yang di lihatnya, namun guru tetap harus mengarahkan, karena anak-anak cenderung meminta pendapat teman dan biasanya bersepakat untuk menggambar sesuatu yang sama.
Menurut pendapat saya setelah melihat vidio singkat tersebut pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah benar dengan melakukan atau memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya dengan cara mengajak anak-anak keluar kelas agar anak-anak bisa berimajinasi sesuai dengan apa yang mereka lihat disekitar lingkungan sekolah
Nama :Siti Khalimatul Hasanah
Nim : 858181926
Prodi : PG PAUD
Setelah melihat video pembelajaran tersebut. Menurut saya sudah bagus strategi untuk memantik kreativitas anak dalam berimajinasi menggambar.. Alangkah lebih bagus lagi jika guru tidak perlu memberikan contoh gambar di papan tulis/kertas. Biarkan anak menggambarkan sesuai imajinasinya sendiri-sendiri. Jadi mereka akan berusaha mengeksplorasi daya ingat mereka terhadap benda-benda yang telah dilihatnya di luar
Nama: husnia Ramadani(859414734)
Menurut saya Vidio di atas sangatlah bermanfaat bagi kami yang mendapati anak yang susah berimajinasi.
Karna memberikan anak kebebasan menggambar apa yng mereka fikirkan atau yang murid imajinasikan dan tehnik mengajar guru sangat baik krna menanyakan satu-persatu ke pada muridnya tentang apa yg mereka lihat dan ingin di gambar .
nama: Putri Rizki Maullidya
NIM: 857293471
studi: PGPAUD
menurut saya dalam video pembelajaran tersebut, dalam menstimulasi anak dalam kegiatan menggambar bebas sudah baik, karena disaat anak bingung atau cenderung untuk meniru sesuatu hal yang sama seperti yang dicontohkan oleh bu guru anak juga selalu berdiskusi dengan sesama teman untuk menggambar objek dan warna yang sama. dengan ibu guru mengajak anak untuk melihat lingkungan sekitar atau lingkungan disekitar sekolah dapat meningkatkan imajinasi anak dalam berkreativitas saat kegiatan menggambar bebas dikelas.
Nama : Septa Putri Hidayati
Nim : 858846478
Pokjar : Amanah Blitar Raya
Dalam video tersebut menunjukkan bahwa dunia anak anak, kemampuan berimajinasi sangatlah penting, karena dengan kemampuan berimajinasi anak memiliki kesempatan untuk menciptakan suatu objek. tanpa didukung oleh data yang nyata.dengan imajinasi anak bebas memikirkan sesuatu tanpa dibatasi oleh aturan yang mungkin tidak sesuai dengan keinginannya dan cenderung membosankan. Dimasa usia dini sebagian besar anak berimajinasi, jika terdapat anak yang kesulitan dalam berimajinasi maka harus di telaah lagi faktor dari penyebabnya. Biasanya anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi adalah anak yang kurang dalam pengalaman hidupnya. Guru sebagai pendidik di sekolah diharapkan dapat memberikan stimulasi yang tepat, yang merangsang anak sehingga dapat berimajinasi. Peran guru dalam membentuk imajinatif bagi anak, juga kejelasan tema pembelajaran, media yang digunakan. Pada kegiatan selanjutnya, guru hendaknya memberi penguatan pada anak yang berhasil berimajinasi. Dalam video tersebut telah disebutkan bagaimana cara yang dapat dilakukan para pendidik untuk memunculkan imajinasi anak yaitu ; memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: nurul Mutmainnah Mahmuda
Nim:859406239
Prodi: PGPAUD
Dalam video tersebut kita di perlihatkan dengan cara anak-anak menggambar dengan mengikuti arahan. Dan arahannya adalah ” menggambar bebas” tetapi kebanyakan anak-anak tidak mampu mengekspresikan imajinasinya ke dalam kertas hanya fokus dengan gambar yang di buat oleh ibu guru
Cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini “anak tidak mampu menuangkan imajinasinya ke dalam kertas” bisa dengan cara memfasilitasi anak atau mengajak anak keluar untuk melihat lingkungan sekitar
Hal ini sangatlah efektif untuk anak dalam mengembangkan imajinasinya dan dapat mengekspresikan apa yang mereka lihat