silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

1,642 Comments

  1. NAMA : SIPA PUZIAH
    NIM : 856576486
    PRODI : S1 PG PAUD
    UPBJJ : 17 JAMBI
    MK : PADUD4103 METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
    JUDUL VIDEO YANG DITANGGAPI : ANAK TIDAK PERCAYA DIRI
    Assalamualaikum wr wb
    mohon izin menanggapi video yang berjudul Anak tidak percaya diri. dalam video tersebut guru sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. dalam video tersebut terdapat beberapa tehnik guru untuk mengatasi anak yang merasa tidak percaya diri dan kreatifitas diantaranya ialah :
    1. guru menanyakan pada anak jika masih ragu akan tugas yang diberikan
    2. guru memberikan saran yang untuk menggambar disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu
    3. guru memotivasi kreativitas anak
    dalam video tersebut sangat bermanfaat teknik teknik dalam mengatasi anak tidak percaya diri, semoga saya dapat mengimplementasikan teknik tersebut ke dalam TK tempat saya mengajar.
    demikian tanggapan dari saya terimakasih

    wassalamualaikum wr wb

  2. Nama : Muhalimah
    NIM : 857990159
    UPBJJ : PURWOKERTO
    POKJAR : DR SUKIRMAN
    Judul : Anak Tidak Percaya Diri

    Saya setuju dengan video pembelajaran tersebut. Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif. Dalam video dijelaskan bagaimana cara membuat anak yang tidak percaya diri menjadi percaya diri, peran guru sebagai motivator anak sangat penting , guru dapat menanyakan pada anak jika masih ragu dengan tugas yang diberikan, apakan ada anak yang kurang suka atau tidak bisa dengan tugas yang diberikan guru. Guru dapat memberikan tugas lain pada anak yang memiliki masalah tersebut walaupun berbeda dengan tema pada hari itu. Guru memberikan kesempatan pada anak tersebut untuk memperlihatkan bakatnya dan kesukaannya dibidang apa. Untuk memotivasi anak yang mengalami masalah tidak percaya diri dengan hasil karyanya sendiri dengan memberikan penghargaan, hadiah, ataupun pujian saat dapat menyelesaikan tugasnya sekalipun itu berbeda dengan tema saat ini. Guru juga harus melatih motorik anak jika ada kendala pada motorik anak tersebut, dengan memberikan terapi atau pembiasaan dalam kelas dengan meremas-remas kertas sebelum KBM dimulai. Menurut saya video tersebut bermanfaat untuk pembelajaran guru dan anak-anak, karena apapun hasil karya anak kita harus menghargainya.

  3. Nama : Sri Wahyuni
    NIM : 856102663
    PRODI. : S1 PG PAUD

    Assalamuaikum we wb
    Izin untuk memberikan tanggapan pada video diatas tentang “ANAK TIDAK PERCAYA DIRI”

    Memberikan motivasi kepada anak yang kurang percaya diri di paud memerlukan pendekatan yang sensitif dan berempati seperti yang ada pada video diatas, beberapa cara lain yang mungkin dapat dilakukan guru untuk memotivasi anak-anak tersebut antara lain :
    1.Berikan pujian yang positif
    Memberikan pujian pada setiap pencapaian kecil sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak.
    2.Berikan dukungan yang berkelanjutan.
    Berikan dorongan dan bantuan ketika anak merasa kesulitan.
    3.Buat lingkungan yang aman dan mendukung.
    4.Berikan anak kesempatan untuk berpartisipasi.
    5.Berikan anak tantangan yang sesuai dengan usia dan kemampuan nya.
    6.Saat anak mengungkapkan sesuatu, dengarkan cerita anak dengan penuh empati.
    7.Libatkan orang tua dalam mendukung perkembangan anak.
    Sekian,Terima kasih🙏

  4. Nama :Nur intan
    Nim:859428456
    Menanggapi video anak tidak percaya diri dalam menggambar,mungkin saran saya guru harus menambahkan media lagi dalam proses pembelajaran seperti memperlihatkan gambar gambar … memotivasi anak, memberikan contoh menggambar bebas sesuai dengan keinginan anak ,memberikan tepuk tangan pada saat anak selesai menggambar agar anak senang dengan hasil karyanya sendiri

  5. Nama: Wayan Manis
    Nim: 859031033
    Jurusan : S1 PGPAUD

    Video tersebut sudah bagus, dan saya dapat banyak ilmu serta wawasan bagaimana cara saja melaksanakan pembelajaran jika terjadinya kendala dalam hal anak yang tidak atau kurang percaya diri, dari video tersebut saya belajar bahwa anak yang tidak percaya diri akan tidak kreatif, sehingga perlu dilakukan kegiatan seperti menanyakan tugas siswa jikalau siswa terlihat ragu dengan tugas yang dikerjakannya, guru memberikan saran kepada siswa, memberikan motivasi pada siswa agar meningkatkan kreatifitasnya, melakukan ekplorasi, serta berikan pendekatan kepada siswa agar siswa termotivasi dan mempercayai hasil karyanya sendiri. Terima kasih 🙏😇

  6. Nama : Astrid lusiana
    NIM : 857858122
    Jurusan : s1 PGPAUD

    Dari video tersebut saya mendapat ilmu, bagaimana mengatasi anak yang tidak percaya diri dikelas. dengan cara menanyakan sudah paham mengenai tugas yang diberikan atau belum, memberi saran, memotivasi, awalnya membantu mengarahkan selanjutnya anak melanjutkan sendiri sesuai imajinasinya dan kemudian menceritakan hasil di depan kelas.

  7. NAMA: SONETA EFA SARANGA’
    NIM: 859416562
    PRODI: PG PAUD
    Setelah mengamati video” Anak Tidak Percaya Diri”. Sebagai seorang guru yang masih menuntut ilmu di perguruan tinggi secara khusus yang program studi PAUD. Saya sangat merasa mendapat banyak pengetahuan tentang pendidikan anak usia dini secara khusus mengatasi anak yang bermasalah dengan rasa percaya dirinya. Video ini sangat membantu. Disini kita bisa belajar cara-cara mengatasi anak yang tidak percaya diri.

  8. Nama: Sartika Dewi
    NIM. 857372649
    UPBJJ: Bogor
    Semester: 3
    Judul Video tentang anak tidak percaya diri

    Menurut pendapat saya tentang video di atas, saya sangat setuju dengan beberapa teknik agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak diantaranya:
    – Biarkan anak memilih dalam hal-hal kecil untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.
    – Biarkan anak bereksplorasi dalam lingkungan yang aman untuk belajar dari pengalaman.
    – Berikan instruksi yang jelas dan konsisten agar anak tahu apa yang diharapkan darinya.
    – Biarkan anak mencoba dan belajar dari kesalahan tanpa intervensi terus-menerus.
    – Pujilah usaha anak, bukan hanya hasil akhirnya.

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

  9. Anak yang tidak percaya diri memerlukan perhatian dan dukungan dari guru dan orang tua atau lingkungan sekitar. Untuk meningkatkan percaya diri pada anak peran orang tua dan guru sangat penting di dalam membentuk percaya diri anak serta memberikan apresiasi dan dorongan yang positif.

  10. Anak yang tidak percaya diri memerlukan perhatian dan dukungan dari guru dan orang tua atau lingkungan sekitar. Untuk meningkatkan percaya diri pada anak peran orang tua dan guru sangat penting dalam membentuk percaya diri serta serta memberikan apresiasi dan dorongan yang positif.

Leave a Reply