silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Miftakhul Ma’rifah
    858751481
    S1 PGPAUD BI Kota Madiun
    Menurut saya dalam vidio tersebut cara yang dilakukan guru sudah baik tetapi diharapkan sebelum guru menugaskan untuk menggambar guru melakukan pemantik salah satunya dengan cara bercerita dulu sehingga bisa dikatakan kalau cerita merupakan salah satu media yang baik untuk mengembangkan imajinasi anak. Imajinasi ini akan semakin bisa dipacu dari buku bacaan atau tontonan film, si Anak bukan hanya fokus pada ceritanya saja namun juga bisa berimajinasi.
    pajang Hasil karya anak sehingga anak-anakmemiliki rasa bangga terhadap karya yang dihasilkan.

  2. Vidio d atas menerangkan anak yang sulit berimajinasi saat menggambar
    menurut saya, vidio itu sudah membantu dan menarik, sudah sesuai dan bagus untuk pembelajan kami ke depanya. tetapi yang sring saya lakukan terlebih dahulu, jika anak- anak ada waktu kegiatan menggambar, kami terlebih dahulu untk mengajak ank-anak keluar kelas atau jalan-jalan dengan tujuan agar anak dapat melihat dan memiliki pengalaman langsung, dengan demikian dengan tidak sengaja anak sudah memilki imajinasi, setelah itu ank-ank kita tanyain apa yg merka lihat,lalu guru memberikan wakt udan perlengkapan/alat, anak suruh menggambar bebas sesuai yg mereka lihat dan menceritakan kembali apa yang d gambar dan dlihat

  3. nama :siti fatimah
    nim:857610109

    Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.
    Dari video tersebut yang menurut saya lebih baik anak-anak diberikan edukasi terlebih dalam mengeksplor lingkungan sekitar sehingga gambar tidak monoton menirukan gambar ibu guru.

  4. Alhamdulillah saya dapat inspirasi baru mengenai hal sulitnya berimajinasi menggambar, karena saya punya anak didik yang tidak bisa berimajinasi, tidak muncul sama sekaki. Biasanya saya memperlihatkan gambar-gambar yang aa disekitar, lalu saya juga menyuruh menjiplak benda/mainan yang ada dikelas seperti balik hewan, tumbuhan, kendaraan, saya juga pernah menyuruh dia membuat rumah dengan menjiplak balok, barangkali dia bisa terpancing dengan adanya gambar rumah disebelahnya. Ternyata memang dia belum bisa cara membuat gambar seperti pohon, rumah itu harus bagaimana dulu. Jadi saya memberikan contoh lalu dia menirukan disebelahnya.
    Terima kasih

  5. Alhamdulillah saya dapat inspirasi baru mengenai hal sulitnya berimajinasi menggambar, karena saya punya anak didik yang tidak bisa berimajinasi, tidak muncul sama sekaki. Biasanya saya memperlihatkan gambar-gambar yang aa disekitar, lalu saya juga menyuruh menjiplak benda/mainan yang ada dikelas seperti balik hewan, tumbuhan, kendaraan, saya juga pernah menyuruh dia membuat rumah dengan menjiplak balok, barangkali dia bisa terstimulasi dengan adanya gambar rumah disebelahnya. Ternyata memang dia belum bisa cara membuat gambar seperti pohon, rumah itu harus bagaimana dulu. Jadi saya memberikan contoh lalu dia menirukan disebelahnya.
    Terima kasih

  6. Nama : zenita liana wati
    Nim:858740923
    Alhamdulillah saya dapat inspirasi baru mengenai hal sulitnya berimajinasi menggambar, karena saya punya anak didik yang tidak bisa berimajinasi, tidak muncul sama sekaki. Biasanya saya memperlihatkan gambar-gambar yang aa disekitar, lalu saya juga menyuruh menjiplak benda/mainan yang ada dikelas seperti balik hewan, tumbuhan, kendaraan, saya juga pernah menyuruh dia membuat rumah dengan menjiplak balok, barangkali dia bisa terstimulasi dengan adanya gambar rumah disebelahnya. Ternyata memang dia belum bisa cara membuat gambar seperti pohon, rumah itu harus bagaimana dulu. Jadi saya memberikan contoh lalu dia menirukan disebelahnya.
    Terima kasih

  7. Nama : Nabila Maulida
    NIM : 857490524

    Menurut saya, cara guru dalam video diatas benar dan bagus karena sudah memberikan kesempatan anak untuk mengekspor imajinasinya dengan mengajak anak anak keluar kelas, guru juga sudah memberi kesempatan anak anak untuk mendapatkan ide ide dari apa yang dilihatnya, guru sudah memberikan pertanyaan kepada anak anak tentang apa saja yg dilihat dihalaman, kemudian mereka bisa menuangkan dalam gambar yang mereka buat. Namun guru juga seharusnya memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak, sesudah mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang di temukan dilapangan.

  8. Yang saya lihat dalam video, suasana kegiatan belajar mengajar yang menarik dan interaktif. Dengan langsung mengamati lingkungan sekitar, sehingga merangsang kedua otak peserta didik secara seimbang, dengan melibatkan partisipasi aktif setiap peserta didik berkembang secara optimal.
    Ketika anak bercerita tentang gambarnya, Guru dapat mengarahkan anak belajar membuat kesimpulan dengan kalimatnya sendiri meski dalam kalimat sederhana dari apa yang diamati anak melalui gambar tersebut, sehingga informasi yang anak peroleh dari hasil belajar sendiri akan diserap lebih lama, dan melalui metode ini anak juga akan berfikir kreatif dan berinisiatif dengan demikian kemampuan berimajinasi anak akan terarah dan terstruktur dari apa yang diarahkan oleh sang guru

  9. Nama : ENI PURWANTI
    NIM : 858713349
    Yang saya lihat dalam video, suasana kegiatan belajar mengajar yang menarik dan interaktif. Dengan langsung mengamati lingkungan sekitar, sehingga merangsang kedua otak peserta didik secara seimbang, dengan melibatkan partisipasi aktif setiap peserta didik berkembang secara optimal.
    Ketika anak bercerita tentang gambarnya, Guru dapat mengarahkan anak belajar membuat kesimpulan dengan kalimatnya sendiri meski dalam kalimat sederhana dari apa yang diamati anak melalui gambar tersebut, sehingga informasi yang anak peroleh dari hasil belajar sendiri akan diserap lebih lama, dan melalui metode ini anak juga akan berfikir kreatif dan berinisiatif dengan demikian kemampuan berimajinasi anak akan terarah dan terstruktur dari apa yang diarahkan oleh sang guru

  10. Nama: Pupung Pungki Puspitasari
    Nim. : 857502231
    Assalamu alaikum,, ijin ikut berdiskusi bunda,,
    Menurut pemahaman saya dalam menyimak video pembelajaran kognitif Paud mengenai masalah anak yang sulit berimajinasi saat menggambar,, yaitu ,,
    Terdapat beberapa masalah anak dalam berimajinasi,,alasannya karena anak bersifat meniru,, sedangkan hanya di perlihatkan satu contoh gambar yang oleh pendidik,gambar kurang terlihat nyata/ baku,seandainya guru bisa memperlihatkan beberapa contoh gambar ,,tentu anak bisa memilih gambar mana yang anak senangi,, setelah di beri stimulan tentang di perbolehkannya anak keluar kelas, akan menggali potensi anak seperti yang di paparkan oleh pendidik,, adapun cara mengatasi masalah anak tersebut yaitu dengan,Membebaskan anak meggambar sesuai keinginan dan minat anak, pendidik mempasilitasi anak supaya berimajinasi tentang gambar pemandangan di luar kelas,,meminta anak bercerita tentang hal yang di lihatnya dan di gambarkan dengan gambar sederhana namun bermakna,,
    Terima kasih banyak ilmu nya bunda semoga bermanfaat dan bisa di realisasikan di lembaga tempat kami mengajar,,

Leave a Reply