silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,756 Comments

  1. NAMA : WIDY MARLINA
    NIM : 822288331
    Setelah menonton video menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral sangat bagus dan sesuai sekali dan besar manfaatnya untuk anak usia dini karena sikap tersebut nanti akan tertanam dalam diri anak hingga dewasa .Karena peran guru dalam video tersebut sudah menanamkan nilai -nilai kejujuran melalui media cerita berupa buku cerita tentang kejujuran yang bergambar,dan guru menceritakan nya dengan sangat menarik disertai intonasinya yang jelas dan mudah di mengerti anak .dengan mimik raut muka yang sesuai dengan alur ceritanya dan juga alur ceritanya yang benar -benar di sukai anak. dan guru memberikan kesempatan kepada anak untuk berdiskusi apa itu kejujuran, terserah apa dari jawaban anak,guru memberikan pujian,pelukan kepada anak yang bisa menjawab .karena akan membantu mereka memahami konsep kejujuran tersebut secara lebih mendalam di kehidupan sehari hari agar anak terbiasa selalu jujur dalam hal apa saja di lingkungan sekolah maupun di rumah bahwa kejujuran adalah nilai yang sangat di hargai dan di perlukan dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Nama :Siti Maulidatul Mas’udah
    Nim : 856816408
    Pokjar : Ketahun
    Dalam video tersebut menjelaskan nilai kejujuran, nilai kejujuran sangat penting bagi anak usia dini karna dapat melatih kejujuran pada dirinya anak dan dapat melatih percaya diri anak. Namun selain itu dari video tersebut guru kurang dalam melakukan pembelajaran sehingga beberapa anak merasa bosan dan tidak memperhatikan gurunya dalam bercerita. Untuk meningkatkan kualitas belajar guru harus melakukan persiapan terlebih dahulu agar semua kegiatan belajar anak bisa optimal secara maksimal.

  3. Nama:Leni marlina
    Nim : 856816376
    setelah saya melihat vidio tentang menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral.menurut saya pembeljaran tersebut sangat cocok di terapkan di paud karena sangat bermanfaat sekali.ini secara tidak langsung mengajar kan anak untuk jujur kepada orang tua dan kepada siapa saja.ini akan tertanam di ingatan anak bahwa kita harus jujur

  4. Nama : Agustina Elmas
    NIM. : 850882623
    Setelah saya melihat video tadi sangat bagus dan cocok untuk anak usia dini. Karena ceritanya pendek dan mudah di ingat oleh anak, sehingga dapat menerapkan kejujuran anak sejak usia dini.

  5. Nama. : Agustina Elmas
    NIM. : 850882623
    UPBJJ: 86/AMBON
    Setelah menyaksikan video tadi saya berpendapat bahwa video yang menanamkan kejujuran melalui bercerita dangat sesuai dengan anak usia dini karena ceritanya tidak terlalu panjang dan bahasanya dapat di pahami oleh anak. Cerita yang di bacakan oleh guru berisikan pesan moral tentang kejujuran seorang anak. Hal ini memberikan pelajaran terhadap anak didik agar selalu bersikap jujur sejak usia dini.

  6. Nama: Aprilia Karlina
    Nim: 858571135

    Ingin menanggapi tentang kejujuran dalam proses anak usia dini kejujuran adalah salah satu aspek yang perlu ditanamkan pada anak usia dini.
    Kejujuran pada anak usia dini sangat penting karena membentuk dasar yang kuat untuk perilaku dan karakter anak di masa depan. Mengajarkan kejujuran pada anak usia dini mempersiapkan mereka untuk menghadapi situasi di masa depan di mana mereka harus membuat keputusan sulit. Kejujuran membantu anak menghadapi tantangan dengan integritas dan keteguhan hati.
    Dengan menanamkan nilai kejujuran sejak dini, anak akan tumbuh menjadi individu yang dapat diandalkan, dapat dipercaya, dan memiliki karakter yang kuat. Ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi anak dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka.

  7. Nama : Tirta Ria Sari
    NIM : 859522214
    Kejujuran sudah sangat jarang kita temui pada sosok orang dewasa yang sering kita jumpai, hendaknya nilai kejujuran bisa ditanamkan dan dirasakan anak sejak dini sehingga membuat tumbuh kembang mereka menjadikan dunia lebih baik lagi, tentunya kita juga harus memberi contoh yang baik. Banyak cerita yang mengandung makna dalam untuk dipelajari kepada anak-anak, hanya sayang sudah tidak terlalu jaman membaca buku cerita, padahal sangat baik hasilnya, hendaknya kita sebagai guru menggunakan lagi metode ini.
    Terima kasih

  8. Nama : Desi Wulandari
    NIM : 859173011
    Melalui video pembelajaran menanamkan kejujuran pada anak ini tentu membawa dampak positif, dimana sebagai orang tua, tentu kita ingin anak-anak tumbuh sebagai anak yang jujur. Hal ini dapat ditunjukkan melalui perkataan, perilaku jujur di sekolah, maupun dimanapun mereka berada. Di dalam video, memberi salah satu cara menanamkan kejujuran pada anak yaitu dengan membacakan buku cerita, cara tersebut sangat efektif untuk pengenalan pada anak usia dini. namun menurut saya masih ada beberapa langkah menanamkan kejujuran pada anak, diantaranya :
    a. Memberikan pemahaman soal kejujuran adalah nilai kehidupan yang penting
    cara mengajari anak jujur disekolah, rumah dan dimanapun ia berada adalah dengan mengajaknya berdiskusi. Beberapa hal yang bisa didiskusikan mulai dari arti kata jujur dan mengapa kejujuran menjadi nilai kehidupan yang sangat penting untuk diterapkan. Berikan juga pemahaman jika kita terlalu sering berbohong pada orang lain, maka kebiasaan ini bisa merusak kepercayaan yang sudah diberikan. Orang lain akan sulit membedakan kapan kita berbohong dan kapan kita mengatakan hal yang sebenarnya.
    b. Memberikan contoh perilaku jujur di sekolah maupun di lingkungan sosial
    Anak-anak merupakan peniru ulung dan mereka akan belajar nilai-nilai dengan melihat tindakan orang dewasa yang mereka hormati, terutama orang tuanya. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat berada di sekolah, ajarkan pada anak untuk selalu mengerjakan pekerjaan rumah atau ujian sekolah sesuai dengan kemampuannya sendiri, bukan hasil mencontek.
    c. Berikan pujian pada anak
    Tak hanya anak-anak , berkata jujur juga bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk orang dewasa. Mengingat bahwa butuh keberanian yang cukup besar dengan seorang anak, maka tidak ada salahnya bagi orang tua untuk berterima kasih atau memberikan pujian saat mereka berhasil melakukannya.
    Dampak perilaku jujur
    e. Berbicara jujur
    orang tua, guru, dan pengasuh berbicara jujur pada anak dan menjelaskan pentingnya kejujuran dalam hidup, Anak perlu memahami bahwa kejujuran adalah nilai yang sangat dihargai dalam keluarga dan masyarakat.
    f. Memberitahukan akibat dari kebohongan
    Anak perlu mengetahui tentang akibat dari kebohongan dan bahwa kebohongan dapat menyebabkan kehilangan kepercayaan orang lain pada dirinya. Anak diberitahu bahwa kejujuran adalah cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah.

    Mengenalkan kejujuran kepada anak sejak usia dini merupakan investasi jangka panjang dalam pembentukan karakter anak. Dengan memberikan contoh yang baik, memberikan penghargaan pada perilaku jujur, dan menjelaskan pentingnya kejujuran, maka anak akan tumbuh menjadi individu yang jujur dan bertanggung jawab.

  9. Nama: Eko Susilowati Agustina
    NIM: 857571157

    Video tersebut sangat menarik dan menginspirasi saya sebagai guru, dimana penanaman moral ditanamkan sejak usia dini.
    Cara yang menarik dalam video tersebut ialah dengan menggunakan metode bercerita, dimana guru menjelaskan tentang penanaman kejujuran dengan menceritakan kejadian yang mudah dipahami oleh anak.
    Penanaman kejujuran memang sangat penting diterapkan sedini mungkin.

  10. Ijin Menanggapi
    Nama : Keti yulianah
    NIM : 857442967
    Pokjar : kuningan .
    Dalam menanamkan kejujuran sejak dini itu sangat penting, supaya kepribadin baik untuk bekal masa depan. Dalam Video tersebut media yang di pakai menarik, akan lebih menarik lagi jika guru yang bercerita lebih jelas dalam membedakan karakter suara tokoh dalam cerita.
    Terimakasih

Leave a Reply