silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,762 Comments

  1. Nama : Oktavia Rizka Adzani
    NIM : 859523642
    Mata Kuliah : Evaluasi perkembangan anak TK
    UPBJJ : Jakarta

    Menurut saya, video ini sangat bermanfaat karena pendidikan karakter adalah hal yang penting, selain itu, salah satu tujuan dari Pendidikan Anak Usia Dini adalah membentuk siswa yang berakhlak mulia. Melalui video ini, kami juga dapat mempelajari bagaimana mengajarkan kejujuran dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Serta, dijelaskan tahapan atau cara agar anak dapat berperilaku jujur yaitu dengan mengenal kebaikan, mencintai kebaikan lalu melakukan kebaikan.

  2. Nama Mahasiswa : Dwiekasihta Beru Sembiring
    NIM : 855854785
    Semester : 6
    Pokjar : Desa Paribun, Barusjahe
    Nama Tutor : Bp. Drs. Suhaidi Arfan

    Seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman yang semakin canggih, masih banyak orang tua yang kurang memberikan perhatian terhadap anak dengan menanamkan nilai-nilai moral dan agama yang semestinya diberikan sedari mereka usia dini. Jangankan anak kecil, orang dewasa juga terkadang masih cenderung kurang bersikap jujur dalam melakukan setiap kegiatan mereka sehari-hari, hal itu terjadi juga karena waktu mereka (orang dewasa) berusia dini, kurang mendapatkan pelajaran nilai moral tentang kejujuran dari orang tua mereka masing-masing.
    Maka dari itu saya sebagai guru Paud, tidak pernah jemu atau bosan untuk tetap memberikan penanaman nilai-nilai moral terutama pada nilain kejujuran kepada anak didik saya. Di sekolah, sebelum kegiatan inti dimulai, saya melakukan kegiatan bercerita tentang penanaman nilai-nilai moral terutama nilai kejujuran dengan metode bercerita (story telling) menggunakan buku cerita, boneka tangan, dan membuat karangan cerita sendiri sesuai dengan nilai kejujuran. Anak didik saya, setiap kali saya menggunakan metode bercerita, mereka (anak didik) sangat bersemangat dan antusias mendengarkan saya bercerita dan di akhir cerita saya juga seringkali melakukan tanya jawab seputar dengan cerita yang saya bawakan tersebut. Anak didik saya, hampir rata-rata menjawab pertanyaan saya, dan saya juga selalu memberikan nasehat tentang nilai kejujuran kepada mereka.
    Dengan dilakukan kegiatan penanaman moral ini, dapat diharapkan agar anak tetap berperilaku jujur dimanapun dan dengan siapapun.
    Demikian pendapat dari saya, terimakasih..

  3. Nama : Risna Maya sari
    Nim. : 856789437
    Menurut saya Sebagai seorang guru (paud)sangat penting menanamkan nilai kejujuran kepada anak.melalui cerita bergambar seperti dalam video diatas anak anak dapat melihat contoh konkret pentingnya kejujuran dalam kehidupan sehari hari hari.

  4. Tokoh yang ada dalam Cerita tersebut adalah
    – Ibu
    – Salifia
    – kucing
    – Ketika guru bercerita Siswa Sangat respon dan tenang mendengar Cerita dari gurunya
    – guru sangat lembut Saat menceritakan tentang salifa dan kucing
    – guru dalam menirukan Suara yang ada dalam cerita tersebut guru dengan lemah lembut
    – Ketika guru bertanya tentan siapa yang Jujur anak-anak dengan Semangat menjawab bahwa Salifia dan kucing jujur bahwa mereka yang memecahkan gelas itu.
    – Ketika Salifia dan kucing memecahkan gelas ibu ibu tidak Мarah-marah tetapi Ibu menerapkan atau menanam kan Nilai kejujuran dengan mengakui bahwa mereka lah
    – Guru menekan kan kepada anak bawa bahwa kita harus selalu jujur.
    – Judul Cerita tersebut adalah Anak yang Jujur

  5. Nama : Alifia Arif M
    NIM: 858876005
    Pokjar : Salut Pakis

    kejujuran adalah salah satu aspek yang perlu ditanamkan pada anak usia dini.
    Kejujuran pada anak usia dini sangat penting karena membentuk dasar yang kuat untuk perilaku dan karakter anak di masa depan. Mengajarkan kejujuran pada anak usia dini mempersiapkan mereka untuk menghadapi situasi di masa depan di mana mereka harus membuat keputusan sulit. Kejujuran membantu anak menghadapi tantangan dengan integritas dan keteguhan hati.
    Dengan menanamkan nilai kejujuran sejak dini, anak akan tumbuh menjadi individu yang dapat diandalkan, dapat dipercaya, dan memiliki karakter yang kuat. Ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi anak dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka.

  6. Assalamu’alaikum wr.wb
    Nama: Agnes Dewi Rusminaya
    Nim; 858532885
    Pokjar: Kebonagung Demak

    Menurut saya sebagai guru sangat penting menerapkan sifat kejujuran sejak usia dini kepada anak. Sebagai guru kita dapat menerapkan sifat kejujuran melalui beragam cara seperti bercerita tentang arti dan manfaat sifat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari, menanyakan kegiatan sehari-hari kepada anak, mendengarkan mereka bercerita tentang yang mereka alami.

  7. nama : TRI LESTARI
    NIM :877594972
    pokjar :upbjj BENGKULU

    penanaman nilai kejujuran pada anak usia dini adalah hal mendasar yang harus di miliki oleh anak sejak usia dini,dalam pembelajaran di PAUD nilai-nilai kejujuran bisa pendidik lakukan pada awal pembelajaran misalnya pada circe time dimana anak-anak dan guru duduk bersama dan berdoa serta untuk penanaman nilai kejujuran bisa guru lakukan melalui media bercerita bisa dari buku,vidio yang anak-anak sukai dan melalui media boneka atau pun gambar,sehingga anak-anak mudah fokus dan mudah mengerti arti kejujuran.
    dan di sekolah ibu guru bisa juga menyiapkan kantin kejujuran dengan guru menyiapkan segala macam aneka jajanan dan anak bisa ambil dan menaruh uang sendiri.
    karena sifat jujur yang di miliki anak usia dini akan membawa dampak baik bagi kehidupannya kelak.

  8. Nama Saifuddin Lutfi
    NIM 859419805
    Jujur adalah pondasi terbaik bagi anak anak usia dini. Kejujuran bisa ditanamkan sejak dini melalui berbagai cara
    misalnya tentang kisah moral yang ada di vidio ini. Jika hal ini dilakukan secara teratur dan terus menerus maka anak anak akan terbiasa melakukan dan berkata jujur. jika hal ini sudah menjadi pondasi, maka akan memudahkan jenjang berikutnya mengajarkan kejujuran.

  9. Nama Saifuddin Lutfi
    NIM 859419805
    Menanamkan kejujuran harus sejak dini. Jika pondasi kejujuran di PAUD tidak kuat maka di jenjang berikutnya misalnya di SD akan menyulitkan guru guru lainnya. Menanamkan kejujuran bisa dengan berbagai cara. seperti di vidio ini bisa dilakukan melalui story telling dengan buku yang berwarna dan gambar yang menarik. Namun guru juga bisa menganalisa kejujuran siswa siswinya dengan cerita yang aplikatif dan dekat dengan anak anak. Jangan lupa berikan dalil dari alquran atau habis bagi sekolah islam agar semakin kuat pula pondasinya.

Leave a Reply