silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Lira Diana
    NIM : 855752754
    Judul : ” Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar ”

    Menurut saya apa yang dilakukan Bu guru itu sudah benar , Beri anak-anak kebebasan untuk menggambar apa pun yang mereka inginkan tanpa batasan yang ketat. Ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan imajinasi mereka dengan bebas.
    Bawa anak-anak ke lingkungan yang menginspirasi, seperti ke taman, kebun binatang, atau museum seni. Hal ini dapat membantu mereka menemukan bahan inspirasi untuk menggambar dan memperluas imajinasi mereka.
    guru juga dapat Diskusikan ide-ide kreatif dengan anak-anak sebelum mereka mulai menggambar. Tanyakan kepada mereka tentang apa yang mereka pikirkan atau apa yang ingin mereka gambar. Diskusi ini dapat membantu memicu imajinasi mereka dan memberi mereka ide-ide baru, selain itu juga guru bisa Berikan anak-anak akses ke berbagai jenis bahan menggambar, seperti pensil warna, spidol, cat air, dan krayon. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk bereksperimen dengan berbagai teknik dan mengembangkan imajinasi mereka.

  2. Nama: Vivi Julyasih
    Nim: 857485776
    Pokjar: Indramayu
    Kode/Mata Kuliah: PAUD4101/Metode Pengembangan Kognitif
    Tutor: Nur Dini Fauziah M. Pd.

    Strategi yang dilakukan oleh guru dalam video ini adalah, kegiatan pertama guru bercerita tentang pemandangan sambil menggambar, lalu guru membagikan buku gambar dan meminta anak untuk menggambarkan pemandangan apa saja yang pernah dilihatnya. Guru membahas hasil gambar yang di gambar oleh anak-anak, dan ternyata anak-anak menggambar pemandangan seperti yang digambar oleh guru tersebut. Kegiatan selanjutnya yaitu, guru mengajak anak-anak belajar diluar kelas untuk mengenal lingkungan sekitar dan melihat pandangan. Lalu guru meminta anak untuk menceritakan kembali apa saja yang sudah dilihatnya. Kegiatan yang terakhir, guru melakukan tanya jawab terhadap anak tentang pemandangan apa saja yang sudah dilihatnya.
    Strategi yang dilakukan guru untuk mengembangkan imajinasi anak sudah tepat, dan strategi untuk mengembangkan kemampuan imajinasi anak yaitu, dengan membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasi dan minat anak, selanjutnya yaitu guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat dihalaman atau lingkungan sekolah.

  3. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Wiwik Indriyati
    Nim. : 859905764
    PokJar : B. Lampung
    Setelah menyaksikan video tersebut, menurut saya, ibu guru sudah cukup baik memberikan stimulus bagi anak anak. Disini anak anak diajak untuk dapat mengembangkan imaji nasinya dalam pembelajaran menggambar dengan cara memperlihatkan contoh benda kongkrit yang dapat anak tuangkan pada media gambarnya. Hal ini dapat dipahami, mengingat anak usia dini belum dapat berpikir abstrak, anak usia dini masih dalam fase berpikir kongkrit. Dan diakhir pembelajaran anak anak diminta untuk menceritakan hasil gambarnya, ini cukup baik, karena menurut saya dalam untuk dapat menceritakan hasil gambarnya juga diperlukan kecerdasan kognitif.
    Terima kasih
    Assalamualaikum wr. Wb

  4. Bismillah ….
    Pembelajaran yang diberikan Bu guru sudah tepat yaitu tidak membatasi apa yang anak akan gambar yaitu dengan mempersilahkan anak didik keluar kelas/ pergi ke taman untuk melihat apa saja yang ada di taman sekolah agar anak dapat menggambar sesuai dengan minat masing-masing anak.

  5. Nama. : Irwana Abdullah
    Nim. : 859377905
    UPBJ : Makassar
    Bismillah…
    Menurut saya apa yang dilakukan Bu guru sudah benar, dengan mengajak anak ke halaman luar sekolah dan memberikan anak – anak kebebasan dalam mengambar dapat membuat imajinasi anak terbuka, selain anak – anak memang menyukai kebebesan dan belajar diluar dengan cara seperti ini juga anak merasakan bermain sembari belajar , selain itu anak – anak bebas menggambar apa yang mereka lihat dan anak bisa menceritakan kenapa dia memilih menggambar itu .
    sebagai seorang guru kita memang harus Beri anak-anak kebebasan untuk menggambar apa pun yang mereka inginkan tanpa batasan yang ketat. Ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan imajinasi mereka dengan bebas.
    Diskusikan ide-ide kreatif dengan anak-anak sebelum mereka mulai menggambar. Tanyakan kepada mereka tentang apa yang mereka pikirkan atau apa yang ingin mereka gambar. Diskusi ini dapat membantu memicu imajinasi mereka dan memberi mereka wawasan baru.
    dan juga Berikan tantangan kepada anak-anak untuk menggambar sesuatu yang dia inginkan “gambarlah hewan ” apa saja. Tantangan semacam ini dapat mendorong imajinasi anak-anak untuk berkembang.

  6. Nama : fitria Nur laili
    Nim: 859661426
    UPBJJ: MOJOKERTO
    menurut saya dari video diatas menambah ilmu bagi saya bagimana mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Namun terdapat saran mungkin sebelum kita mengarahkan anak untuk menggabra bebas kita bisa mananya anak terlebih dulu apa yg ingin di gambarnya kemudian kita kasih arahan sedikit tentang hal itu.
    Terima kasih

  7. Metode stimulasi yang di terapkan guru itu sudah cukup baik dan menantang anak untuk memahami apa yang ada di sekitarnya. Kadangkala, anak usia dini kaku dan berdiam diri jika anak diminta untuk mengeluarkan apa yang ada dalam pikirannya, sehingga kelas terlihat dingin dan tidak menyenangkan.
    Namun dengan mencari cara untuk menantang anak memperluas wawasan nya seperti yang dilakukan guru, yaitu mengajak anak di luar kelas untuk melihat benda-benda yang dapat dijadikan objek untuk bergambar, maka pengetahuan anak bisa bertambah minimal dapat menjawab apa yang di pertanyakan oleh guru seputar objek-objek yang ia lihat.

    Demikian pendapat saya tentang cuplikan video tersebut, salam sehat dan selamat belajar.

  8. Nama
    NIM
    Judul ; anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Menurut saya yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah benar. Yang memberikan kebebasan kepada anak didik untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya namun ada beberapa anak yang masih menirukan gambar ibu guru. Sebagai guru harus memberikan motivasi kepada anak didik untuk mengajak keluar kelas dan melihat disekitar sekolah atau lingkungan sekolah agar anak dapat berimajinasi sesuai yang sudah mereka lihat seperti kantor pos satpam dan pohon kelapa.

  9. Nama : fitria hamama
    NIM : 857488653
    Judul video : anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Nama tutor : Nur Dini Fauziah M. Pd.

    Menurut pendapat saya apa yang sudah dilakuka ibu guru sudah benar.
    Dengan mengajak anak anak untuk menggambar diluar kelas, melihat apa yang mereka lihat disekitar. Mengajak anak melihat lingkungan sekitar dapat membantu anak berimajinasi dengan apa yg mereka lihat, contohnya : anak melihat pohon, bunga, pos satpam dll.
    Kemudian Guru mengajak anak berdiskusk dengan apa yang merekat lihat.
    Strategi yang sudah guru lakuka sudah baik, membantu anak yang mengalami kesulitan untuk menggambar bebas, dengan stategi yg sudah guru lakukan ini dapat membantu anak untuk berimajinasi dengan apa yg mereka lihat.

  10. Nama : fitria hamama
    NIM : 857488653
    Judul video : anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Nama tutor : Nur Dini Fauziah M. Pd.

    Menurut pendapat saya apa yang sudah dilakuka ibu guru sudah benar.
    Dengan mengajak anak anak untuk menggambar diluar kelas, melihat apa yang mereka lihat disekitar. Mengajak anak melihat lingkungan sekitar dapat membantu anak berimajinasi dengan apa yg mereka lihat, contohnya : anak melihat pohon, bunga, pos satpam dll.
    Kemudian Guru mengajak anak berdiskusk dengan apa yang merekat lihat.
    Strategi yang sudah guru lakukan sudah baik, membantu anak yang mengalami kesulitan untuk menggambar bebas, dengan stategi yg sudah guru lakukan ini dapat membantu anak untuk berimajinasi dengan apa yg mereka lihat.

Leave a Reply