silahkan klik iconΒ  Β  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

Β 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

165 Comments

  1. Nama : Miftakhul Jannah
    Nim : 858170425
    Judul vidio: perlombaan competition
    Bismillahirrahmanirrahim..

    Sya akan menggapi mengaji vidio diatas. Menurut pendapat saya mengenai vidio diatas yaitu kedisplinan memang harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini apalagi ketika kita memberikan aturan setiap melakukan kegiatan permainan.
    Terkadang anak juga harus diberikan stimulus agar mengerti tentang kedisplinan
    Dlam vidio diatas langkah seorng guru sudah tepat. Ketika akan melakukan pemaianan guru mmebrikan araha dan pertukaran bermain serta memberi kan alasan kenapa tidak boleh dilkuakn.
    Seprti halnya ketika mau bermain pasir di bak. Guru mmeberikan beberapa negara peraturan yang tidak boleh dilkuakn.
    Dan sebb akibatnya.
    Kedua guru juga memberikan peraturan terhadap permainan opantimim. Dan mmebrrikan contoh. Terlebih dahulu.
    Akan tetapi ada beberapa hal yang kurng didalam vidio tersebut.
    Guru ketika menjelaskan lerturan terlihat kondisi kelas kurng kondusif sehingga ada yang berbicara sendiri dan tdk mendengarkan.
    Sekian dan terimakasih kasih..

  2. Nama: Yusi Indriyani
    NIM: 857490452
    Judul Video: Perlombaan / Competition

    Menurut saya penerapan ketaatan aturan melalui kegiatan perlombaan seperti yang ada di Video tersebut sudah bagus karena menurut saya pada setiap kegiatan perlombaan tentunya selalu ada aturan atau tata tertib yang harus dipatuhi atau ditaati oleh setiap peserta lomba.
    Karena masa taman kanak-kanak (TK) adalah masa bermain bagi anak maka penerapan ketaatan melalui kegiatan perlombaan akan membuat anak lebih semangat dan antusias untuk mengikutinya karena perlombaan merupakan kegiatan bermain sehingga nantinya akan membuat anak lebih mudah memahami tentang aturan perlombaan dan terbiasa melaksanakan aturan dalam perlombaan jika kegiatan perlombaan sering dilakukan bahkan tidak hanya pada kegitan perlombaan anak akan menaati aturan, anak juga akan terbiasa menaati aturan-aturan yang lain baik itu aturan yang ada disekolah, dirumah, maupaun aturan yang ada ditempat-tempat yang lainnya karena anak sudah terbiasa.
    Untuk membuat anak semangat dan antusias mengikuti perlombaan tentunya guru harus mampu memilih kegiatan perlombaan menarik.
    Agar anak bisa memahami perlombaan yang akan dilakukan dan memahami aturan dalam perlombaan serta bisa melaksanakan perlombaan dan melaksanakan aturan perlombaan dengan baik maka seperti yang ada dalam Vidio terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan perlombaan terlebih dahulu guru harus menjelaskan perlombaan yang akan dilakukan agar anak tahu apa yang akan dilakukan, menjelaskan aturan perlombaan dan menanyakan kepada anak aturan yang belum pas, menyusun bersama aturan perlombaan, dan membuat kesepakatan aturan agar guru dan anak sama-sama menaati aturan yang ada dan tidak saling langgar, kemudian guru mencontohkan kegiatan yang dilakukan agar anak bisa melakukannya dan guru juga harus mengumumkan hadiah yang akan didapat anak jika menang dalam perlombaan agar anak lebih semangat dan antusias untuk mengikuti perlombaan dan termotivasi untuk menang. Namun dalam Vidio tersebut ada anak yang masih belum bisa mendengarkan penjelasan guru dan menaati aturan perlombaan mungkin karna anak tersebut belum terbiasa untuk itu perlu melaksanakan kegiatan perlombaan sesering mungkin agar anak terbiasa.
    Terimakasih πŸ™

  3. NAMA : Barliyah
    Nim : 857104559
    Assalamualikum wr wb
    video menceritakan tentang bagaiamana menanamkan ketaatan aturan mellaui perlombaan/competition
    Dalam video tersebut di ceritakan bagaiamana guru kesulitan saat berhadapan dengan siswa yang baru masuk ke sekolah terutama hal hal yang berkaitan dengan dengan bagaiamana taat aturan disiplin dalam kelas. Pada Video itu juga terihat dalam video bagaiamana tindakan yang dilakukan oleh guru kreatif agar anak-anak dapat taat pada aturan tanpa merasa takut dan terancam dengan cara bermain
    melaui metode bermain dalam bak pasir dengan arahan guru, selanjutnya melalui kegiatan kedua tebak pantomim, pada bagian ini guru menjelaskan aturan bermain mudah di pahami oleh anak sehingga terlaksananya perlombaan sekian terimakasih

  4. Nama : Nasyirotun Nur Mukminah
    NIM : 857680818
    Prodi : PGPAUD
    Ijin menanggapi video tersebut, Perlombaan dapat menjadi salah satu cara untuk membentuk ketaatan peraturan pada anak usia dini. Dalam perlombaan tersebut, guru memberikan contoh secara langsung bagaimana menaati peraturan yang ada dan konsekuensi bagi yang tidak menaati peraturan tersebut melalui kegiatan perlombaan. Hal ini dapat membantu anak-anak belajar dan memahami peraturan yang diterapkan. Selain itu, perlombaan juga dapat diadakan dengan memberikan hadiah kepada anak-anak yang menang dalam perlombaan tersebut. Hal ini dapat memotivasi anak-anak untuk menaati peraturan yang telah ditetapkan.

  5. Dalam video pembelajaran terlihat bagaimana seorang guru menanamkan ketaatan peraturan kepada Anak usia dini
    Hal yang dilakukan menurut saya sudah tepat , di mana sebelum anak-anak melakukan kegiatan guru harus terlebih dahulu menyampaikan kegiatan apa yang akan dilakukan dan memberikan contoh cara melakukan kegiatan serta memberitahukan aturan-aturan apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan oleh anak, sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar dan tujuan pembelajaran yang ingin di capai dapat di lakukan dengan baik. Saya juga telah melakukan hal seperti ini kepada anak didik saya sebelum melakukan kegiatan dan hal ini tentu sangat efektif untuk di lakukan sehingga kegiatan pembelajaran yang di lakukan asyik dan menyenangkan bagi anak.

  6. Nama : Siti Nurlela
    NIM: 856816423
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatuh πŸ™
    Mentaati peraturan sangat penting diajarkan sejak usia dini, agar anak terbiasa untuk berperilaku tertib dan disiplin. Tidak mudah mengajarkan anak untuk tertib atau patuh aturan, karena karakteristik anak berbeda-beda, ada anak yang paham ketika diberitahu peraturan dan mematuhinya, ada juga yang tidak, dan terkadang ada anak yang mengerti aturan tetapi melanggar peraturan tersebut. Dalam suatu kegiatan pembelajaran agar berjalan dengan baik dan maksimal, kita sebagai pendidik bisa memberikan timbal balik dari kegiatan tersebut. Misalnya anak yang berhasil atau patuh terhadap aturan diberikan riwerd agar anak semakin semangat dan memotivasi anak-anak lain yang kurang patuh. Sedangkan bagi anak yang tidak mematuhi peraturan akan diberikan hukuman berupa mengurangi kesengannya, misal ketika anak-anak lain sudah duduk, kita bisa meminta anak untuk membereskan mainan atau sepatu teman-temannya yang berserakan. Dan tidak lupa pula untuk memberikan nasehat kepada anak agar tidak mengulanginya lagi di kegiatan berikutnya. Menurut saya, dalam video perlombaan/competion tersebut apa yang dilakukan oleh guru sudah benar dan menarik. Guru memberikan penjelasan aturan dengan tegas dan lembut sebelum memulai kegiatan bermain bak pasir dan pantonim. Guru juga menerangkan aturan-aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anak. Sehingga dapat tercapai kegiatan bermain yang menyenangkan bagi anak.

  7. nama : ni luh merry permatasari
    nim : 859029875
    pokjar : Gianyar UT Denpasar
    video pada seri Menanamkan ketaatan peraturan dengan perlombaan (competition) Dalam video tersebut sudah menunjukan kegiatan yang cukup baik dimana guru menjelaskan terlebih dahulu peraturan-peraturan dalam permainannya sebelum di lakukan. guru juga memberitahukan tentang hal yang tidak boleh dilakukan oleh anak pada saat kegiatan serta akibat jika hal tersebut dilakukan. dan hal tersebut dapat membantu anak untuk terbiasa mentaati peraturan.
    terimakasih

  8. Nama : Yeti Desi sasetya
    Nim. : 858852948
    Pokjar : Ngunut,Tulungagung

    Pada video tersebut guru dapat mengamati dan dapat menerapkan bagaimana cara menanamkan ketaatan peraturan dalam bermain, dengan memberikan permainan yang menyenangkan dan memberi peraturan yang jelas saat bermain membuat anak akan merasa nyaman dan tidak takut. Apa lagi melibatkan anak dalam permainan untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada saat melakukan perlombaan, video tersebut sangat memberi inspirasi kepada guru yang memiliki anak didik yang kurang percaya.

  9. Nama: Irianti
    Nim: 859416286
    Prodi: S1 PGPAUD
    Judul: Perlombaan “competicion”
    Menanggapi:

    Dalam video ini Guru sudah menjelaskan aturan perlombaan jadi ada kesepakatan antara guru dan anak didik. Tapi langkah baiknya kalau guru juga memberikan prakteknya bagaimana aturan perlombaan bak pasir, agar anak bisa meniru. Dalam permainan bak pasir tidak ada hasil yang menonjol, yang di tampilkan hanya saat tanya jawab.πŸ™

  10. Nama : NURHASNAH
    NIM : 856839287

    Bismillah, Pada video yang berjudul ” perlombaan/competition” dalam seri menanamkan ketaatan peraturan pada anak usia dini,
    Menurut saya, dalam sebuah kegiatan apapun sangat penting kita membuat peraturan, seperti video diatas, namun Video tersebut hanya menampilkan sebagian saja dari kegiatan ( bermain di bak pasir dan bermain tebak pantomim), karena kurang jelas apakah anak yang melanggar aturan diberi hukuman apa tidak serta anak yang mentaati aturan diberi hadiah apa tidak. jadi belum bisa memberikan contoh kenapa kita harus mentaati peraturan serta apa akibatnya jika melanggar peraturan

    Kesimpilan: Peraturan sangat perlu dibuat agar ketirtiban serta keselarasan hidup bisa terjaga dengan baik serta sangat perlu sangsi bagi yang melanggar peraturan tersebut.

Leave a Reply