silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

1,639 Comments

  1. Nama : Baiq Alya ro’aina Cahyani
    Nim: 859167634

    “Melengkapi mata kuliah evaluasi “
    Judul video: anak tidak percaya diri

    Disini saya akan mengomentari video di atas tentang guru yang membantu langung anak mengerjakan kegiatannya. Disitu saya kurang setuju karna ketika anak dibantu terus mengerjakan kegiatannya anak akan menjadi tidak mandiri dan akan terus bergantungan sama guru.

  2. Nama : Alfiah Mukholimah
    NIM 877321013

    Menanggapi vidio anak tidak percaya diri dalam menggambar,mungkin saran saya guru menempel atau memberi contoh gambar – gambar sederhana ( bintang,matahari,bola,dll) pada papan tulis sehingga anak mendapat gambaran /referensi untuk dapat menggambar sendiri.

  3. Nama: Eling Tirta Jayanti
    Nim. : 856999944
    Melengkapi mata kuliah pemantapan kemampuan profesional.
    Judul Vidio : anak tidak percaya diri

    Terkait dengan vidio di atas mengenai anak tidak percaya diri memang permasalahan yang harus diatasi karena akan mempengaruhi proses pembelajaran dari segi kemampuan dan kemandirian.dari 2 hal tersebut sangat mempengaruhi dalam segi perkembangan anak didik.dalam vidio tersebut sudah benar ,guru selalu membimbing dan mengarahkan anak ketika tidak percaya diri dengan hasil belajarnya namun guru dengan sabar selalu memotivasi dan mendukung anak yg kurang percaya diri secara langsung

  4. Nama : Maya Rianty
    NIM : 857435377
    izin menjawab :
    melihat video diatas menurut saya guru memang membantu anak untuk melakukan hal kegiatan yang dilakukan anak dengan memberikan motivasi, menanya dan lainnya untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya, tapi jika menurut saya biarkan dulu anak melakukannya sendiri dengan sebisanya. karena menurut saya rasa kurang percaya diri anak itu muncul dari adanya ketakutan, kekhawatiran dan keresahan. padahal sebenarnya anak bisa melakukan hal tersebut sendiri. motivasi yang dilakukan menurut saya sport dan memotivasi dengan lisan pun insyaallah anak pasti bisa tanpa melakukan tindakan selebihnya.

  5. nama : rizqiana dwi pratiwi
    nim : 857631539

    menurut saya video tersebut sangat membantu kita sebagai guru tk untuk memecahkan masalah sehari hari termasuk masalah anak tidak percaya diri dengan apa yang telah dikerjakan
    banyak teknik yang diajarkan di video tersebut diantaranya :
    -guru menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan
    – guru memberikan saran untuk anak menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai tema
    -guru memotivasi kreatifitas anak dengan meminta anak menggambar sesuatu yang disukai
    – guru mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait menggambar
    – lakukan pendekatan dengan anak dengan memotivasi bahwa anak bisa menggambar sendiri
    – divideo tersebut juga kita diberikan tips menghadapi anak yang baru pertama masuk sekolah yang kebanyakan motorik halusnya belum berkembang

  6. nama : rizqiana dwi pratiwi
    nim : 857631539

    menurut saya video tersebut sangat membantu kita sebagai guru tk untuk memecahkan masalah sehari hari termasuk masalah anak tidak percaya diri dengan apa yang telah dikerjakan
    banyak teknik yang diajarkan di video tersebut diantaranya :
    -guru menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan
    – guru memberikan saran untuk anak menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai tema
    -guru memotivasi kreatifitas anak dengan meminta anak menggambar sesuatu yang disukai
    – guru mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait menggambar
    – lakukan pendekatan dengan anak dengan memotivasi bahwa anak bisa menggambar sendiri
    – divideo tersebut juga kita diberikan tips menghadapi anak yang baru pertama masuk sekolah yang kebanyakan motorik halusnya belum berkembang
    bisa juga dengan mengajak anak keluar lalu mintalah anak menggambar bebas apapun yang mereka sukai.hal ini untuk mengembangkan daya kreatifitas anak dan menghindari kebosanan.

  7. Nama : Astuti Asih
    NIM : 857208544

    Jawab!
    Dalam video tersebut guru sedang melakukan kegiatan menggambar bersama anak. Ada anak yang tidak percaya diri untuk menggambar sesuatu sesuai tema, kemudian guru membantu dengan menuntun tangan anak dan menggambar bersama anak tersebut. Dilain anak guru mendekat dan berinteraksi mrnanyakan apa yang sedang digambar olehnya, dan anak menjawab kalau dia sedang menggambar ikan kemudian guri mencoba mengeksplorasi potensi anak terkait gambar yang dibuat sesuai tema. Dan pada anak yang bermasalah guru meminta anak menggambar hal yang paling disukai dan dilakukan pada anak. Guru juga mengajak anak-anak menggambar bebas diluar krlas, agar anak kreatif dan menghindari kebosanan.

  8. Nama : Diana
    Nim : 858305364
    Video diatas memperlihatkan tentang cara pendidik menangani anak didik yang belum percaya diri. Terlihat didalam video bagaimana cara pendidik dalam mendampingi anak yang belum percaya diri. Pendidik dengan sabar mengarahkan dan memotivasi kepada anak yang tidak dapat mengerjakan atau menyelesaikan pembelajaran. Hal ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik.

  9. Nama : Dinda Budi Lestari
    NIM : 858694611

    Pada anak usia, masalah kepercayaan diri kerap kali terjadi. Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif, kondisi ini sangat penting untuk diperbaiki mengingat anak usia dini adalah usia penting untuk menanam rasa percaya diri pada anak. Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan membangun komunikasi positif pada anak. Orang tua dapat mulai membangun komunikasi pada anak. Membangun komunikasi positif dengan anak dapat membuat anak merasa lebih percaya diri dan membangun konsep diri yang positif, meningkatkan kepercayaan diri anak dengan memberikan motivasi kepada anak contohnya seperti meminta anak untuk menggambar sesuai kesukaan anak walaupun tidak sesuai dengan tema pada hari itu.

  10. Nama : Dinda Budi Lestari
    NIM : 858694611
    Pada anak usia, masalah kepercayaan diri kerap kali terjadi. Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif, kondisi ini sangat penting untuk diperbaiki mengingat anak usia dini adalah usia penting untuk menanam rasa percaya diri pada anak. Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan membangun komunikasi positif pada anak. Orang tua dapat mulai membangun komunikasi pada anak. Membangun komunikasi positif dengan anak dapat membuat anak merasa lebih percaya diri dan membangun konsep diri yang positif, meningkatkan kepercayaan diri anak dengan memberikan motivasi kepada anak contohnya seperti meminta anak untuk menggambar sesuai kesukaan anak walaupun tidak sesuai dengan tema pada hari itu.

Leave a Reply